fbpx

Video adalah salah satu bagian dari marketing online. Video lebih efektif digunakan sebagai sarana marketing karena banyak orang lebih senang menonton video dibandingkan dengan membaca artikel. Video memiliki tingkat engagement (keterlibatan) yang jauh lebih tinggi daripada artikel. Namun, sayang sekali, banyak orang yang belum memanfaatkan video sebagai strategi SEO mereka. Di sisi lain, pembahasan tentang SEO video juga masih sangat terbatas.

SEO video memang bersifat lebih teknis jika dibandingkan dengan SEO untuk blog namun video bisa menjadi konten yang kuat untuk brand awareness. Berikut ini tips memperbaiki skor SEO video.

Tips Menaikkan Peringkat Video dengan SEO Video

1.Tempat Upload Video

Sebenarnya, ada banyak sekali platform yang bisa digunakan untuk mengupload video. Namun yang paling banyak dipilih adalah YouTube karena YouTube telah memiliki jutaan pelanggan. Jika mengupload video di platform YouTube, maka video berpotensi besar mendapatkan banyak audiens yang masih baru.

Video-video yang diupload di YouTube biasanya mendapatkan peringkat yang jauh lebih tinggi di Google dibandingkan dengan video yang diupload di platform yang lainya. Ini tentu saja membantu video anda bisa ditonton oleh lebih banyak orang namun sekaligus bisa menjadi penghambat jika video anda diupload di website.

Jika anda ingin menggunakan video untuk meningkatkan traffic website, maka sangat sulit untuk membawa orang keluar dari platform YouTube. Anda bisa menggunakan description box yang ada di YouTube untuk meletakkan link menuju ke website anda  atau letakkan saja link tersebut pada akhir video agar penonton merasa tertarik untuk mendatangi website anda.

2. Membidik Keyword yang Tepat

Sama seperti tips SEO untuk blog, langkah yang harus dilakukan adalah riset dan membidik keyword/kata kunci. Keyword bisa menjadi bagian yang paling penting dari SEO video. Riset keyword bisa membantu anda mengetahui kata kunci yang sedang populer untuk membantu anda menentukan konsep atau tema video. Anda juga bisa memperkirakan seberapa besar traffic yang bisa didapatkan.

Namun, menentukan kata kunci untuk video berbeda dengan menentukan kata kunci untuk blog post. Kenapa berbeda? Jika anda menggunakan YouTube maka sebagian besar orang bisa menemukan video anda dari video rekomendasi.

Tidak banyak orang yang bisa menemukan video dengan mencari sendiri judul video. Alasan kedua adalah YouTube dan Google punya cara kerja yang sangat berbeda. Pencarian Google sangat berbeda dengan pencarian yang ada di YouTube.

Oleh karena itu, carilah kata kunci yang tepat ketika mengupload video. Anda bisa menggunakan fitur YouTube Suggest untuk mencari saran kata kunci. Anda hanya perlu mengetikkan satu keyword yang ingin anda gunakan pada kolom pencarian YouTube. Saran-saran kata kunci inilah yang seringkali dicari oleh orang-orang di YouTube.

Anda juga bisa menggunakan TubeBuddy Tags yang merupakan extension Google Chrome. Manfaatnya adalah melihat tags yang digunakan oleh orang lain. Anda pun bisa melihat tags mana yang sering digunakan dan tags mana saja yang membuat video berada di halaman pertama YouTube Search.

YTCockpit adalah research tool yang juga bisa anda gunakan. Tool ini memang khusus digunakan untuk YouTube. Cara penggunaannya juga mudah, anda hanya perlu membuka website, masukkan keyword, dan tool ini akan memberikan saran keyword serta metrik untuk setiap keyword yang ditampilkan.

Jika channel YouTube milik anda sudah mendapatkan cukup banyak traffic, anda bisa menggunakan YouTube Analytics Stats untuk melihat keyword yang paling populer di channel anda. Halaman analytics bisa anda temukan pada dashboard YouTube.

Rekomendasi Tool untuk SEO Youtube

No Tool Fungsi
1 Google Trends Mencari tren topik yang sedang populer
2 VidIQ Meningkatkan peringkat video di YouTube dan mempelajari optimasi video tersebut
3 YouTube Analytic Mendeteksi kelebihan dan kelemahan channel YouTube
4 TubeBuddy Memeriksa SEO video dan data serta riset yang harus dilakukan
5 Serpstat Memeriksa volume keyword. Sama seperti Google Trends namun lebih lengkap

3. Buat Video yang Menarik

Membuat video yang menarik tentu menjadi hal yang wajib dilakukan agar bisa menarik perhatian. Hal ini menjadi strategi SEO video yang sangat penting karena video yang menarik akan membuat seseorang terus menonton video sampai selesai. Pastikan bahwa isi video anda juga informatif dan masih relevan dengan kata kunci yang dibidik.

Salah satu hal yang penting adalah fokuslah pada 15 detik pertama karena YouTube bisa mendata apakah video anda menarik perhatian setelah 15 detik pertama sejak orang  membuka video tersebut. Hal ini pun berpengaruh pada peringkat video karena YouTube akan meletakkan video yang menarik pada peringkat yang lebih tinggi.

Jangan ragu membuat video berdurasi panjang. Sebagian besar video yang muncul pada halaman pertama pada hasil penelusuran YouTube punya durasi yang cukup panjang dan biasanya berdurasi lebih dari 10 menit. Video berdurasi panjang bisa juga membuat audiens tertarik untuk menonton video lebih lama.

4. Optimasi Video di YouTube

Hal pertama dalam mengoptimasi SEO video YouTube adalah dengan memasukkan kata kunci/keyword pada judul video. Pastikan bahwa kata kunci utama yang anda gunakan muncul pada judul. Judul adalah bagian pertama yang diindeks oleh YouTube dan Google. Dengan memasukkan kata kunci pada judul video, maka click-through-rate (CTR) juga akan meningkat.

Selain itu, perhatikan juga deskripsi video. Buat deskripsi minimal 200 kata. Semakin jelas deskripsi yang diberikan maka YouTube dan Google semakin mudah dalam mengenali video anda. pemahaman yang mendalam dari YouTube tentang video bisa membuat video anda muncul pada recommendations atau suggested video yang berhubungan. YouTube tags memang sudah tidak terlalu berpengaruh namun penting. Masukkan kata kunci dalam tags.

Youtube bisa mendeteksi beberapa kata dalam video dengan tingkat akurasi sebesar 90%. Ketika YouTube membaca keyword yang ditargetkan, maka mereka bisa memahami bahwa video anda membahas kata kunci yang anda bidik. Sama seperti teknik SEO dalam blog, anda sebaiknya jangan terlalu sering mengulang kata kunci karena YouTube akan menganggapnya sebagai spam.

CTR juga harus dimaksimalkan. YouTube menggunakan CTR untuk menentukan peringkat video. Jika pengguna mencari kata kunci dan menonton video anda, maka itu akan meningkatkan CTR anda. Semakin tinggi CTR yang didapatkan maka semakin tinggi peringkat video anda.

Untuk meningkatkan CTR, pastikan anda menggunakan judul yang informatif dan menarik. Namun pastikan bahwa anda tidak menggunakan judul click-bait yang mengecoh para penonton. Selain judul, gunakan juga thumbnail yang menarik. Pastikan bahwa 125 karakter pertama dari deskripsi anda bisa menarik perhatian penonton.

5. Channel Authority

Ini mungkin masih terdengar asing bagi anda. Namun video yang diupload pada channel dengan otoritas tinggi dan komunitas yang kuat cenderung memiliki ranking yang lebih tinggi dibandingkan dengan video yang diupload pada channel baru. Ada beberapa cara membangun channel authority untuk akun YouTube anda.

Pertama, bangun image channel milik anda. Image channel penting karena penonton akan mempertimbangkan mengapa anda harus membuat channel tersebut dan apa yang bisa mereka harapkan dari channel YouTube anda.

Jika anda punya topik dan pesan yang konsisten pada channel maka pengguna YouTube akan lebih terdorong melakukan subscribe. Anda juga bisa mengupload header dan logo pada channel YouTube anda serta tagline agar audiens mengetahui fokus video pada channel anda.  anda juga bisa membuat playlist untuk membantu meningkatkan channel authority anda. Playlist anda akan merepresentasikan channel anda.

Membuat playlist juga bisa meningkatkan channel authority. Pastikan bahwa playlist merepresentasikan channel anda. anda sebaiknya menggunakan long tail keyword untuk memberi nama playlist ini.

 FAQ

Mengapa video dikatakan lebih efetif sebagai alat marketing?

-Karena orang lebih senang menonton video dibandingkan dengan membaca postingan blog.

Apa yang membedakan SEO blog dengan SEO YouTube?

-Dalam menentukan kata kunci yang dibidik. Jika blog ditemukan dengan kata kunci yang diketikkan di mesin pencarian maka video di YouTUbe biasanya ditemukan dari rekomendasi platform.

Leave a Reply

× Chat dengan kami di WhatsApp