fbpx

Pinterest adalah media sosial yang paling popular dengan fungsinya sebagai tempat mengoleksi foto dan kreasi visual yang lainnya. Di sana, anda dapat mencari foto-foto aesthetic, foto kartun, sampai meme dari dalam ataupun luar negeri. Tetapi tidak hanya itu, Pinterest juga punya fungsi dan manfaat yang lainnya.

Contents

Apa itu Pinterest?

Pinterest adalah pinboard online yang digunakan unuk mengumpulkan atau mengoleksi multimedia (foto, video dan sebagainya) dari internet. Selain mengoleksi multimedia milik orang lain, anda juga dapat mengupload foto milik anda sendiri di Pinterest.

Semua multimedia yang anda koleksi ini kemudian dijadikan satu di dalam sebuah pinboard milik anda. Pinboard ini bisa dibuat sebanyak mungkin sesuka pemiliknya. Pinboard ini bisa dibuat sebanyak mungkin, sesuka pemiliknya.

Pinboard ini seperti folder dimana anda menyimpan multimedia yang anda inginkan. Pinboard ini bisa diakses oleh pengguna Pinterest lainnya. Cara interaksi pengguna Pinterest adalah dengan memberikan likes, komen, re-pin konten satu sama lain.

Ada beberapa istilah dalam Pinterest:

  • Pin – adalah konten yang diupload di Pinterest. Konten itu bisa berupa foto ataupun video
  • Pinning – adalah sebutan untu kegiatan membagikan, mengupload, bahkan menambahkan konten pada Pinterest.
  • Repin – adalah istilah untuk membagikan konten milik pengguna lainnya.
  • Pinboard atau Board – adalah istilah untuk halaman yang digunakan sebagai tempat menggabungkan pin atau repin. Board ini biasanya punya tampilan atau tema yang dapat diatur oleh penggunanya.
  • Pinner – adalah istilah untuk menyebut pengguna pinterest.

Fitur-Fitur Pinterest

Setelah mengetahui arti Pinterest, maka berikut ini beberapa fitur yang sangat bermanfaat di Pinterest:

Pinterest guides: fitur ini dimaksudkan untuk membantu pemula dalam menggunakan Pinterest, cara pinning, menggunakan analytics, dan cara mengoptimasi boards mereka.

Marketing blog: Pinterest juga punya fitur blog dimana anda dapat mempelajari berbagai tips marketing.

Video library: website Pinterest punya perpustakaan video kecil berisi video-video tentang cara membuat pin yang akan mendapatkan banyak klik, cara mengoptimasi campaign untuk bisnis dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tools. Alat seperti promoted pins dan tombol pin it juga tersedia untuk membantu orang-orang mencapai audiens yang lebih banyak. Anda bisa memanfaatkan tools ini untuk mempermudah orang-orang  menemukan, mengunjungi dan pin konten anda.

Manfaat dan Fungsi Pinterest

Apa saja manfaat dan fungsi dari Pinterest?

1. Mendapatkan Inspirasi

Manfaat dan fungsi utama Pinteres adalah sebagai gudang multimedia online untuk mendapatkan inspirasi. Anda bisa mencari foto, gambar atau video dengan mengetikkan topik yang anda inginkan pada kolom pencarian. Misalnya anda bisa mengetikkan “kamar aesthetic” untuk mendapatkan ide dekorasi, warna dinding sampai dengan barang-barang untuk menata kamar anda.

2. Meningkatkan Promosi

Fungsi Pinterest ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis dengan menggunakan fitur Pinterest for Business yang diperuntukkan bagi pemilik usaha. Dengan menggunakan fitur ini, para pemilik usaha bisa mengajukan promosi untuk pin yang sudah mereka upload agar dapat dilihat oleh lebih banyak orang. Lebih jauh lagi, sudah ada fitur insight untuk mengukur performa akun Pinterest bisnis tersebut.

3. Meningkatkan Traffic Website

Fungsi ini belum diketahui oleh banyak orang yaitu meningkatkan traffic website atau blog. Ini karena orang lebih tertarik mendatangi situs setelah melihat visual kontennya di Pinterest. Jadi saat website atau blog anda punya gambar menarik kemudian ada orang yang menemukannya di Pinterest, maka bisa jadi orang tersebut akan mengunjungi website anda juga.

Selain itu, semakin banyak orang-orang pin isi website anda ke Pinterest, maka Pinterest akan menilai website anda semakin kredibel.

Jika Pinterest merasa bahwa website anda kredibel, maka pin dari website anda akan muncul pada bagian awal hasil pencarian Pinterest.

Ada beberapa alasan mengapa Pinterest adalah salah satu platform yang tepat untuk mempromosikan konten website anda:

Pin di Pinterest tersebar lebih jauh dibandingkan dengan satu tweet di Twitter

Pin dapat meningkatkan pages visits and pageviews

Website e-commerce yang menggunakan Pinterest mendapatkan 78 cents dollar Amerika untuk setiap pin-nya

Kemungkinan suatu pin  dilihat orang mencapai waktu satu minggu. Ini tentunya jauh lebih panjang kalau dibandingkan dengan waktu sebuah tweet selama 24 menit dan 90 menit untuk sebuah post di Facebook.

Beberapa brand besar semacam Walmart, Apple dan Lowe’s menggunakan Pinterest sebagai bagian dari strategi online marketing. Jika brand-brand ini menggunakan Pinterest, maka tidak ada salahnya jika anda mencoba kan?

Memanfaatkan Pinterest untuk Traffic Website

Berikut ini adalah beberapa cara memanfaatkan Pinterest untuk meningkatkan traffic website atau blog milik anda:

1. Memanfaatkan Pinterest for Business

Umumnya, orang memulai Pinterest dengan membuat akun personal. Namun untuk menggunakan Pinterest sebagai strategi marketing akan lebih baik jika mendaftarkan diri di Pinterest for Business. Tetapi jika sudah terlanjut maka anda tinggal mengubah akun personal anda menjadi akun bisnis. Ikuti beberapa langkah berikut setelah anda punya bisnis:

Verifikasi blog anda dan hubungkan dengan akun Pinterest. Penghubungan akun bisa dilakukan lewat pengaturan Pinterest. Fungsi keduanya dihubungkan yaitu untuk mempermudah anda memantau jumlah repins, klik dan saves dari blog.

Atur bio Pinterest. Pastikan bahwa Pinterest anda punya link ke blog milik anda. Foto profil juga sebaiknya dibuat tampak profesional sehingga dapat membantu untuk branding.

Memasang bio yang singkat dan mengarahkan link ke blog. Ini untuk memudahkan visitor akun Pinterest anda untuk menemukan blog milik anda.

2. Memanfaatkan Tools dari Pinterest

Dengan menggunakan Pinterest for Business, anda akan mendapatkan akses ke Pinterest analytics. Fungsi dari tools ini berfungsi memberikan laporan atas performa akun Pinterest anda.

Selain itu, anda juga dapat menggunakan Rich Pins. Tools ini membuat pins anda punya lebih banyak informasi dan detail seperti judul artikel, peta dan bahkan rating untuk film.

Rich Pins juga membuat Pinterest lebih mempercayai konten anda. Untuk para blogger, article pin akan sangat membantu mempromosikan blog post dengan menyertakan logo, headlin yang lebih besar dan link untuk mengunjungi post tersebut.

3. Fokus dengan Deskripsi Gambar

Setiap pin punya deskripsi di bawah gambar. Sebagian besar blogger biasanya hanya menuliskan judul tulisan dan deskripsi pendek mengenai apa yang dibicarakan dalam artikel tersebut.

Untuk memaksimalkan pin serta meningkatkan interaksi, berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan:

Menuliskan deskripsi yang membantu pinners memahami apa isi blog post yang baru saja mereka pin.

Menjelaskan dengan detail sekalipun deskripsi hanya terdiri dari dua atau tiga kalimat.

Gunakan sensory-related words dan kalimat-kalimat positif untuk menarik perhatian pinners.

Menggunakan kata-kata call to actions (CTA) pada deskripsi pin. Menggunakan CTA bisa menambah keterlibatan dan interaksi di Pinterest sebesar 80%.

Anda juga dapat menyertakan target keyword pada profil, deskripsi pin dan board anda. SEO tetap harus diaplikasikan dalam menuliskan info dan deskripsi di Pinterest.

4. Memperhatikan Kualitas Gambar

Sebaiknya gunakan gambar dengan kualitas terbaik yang anda miliki untuk mengoptimasi pin anda serta mendapatkan interaksi dan engagement yang tinggi.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat dan memilih gambar untuk Pinterest:

Memperhatikan Ukuran Gambar. Gambar-gambar yang ada di Pinterest biasanya memiliki format vertical atau memanjang ke bawah karena 80% pengguna membuka Pinterest lewat smartphone.

Menggunakan Gambar yang Menarik. Visual yang tidak mengandung gambar orang di dalamnya biasanya menerima 23% lebih banyak repins. Caranya yaitu dengan menggunakan warna-warna yang cerah, background yang sesuai dengan konteks gambar, dan menggunakan gambar yang lebih terang.

Mencantumkan Logo Seminimal Mungkin. Anda boleh menambahkan kredibilitas pada pin dngan menambahkan logo namun jangan sampai itu mengalihkan seseorang dari fokus utama pin.

Teks dalam gambar. Membubuhkan teks dalam gambar tidak hanya bisa membantu pin tampak lebih profesional namun juga memberitahu pinners apa isi pin tersebut.

Resolusi foto tinggi. Pin yang bagus menggunakan berbagai gambar dengan resolusi foto yang tinggi dan graphics yang tampak profesional.

5. Menemukan Audiens

Audiens adalah elemen penting dalam setiap strategi markting sehingga penting melakukan riset pasar lebih dulu untuk menentukan siapa audiens.

Dengan mengetahui audiens, maka kita dapat melakukan segmentasi pasar sehingga konten menjadi lebih terarah dan sesuai dengan keinginan pasar.

Ada beberapa cara menemukan audiens, yang pertama adalah mencari pinners dan brand yang sukses di niche anda kemudian ikuti followers mereka. Cara kedua yaitu mencari board yang punya banyak followers yang berhubungan dengan niche anda.

6. Bergabung dengan Grup Board di Pinterest

Grup board di Pinterest adlaah salah satu cara terbaik untuk berinteraksi dengan pengguna yang lainnya.

Grup board yang dimaksudkan di sini adalah board dimana banyak orang dapat memasukkan pin ke dalam board tersebut. Ini adalah salah satu cara terkenal untuk memberikan lebih banyak tempat show.

Bagaimana bergabung dengan grup boards? Caranya yaitu dengan menggunakan PinGroupie. Masukkan keyword ke dalam kolom yang disediakan. Mereka akan menunjukkan grup board apa saja yang berhubungan dengan keyword tersebut.

7. Pinning Konten Blog

Cara terakhir yaitu dengan membagikan, mnegupload dan menambahkan konten pada Pinterest atau disebut dengan pinning. Dengan pinning konsisten dan masif, traffic blog anda perlahan akan meningkat.

FAQ

Apakah pin di Pinterest bisa dilihat orang lain?

Hanya Anda ( dan siapa saja yang Anda undang ) yang dapat melihat papan rahasia. Pin dan papan rahasia tidak akan muncul di sajian beranda Anda, dalam hasil pencarian, atau di mana pun di Pinterest.

Apakah di Pinterest bisa chatting?

Seperti Path, Pinterest juga dapat saling berkirim pesan dengan fitur teranyarnya sehingga pengguna dapat bertukar ide dan mengobrol.

× Chat dengan kami di WhatsApp