fbpx

Temukan cara menentukan ide konten blog tanpa batas untuk pengembangan website brand dan blog pribadi. Sebagai blogger yang aktif mengupload artikel dan tulisan dengan rutin, menemukan ide konten blog menjadi salah satu penghalang utama. Website yang aktif mengupload artikel 2-6 kali dalam seminggu punya tingkat keberhasilan yang lebih besar.

Meskipun demikian, frekuensi mengupload konten secara teratur juga membuat blogger akhirnya mencari cara untuk menemukan ide konten blog yang dapat digunakan terus menerus dalam angka waktu yang lama. Oleh karena itu, berikut ini beberapa tips menemukan ide konten blog yang efektif dan disukai oleh target audiens yang diinginkan.

Contents

Cara Menemukan Ide Konten Blog

Salah satu bagian yang paling sulit dalam mengembangkan website brand serta blog pribadi adalah menemukan dan mengembangkan ide konten blog yang disukai oleh target audiens. Tidak hanya itu, blogger juga harus mengetahui jenis informasi serta tren yang sedang naik daun agar pembahasan yang dibuat relevan dengan topik pencarian di internet.

Ide konten blog yang menarik dan terbaru tentunya membuat audiens menunggu berbagai update artikel yang diupload sehingga meningkatkan jumlah traffic website secara signifikan dari waktu ke waktu. Berikut ini beberapa cara menemukan ide konten blog yang efektif dan sesuai keinginan audiens:

1. Menggunakan Website Pencarian Konten

Banyaknya blogger yang aktif mengupload artikel pada topik tertentu menjadikan kemunculan website dan platform tersebut nantinya akan membantu anda menemukan keyword yang sering dicari oleh target audiens di internet.

Jika anda menggunakan keyword yang sama pada artikel anda, maka ini membuka peluang untuk dikunjungi oleh target audiens potensial. Semakin banyak kunjungan website maka akan membantu meningkatkan ranking website brand dan blog pribadi oleh algoritma Google.

Cara menggunakan website pencarian konten juga agak mudah, anda hanya perlu mengetikkan keyword tertentu pada kolom pencarian. Beberapa saat kemudian, website tersebut akan memperlihatkan volume pencarian keyword dalam jangka waktu tertentu. Nilai volume pencarian yang tinggi tentunya menguntungkan untuk mendapatkan bagi blogger untuk membuat artikel yang disukai oleh target audiens.

2. Membagikan Survey ke Target Audiens

Bagi seorang blogger yang sedang mengembangkan website brand tentunya harus mengethaui keyword yang sering dicari oleh target audiens di internet. Ini dilakukan supaya audiens tertarik mengunjungi website brand berkat kesamaan keyword yang dicari di internet. Untungnya, websit brand yang sudah punya konsumen yang banyak memiliki kemudahan untuk mengetahui minat serta kesukaan audiens.

Caranya yaitu dengan membagikan survey ke konsumen yang disematkan pada halaman website brand sehingga pembaca yang sudah selesai membaca artikel akan diberikan kesempatan untuk menyampaikan kesan setelah membaca postingan itu. Tidak hanya itu, pembaca juga bisa mengajukan ide konten blog yang dapat digunakan untuk artikel selanjutnya.

Blogger tidak hanya dapat membagikan survey melalui website brand tetapi anda juga dapat memanfaatkan akun media sosial yang dimiliki. Pengiriman survei di media sosial dinilai efektif karena punya jumlah follower setia yang lebih banyak sehingga mereka tertarik membagikan saran yang membangun untuk ke depannya.

Beberapa media sosial seperti Instagram, Twitter, Youtube dan Linkedin sudah punya fitur polling yan dapat digunakan untuk menghimpun ide konten blog yang menarik berdasarkan usul konsumen. Ti anda juga dapat melakukan survey dengan mengunjungi postingan media sosial yang membahas tentang edukasi produk dimana anda akan menemukan berbagai komentar berisi pendapat dan pertanyaan yang dapat digunakan untuk ide konten blog yang menarik.

3. Menemukan Blog Populer dengan Minat yang Sama

Sebagai blogger yang terus menerus mencari ide konten berdasarkan minat dan kesukaan konsumen, maka anda akan sering menemukan website dan blog yang sudah membahas topik tersebut sebelumnya dengan referensi yang informatif.

Berbagai website dan blog tersebut juga dapat menjadi ide konten blog yang disukai oleh target audiens jika anda menuliskannya dengan pembahasan yang berbeda. Karenanya sangat penting untuk menemukan blog popular dengan minat yang sama untuk dijadikan sebagai referensi ide konten blog.

Cara menemukan blog popular dan terpercaya jufa cukup mudah. Anda hanya perlu melakukan pencarian kata kunci tertentu pada halaman pencarian. Kemudian akan muncul berbagai jenis blog dengan ranking teratas yang direkomedasikan oleh Google.

Semakin sering website dan blog tersebut muncul pada keyword yang berbeda, maka anda dapat menggunakannya sebagai referensi blog popular dan terpercaya. Dimana anda bisa menemukan berbagai artikel yang sudah diupload sebagai ide konten blog yang menarik dan relevan dengan minat audiens.

Tidak hanya itu, anda juga dapat menggunakan portal berita yang sering membahas masalah yang sama dan revelan dengan industry anda. Tetapi biasanya portal berita hanya membahas tentang industry ekonomi dan kesehatan sehingga akan sangat jarang menemukan ide konten blog untuk industri lain yang lebih spesifik.

Meskipun demikian, portal berita dapat menjadi referensi informasi yang dapat anda sematkan dalam konten artikel yang akan dibuat selanjutnya.

4. Melakukan Analisa Keyword (Kata Kunci)

Sekalipun analisa keyword dapat digunakan melalui pencarian konten tetapi blogger juga dapat mencari referensi ide konten blog secara manual. Caranya yaitu dengan melakukan pencarian keyword pada halaman pencarian Google kemudian anda akan menemukan berbagai jenis artikel yang paling banyak dicari dan mendapatkan hasil pencarian tertinggi.

Anda dapat menggunakannya sebagai ide konten blog yang menarik dan disukai oleh target audiens. Tidak hanya itu, pencarian secara manual lewat Google juga bisa membantu anda menemukna inspirasi judul blog yang menarik dan relevan dengan keyword tertentu. Ini tentunya akan membantu anda yang sedang kebingungan menemukan judul blg yang menarik perhatian.

5. Berkunjung ke Forum Diskusi Online

Target audiens biasnaya tidak hanya ditemukan pada akun media sosial brand yang dimiliki tetapi anda juga bisa menemukannya pada forum diskusi online dimana anda akan menemukan berbagai jenis topik yang relevan dengan industri yang ditekuni. Pembahasan pada forum diskusi online yang beragam juga akan membantu anda menemukan ide konten blog yang unik dan belum pernah dipikirkan sebelumnya.

Beberapa platform forum diskusi online yang sangat membantu untuk mendapatkan ide konten  adalah Quora dan LinkedIn. Para pengguna internet seringkali memberikan pendapatnya tentang topik tertentu di sana.

Jika anda melakukan pencarian topik tertentu dengan konsisten, maka algoritma quora dan LinkedIn dapat memberikan rekomendasi postingan yang sesuai dengan minat anda.

FAQ

Bagaimana cara mencari tahu apakah ide blog saya sudah pernah ditulis oleh orang lain?

-Anda bisa melakukan pencarian di mesin pencari dengan menggunakan kata kunci dari ide blog Anda. Jika hasilnya menunjukkan bahwa topik tersebut sudah sering dibahas, Anda bisa memilih pendekatan yang berbeda atau mengambil sudut pandang yang unik untuk membuat tulisan Anda berbeda.

Berapa panjang ideal untuk sebuah postingan blog?

-Panjang ideal postingan blog dapat bervariasi tergantung pada topik dan audiens. Namun, dalam banyak kasus, postingan blog yang memiliki sekitar 1.500 hingga 2.500 kata cenderung lebih baik dalam hal SEO (Search Engine Optimization) dan memberikan ruang yang cukup untuk menjelaskan topik secara mendalam.

× Chat dengan kami di WhatsApp