Membuat website dan ingin menempati peringkat pertama mesin pencarian tentunya menjadi keinginan setiap pemilik website. Untuk itulah, banyak situs yang menerapkan strategi jasa SEO diskon akhir tahun (Search Engine Optimization) untuk mengoptimasi websitenya agar lebih unggul dari kompetitornya yang lain.
Dalam dunia SEO, ada yang dinamakan dengan black hat SEO dan white hat SEO. Sesuai dengan namanya, white hat SEO merujuk pada strategi SEO yang sesuai dengan peraturan dari Google sedangkan black hat SEO berarti strategi SEO yang menyalahi aturan Google.
Mana yang aman untuk jangka panjang bagi website anda? Tentunya adalah white hat SEO. Google terus memperbarui algoritmanya sehingga situs-situs yang menggunakan black hat SEO akan segera terdeteksi dan dibanned. Sedangkan situs yang menggunakan white hat SEO akan lebih “aman” dan peringkatnya juga terus melejit.
Apa dan bagaimana strategi White SEO? Apa perbedaan antara White hat SEO dan black hat SEO? Simak penjelasannya berikut ini.
Contents
Pengertian White Hat SEO
White Hat SEO merupakan strategi yang sesuai dengan syarat dan ketentuan mesin pencarian, termasuk Google.
Secara umum, white hat SEO merujuk pada berbagai upaya untuk meningkatkan peringkat website pada mesin pencarian dengan tetap mempertahankan integritas website dan mematuhi peraturan mesin pencarian.
Sedangkan SEO black hat menggunakan trik untuk menipu mesin pencarian seperti membeli backlink atau menggunakan teknik terselubung. Segala jenis taktik yang menipu atau berbahaya akan dianggap sebagai black hat. Taktik black hat sangat beresiko. Ketika algoritma Google diperbarui maka kemungkinannya untuk berhasil sangat kecil.
Perbedaan White Hat SEO dan Black Hat SEO
No | White Hat SEO | Black Hat SEO |
1 | Memprioritaskan pengguna, bukan mesin pencari | Keyword stuffing/penggunaan kata kunci yang berlebihan |
2 | Membuat website lebih menarik dan mengesankan | Keyword yang disembunyikan |
3 | Membuat website memiliki nilai lebih dibandingkan website lain yang masih satu topik | Pengumpulan link aktif yang menuju ke satu halaman/link farming |
4 | Tidak menggunakan trik untuk mendapatkan ranking dengan cepat | Redirect otomatis ke halaman artikel lainnya |
Mengapa Teknik White Hat SEO Penting?
Menggunankan teknik black hat SEO membuat situs dibanned oleh Google dan mesin pencarian lainnya. Terlebih lagi, Google yang dikunjungi oleh miliaran orang per hari dari berbagai belahan dunia.
Google bisa menjadi sumber traffic yang powerful untuk website anda. Jika website anda dibanned oleh Google, maka traffic website dan bahkan bisnis anda menurun drastis. Anda tentunya tidak ingin seluruh hasil kerja keras untuk website anda sia-sia kan? Apalagi jika Google sudah membanned sebuah website, maka tidak ada jaminan bahwa Google akan mendaftarkan ulang website anda. Larangan dari Google mendatangkan konsekuensi yang besar.
Sebaiknya jangan mengambil resiko yang besar dan bisa membahayakan website anda. Lihatlah penjelasan lengkap SEO yang disetujui oleh Google pada Pedoman Webmaster. Ini akan menjadi tempat terbaik untuk mempelajari praktik SEO Google White Hat.
Menerapkan strategi SEO bukanlah tugas yang mudah sehingga banyak pemilik website yang memilih jalan black hat SEO. Banyak juga agensi SEO yang menggunakan teknik manipulatif untuk menunjukkan progres ‘palsu’ pada klien namun ujung-ujungnya akan beresiko terkena penalti juga. Jadi, agar menghasilkan progress dalam mesin pencarian, traffic website dan konversi, white hat SEO adalah hal yang wajib. Jika ingin menggunakan jasa SEO yang menerapkan teknik white hat SEO, silahkan pelajari selengkapnya di sini.
Teknik White Hat SEO
Beberapa teknik white hat SEO yang umum diterapkan untuk website antara lain
1. Riset keyword
Riset keyword merupakan inti dari strategi SEO. Tanpa melakukan riset keyword/kata kunci dan menggunakannya dengan tepat, maka mustahil bisa membuat konten yang mendapatkan peringkat bagus di mesin pencarian. Ketika sedang melakukan riset keyword, perhatikan dengan baik user search intent dan targetkan kata kunci yang sesuai. Sebaiknya, kata kunci yang didapatkan dari hasil riset digunakan dalam konten dan halaman/page.
2. Konten yang berkualitas
Menggunakan kata kunci yang didapatkan dalam hasil riset, konten juga harus dibuat untuk menentukan peringkat dari kata kunci. Ketika membuat konten, seperti memilih kata kunci, anda harus fokus pada user intent. Anda harus mempertimbangkan kira-kira konten seperti apa yang akan dicari oleh orang dengan kata kunci tersebut. Konten harus sistematis, lengkap dan dioptimasi dengan baik. Yang pasti, konten harus menjawab pertanyaan pencari.
3. Backlink
Bagian tak terpisahkan lainnya dari SEO adalah backlink atau inbound links. Tautan yang berasal dari luar situs anda menuju ke situs website anda sendiri, membangun otoritas situs menjadi faktor peringkat utama mesin pencarian yaitu Google. Dalam membangun backlink, perhatikan dengan baik peraturan dari Google. Jangan sampai ada pelanggaran yang justru merugikan website anda sendiri. Jadi, berhati-hatilah.
Cara terbaik untuk membangun backlink adalah dengan mengirimkan website anda ke direktori online, mengomentari artikel dan blog yang berhubungan dengan niche blog anda dan melakukan guest blogging pada website yang temanya berhubungan dengan blog anda. Dengan demikian, anda bisa mendapatkan backlink yang sangat berkualitas.
4. Optimasi On Page
Menuliskan konten yang berkualitas bukan satu-satunya jalan yang harus dilakukan untuk mengoptimasi kata kunci yang telah dipilih. Ada berbagai faktor pada halaman seperti meta deskripsi, header tag, title tag dan alt teks untuk image yang semuanya melibatkan kata kunci. Tentu saja, ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, lebih dari sekadar kata kunci. Beberapa hal tersebut mengirimkan sinyal ke mesin pencarian tentang laman tersebut.
Jika anda menambahkan link internal pada seluruh konten website dan semua halaman, maka hal tersebut juga menjadi hal yang cukup baik karena memudahkan pengunjung dalam menjelajahi situs. Mereka juga mendapatkan rekomendasi halaman yang relevan untuk dibaca.
Anda juga bisa menggunakan kata kunci dalam anchor text dalam internal link dan memberikan sinyal lebih lanjut ke mesin pencarian mengenai halaman tersebut.
Pastikan anda menyimpan anchor text yang berhubungan dengan halaman yang anda tautkan.
5. Optimasi Off-Page
Optimasi off page mengarah pada faktor-faktor yang tidak harus ada di website anda namun sangat berpengaruh. Ini termasuk memastikan nama, alamat dan nomor telepon yang konsisten di semua direktori dan membagikan link website pada berbagai media sosial. Keduanya bisa memberikan hasil yang bagus. Media sosial memungkinkan website anda lebih sering muncul dan mengajak audiens untuk lebih terlibat serta membagikan lebih banyak informasi daripada yang ada di situs mereka.
Itulah beberapa ulasan tentang teknik white hat SEO yang sebaiknya anda terapkan. Teknik white hat SEO mungkin agak merepotkan namun memberikan hasil yang memuaskan untuk website anda ke depannya.
FAQ
Mengapa white hat SEO wajib diterapkan?
-Karena hal ini akan membuat website lebih disukai oleh mesin pencarian dan tidak akan terkena banned jika Google melakukan update algoritma.
Mengapa lebih banyak website yang menggunakan teknik black hat SEO?
Karena black hat SEO dianggap lebih sederhana dan memberikan hasil yang cepat meskipun tidak aman dalam jangka panjang.