fbpx

Meskipun bukan media sosial terbesar namun Twitter cukup populer di Indonesia. Ini bisa menjadi kesempatan bagi anda memanfaatkan popularitas media sosial ini untuk mempromosikan bisnis anda. Caranya yaitu dengan menguasai twitter marketing. Twitter space marketing memiliki kelebihan dibandingkan dengan marketing media sosial yang lainnya. Marketing di Twitter bahkan disebut-sebut lebih efektif dibandingkan dengan iklan televisi ketika sedang siaran langsung.

31% orang lebih mudah mengingat apa yang ada di Twitter dibandingkan dengan mesin pencarian biasa. Ini tentu sangat menguntungkan bagi brand awareness bisnis anda. Selain itu, Twotter juga cukup ramah untuk para pengguna baru. Anda tidak usah susah payah membangun reputasi dengan membeli followers seperti di Instagram.

Contents

Strategi Twitter Marketing

Strategi marketing di Twitter yang efektif tidak hanya menyangkut penampilan visual saja namun juga menyangkut hal-hal teknis dan kreatif lainnya. Berikut ini strategi Twitter marketing yang efektif untuk mengembangkan bisnis anda.

1.Maksimalkan Profil Bisnis

Tampilan profil bisa menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Profil merupakan hal yang dilihat pertama kali dan sangat menentukan reputasi bisnis anda.

Username

Ini merupakan strategi Twitter yang tidak kalah penting. Pastikan anda memilih username yang sama/mirip dengan nama bisnis anda. Username dan nama usaha yang berbeda hanya akan membuat customer merasa bingung. Pilih saja username yang pendek sehingga anda bisa menghemat karakter tweet.

Foto Profil

Anda sebaiknya memilih profil picture sebagai logo usaha. Ini menjadi cara termudah untuk meningkatkan branding dan reputasi bisnis anda. Jika anda adalah public figure atau content creator maka pasanglah foto profil dengan background yang bersih. Hal ini akan membuat anda tampak lebih profesional.

Header Image

Bagian header image yang terletak di atas profil sebaiknya dimanfaatkan dengan baik untuk meningkatkan brand awareness. Anda bisa menggunakan bagian ini untuk memperkuat reputasi bisnis dengan menunjukkan pencapaian, promosi produk terbaru atau sekedar tagline.

Bio

Bio merupakan bentuk perkenalan anda pada audiens sehingga anda harus benar-benar mempertimbangkan ketika mengisi bagian ini. Anda harus fokus memperkenalkan bisnis anda dan apa yang ingin anda lakukan. Bio ini bisa dipahami dengan mudah oleh audiens. Untuk menarik perhatian, anda juga bisa menambahkan humor, hashtag, atau pencapaian yang berhubungan dengan bisnis anda.

2.Tweet di Waktu yang Tepat

Anda tentu ingin tweet anda mendapatkan banyak audiens kan? Itu berarti sangat penting memperhatikan waktu ketika hendak mempublikasikan sebuah tweet. Biasakan aktif pada siang, pagi dan sore hari. Ini menjadi saat dimana audiens anda berangkat ke kantor atau ke sekolah untuk mengisi waktu istirahat makan siang.

3.Pakailah Bahasa Percakapan

Ketika pebisnis bermain Twitter, maka yang dicari adalah engagement rate. Sangat penting untuk menggunakan bahasa senatural mungkin seperti sedang mengobrol. Cara yang paling mudah untuk memancing interaksi dengan audiens yaitu dengan mengajukan pertanyaan. Sebaiknya jangan menanyakan sesuatu yang jawabannya hanya iya atau tidak.

Pertanyaan jenis tersebut biasanya tidak terlalu direspons oleh audiens Twitter. Demikian juga dengan tweet yang terlalu kaku atau monolog. Gaya-gaya seperti ini hanya akan membuat followers anda ragu untuk menanggapi tweet anda.

Manfaat Twitter Untuk Bisnis

NoManfaat Twitter Untuk Bisnis
1Meningkatkan brand awareness sehingga konsumen tahu merk kita
2Menjadi sarana membangun interaksi dengan konsumen, membangun relasi, dan mencipakan customer engagement
3Mengedukasi market dan memperkenalkan produk atau varian baru
4Sebagai salah satu channel untuk customer service
5Twitter sebagai sales channel untuk menjual produknya

4. Gunakan Hashtag

Hashtag atau tanda pagar memudahkan pengguna Twitter untuk menemukan anda khususnya bagi pengguna Twitter yang belum follow anda. Oleh karena itu, sertakan hashtag di weet anda. Anda juga bisa membuat hashtag khusus sesuai dengan brand atau mengikuti trending topic yang ada di Twitter. Usahakan hashtag yang digunakan berjumlah 2 Jumlah ini akan meningkatkan engagement tweet hingga 21% dibandingkan dengan tweet yang memiliki banyak tanda pagar/hashtag.

5. Mengikuti Obrolan Terbaru

Topik pembicaraan yang sedang viral menjadi cara terbaik untuk mempromosikan bisnis anda. Anda bisa memperkenalkan bisnis anda pada pengguna Twitter yang belum follow akun anda. Anda bisa mengcopy paste tweet yang sedang viral dan diganti dengan tema bisnis anda. Cara ini cukup efektif karena telah mencampurkan humor dengan promosi bisnis. Respon seperti ini bisa memicu asosiasi positif terhadap brand anda.

6. Balas Like, Retweet, dan Mention yang Ditujukan pada Anda

Twitter didesain agar pebisnis bisa berkomunikasi secara lebih intens dengan pelanggan. Maka tidak aneh jika  Twitter digunakan untuk menonjolkan customer service dari sebuah brand. Hal ini pun diperkuat dengan statistik. Lebih dari 75% pengguna mengaku pernah mention akun bisnis.

Sedangkan lebih dari 65% pengguna berinteraksi dengan tweet yang dibuat oleh akun bisnis. Lalu, 82% pengguna merasa puas dan senang ketika tweet mereka dibalas. Rasanya tidak ada alasan lagi untuk tidak membalas tweet pengguna twitter yang mention akun anda, retweet atau tidak menyukai tweet dari follower anda.

7. Berikan Caption Kreatif

Caption sangat penting di Twitter apalagi jika anda membagikan video atau konten dari website lainnya. Caption memberikan konteks pada konten yang anda bagikan. Ini juga membantu audiens untuk akhirnya mengklik konten anda atau tidak. Jika anda membagikan konten dari website anda sendiri, maka sebaiknya mengisi meta description pada bagian bawah judul dengan kreatif.

8. Konsisten

Dalam marketing, konsisten adalah hal yang sangat penting. Terlebih lagi untuk media seperti Twitter. Usia tweet sangat pendek. Anda harus bersaing dengan banyaknya tweet dari kompetitor. Agar bisa lebih konsisten dalam melakukan marketing di Twitter maka ada dua cara yang bisa dilakukan bersamaan yaitu mempersiapkan konten untuk Twitter. Anda bisa membuat konten dan merilisnya pada waktu yang strategis.

Kedua, anda bisa lebih spontan. Meskipun tidak ada konten untuk dibagikan maka anda bisa membalas pertanyaan pelanggan, like tweet dan retweet yang memperkuat citra bisnis anda sambil iku dalam percakapan soal isu yang sedang hangat dibicarakan.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan Twitter marketing?

-Twitter marketing adalah strategi promosi untuk bisnis online melalui media Twitter.

Mengapa Twitter menjadi tempat promosi yang efektif?

-Karena fitur Twitter tambah canggih. Tidak hanya untuk bersosialiasi namun juga untuk bisnis. Faktanya adalah 25% pengguna Twitter pasti mengikuti satu akun brand produk.

× Chat dengan kami di WhatsApp