Media sosial terus mengalami perkembangan di dalamnya. Salah satunya adalah penggunaan Twitter. Twitter sudah ada sejak tahun 2006. Tidak dipungkiri bahwa banyak sekali orang yang saat ini menggunakan media sosial sebagai tempat menjalankan dan mengembangkan bisnis serta menerapkan digital marketing. Twitter menjadi salah satu media sosial yang sering digunakan sebagai media promosi.
Twitter termasuk media sosial terkenal yang punya banyak pengguna sehingga cocok digunakan dalam berbisnis online serta social media campaign. Twitter juga bisa digunakan scara gratis yang membuat anggaran promosi lebih irit budget. Masih ada beberapa kelebihan penggunaan Twitter sebagai media promosi meskipun ada juga kekurangannya.
Baca Juga: Strategi Twitter Marketing Untuk Meningkatkan Bisnis
Contents
Kelebihan Media Twitter untuk Promosi
Berikut ini beberapa kelebihan Twitter sebagai media promosi:
1. Meningkatkan Brand Awareness dan Menambah Followers
Jika diperhatikan dengan baik, pemilik akun Twitter biasanya tidak segan melakukan follow terhadap akun bisnis yang mereka anggap menarik sekalipun mereka belum pernah membeli produk di sana sebelumnya. Ini tentunya menjadi salah satu kelebihan menggunakan Twitter untuk bisnis karena bisa mudah menjangkau target pasar yang luas untuk bisnis online anda.
Setelah memfollow akun bisnis, tweet yang mereka sukai akan disebarkan pada followers mereka secara sukarla lewat like, retweet atau quote retweet. Dengan cara ini, produk anda tentu berpeluang untuk diketahui dan dikenal lebih banyak orang.
Apalagi jika anda menggunakan Twitter Ads yang bisa menempatkan iklan produk atau bisnis anda pada beranda pengguna, beranda pencarian atau hashtag yang sedang trending di Twitter.
2. Membangun Reputasi yang Baik pada Produk
Ketika anda memilih Twitter untuk menjalankan strategi bisnis digital marketing maka keputusan tersebut sudah tepat. Twitter efektif membangun reputasi yang baik pada produk anda. Banyak orang yang sukarela membagikan berbagai informasi.
Kemudahan ini tentu karena cara yang praktis dan gratis. Informasi yang dibagikan baik hanya dalam satu tweet atau dalam bentuk thread yang dilengkap dnegan footo produk akan menambah daya promosi. Ini tentu menjadi keuntungan bagi bisnis.
Baca Juga: Apa Yang Dimaksud Dengan SMM Panel?
3. Menjalin Hubungan Dekat dengan Konsumen
Ketika mempromosikan produk lewat Twitter, anda akan lebih sering berinteraksi dengan konsumen melalui media sosial. Banyak orang yang bahkan tidak saling mengenal melakukan interaksi pada kolom komentar dengan mention.
Tidak sedikit pengguna Twitter yang sengaja mengikuti akun suatu produk dengan tujuan supaya mereka bisa lebih mudah mendapatkan pelayanan dari bisnis tersebut, mendapatkan informasi terbaru atau hanya sekadar berinteraksi dengan saling mengomentari.
4. Mempermudah Interaksi dengan Selebritis dan Tokoh Masyarakat
Jika anda berpendapat bahwa selebriti dan tokoh besar sudah jarang bermain Twitter maka anda salah besar. Jika anda periksa lagi, ternyata masih banyak public figure yang masih menggunakan Twitter sebagai media sosial utama. Selain selebritis dan tokoh masyarakat, saat ini ada juga istilah selebtwit atau selebritis twitter.
Mereka adalah influencer atau pengguna twitter yang jumlah followersnya cukup banyak. Banyak dari mereka yang ikut membantu menyebarkan informasi lewat retweet. Beberapa selebtweet bahkan memberikan lapak jualan dan mengizinkan orang-orang untuk menitipkan lapak lewat kolom komentar secara gratis di Twitter.
Tips Menggunakan Twitter untuk Promosi Brand Bisnis
No | Tips Jitu Mempromosikan Bisnis Lewat Twitter |
1 | Melengkapi profil Twitter |
2 | Memfollow akun orang lain |
3 | Memperhatikan pemilihan kata |
4 | Berinteraksi dengan follower |
5 | Membicarakan topic yang sedang hits |
6 | Menggunakan hashtag yang populer |
7 | Jangan promosi terus menerus |
Kekurangan Menggunakan Twitter Sebagai Media Promosi
1. Karakter yang Terbatas
Karakter terbatas juga menjadi salah satu kekurangan Twitter untuk kampanye pemasaran. Twitter hanya menyediakan 280 karakter saja dalam satu tweet. Jumlah ini termasuk sangat singkat jika dibandingkan dengan platform media sosial lain yang menawarkan sampai ribuan karakter. Jadi, jika anda ingin membuat caption yang lebih panjang di Twitter maka anda harus membuat beberapa Tweet/Thread.
2. Hashtag yang Terbatas
Ketika anda mengiklankan produk lewat media sosial maka strategi yang dapat digunakan adalah pemberian hashtag dengan tujuan mempermudah audiens ketika melakukan pencarian. Tetapi sayang, hashtag yang tersedia di Twitter masih terbatas dengan persaingan yang cukup padat. Hal ini akan menjadi tantangan tersendiri yang harus anda cari solusinya demi bisa menjangkau target pasar yang ditetapkan. Kecuali anda menggunakan fitur Twitter ads yang membuat hashtag berada tepat di bawah kolom pencarian sesuai dengan jadwal dan budget.
Baca Juga: Panel social media Social media marketing Indonesia
3. Foto Terbatas
Kekurangan lain dari melakukan promosi menggunakan Twitter yaitu keterbatasan jumlah foto yang diunggah. Dengan kata lain, ketika anda melakukan promosi produk menggunakan foto atau image, Anda hanya bisa mengupload maksimal empat foto saja dalam satu kali tweet. Selain itu, untuk bisa melihat gambar produk, pengguna Twitter harus klik lebih dulu. Padahal tidak semua pengguna Twitter ingin melakukan klik. Oleh karena itu, sangat penting membuat caption yang menarik ketika mengupload foto agar orang bersedia dan tertarik melakukan klik untuk bisa melihat foto anda. Dengan caption yang menarik dengan tweet yang unik, pasti ini akan menarik para calon konsumen.
4. Butuh Banyak Followers Supaya Produk Dikenal
Sama seperti media sosial yang lainnya, promosi di media sosial membutuhkan banyak followers agar produk dikenal dengan lebih cepat. Agar produk yang dipromosikan bisa dilihat oleh banyak orang maka anda harus memiliki banyak followers.
Anda bisa mendapatkannya dengan cara memfollow lebih dulu akun-akun pilihan anda yang tentu membutuhkan waktu agar difollowback bahkan belum tentu mendapatkannya.
FAQ
Apa Twitter bisa digunakan untuk bisnis?
-Seperti media sosial lain, Twitter memungkinkan penggunanya berinteraksi dengan mengirimkan pesan singkat bernama Tweet hingga 280 karakter. Hal ini tentu bisa dimanfaatkan untuk para pebisnis untuk berinteraksi dan memperluas jangkauan dengan para pelanggan.
Apa itu Twitter Ads?
-Twitter Ads adalah tweet biasa yang dibeli oleh pengiklan yang ingin menjangkau grup pengguna yang lebih luas atau memicu keterlibatan dari followers mereka yang ada. Dalam setiap hal lain, Twitter Ads berfungsi seperti Tweet biasa dan bisa diretweet, dibalas dan disukai.