fbpx

Penggunaan media sosial sekarang bukan hanya untuk memposting foto atau video saja. Media sosial juga digunakan untuk menjual produk-produk bisnis yang dimiliki. Salah satu media sosial yang paling berpengaruh pada penjualan produk suatu bisnis adalah Instagram. Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki pengaruh besar dan penting dalam suatu bisnis.

Instagram sudah memiliki 700 juta pengguna. Setiap harinya, 60 juta foto dibagikan dan bisa mendapatkan 1,6 milyar likes. Instagram adalah aplikasi yang paling popular yang digunakan untuk membagikan foto dan video. Ini menjadi salah satu alasan mengapa Instagram memiliki banyak manfaat untuk para pebisnis guna membangun serta mengembangkan brand bisnis.

Kemungkinan besar anda akan bertanya-tanya bagaimana cara memanfaatkan Instagram untuk mendukung bisnis anda. Berikut ini strategi marketing Instagram yang bisa digunakan untuk keperluan bisnis anda.

Baca juga: Tips Desain Konten Instagram Story Untuk Bisnis

Contents

Tips dan Strategi Instagram Marketing yang Sukses

Dengan menggunakan akun bisnis, anda perlu menyusun rencana marketing untuk membangun komunitas yang kuat serta melihat hasil yang konkret untuk bisnis anda. Strategi anda harus mencakup beberapa poin berikut ini:

1. Perhatikan Waktu Upload Konten

Salah satu hal yang harus dilakukan berhubungan dengan waktu posting adalah memiliki waktu posting yang rutin tanpa harus mengganggu followers anda dengan update yang berlebihan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk memilih jadwal adalah dengan melakukan test pada waktu yang berbeda dan lihatlah hasilnya. Mana postingan yang memiliki engagement yang paling tinggi.

Setelah anda melihat waktu yang paling tepat, anda sebaiknya masukkan waktu tersebut di content calendar atau kalender editorial untuk menjadwalkan waktu postingan Instagram anda.

2. Menentukan Tema Konten

Memilih konten dengan tema yang berbeda akan membantu bisnis menjamin bahwa pelanggan anda tidak akan bosan dengan konten anda. Selain itu, konten yang berbeda bisa membantu anda mencapai tujuan yang berbeda. Misalnya akun Instagram milik sekolah tentu memiliki tujuan untuk meningkatkan brand awareness dan mencari murid baru. Tema konten bisa berkutat pada kontes, cerita alumni serta campus life sebagai tema konten utama.

Baca juga: Strategi Instagram Marketing Paling Efektif Yang Harus Dicoba

3. Buatlah Content Guidelines

Instagram brand sebaiknya memiliki style tersendiri untuk membedakan akun mereka dari brand lainnya sehingga brand bisa menjadi memorable.

Cobalah membuat guideline tentang postingan Instagram anda:  apakah Anda ingin menggunakan emoji pada caption anda? Apakah anda ingin menggunakan bahasa yang formal atau informal untuk caption anda? Apakah anda ingin menggunakan ilustrasi untuk postingan anda? Style guidelines ini harus membantu anda membuat akun Instagram anda berbeda, konsisten dan mudah diingat.

4. Buatlah Engagement Guidelines untuk Membalas Pesan dan Komentar

Guideline ini dibuat untuk menentukan bagaimana bisnis anda sebaiknya berinteraksi dengan akun lain di Instagram mulai dari like dan komentar pada foto akun lain sampai merespon berbagai komentar yang masuk ke akun Instagram bisnis anda.

5. Gunakan Gaya Visual yang Konsisten

Suatu penelitian tentang visual di media sosial menemukan bahwa 60% dari brand terkenal menggunakan filter yang sama pada setiap postingan. Dengan menggunakan filter yang sama pada semua foto anda, maka akun Instagram bisnis anda akan memiliki style yang mudah dikenali oleh followers anda. Karena salah satu objektif anda dalam menggunakan Instagram adalah untuk mendapatkan likes dan komentar.

Semakin foto anda mudah dikenali, maka semakin besar kemungkinan followers anda akan menyukai dan berkomentar pada foto anda. Untuk membantu anda membuat visual yang konsisten, anda bisa menggunakan aplikasi editing seperti VSCOcam dan Enhance. Kedua aplikasi ini menyediakan filter serta opsi editing yang dapat membantu anda menemukan style yang sesuai dengan brand anda.

Baca Juga: Jasa Iklan Facebook dan Instagram Bali

Manfaat Instagram untuk Bisnis Anda

NoManfaat Instagram untuk Bisnis Anda
1Kemudahan mempromosikan produk dan layanan dengan bantuan berbagai filter bawaan Instagram
2Kesempatan menjangkau audiens yang lebih luas dan belum pernah mengenal brand anda
3Meningkatkan angka penjualan bisnis anda
4Mengoptimalkan visibilitas online brand anda
5Membangun dan mempererat hubungan baik dengan customers
6Mengenali lebih dalam customers anda

6. Gunakan Branded Hashtags

Meskipun Instagram sangat mengutamakan visual tetapi ada elemen non visual yang perlu ditambahkan ke brand Instagram misalnya gaya caption. Salah satu teknik yang popular adalah branded hashtags. Ini tidak berarti hanya menggunakan nama perusahaan anda sebagai hashtag. Anda juga bisa membuat hashtag yang melambangkan serta mempresentasikan brand anda serta mendorong followers anda untuk berbagi foto sesuai dengan hashtag tersebut.

7. Mengenali Identitas Followers

Bisnis anda tidak akan berhasil di Instagram dengan hanya meniru strategi brand lain. Strategi yang bekerja untuk satu brand belum tentu akan bekerja untuk lembaga keuangan atau organisasi nirlaba. Perhatikan audiens dan pastikan anda melayani kepentingan serta keinginan mereka. Lihat apa saja yang bekerja untuk bisnis anda di jejaring sosial lain, konten apa yang dibagikan oleh audiens anda di Instagram dan bagaimana mereka berinteraksi dengan competitor atau brand sejenis.

8. Berpikir Kreatif

Ambil gambar, tambahkan filter dan post. Ketiga langkah ini memang menjadi langkah dasar dalam penggunaan Instagram. Itu mungkin berhasil ketika Instagram masih tahap awal tetapi platform ini sudah banyak berubah dan saat ini menawarkan banyak kesempatan bagi bisnis untuk membagikan jenis konten yang menarik.

9. Gunakan Caption dalam Setiap Postingan

Instagram kemungkinan berisi konten visual yang memikat tetapi jangan mengabaikan caption yang menyertai setiap foto. Caption memberikan peluang besar untuk bisnis anda menceritakan sebuah kisah. Caption Instagram memungkinkan anda memperluas gambar, memberikan konteks dan bahkan membuat followers anda merasa bahagia.

10. Gunakan Fitur Album pada Postingan

Instagram mungkin berisi konten visual yang memikat namun jangan sampai mengabaikan caption yang menyertai setiap foto. Caption memberikan peluang besar untuk bisnis anda untuk menceritakan sebuah kisah.

Caption Instagram memungkinkan anda untuk memperluas gambar, memberikan konteks, dan bahkan membuat followers anda.

FAQ

Apa itu Instagram Marketing?

-Instagram marketing adalah cara memanfaatkan Instagram untuk melakukan aktivitas marketing dengan optimal, baik untuk kepentingan bisnis online, pribadi, personal branding atau sosial kemasyarakatan.

Kenapa harus menggunakan Instagram Marketing?

-Instagram marketing penting adalah karena anda bisa membantu mengetahui tren terbaru yang terjadi di pasaran. Kita bisa mengetahui strategi marketing online apa yang sedang digunakan oleh competitor atau perusahaan lain untuk memajukan bisnisnya.

× Chat dengan kami di WhatsApp