Brand awareness atau kesadaran merk adalah kemampuan konsumen untuk langsung mengenali dan mengingat suatu merk hanya dengan melihat ciri khas tertentu seperti logo, warna, image dan sebagainya yang menggambarkan identitas brand. Kemampuan konsumen dalam mengenali serta mengingat suatu brand ini sangat penting untuk dibuat dan dipelajari.
Brand Awareness
Apa itu Brand Awareness?
Warna, symbol, jenis huruf atau logo bisa menghubungkan ingatan serta perspektif seseorang terhadap brand, produk atau jasa tertentu. Sama seperti contoh di atas, itulah yang disebut dengan brand awareness.
Mengapa??
Ini karena akan menjadi factor utama yang menentukan perilaku konsumen ketika mereka harus mengambil keputusan untuk melakukan pembelian.
Pada saat yang bersamaaan, pemilik brand juga perlu mempelajari perilaku konsumen untuk meningkatkan kesadaran konsumen berkaitan dengan produk atau layanan bisnis sehingga bisa mendesain strategi promosi dan pemasaran yang tepat.
Lantas, bagaimana supaya konsumen punya kesadaran merk yang tinggi? Ini adalah bagian yang harus dilakukan oleh si pemilik brand
Cara Bangun Brand Awareness
Supaya tingkat kesadaran para konsumen tinggi, anda harus melakukan branding lebih dulu. Branding adalah proses memberikan makna pada produk atau jasa. Artinya, se pemilik brand, menciptakan image yang kuat ke dalam ingatan masyarakat.
Dalam proses membangun brand awareness untuk menanamkan identitas merk, anda bisa menciptakan kesan yang mendalam, entah dalam menciptakan nama produk, warna yang khas, logo unik dan menjaga kualitas dan layanan supaya selalu konsisten.
Brand identity akan terbangun dengan lebih cepat, bahkan jasa, produk atau layanan bisnis jadi tampak lebih berbeda dibandingkan dengan produk sejenis yang sudah ada di pasaran.
Tujuan Brand Awareness
Tujuan utama brand awareness tentu saja adalah meningkatkan loyalitas konsumen lewat banyak cara. Seperti warna hijau yang diasosiasikan dengan Grab/Gojek atau gambar gunu yang berwarna biru yang diasosiasikan dengan “Aqua”.
Semakin kuat image yang diciptakan maka semakin kuat juga kesadaran konsumen akan merk milik anda. Justru jika loyalitas mereka meningkat, mereka bisa menjadi “funnel” promosi bagi produk anda tanpa harus diminta.
Konsultasikan dengan Kami