fbpx

Mengatur akun social media menjadi lebih baik menggunakan teknik social media management yang sesuai dengan strategi marketing yang sudah dibuat. Kemajuan internet yang semakin pesat menjadikan social media sebagai tempat yang dikunjungi setiap hari. Mulai dari mendapatkan kabar terbaru dari kerabat dan teman, mencari produk kesukaan yang baru diluncurkan atau sekedar mendapatkan hiburan dari berbagai video lucu di internet.

Ini juga membuat social media berkembang dan berubah menjadi media marketing yang efektif bagi banyak brand terkenal atau sedang berkembang. Kebiasaan mencari dan membeli produk/jasa dari internet membuat media sosial sebagai platform dimana seseorang mengobrol dan mereview produk yang baru saja dilaunching oleh brand terkenal atau sekedar membahas barang-barang lucu yang muncul di internet.

Tidak mengherankan jika sebanyak 74% pengguna media sosial menggunakan media sosial sebagai pertimbangan sebelum membeli barang tertentu. Cara ini mungkin juga dilakukan ketika sedang mencari produk tertentu namun belum mengetahui brand yang menjual dengan kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau.

Contents

Apa itu Social Media Management?

Memiliki tema tertentu akan membantu meningkatkan popularitas akun brand yang anda kembangkan. Ini karena followers anda akan selalu penasaran dengan konten apa yang akan anda upload setiap hari. Mereka juga akan betah melihat berbagai tema postingan yang sudah diupload sebelumnya.

Untuk mengembangkan konten yang selaras dengan visi misi brand, maka sangat dibutuhkan social media management dengan strategi marketing yang tepat. Intinya, social media management adalah segala usaha untuk mengembangkan akun media sosial termasuk cara membalas komentar dan pesan dari konsumen.

Social media management juga berhubungan dengan aspek-aspek penting di strategi digital marketing yang membantu dalam membangun informasi actual tentang kebiasaan konsumen serta update fitur media sosial terbaru. Ini karena seorang marketer dan creator social media juga harus mengetahui informasi penting tentang target pasar serta strategi dalam menghadapi masalah yang muncul.

Keuntungan Menggunakan Social Media Management

Sekalipun platform social media punya layanan iklan berbayar yang menguntungkan untuk sebuah brand menjangkau konsumen yang lebih luas namun ini juga harus didukung dengan social media management yang tepat. Ini karena pengguna media sosial yang telah memfollow akun anda akan menganalisa cara interaksi dengan konten yang sudah anda upload. Tidak hanya itu, penggunaan social media management juga memberikan keuntungan lebih bagi sebuah brand dalam membangun hubungan dengan konsumen.

1. Pengeluaran Promosi yang Lebih Hemat

Ketika melakukan promosi di media sosial, marketer biasanya melakukan dua cara untuk memanjakan dan menjangkau konsumen yakni dengan promosi organic dan berbayar. Pada promosi organic, anda akan membuat strategi social media dengan menggunakan konten yang diupload pada waktu-waktu tertentu.

Postingan ini juga mengandung promosi produk atau edukasi ke konsumen agar lebih tertarik dalam mencoba produk yang dijual. Sedangkan pada promosi berbayar, marketer akan mengedarkan konten iklan pada berbagai platfotm social media dnegan budget yang sudah ditentukan sebelumnya.

Tetapi dalam promosi berbayar ini, anda juga harus membuat konten gambar dan video yang bisa menyampaikan informasi kepada calon konsumen. Karenanya social media management hadir untuk membuat promosi organic dan berbayar anda semakin efektif dengan social media budget.

2. Menjangkau Audiens yang Lebih Luas

Berbagai media sosial terkenal seperti Tiktok, Instagram, Twitter dan Facebook punya banyak pengguna yang tersebar pada berbagai negara. Banyaknya pengguna tersebut pasti memiliki kesukaan yang berbeda dan masalah yang dihadapi serta mungkin bisa dibantu lewat produk yang dimiliki. Tidak mengherankan banyak brand terkenal atau berkembang dengan menggunakan platform media sosial sebagai media untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Social media management juga akan membantu akun social media brand anda menjangkau audiens yang lebih luas dengan konten promosi yang sesuai dengan value dan kebiasaan konsumen.

3. Kemudahan Interaksi dengan Konsumen

Salah satu alasan terbaik menggunakan social media management adalah kemudahan dalam melakukan interaksi dengan konsumen. Ini karena social media management akan membantu mendekatkan diri dengan konsumen lewat balasan komentar atau pesan sesuai dengan gaya bahasa yang sudah dibuat sesuai dengan konsumen yang dimiliki.

4. Membantu Meningkatkan Penjualan

Keberadaan social media management juga menjadi peluang terbaik untuk meningkatkan penjualan secara cepat. Ini karena banyaknya orang yang melihat iklan anda di media sosial serta kecepatan dalam menjawab berbagai pertanyaan konsumen yang ingin meyakinkan diri sebelum membeli produk tersebut.

Pengalaman yang menyenangkan ketika mendapatkan layanan konsumen yang baik akan membuat pembeli merasa tertarik untuk membeli produk yang dijual. Di sisi lain, social media adalah tempat yang tepat untuk melakukan influencer marketing lewat kolaborasi dngan key opinion leader yang punya banyak follower serta memiliki pengaruh untuk meningkatkan keyakinan konsumen.

Kepercayaan konsumen ini juga dapat dimanfaatkan untuk promosi produk yang lebih efektif karena ulasan yang jujur. Di balik akun media sosial yang menarik, ada perencanaan yang matang supaya postingan anda mendapatkan perhatian konsumen.

Cara Mengembangkan Strategi Social Media Management

1. Mengenali Konsumen

Memahami konsumen dapat menjadi langkah awal dalam membangun social media management yang tepat. Ini dilakukan agar bisa memberikan layanan sesuai dengan nilai yang dimiliki konsumen anda. Ini juga harus didukung dengan demografi yang berisi data tentang konsumen. Ini bisa berisi tantangan yang dihadapi oleh konsumen serta solusi yang ingin didapatkan dari produk yang dimiliki.

Cara memulai untuk mengenali konsumen yaitu membuat buyer persona yang mendeskripsikan berbagai jenis calon pembeli yang dimiliki. Sebuah buyer persona yang lengkap akan membantu anda menghadapi tantangan, kebutuhan serta keinginan konsumen anda sehingga dengan informasi ini, akan membantu anda menghasilkan konten media sosial yang menarik dan membantu masalah konsumen yang akan membantu dalam perjalanan dan menentukan pilihan produk sesuai.

2. Memilih Platform Media Sosial yang Sesuai

Berapa banyak akun media sosial yang dimiliki atau apakah anda memiliki akun dari setiap social media yang sedang naik daun?

Ketika mengakses internet, anda akan menemukan berbagai media sosial yang banyak diakses setiap hari seperti Instagram, Twitter, Tiktok dan Facebook. Banyaknya akun media sosial ini kadang membuat creator tergoda membuat berbagai akun untuk memaksimalkan promosi. Sayangnya, cara ini kadang kurang efektif mengingat setiap platform konsumen dengan usia dan minat yang berbeda.

Salah satunya adalah TikTok yang banyak digunakan oleh anak muda yang berusia antara 16-24 tahun dengan jenis konten komedi. Sementara Facebook biasanya diisi dengan pengguna dewasa antara 35-50 tahun yang mengakses akun facebook untuk interaksi dengan tema sebaya atau mendapatkan informasi terbaru.

Sangat penting bagi anda untuk mengetahui tempat dimana konsumen anda berkumpul agar kegiatan promosi menjadi jauh lebih efektif. Tetapi jika anda masih bingung memilih platform media sosial yang sesuai, mengumpulkan informasi dari buyer persona yang dibuat dan mengakses berbagai platform media sosial.

3. Membuat Strategi Media Sosial

Bagian terpenting dalam menjalankan social media management adalah strategi yang tepat untuk menjangkau konsumen yang diinginkan. Strategi ini juga beberapa hal penting antara lain:

Jenis Konten

Pembuatan konten adalah aspek penting dalam social media management karena pengguna social media biasanya akan terhubung dengan akun media sosial yang mereka sukai dan menyampaikan informasi sesuai dengan permasalahan mereka. Anda juga bisa menggunakan konten media sosial sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan audiens anda sehingga membangun hubungan yang baik serta mempu bersaing dengan competitor lainnya.

Konten media sosial yang dibuat akan berisi informasi tentang audiens dan produk yang akan dipromosikan ke konsumen. Pastikan konten akan menyasar konsumen yang sesuai sehingga promosi akan berjalan lancar. Anda dapat menggunakan berbagai format konten untuk memaksimalkan promosi dan interaksi serta menghindari rasa bosan yang menghinggapi konsumen.

Waktu Upload Konten

Inilah saatnya mengupload konten tersebut di platform social media setelah membuat konten yang sesuai dengan campaign serta menggunakan jenis konten yang disukai konsumen. Anda mungkin dapat mengunggah konten social media kapan saja tetapi penting untuk mengetahui waktu upload konten yang sudah ditetapkan bisa saja berubah jika anda melewatkan waktu tersebut karena fokus pada kegiatan lainnya.

Supaya anda bisa mengupload konten sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan maka menggunakan website media sosial manager dapat menjadi alternatif. Ini karena mereka bisa menampung banyak akun media sosial sekaligus sehingga anda tidak harus membuka banyak tab dalam jumlah yang banyak.

Jika social media budget anda tidak mencukupi untuk biaya langganan maka anda dapat menggunakan website creator studio yang dapat menyediakan layanan scheduling konten gratis tanpa harus membutuhkan biaya tambahan.

Interaksi dengan Konsumen

Melakukan interaksi dengan konsumen adalah bagian terpenting dalam social media management. Ini akan membuka peluang untuk langsung berinteraksi dan mempelajari challenge yang dihadapi, keinginan, serta kebutuhan yang mereka inginkan sehingga dapat diwujudkan untuk meningkatkan layanan konsumen. Anda bisa memulai interaksi dengan membalas berbagai komentar yang masuk serta menawarkan informasi yang berguna.

FAQ 

Apa hal yang paling penting dalam social media management?

-Pentingnya social media management adalah mampu meningkatakan brand awareness. Hal ini jika diiringi dengan konten berkualitas secara teratur. Tentunya akan mampu meningkatkan brand awareness dan akan membuat bisnis lebih mudah untuk tumbuh dan berkembang secara pesat.

Kenapa memilih social media management?

-Social Media Management akan membantu anda untuk berinteraksi dan lebih dekat dengan konsumen. Anda bisa mengontrol reputasi brand dengan lebih baik melalui media sosial. Pada dasarnya, anda bisa melakukan kontrol dengan memonitor komentar dan feedback dari orang lain di akun anda.

× Chat dengan kami di WhatsApp