fbpx

Di dunia bisnis, marketing memegang peranan yang sangat penting. Seiring dengan berkembangnya teknologi, marketing juga berubah. Kini, kita semua mengenal digital marketing. Sebenarnya, digital marketing hanyalah cara baru dalam memasarkan produk sebuah bisnis. Namun digital marketing telah berkembang dengan sangat pesat untuk saat ini.

Digital marketing menjadi sesuatu yang menghubungkan bisnis dengan para pelanggannya. Tidak lagi cukup sekedar memiliki sebuah website atau menjalankan kampanye iklan yang tidak tertarget lagi. Jika anda tidak menerapkan strategi digital marketing yang tepat maka anda yang akan menanggung kerugiannya.

Semakin banyak orang yang mencari informasi atau berbelanja lewat internet. Inilah mengapa digital marketing menjadi sangat penting. Bayangkan, tanpa digital marketing, berapa banyak pelanggan potensial anda yang hilang?

Manfaat digital marketing bukan hanya akan didapatkan oleh marketer namun juga menuntut pemberian informasi yang berguna untuk para konsumen.

 

Contents

Apa Saja Pentingnya Digital Marketing?

 

1. Membidik Pelanggan Online

 

Semakin banyak orang yang menghabiskan waktu untuk menjelajahi internet. Pengguna internet di seluruh dunia mencapai 7,7 miliar. Mereka melakukan searching di mesin pencarian, memeriksa akun media sosial mereka dan membeli produk secara online.

Inilah yang akan anda bidik, orang-orang yang sedang online. Mereka mungkin saja sedang mencari sebuah website yang menyediakan produk atau layanan anda. Jika anda tidak bisa menemukan produk anda secara online, maka anda kalah satu langkah dari kompetitor anda.

Untuk memberikan hasil terbaik pada bisnis anda, anda harus mempromosikan produk anda secara online. Anda akan mendapatkan lebih banyak penjualan atas produk atau jasa anda.

 

2. Hasil Lebih Terukur dan Bisa Dioptimasi

Salah satu keuntungan digital marketing adalah anda bisa mendapatkan hasil yang terukur dan bisa memonitor kampanye iklan anda. Anda bisa mengetahui efektifitas kampanye iklan yang sedang anda jalankan. Digital marketing memudahkan anda untuk melacak kampanye iklan anda sehingga bisa mendapatkan hasil yang lebih baik.

Anda tidak bisa mendapatkan hasil kampanye iklan dengan metode iklan tradisional. Jika anda memasang iklan di televisi, anda harus bertanya kepada setiap orang yang membeli produk anda, darimana mereka mengetahui produk anda? Sangat menyita waktu kan?

Digital marketing tidak akan membuat konsumen anda merasa terganggu. Setiap kampanye yang anda jalankan sangat bisa dilacak. Anda bisa dengan mudah memonitor performa kampanye iklan anda untuk melihat apakah iklan tersebut memberikan hasil yang bernilai untuk bisnis anda.

Anda bisa melihat metrik yang tergantung pada medium dan indikator yang ingin anda ketahui. Anda bisa mengatur sistem tracking anda untuk memonitor metrik yang spesifik untuk kampanye anda.

 

Metrik dalam Digital Marketing

 

No. Kelompok Metrik Jenis-Jenis Metrik
1 Traffic Generation Metric Traffic, Click Through Rate (CTR), Cost Per Click (CPC), Cost per Mile (Cost per 1000 impressions)
2 Conversion Metric Conversion, Conversion Rate, Cost per Conversion
3 Revenue Return on Investment (ROI)

 

3. Kompetitor Anda Telah Melakukannya

 

Salah satu hal yang menandakan pentingnya digital marketing adalah kompetitor anda yang telah menggunakan pemasaran digital. Banyak kompetitor anda yang telah mengambil keuntungan dari digital marketing. Mereka telah membuat profil media sosial, mengoptimasi website dengan strategi SEO dan menjalankan kampanye berbayar untuk mendapatkan penjualan baru.

Kompetitor anda tentu saja mendapatkan lebih banyak traffic karena anda tidak menjadi pesaingnya. Pelanggan tidak akan tahu bahwa anda juga menyediakan produk atau jasa yang mereka butuhkan. Pelanggan anda tidak akan menyadari bahwa anda juga bisa menjadi pilihan.

Inilah yang membuat anda harus berinvestasi penuh dalam digital marketing  sehingga anda bisa tampil di depan para pelanggan online.

Untuk bisa bersaing dengan para kompetitor anda, anda harus berinvestasi di digital marketing.

 

4. Bisa Bersaing dengan Perusahaan Besar

Persaingan adalah hal terberat dalam menjalankan bisnis. Ketika anda berada dalam satu pasar yang sama dengan perusahaan besar maka akan sulit untuk bersaing dengan mereka. Mereka telah memiliki ‘nama’ besar dan reputasi. Orang-orang jelas akan lebih mempercayai perusahaan-perusahaan besar tersebut.

Anda memiliki kesempatan melawan perusahaan besar dengan digital marketing sehingga digital marketing penting bagi bisnis anda. Bisnis anda bisa mendapatkan leads yang sama besarnya dengan korporasi besar dengan metode yang sama.

Metode seperti SEO dan PPC berperan penting dalam hal ini.

SEO membuat situs anda diranking di mesin pencarian berdasarkan relevansi. Perusahaan besar tidak bisa mengeluarkan uang untuk bisa menempati posisi teratas mesin pencarian. Mereka tetap harus mengoptimasi halaman website mereka seperti yang dilakukan oleh perusahaan kecil.

Ketika anda menggunakan PPC, Google Adwords juga meranking iklan berdasarkan relevansi. Bahkan jika perusahaan besar melakukan bid dua kali lipat dari yang anda lakukan, hal itu tidak menjamin mereka menempati posisi teratas. Semuanya tetap berdasarkan revelansi iklan.

Bisnis kecil dan menengah memiliki kesempatan untuk bersaing dengan perusahaan besar. Jika anda bisa membuat konten yang lebih relevan dibandingkan dengan pesaing anda, maka anda akan mendapatkan lebih banyak penjualan.

Digital marketing adalah kesempatan emas bagi bisnis anda untuk bersaing  dengan perusahaan yang lebih besar sehingga mendapatkan penjualan lebih banyak.

 

5. Angka Return on Investment (ROI) yang Baik

 

Jika anda ingin tahu betapa pentingnya media digital, lihatlah hasilnya terhadap bisnis anda. Strategi marketing online memiliki angka return on investment (ROI). Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih banyak jika anda berinvestasi pada digital marketing.

Mengapa demikian?

Karena ini adalah cara marketing yang sangat hemat biaya. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk menjalankan kampanye iklan. Tidak membutuhkan banyak biaya untuk kampanye iklan PPC atau media sosial dibandingkan dengan metode iklan tradisional.

 

FAQ

 

Apa  keuntungan digital marketing bagi bisnis skala kecil dan menengah?

-Bisa bersaing dengan perusahaan besar dan lebih hemat biaya serta tertarget.

 

Mengapa digital marketing menjadi metode dengan ROI yang baik?

-Karena  digital marketing hemat biaya dan kampanye iklan bisa membuat anda mendapatkan lebih banyak pembeli yang sesuai keyword tertarget.

 

Leave a Reply

× Chat dengan kami di WhatsApp