Brand Awareness

Apa itu Brand Awareness?

Brand awareness atau kesadaran merk adalah kemampuan konsumen untuk langsung mengenali dan mengingat suatu merk hanya dengan melihat ciri khas tertentu seperti logo, warna, image dan sebagainya yang menggambarkan identitas brand. Kemampuan konsumen dalam mengenali serta mengingat suatu brand ini sangat penting untuk dibuat dan dipelajari.

Warna, symbol, jenis huruf atau logo bisa menghubungkan ingatan serta perspektif seseorang terhadap brand, produk atau jasa tertentu. Sama seperti  contoh di atas, itulah yang disebut dengan brand awareness.

Mengapa??

Ini karena akan menjadi factor utama yang menentukan perilaku konsumen ketika mereka harus mengambil keputusan untuk melakukan pembelian.

Pada saat yang bersamaaan, pemilik brand juga perlu mempelajari perilaku konsumen untuk meningkatkan kesadaran konsumen berkaitan dengan produk atau layanan bisnis sehingga bisa mendesain strategi promosi dan pemasaran yang tepat.

Lantas, bagaimana supaya konsumen punya kesadaran merk yang tinggi? Ini adalah bagian yang harus dilakukan oleh si pemilik brand

Cara Bangun Brand Awareness

Supaya tingkat kesadaran para konsumen tinggi, anda harus melakukan branding lebih dulu. Branding adalah proses memberikan makna pada produk atau jasa. Artinya, se pemilik brand, menciptakan image yang kuat ke dalam ingatan masyarakat.

Dalam proses membangun brand awareness untuk menanamkan identitas merk, anda bisa menciptakan kesan yang mendalam, entah dalam menciptakan nama produk, warna yang khas, logo unik dan menjaga kualitas dan layanan supaya selalu konsisten.

Brand identity akan terbangun dengan lebih cepat, bahkan jasa, produk atau layanan bisnis jadi tampak lebih berbeda dibandingkan dengan produk sejenis yang sudah ada di pasaran.

Tujuan Brand Awareness

Tujuan utama brand awareness tentu saja adalah meningkatkan loyalitas konsumen lewat banyak cara. Seperti warna hijau yang diasosiasikan dengan Grab/Gojek atau gambar gunu yang berwarna biru yang diasosiasikan dengan “Aqua”.

Semakin kuat image yang diciptakan maka semakin kuat juga kesadaran konsumen akan merk milik anda. Justru jika loyalitas mereka meningkat, mereka bisa menjadi “funnel” promosi bagi produk anda tanpa harus diminta.

Konsultasikan dengan Kami
Manfaat Brand Awareness untuk Pemilik Brand

Dengan menerapkan strategi branding untuk meningkatkan brand awareness maka ini akan mendatangkan banyak manfaat. Apa saja manfaat brand awareness bagi pemilik brand?

1

Meningkatkan Kesadaran dan Keberadaan Merk

Masyarakat akan menyadari kehadiran suatu brand jika brand tersebut dapat menanamkan hal unik yng dapat diingat konsumen dengan baik. Ini bisa dilakukan dengan penggunaan logo, symbol, nama dan sebagainya. Setelah itu, cobalah membuat iklan promosi yang berkesan, unik dan membuat konsumen selalu ingat dengan merk anda. Semakin konsumen mengingat brand maka ini dapat meningkatkan kesadaran dan keberadaan brand anda. Efek positifny adalah konsumen pergi kemana saja akan lebih memilih brand anda dibandingkan dengan brand competitor.
2

Menarik Pelanggan Baru

Jka branding bisa meninggalkan kesan yang mendalam dan baik maka bisa jadi ini akan mendatangkan lebih banyak pelanggan baru.
Apalagi kalau produk dengan brand anda tadi memang punya kualitas yang bagus dan dapat memenuhi apa yang diinginkan oleh konsumen.
Satu konsumen yang puas dengan brand atau produk anda akan mengajak 10 orang temannya untuk menggunakan produk dari brand yang sama. Promosi dari mulut ke mulut saat ini masih berlaku sampai zaman sekarang.
3

Meningkatkan Nilai Jual

Branding yang bagus akan meningkatkan brand awareness. Jika peningkatan tersebut didukung dengan kualitas produk serta layanan yang sangat baik, maka konsumen akan tetap membeli serta menggunkan produk bahkan ketika harganya naik.
Ada banyak cara untuk meningkatkan nilai jual misalnya dengan packaging yang unik, penjualan dengan sistem bundling atau banyaknya dukungan review positif dari pelanggan setia yang sudah merasa puas dengan produk dan jasa yang ditawarkan.
4

Bentuk Kepercayaan

Membangun branding yang benar dan profesional tentu dapat mendongkrak banyak sekali kepervayaan entah dari segi konsumen atau investor. Untuk itu, susun dan bangun branding dengan menekankan pada expertise dalam bidang tertentu.

Punya brand baru dan mau meningkatkan brand awareness?