fbpx

Digital marketing adalah salah satu channel pemasaran yang sangat penting dan banyak digunakan pada era digital sekarang. Karena untuk menjual produk atau jasa tidak hanya membutuhkan kualitasnya saja namun juga membutuhkan saluran untuk memasarkan produk atau jasa yang dibuat. Ruang lingkup promosi yang lebih luas serta komunikasi dengan calon konsumen lebih responsive dan terbuka. Melakukan komunikasi banyak arah dengan para calon konsumen.

Belakangan ini, dunia K Pop sedang banyak dibicarakan oleh penggemar music korea. Industri music korea selatan ini sedang berkembang dengan pesat dan merambah pada berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Antusiasme penggemar K-Pop yang tinggi tersebut dimanfaatkan oleh perusahaan industry music Korea seperti SM Entertainment, YG Entertaintment, JYP Entertainment, dan HYBE Entertaintment.

Karena banyaknya penggemar yang minat terhadap hal yang berbau K-Pop yang membuat perusahaan manajemen K-Pop yang menaungi artis mereka berlomba-lomba membuat strategi marketing yang menarik serta meraup keuntungan besar bagi perusahaan.

Contents

Strategi Marketing ala K-Pop yang Mendatangkan Engagement Tinggi

Berikut ini beberapa strategi marketing ala K Pop:

1. Tampilan Media Sosial  

Media sosial menjadi salah satu channel marketing yang diandalkan hampir setiap industry, tidak ketinggalan industry hiburan Korea. Kebanyakan artis K Pop biasanya dalam sebuah manajemen. Meskipun saat ini mulai muncul banyak akun pribadi, segala hal tentang karya mereka akan diinfokan lewat akun resmi milik manajemen. Ini membuat para fans cukup hanya memfollow satu akun saja.

Ini adalah salah satu strategi marketing ala K Pop yang layak diacungi jempol. Karena dengan memfokuskan informasi dari satu pintu, peningkatan jumlah followers mereka menjadi jauh lebih cepat. Engagement media sosial juga jadi lebih tinggi, cocok dengan algoritma sebagian besar platform media sosial. Tidak mengherankan jika  mereka muncul dimana-mana.

2. Membuat Teaser Menarik

Jika anda adalah salah satu fans K Pop dan follow akun media sosial mereka maka pasti sering dibuat penasaran dengan berbagai teaser lagu atau albumnya. Salah satu strategi marketing yang dijalankan adalah membuat teaser. Konten yang menarik, potongan informasi yang dirilis secara bertahap atau petunjuk lain dapat membangkitkan rasa penasaran para followers atau penggemar.

Rasa penasaran itu yang kemudian meningkatkan antusiasme setiap fans. Apalagi jkika anda sudah memiliki followers dalam jumlah banyak, maka ada potensi konten anda menjadi trending topic. Cara ini berguna saat manajemen hendak memperkenalkan debut baru. Lewat teaser, mereka mulai membangun hype. Jadi ketika memulai debut, sang idola pun sudah punya fans lebih dulu.

3. Memanjakan Penggemar

Industri hiburan Korea sadar bahwa fans adalah segalanya. Itulah mengapa mereka tidak segan memanjakan penggemar dengan berbagai informasi, produk atau karya sang idola. Strategi marketing inilah yang membuat K Pop terus berkembang sampai saat ini. Coba perhatikan berbagai fans club resmi artis Korea.

Berapa banyak merchandise yang diberikan? Belum lagi akses konten special untuk anggota fans clubnya. Ini tentu meningkat engagement para penggemar. Salah satu platform yang menghubungkan artis dan para penggemarnya adalah Weverse. Aplikasi ini didesain oleh Big Hit Entertainment. Jadi, anda bisa mengetahui berbagai informasi tentang artis yang dinaungi oleh suatu manajemen seperti BTS, Seventeen dan TXT secara gratis.

4. Memaksimalkan Berbagai Konten

Industri music Korea atau manajemennya biasanya menyajikan berbagai jenis konten utuk promosi. Ini menjadi salah satu strategi marketing yang membedakan K Pop dengan pop culture lainnya. Contohnya adalah video dance performance yang murni menampilkan idolanya menari. Ada juga video behind the scene ketika mereka berlatih menari. Itu semua ditampilkan dengan kualitas yang layak. Dengan demikian, para fans seolah-olah tidak kehabisan suguhan konten idolanya.

Alasan Mengapa K Pop Sangat Disukai

NoAlasan Mengapa K Pop Sangat Disukai
1Foto cantik dan ganteng
2Lagunya easy listening
3Suka dengan dance-nya
4Cerita masa lalu penuh dengan perjuangan
5Style pakaian yang unik
6Make up artis KPOP yang tampak natural
7Penuh dengan talenta

5. Timing

Industry music Korea sangat lihai dalam menentukan waktu yang tepat untuk merilis music baru. Para musisi Korea bisa merilis lagu dalam jangka waktu yang cukup panjang. Tetapi mereka tetap menjaga hype dengan menjalankan point nomor 4 yaitu merilis berbagai konten bertahap.

Strategi marketing ini sepertinya bisa mendatangkan berbagai keuntungan yaitu:

  • Ada cukup waktu untuk membangun hype
  • Memberikan cukup waktu bagi manajemen untuk Menyusun strategi promosi sebelum dan setelah lagu dirilis

6. Menjangkau Audiens Internasional

Tidak hanya Indonesia yang sangat menyukai budaya Pop Korea namun juga seluruh dunia. Ini adalah salah satu strategi marketing K Pop yang efektif. Ada beberapa cara yang dilakuan oleh label rekaman di Korea untuk melakukan usaha ini antara lain:

  • Memasukkan Bahasa Inggris di dalam lagunya sehingga mempermudah mereka yang tidak berbahasa Korea
  • Merilis lagu dalam versi bahasa lainnya seperti dalam Bahasa Jepang
  • Menjalin kontrak dengan artis berdarah Korea yang berkebangsaan asing

Tidak hanya itu, mereka juga berkolaborasi dengan musisi internasional untuk memperluas basis penggemarnya.

7. Merilis Mini Album

Merilis mini album juga menjadi salah satu strategi marketing K Pop yang tidak kalah sukses. Mini album biasanya berisi 7-8 lagu. Cara ini menjadi salah satu strategi terbaik yang layak dicoba untuk berbagai alasan seperti biaya produksi yang jauh lebih murah dan dapat dinikmati oleh audiens dengan cepat sekaligus menjadi ajang uji coba untuk artis artis pendatang baru.

Merilis beberapa mini album juga dapat mendatangkan lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan memproduksi satu album utuh. Jadi, tidak hanya menciptakan engagement dengan para penggemar, cara ini juga dapat mendatangkan profit bagi perusahaan dalam hal ini manahemen dan label rekaman.

8. Kerja Sama dengan Brand Besar

Strategi marketing K Pop terakhir yang tidak kalah penting adalah kerja sama dengan brand besar. Ini tentu menambah exposure mereka sebagai musisi sekaligus manajemen dan label yang menaunginya. Salah satu contohnya adalah penyanyi sekaligus penulis lagu asal Korea, Hwasa. Hwasa sudah menjalin kerja sama dengan berbagai brand ternama dunia seperti Dior, Fendi, Bottega, Adidas dan lainnya.

Terpilihnya Hwasa dan idol Korea yang lain sebagai brand ambassador akan membuat mereka semakin familiar di mata dunia. Ini tentu keuntungan yang baik, bukan?

FAQ

Mengapa K-pop begitu berpengaruh?

-Lagu-lagu genre yang menarik, penggunaan media sosial yang cerdas, dan penggemar yang berdedikasi adalah formula untuk kesuksesan global. K-pop — musik pop arus utama dari Korea Selatan — memiliki resep berbeda untuk menciptakan hits global. Bahan utamanya — lagu hook yang menarik — dipasangkan dengan gerakan tarian khas dan dikemas dalam video yang mencolok.

Bagaimana K-pop mempengaruhi budaya?

-Meskipun popularitas genre yang berkembang mungkin tampak seperti iseng, kebangkitan K-pop memiliki resonansi budaya yang lebih besar daripada yang terlihat. Melalui jangkauan, rekaman, dan estetikanya, gerakan K-pop yang meroket berhasil menghubungkan orang-orang melalui kecintaan bersama terhadap musik dan keragaman budaya.

× Chat dengan kami di WhatsApp