fbpx

Dengan semakin meningkatnya platform penjualan, maka tingkat persaingan bisnis semakin ketat. Banyak bisnis menggunakan setiap channel marketing serta penjualan yang ada untuk menarik target pembeli menjadi customer dan customer akhirnya menjadi pelanggan yang loyal. Apalagi sebagian besar konsumen menggunakan beberapa channel sekaligus untuk belanja.

Anda mungkin sudah memanfaatkan banyak channel penjualan baru khususnya berbagai channel online seperti platform e-commerce, media sosial, marketplace. Tetapi pebisnis lainnya juga melakukan hal yang serupa. Agar dapat terus bersaing dan unggul dibandingkan dengan bisnis-bisnis yang lainnya, anda harus bisa memberikan pengalaman yang unik serta terpersonalisasi.

Dengan pendekatan omnichannel, pebisnis bisa mengembangkan startegi yang bisa diaplikasikan pada seluruh channel sehingga pengalaman yang dihasilkan bisa saling terhubung. Menerapkan ombichannel artinya pengalaman yang didapatkan oleh konsumen akan konsisten terlepas dari channel yang digunakan. Jadi konsumen yang berbelanja lewat website toko online akan mendapatkan pengalaman yang sama dengan mereka yang hanya melihat-lihat lewat media sosial atau aplikasi.

Demikian juga dengan perangkat yang digunakan. Baik melalui laptop, smartphone, computer atau tablet, pengalaman yang didapatkan akan tetap konsisten. Alhasil strategi omnichannel ini memungkinkan customer untuk melakukan transaksi lewat channel manapun.

Contents

Apa itu Omnichannel Marketing?

Omnichannel marketing adalah strategi marketing yang dilakukan dengan mengintegrasikan berbagai platform bisnis dalam satu sistem terpadu. Strategi marketing bertujuan untuk keperluan branding, menjalin komunikasi terhadap pelanggan dan membangun loyalitas pelanggan. Dengan menggunakan omnichannel, maka bisnis bisa memberikan opsi kepada pelanggan untuk berinteraksi melalui platform yang mereka sukai mulai dari media sosial, aplikasi hingga hotline customer service.

Lebih lanjut lagi, omnichannel marketing strategy menargetkan terjadinya penjualan secara online ataupun offline. Misalnya pembeli dapat melakukan pemesanan secara online kemudian produk yang dipesan akan bisa diambil di toko offline.

Manfaat Omnichannel Marketing

Berikut ini beberapa manfaat dari penerapan strategi omnichannel:

1. Pengumpulan dan Analisis Data yang Lebih Baik

Strategi omnichannel memungkinkan pengumpulan data pelanggan dari saluran serta sistem yang berbeda seperti ID perangkat, cookie, media sosial, keranjang belanja dan lainnya. Dengan informasi tersebut, anda bisa mengetahui pendapat setiap konsumen yang terlibat dengan brand anda. Informasi tersebut dapat menjadi sumber untuk menganalisa minat, perilaku dan niat pelanggan untuk perencanaan marketing yang lebih baik sehingga bisa menghasilkan rasio konversi  yang lebih tinggi.

2. Segmentasi Pelanggan yang Lebih Baik

Analisis data konsumen akan membantu menemukan pelaggan ideal serta melakukan segmentasi terhadap mereka sesuai dengan niat masing-masing. Ini juga menolong bisnis untuk mendesain iklan atau pemasaran yang lebih baik. Misalnya ketika pelanggan membeli satu set meja makan maka iklan tentang produk meja hanya akan mengganggu pelanggan. Itulah mengapa, anda bisa menggunakan metode cross selling atau up selling dengan memberikan penawaran produk lainnya tetapi yang masih berhubungan dengan produk yang sudah dibeli seperti set sofa, alas makan atau tempat tidur.

Pemasaran multichannel sangat penting karena membantu menciptakan pengalaman positif bagi pelanggan di setiap tahapan siklus hidup mereka, mengurangi churn rate dan mendorong serta membangun reputasi positif merk anda.

3. Visibilitas Brand yang Lebih Baik

Omnichannel membantu menempatkan pesan anda di semua saluran secara konsisten serta tepat waktu baik itu lewat online ataupun pada toko fisik. Mana saja yang paling nyaman untuk pelanggan anda. Setiap kali pelanggan menemukan brand anda, mereka bisa ditawari pengalaman pelanggan terbaik namun tetap mendapatkan perlakuan khusus. Visibilitas brand yang lebih baik mendorong loyalitas pelanggan yang jauh lebih besar.

4. Lebih Hemat Biaya

Dengan wawasan yang anda dapatkan dari daya yang sudah terkumpul, anda bisa melakukan strategi marketing serta menerapkan sumber daya dengan lebih efisien. Menganalisis data omnichannel membantu anda mengetahui dimana dan kapan harus lebih berkonsentrasi pada saluran tertentu untuk meningkatkan keuntungan anda.

5. Mendapatkan ROI yang Lebih Tinggi

Manfaat di atas akhirnya mengarah pada keterlibatan pelanggan yang lebih baik sehingga pada gilirannya menghasilkan lebih banyak konversi serta ROI yang lebih tinggi.

Cara Memusatkan Omnichannel Marketing

NoFase Omnichannel MarketingCara Memusatkan
1Menyambut pengguna baruMembuat strategi orientasi yang terencana dengan baik untuk memandu pengguna lewat berbagai fitur aplikasi
2Menjaga pelanggan tetap terlibatBuatlah pengguna anda tetap terlibat di aplikasi anda sehingga mereka tidak melakukan uninstall terhadap aplikasi
3Melibatkan kembali pelanggan tidak aktifGunakan notifikasi yang dipersonalisasi untuk melibatkan lagi pengguna yang sudah tidak aktif
4Mengubah jadi pendukung brandGunakan omnichannel marketing untuk mengubah pelanggan menjadi pendukung brand

Strategi untuk Menerapkan Omnichannel

Beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk menerapkan strategi omnichannel antara lain:

1. Mengutamakan Pengalaman Pelanggan

Memahami saluran yang biasa digunakan serta perilaku mereka di semua saluran dan buatlah plan yang detail tentang bagaimana anda ingin memberikan pengalaman tersebut. Pastikan bahwa fitur dan layanan yang anda miliki bisa memberikan kemudahan serta solusi terbaik.

2. Menggunakan Data Sebagai Basis Ketika Menyusun Strategi

Data Customer Relationship Management (CRM) akan membantu mengetahui bagaimana pelanggan anda bersikap sehingga anda bisa membuat solusi untuk mengatasi tantangan yang mungkin terjadi. Jika data dimanfaatkan dengan benar, anda bahkan bisa mengurangi churn rate. Peran CRM dalam dunia omnichannel adalah menanamkan interaksi pelanggan dengan empati dan kepribadian. Ini menjadi pembeda penting untuk pelanggan modern yang sudah mengharapkan kenyamanan, konsistensi dan kecepatan. Dapatkan visibilitas lengkap ke manajemen prospek anda. Identifikasi prospek potensial menjadi lebih mudah dengan aplikasi CRM terintegrasi dan terlengkap.

3. Segmentasi Pengguna dan Personalisasi Perjalanan

Setelah menganalisis data, anda bisa dengan mudah menyegmentasikan pengguna ke berbagai kategori berdasarkan pola perilaku umum. Ini akan membantu anda membuat pengalaman yang lebih baik untuk setiap jenis pelanggan.

4. Mengetahui Situasi dan Konteks yang Benar

Bagian paling penting dari strategi pemasaran omnichannel adalah konteksnya. Mengirimkan pesan yang salah ke audiens yang salah pada waktu yang salah akan menghalangi pengguna untuk berinteraksi dengan anda. Pastikan konteks pesan anda relevan dengan pengguna serta kirimkan ke pengguna pada saat mereka paling aktif untuk mereka paling banyak berinteraksi.

5. Memilih Alat Bantu Otomasi Marketing yang Tepat

Menggunakan alat pemasaran yang tepat untuk mengimplementasikan startegi anda langsung mulai dari perencanaan sampai dengan implementasi. Lakukan analisis menyeluruh sebelum memilih yang tepat.

6. Menjadikan Bisnis Customer Centric

Customer centric adalah pendekatan yang berfokus sepenuhnya terhadap pelanggan, didesain berdasarkan kebutuhan dan minat konsumen. Karyawan harus mendapatkan pelatihan untuk memberikan pelayanan yang konsisten pada pelanggan.

FAQ

Apa perbedaan antara multichannel dan omnichannel?

-Omnichannel bisa diartikan sebagai semua saluran. Sedangkan multi channel artinya banyak saluran. Itu artinya baik omni channel ataupun multi channel memungkinkan pelaku bisnis menggunakan lebih dar satu saluran untuk menjalankan aktivitas bisnisnya.

Bagaimana cara kerja omnichannel?

-Strategi omnichannel bekerja dengan menghubungkan semua channel bisnis anda yang berbeda. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengumpulkan semua informasi inventaris dan data pelanggan pada satu tempat sehingga dapat dikirimkan ke masing-masing channel sesuai dengan permintaan.  

wpChatIcon
wpChatIcon
× Chat dengan kami di WhatsApp