fbpx

Ketika baru pertama kali merintis usaha, pertanyaan yang biasa diajukan yaitu  apa yang dibutuhkan untuk memasarkan suatu bisnis. Sebagian besar orang akan menyuruh anda untuk memasang iklan di media-media yang biasa dilihat oleh masyaraka seperti radio, televisi atau koran. Mereka mungkin juga akan menyuruh anda untuk beriklan di email marketing, banner iklan dan masih banyak lagi lainnya.

Tetapi berbagai media tersebut bukanlah penentu keberhasilan promosi. Terlebih lagi kalau anda melakukannya dengan asal-asalan. Jangan melakukan transaksi. Tidak semua orang akan tertarik dengan usaha pemasaran anda. Daripada harus kehilangan banyak dana untuk promosi yang gagal, anda sebaiknya belajar membuat konten pemasaran yang tepat sasaran. Caranya yaitu dengan copywriting.

Baca juga: Kenali Beberapa Formula Copywriting Terbaik

Contents

Apa Itu Copywriting?

Copywriting merupakan teknik untuk membujuk pembaca agar mengikuti perintah anda. Perintahnya yaitu apapun tujuannya bisa menghasilkan konversi seperti berlangganan, mendaftar, membeli dan sebagainya. Copywriting semula hanya digunakan dalam pembuatan sales letter, billboard, media pemasaran tertulis lainnya. Itulah mengapa teknik dinamakan dengan copywriting.

Mempelajari copywriting pada era multimedia ini masih dianggap penting. Bukan hanya dalam bentuk tulisan semata, cara ini juga bisa diterapkan untuk membuat naskah video dan naskah podcast.

Kemampuan copywriter dapat dituangkan dalam berbagai media marketing termasuk artikel blog, teks di landing page, email newsltter, posting di media sosial, headline dan meta description pada hasil pencarian Google, Google ads atau media sosial ads, judul dan deskripsi video YouTube.

Langkah-Langkah Menulis Copywriting

Ada beberapa langkah yang harus dilakukan sebagai seorang copywriter yaitu:

1. Mempelajari Produk atau Layanan

Anda tidak akan bisa melakukan pemasaran dengan baik tanpa lebih dulu mengenali produk, layanan atau konten yang ditawarkan. Mempelajari produk menjadi bagian penting dari belajar copywriting. Ini tidak hanya berlaku untuk copywriter yang bekerja untuk perusahaan namun juga untuk anda yang ingin mempromosikan bisnis pribadi.

Setelah mempelajari apa yang anda jual, sebaiknya anda menuliskan informasi yang didapatkan dalam bentuk deskripsi. Ini dilakukan agar anda nanti memiliki referensi dalam proses penulisan. Untuk mempermudah membuat deskripsi produk, anda bisa menjelaskan tentang keunikan, fitur dan manfaat yang bisa didapatkan dari fitur-fitur produk.

Baca Juga: Berbagai Aplikasi Yang Digunakan Untuk Copywriting

2. Memahami Kebutuhan Audiens

Mengenali audiens sama pentingnya dengan memahami produk sendiri. Karena inti copywriting bukan keuntungan anda namun manfaat yang didapatkan ketika anda menjual produk/jasa. Selain itu, penting untuk memahami audiens supaya bisa membuat teks pemasaran yang benar-benar terdengar personal atau tepat sasaran. Jika anda bisa melakukannya, maka banyak orang yang akan tertarik untuk membeli produk/jasa anda.

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk mempelajari audiens yaitu memberikan survei pada konsumen yang sudah ada. Ini bisa dilakukan dengan mudah jika anda sebelumnya sudah mendapatkan alamat email mereka. Anda tinggal mengirimkan email yang berisi ajakan konsumen untuk mengisi survei.

Manfaat Copywriting untuk Bisnis Online

NoManfaat CopywritingDeskripsi
1Konsumen lebih mengetahui detail produk yang dimilikiMenuliskan copywriting bukan hanya berupa tagline atau headline saja. Beberapa di antaranya menjelaskan produk kita dengan sangat detail
2Menawarkan dengan cara yang lebih halusDengan copywriting, anda secara tidak langsung menawarkan produk dengan cara yang lebih halus dengan permainan kata-kata yang persuasif dan menarik
3Lebih menarik digunakan untuk promosiPromosi produk anda tentu akan menjadi lebih inovatif dan menarik pelanggan dengan menggunakan copywriting dalam segi promosi
4Meningkatkan jumlah penjualanKarena lebih menarik konsumen, penjualan anda tentunya akan meningkat. Copywriting yang menarik akan membuat sebagian besar pembaca lebih tertarik dengan produk anda

3. Tentukan Headline yang Memikat

Audiens hanya akan membaca judul atau headline anda. Artinya anda bisa menciptakan judul yang sangat menarik perhatian. Kreatifitas yang tinggi sangat dibutuhkan untuk membuat headline. Tetapi praktiknya tak sesulit yang dibayangkan oleh kebanyakan orang. Berikut ini beberapa trik yang bisa menyulap judul bisa menjadi menarik:

Jelaskan manfaat yang ditawarkan, buatlah pembaca ingin segera membeli serta cantumkan persentase.

4. Tuliskan Copy yang Berkualitas

Sekalipun headline dan lead adalah bagian penting dalam teknik copywriting. Anda tidak boleh lupa dengan bagian utama pada tulisan. Dalam copywriting, bagian ini disebut dengan copy. Ada beberapa formula yang bisa digunakan untuk menuliskan copy yang berkualitas antara lain gunakan kata dan kalimat yang sederhana, tuliskan untuk satu orang saja, jelaskan manfaat untuk audiens, serta manfaatkan subheading.

Baca Juga: Pentingnya Content Writer Dan Copywriter Dalam Tim Bisnis

5. Akhiri dengan Menggunakan Persuasi

Apapun yang menjadi tujuan teks copywriting anda, maka selalu ada ajakan untuk melakukan aksi yang anda inginkan pada bagian akhir. Baik itu untuk membeli produk, daftar newsletter, atau subscribe konten, atau lainnya. Untuk membuat ajakan tersebut, anda perlu membuat call to action atau CTA. Ini adalah banner, tombol atau formulir yang berisi perintah untuk audiens anda. Pada website layanan digital, CTA yang digunakan biasanya “daftar sekarang” atau “mulai sekarang.

Tetapi CTA yang dibuat sebaiknya tidak hanya mendorong audiens untuk memberikan komitmen mereka. Pada saat yang bersamaaan namun berikan juga manfaat kepada audiens. Dengan CTA tersebut, ada beberapa tool gratis yang bisa dicoba. Selain itu, ada juga paket berbayar dimana anda bisa berhenti langganan kapan saja.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan copywriting?

-Copywriting adalah suatu metode pembuatan materi pemasaran yang bisa membujuk audiens di dalamnya untuk melakukan berbagai tindakan yang memang diinginkan sperti membeli produk atau layanan, berlangganan newsletter, menghubungi sales dan sebagainya.

Bagaimana penulisan yang baik ketika menulis copywriting?

-Gunakan kata serta kalimat yang sederhana, tuliskan untuk satu orang, jelaskan manfaat bagi audiens, manfaat subheading.

× Chat dengan kami di WhatsApp