Salah satu kunci sukses bisnis adalah menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Namun hal tersebut tidak bisa serta merta dilakukan dengan mudah. Terlebih lagi jika bisnis anda terus tumbuh. Pelanggan pun terus bertambah. Anda tidak hanya perlu mengelola data pelanggan baru dengan rapi. Anda juga harus terus menjaga komunikasi dengan pelanggan lama. Untungnya, dengan CRM/Customer Relation Management, pengelolaan data pelanggan bisa dilakukan dengan lebih mudah.
Apa sebenarnya yang dimaksud dengan CRM? Apa saja manfaat CRM bagi bisnis anda? Berikut ini, kami berikan penjelasannya.
Contents
Apa itu CRM?
CRM atau Customer Relationship Management adalah cara menjaga hubungan baik dengan pelanggan menggunakan data serta informasi yang tertata rapi. CRM bisa digunakan baik ketika anda ingin menggaet pelanggan baru atau ketika anda sedang berinteraksi dengan pelanggan lama. Dengan CRM, anda bisa meningkatkan jumlah pelanggan sambil melakukan usaha customer retention.
Jika tujuan-tujuan tersebut dapat tercapai, maka bisnis anda bisa tumbuh dan profit anda bisa meningkat secara optimal. CRM saat ini sudah bisa dilakukan secara otomatis dengan bantuan software. Apakah bisnis anda membutuhkannya? Pelajari lebih lanjut tentang jasa software CRM terbaik, Salesforce.
Manfaat Software CRM untuk Bisnis Anda
Apa saja manfaat menggunakan software CRM bagi bisnis anda? Berikut ini penjelasannya:
1.Data Pelanggan Bisa Dikelola dengan Baik
Software CRM bisa membantu anda untuk menyimpan, mengumpulkan serta menganalisis semua data pelanggan anda. Hal ini bahkan bisa dilakukan dengan cepat dan otomatis. Selain itu, anda bisa melihat data-data pelanggan secara menyeluruh seperti profil pelanggan, riwayat pembelian, percakapan dengan tim hingga laporan analisisnya. Ini karena semua data berada pada satu sistem yang terintegrasi.
Dengan software CRM, anda bisa menentukan pelanggan mana yang sebaiknya diberikan penawaran produk dan jenis produk seperti apa yang tepat untuk mereka. Tanpa pengelolaan data pelanggan yang baik, anda tentu merasa kesulitan mengetahui profil pelanggan serta melakukan promosi yang tepat.
2.Memperbaiki Komunikasi Antar Tim
Software CRM juga bisa menjadi media komunkasi yang efektif antar tim karena komunikasi yang sangat penting. CRM memiliki fitur sharing data agar anda bisa berkolaborasi dengan tim lainnya. Misalnya, ada klien yang komplain ketika mereka menggunakan suatu produk dan mereka melaporkannya pada tim customer service anda. Dengan adanya informasi yang tercatat dengan rapi pada sistem, CS lainnya bisa melakukan follow up dengan menghubungi klien tanpa harus bertanya apa kendalanya.
Beberapa CRM juga biasanya dilengkapi dengan fitur tag dimana fitur ini memungkinkan anda bisa menandai rekan anda pada data tertentu. Ini sangat penting untuk memastikan bahwa orang yang tepat sudah menangani komplain tersebut.
Berbagai Strategi CRM untuk Bisnis
No | Strategi CRM untuk Bisnis | Penjelasan |
1 | Buatlah mapping customer journey | Customer journey bisa membantu anda mengetahui dari mana mereka tahu bisnis anda dan di platform mana mereka melakukan pembelian |
2 | Buatlah alur kerja CRM | Anda bisa mulai membangun serta menjalankan CRM. Alur kerja ini dibuat untuk mempermudah anda untuk memantau dan memaksimalkan pemasaran, sales hingga after sales |
3 | Integrasikan dengan tool lain | CRM bisa lebih efektif jika diintegrasikan dengan berbagai tools yang lainnya seperti media sosial dan webiste tracking. Setelah terintegrasi dengan tools lain, CRM bisa otomatis membuat data kontak pelanggan sesuai format yang ditentukan |
4 | Berkolaborasi dengan tim lain | Sangat penting untuk melakukan kolaborasi antar tim. CRM bisa digunakan untuk membangun sistem informasi up to date yang mempermudah semua tim melakukan pekerjaannya. |
3. Lebih Mudah Membuat Laporan Penjualan
Ingin membuat laporan penjualan dengan lebih mudah? Software CRM bisa mempermudah anda dalam melakukannya. Biasanya, software CRM memiliki fitur khusus yang memungkinkan pengguna melihat aktivitas penjualan bisnis. Dengan menggunakan fitur ini, anda bisa memantau progress penjualan anda. Bahkan, pengecekan laporan hasil penjualan tidak jarang bisa anda lakukan hanya dengan sekali klik.
Tanpa menginput data penjualan satu per satu, langkah analisa serta evaluasi strategi bisnis tentu bisa lebih mudah untuk dilakukan.
4. Bisa Memprediksi Performa Penjualan
Keberhasilan bisnis bisa dicapai melalui strategi pemasaran yang baik. Software CRM juga sangat efektif membantu anda melihat prediksi penjualan dengan baik. Berdasarkan hasil laporan yang telah anda analisa sebelumnya, anda bisa merancang strategi pemasaran yang tepat. Misalnya anda memiliki berbagai jenis produk, maka anda bisa mengetahui jumlah pendapat setiap produk dalam jangka waktu per bulan atau per tahun. Anda pun bisa meningkatkan promosi produk jika produk tersebut memang menjadi yang terlaris di pasaran.
5. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan
67% pembelian biasanya berasal dari pelanggan yang loyal. Dengan adanya software atau aplikasi CRM, anda bisa membangun customer experience yang baik sehingga mereka akan setiap dengan produk anda. Software CRM memungkinkan perusahaan menyimpan informasi konten pelanggan baik dari website, tim sales di lapangan atau melalui call center.
Informasi ini akan dikelola dalam satu sistem sehingga mudah diakses oleh semua department. Jika anda membutuhkannya, maka setiap orang bisa mengakses sesuai dengan kewenangan. Misalnya ada klien yang menghubungi tim CS sehubungan dengan kendala yang dialami. Karena anda telah memiliki data produk yang digunakan serta profil klien, tim CS bisa menyelesaikan problem dengan cepat dan tepat.
FAQ
Kapan anda sebaiknya menggunakan software CRM untuk bisnis?
-Ketika bisnis semakin berkembang, data-data pelanggan kurang tertata rapi, spreadsheet semakin sulit terbaca, membutuhkan laporan penjualan yang cepat, kolaborasi tim tidak berjalan dengan baik.
Apa saja contoh software CRM yang direkomendasikan?
-Zoho, HubSpot and FreshSales.