SEO untuk toko online / E-Commerce

Toko online bisa membantu  pebisnis mendapatkan lebih banyak pelanggan. Jangkauan toko online lebih luas dibandingkan dengan toko offline. Namun memiliki toko online saja tidak menjamin bahwa produk/jasa yang anda jual bisa laris manis karena ada ribuan toko online di internet.

Bagaimana agar toko online milik anda bisa bersaing? Anda harus menggunakan teknik SEO sehingga toko online bisa muncul pada halaman pertama mesin pencarian. Toko online yang ada di halaman pertama Google tentu lebih berpotensi mendapatkan banyak pengunjung karena orang cenderung meng-klik website yang ada di halaman pertama Google.

Bagaimana strategi SEO untuk e-commerce? Simak penjelasannya berikut ini.

Jasa SEO WordPress, SEO Magento, Wix, Shopify & Big Commerce

Strategi SEO untuk toko online/e-commerce

1. Riset Keyword

Keyword menjadi dasar dari pencarian organik. Toko online yang tidak membidik keyword yang tepat tidak akan bisa ditemukan oleh para pembeli. Sebenarnya, riset keyword tidaklah sulit. Yang perlu dipahami hanya 3 indikator saja yaitu:

Volume Pencarian

Ini menunjukkan potensi traffic dari kata kunci. Semakin besar volumenya maka semakin banyak juga potensi traffic yang bisa didapatkan. Begitu juga jika volume dari kata kuncinya kecil maka trafficnya hanya sedikit.

Kompetisi

Menunjukkan tingkat kesulitan website dalam mendapatkan peringkat pada hasil pencarian. Tingkat kompetisi yang besar menunjukkan semakin sulit bersaing dengan website lainnya dan menduduki halaman pertama mesin pencarian.

Intensi dari Kata Kunci

Intensi kata kunci yang tepat bisa mendatangkan target audiens yang tepat. Jangan lupa menyisipkan kata-kata yang memiliki intensi komersial seperti promo, diskon, harga, atau bekas.

Melakukan riset keyword, khususnya yang mudah dan gratis, bisa menggunakan tool Google Keyword Planner, Google Suggest dan kategori produk yang ada di marketplace.

2. Cari Latent Semantic Indexing (LSI)

Anda harus meluangkan waktu untuk mencari Latent Semantic Indexing atau LSI. Kata-kata ini yang akan digunakan oleh Goohle untuk menentukan apakah konten yang ada pada website relevan dengan kebutuhan pengguna.

LSI adalah kata yang berhubungan dengan topik tertentu. Kata-kata ini tidak harus berada dalam bentuk sinonim tetapi juga biasa muncul dalam satu kategori konten. LSI ini sangat berguna untuk mencegah terjadinya keyword stuffing yang membahayakan.

Untuk bisa mendapatkan LSI, anda bisa menggunakan tool seperti LSI Graph. Tool ini cukup mudah digunakan dan lebih baik dibandingkan dengan tool lain yang sejenis. Cara lainnya untuk mendapatkan LSI yaitu dengan menelusuri deskripsi produk yang digunakan oleh kompetitor. Silahkan amati kata apa yang digunakan untuk mendeskripsikan produk.

3. Optimasi On-Page SEO

Ketika anda sudah menemukan keyword dan LSI maka anda harus mengimplementasikannya pada halaman website toko online anda. Optimasi akan memudahkan Google untuk mengenali isi dari website anda.

Bagian Website yang Harus Mengandung Kata Kunci

Ada 6 bagian penting dimana anda harus meletakkan kata kunci pada toko online anda yaitu title tags, deskripsi produk, title, meta description, nama dokumen, URL dan alt text.

Judul/Title Tags H1

Jadikan nama produk sebagai keyword yang harus masuk ke title tags atau H1. Kalau bisa, akan lebih baik lagi jika nama produk bisa muncul pada bagian depan. Tujuannya adalah agar calon konsumen bisa mengenal apa yang sebenarnya ingin anda jual.

Deskripsi Produk

Anda harus menyertakan kata kunci utama dan beberapa LSI pada bagian deskripsi produk yang hendak dijual. Dengan demikian, Google pun bisa melakukan crawling pada toko online anda dengan mudah. Deskripsi produk sebaiknya dibuat sepanjang 300 kata.

Title dan Meta Description

Keyword juga harus diletakkan pada meta data seperti title dan meta description. Keyword yang diletakkan pada title dan meta description terbukti bisa mendatangkan lebih banyak klik.

Google memang meng-highlight kata kunci yang diletakkan pada kedua tempat tersebut. Tujuannya adalah untuk memberikan kesan pada user tentang seberapa relevan isi website yang mereka baca.

Nama Dokumen

File yang akan diletakkan di website baik berbentuk gambar, audio, video maupun pdf harus mengandung keyword yang ditargetkan. Nama file pun menjadi lebih jelas, singkat dan padat.

Jika nama file lebih dari satu kata maka pisahkan setiap kata dengan lambang strip atau dash (-). Ini semakin memudahkan Google dalam membaca nama dokumen yang terlampir.

Alt Text

Alt text bisa menjadi alat bantu crawling boot dalam mengetahui tampilan gambar. Oleh karena itulah jangan sampai lupa mengisi alt text pada website.

Namun jangan sampai melakukan keyword stuffing alias memasukkan terlalu banyak keyword pada bagian Alt Text. Anda bisa menyamakan alt text dengan nama file.

URL

Pada bagian URL, jangan lupa memasukkan kata kunci utama. Ini akan membantu Google untuk mengindeks website menjadi lebih baik. Teknik SEO ecommerce juga langsung mempengaruhi peringkat pencarian.

JASA SEO GARANSI PAGE ONE?

GET IT NOW

4. Deksripsi Produk

Deskripsi produk juga harus mengandung kata kunci dan LSI. Namun ini masih belum cukup. Bagaimanapun juga, Google masih mengandalkan panjang konten.  Semakin banyak jumlah kata pada satu halaman website maka Google semakin mudah dalam menilah relevansi sebuah website.

Deskripsi produk menjadi bagian penting untuk optimasi SEO. Idealnya, jumlah kata per halaman yang berisi produk 2000 kata. Namun karena toko online memiliki banyak sekali halaman maka anda hanya perlu menuliskan 1000 kata untuk setiap halaman.

5. Menyertakan Review Produk

Review pelanggan  tidak hanya mempengaruhi SEO website toko online. Namun juga mempengaruhi aspek sales dan marketing.

Review pelanggan bisa meringankan beban pekerjaan anda dalam membuat konten. Review produk akan menambah panjang konten yang sebelumnya telah dibuat.

Review pada toko online bisa mempengaruhi SEO dengan dua cara. Yang pertama yaitu dengan membantu Googlebot melakukan crawling ketika ada review. Sedangkan kedua, konten bisa membuat user menghabiskan banyak waktu pada website.

Review sebenarnya bisa memanjakan pembeli karena pembeli lebih mudah dalam melakukan riset. Review bisa mempercepat kenaikan angka transaksi pada website hingga 270 persen.

6. Memperbaiki Struktur Website Toko

Membuat halaman toko online harus dilakukan secara hati-hati. Pengaruhnya pada peringkat pencarian Google memang cukup besar. Sedangkan struktur halaman website sangat menentukan pengalaman pengguna dan kepuasan dalam berbelanja.

Sebaiknya, terapkan tiga prinsip ini untuk membuat struktur website yang rapi:

  • Membagi kategori/topik yang mudah. Mulailah dengan yang paling umum.
  • Bangun kategori tambahan dari kategori di atas
  • Membatasi tingkatan kategori. Sebaiknya jangan membuat tingkatan kategori yang terlalu dalam. Usahakan maksimal bisa diakses hanya dalam 3 kali klik.

7. Mengatur URL

URL menjadi alamat digital yang menuju ke website serta halaman-halamannya. Karena berfungsi sebagai alamat, URL harus ditulis dengan jelas. Dengan demikian, user dan Googlebot bisa  menuju ke website dengan mudah.

Agar URL bisa lebih SEO Friendly, usahakan:

  • URL tetap pendek (50-60 karakter)
  • Samakan URL dengan judul halaman
  • Menghilangkan kata-kata yang tidak penting
  • Menghindari penyertaan kategori dan subkategori yang ada pada URL

8. Melakukan Optimasi pada Halaman Kategori

Sebaiknya jangan asal-asalan dalam menampilkan produk pada halaman kategori. Halaman kategori harus dioptimasi dan didesain dengan baik.

Sebaiknya, anda menerapkannya ke seluruh trik SEO ecommerce pada halaman kategori. Khususnya menyangkut kata kunci utama, LSI dan deskripsi halaman.

9. Update Halaman Produk

Optimasi web toko online tidak hanya cukup dengan on-page SEO. Ada hal-hal teknis lainnya yang harus dilakukan, khususnya berhubungan dengan halaman produk.

Anda tidak wajib menghapus halaman produk yang ada pada website ketika produk yang dijual telah habis. Anda hanya perlu menyertakan keterangan “sold out” pada halaman produk yang dimaksud.

Menghapus halaman produk dengan sembarangan akan mempengaruhi peringkat pencarian. Halaman yang dimaksud mungkin saja sudah terindeks oleh Google. Ketika user melakukan klik terhadap hasil pencarian maka halaman yang dimaksud tidak bisa diakses. Akhirnya calon pembeli kecewa dan tidak ingin datang ke website toko online milik anda lagi.

10. Menambahkan Schema Markup

Schema bisa mempengaruhi tampilan website pada halaman hasil pencarian. Website anda bisa memiliki tampilan yang unik. Inilah yang akan membuat user tertarik mengunjunginya.

Hasil pencarian yang mengandung schema markup bisa meningkatkan click through rate (CTR) hingga dua kali lipat. Akhirnya, pengunjug organik pun meningkat hingga enam kali lipat.

Bagaimana cara menambahkan schema?

Schema bisa ditambahkan lewat kode yang dibuat dengan manual. Namun jika anda agak gaptek, anda bisa memanfaatkan platform “Structured Data Markup Helper” yang disediakan oleh Google. Anda pun bisa membua schema dengan jauh lebih mudah.

Jika anda ingin mempercayakan SEO toko online anda pada ahlinya, silahkan baca tautan berikut ini.

JASA SEO GARANSI PAGE ONE?

GET IT NOW

FAQ

Apa perbedaan antara optimasi blog biasa dengan optimasi toko online?

Optimasi toko online lebih menekankan pada tujuan konversi sedangkan blog lebih menekankan jumlah visitor.

Mengapa toko online juga perlu diisi dengan konten yang lumayan panjang?

Visitor mencari informasi yang mereka butuhkan, mencari sedetail mungkin deskripsi produk, plus dan minus nya. Dengan begitu visitor tertarik untuk menjelajahi website lebih lama.