fbpx

Instagram telah mengalami pertumbuhan yang dramatis dalam setahun terakhir, memperluas rangkaian fiturnya dan telah mendapatkan lebih dari 200 juta pengguna bulanan yang aktif. Dengan adanya fitur Story, fitur konten yang singkat mirip dengan Snapchat, Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling penting dan relevan. Pengguna Instagram didominasi oleh kaum muda.

Banyak pembuat konten yang ingin menarik perhatian pengguna Instagram yang jumlahnya sangat besar. Mereka sendiri mendapatkan kesuksesan dari Instagram. Kita seringkali menyebutnya dengan istilah influencer Instagram. Influencer Instagram ini memiliki berbagai tingkatan. Keberadaan mereka bisa menjadi aset utama untuk pemasar yang berusaha membidik audiens.

Contents

Apa Itu Instagram Influencer?

Instagram influencer merupakan pembuat konten yang membuat konten di Instagram, membangun komunitas tentang topik dan niche tertentu. Instagram adalah platform visual sehingga konten visual yang menarik akan memberikan performa terbaik. Pembuat konten yang meliput fotografi, fashion, perjalanan, kecantikan, makanan dan lainnya berhasil menemukan keberhasilan di Instagram. Demikian juga dengan influencer lifestyle dan selebriti yang membagikan kehidupan mereka di platform tersebut.

Jumlah follower Instagram influencer berkisar antara 1000 followers hingga jutaan atau bahkan ratusan juta seperti influencer selebriti papan atas Ariana Grande dan Selena Gomez. Influencer micro (dengan follower antara 1000 hingga 100.000) mungkin tidak menjangkau pengguna sebanyak makro influencer (influencer dengan 100.000 followers atau lebih) tetapi yang kurang dalam jangkauan mereka kadang bisa diubah dalam engagement.

Personalitas dan orisinilitas menjadi kunci keberhasilan influencer di Instagram. Meskipun Instagram merupakan platform aspiratif yang bertujuan membagikan momen indah dan sempurna namun pengguna Instagram lebih menyukai konten kreator yang membagikan momen asli diri mereka di platform tersebut dan menggunakannya untuk mereview banyak produk mulai dari kecantikan hingga kebugaran.

Bisnis Bisa Memanfaatkan Instagram Influencers

Instagram influencers terbukti sangat efektif menjangkau audiens melalui Instagram. Karena mereka membangun hubungan dengan followers dan ahli dalam membuat konten dengan kualitas tinggi, instagram influencer bisa membantu sebuah brand untuk berkomunikasi dengan audiens mereka menggunakan pesan yang telah disesuaikan. Mereka bisa membantu meningkatkan brand awareness, mempromosikan produk atau acara tertentu, atau mendorong engagement, marketing dengan Instagram influencer bisa membantu brand menjangkau audiens Instagram.

Ketika Instagram menambahkan fitur baru serta menjangkau lebih banyak pengguna maka brand memiliki cara baru untuk bermitra dengan influencer Instagram. Konten bersponsor sangat populer di Instagram. Ini menjadi salah satu cara terpopuler yang digunakan oleh berbagai brand untuk bekerja sama dengan influencer. Konten bersponsor bisa berupa penempatan produk atau serial bersponsor dan pengalaman yang menandai brand terkait.

Keuntungan Bekerja Sama dengan Instagram Influencers Bagi Brand

  1. Mendapatkan Lebih Banyak Followers Instagram

Marketing di Instagram bisa sangat menguntungkan pebisnis e-commerce dan bisa meningkatkan pendapatan mereka secara signifikan. Mendapatkan banyak followers sangat penting agar bisa mencapai tujuan ini. Agar prosesnya lebih cepat, anda bisa menggunakan aplikasi yang berbeda untuk menarik pelanggan milik kompetitor lainnya.

Cara lainnya untuk meningkatkan jumlah pelanggan yaitu dengan bekerja sama bersama blogger yang berpengaruh dan menarik perhatian audiens. Strategi marketing influencer Instagram yaitu setiap brand baru harus dicoba minimal sekali. Blogger yang sudah memiliki banyak followers akan lebih didengar pendapatnya sehingga jika mereka bisa mengkomunikasikan brand dengan cara yang tepat, anda bisa mengharapkan engagement dan ROI yang tinggi.

  1. Konten Lebih Unik dan Kreatif

Marketing di Instagram bisa sangat menguntungkan pebisnis e-commerce dan bisa meningkatkan pendapatan mereka secara signifikan. Mendapatkan banyak followers sangat penting agar bisa mencapai tujuan ini. Agar prosesnya lebih cepat, anda bisa menggunakan aplikasi yang berbeda untuk menarik pelanggan milik kompetitor lainnya.

Cara tambah like Instagram lainnya untuk meningkatkan jumlah pelanggan yaitu dengan bekerja sama bersama blogger yang berpengaruh dan menarik perhatian audiens. Strategi marketing influencer Instagram yaitu setiap brand baru harus dicoba minimal sekali. Blogger yang sudah memiliki banyak followers akan lebih didengar pendapatnya sehingga jika mereka bisa mengkomunikasikan brand dengan cara yang tepat, anda bisa mengharapkan engagement dan ROI yang tinggi.

Jenis-Jenis Konten Instagram Influencer

No Jenis Konten Penjelasan
1 Postingan bersponsor Influencer membuat konten untuk brand. Mereka bisa mengintegrasikan produk anda ke dalam konten mereka atau menceritakan semuanya. Kampanye iklan ini bermanfaat untuk semua orang.
2 Kontes/Giveaway Setelah mendapatkan produk dari pihak sponsor, influencer mengatur konsep giveaway atau jenis kontes yang lainnya.
3 Branded content Pihak sponsor ingin membuat branded content dan meminta Instagram influencer untuk ikut serta. Mereka bisa membuat sesuatu dengan menggunakan produk anda.
4 Review Influencer melakukan review terhadap produk atau jasa anda untuk mempengaruhi followers mereka agar
memiliki gagasan yang lebih baik.
  1. Instagram Influencer Lebih Terjangkau

Setiap orang yang pernah bermitra dengan blogger berpengaruh mulai mengukur berapa biaya Instagram influencer. Semuanya tergantung dimana influencer tersebut berada dan berapa besar ukuran proyek. Dengan mengacu pada jumlah followers mereka, biaya postingan bersponsor bisa sangat bervariasi dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Yang menjadi kabar baik yaitu Instagram bukan menjadi platform yang paling mahal.

Blogger yang berpengaruh biasanya mengenakan tarif tetap berdasarkan jangkauan mereka dan jenis industri. Jika anda belum pernah menggunakan layanan copywriting untuk akun Instagram influencer dan memiliki anggaran yang terbatas maka anda sebaiknya memulai bekerja dengan nano atau mikro influencer. Sedangkan blogger yang lebih kecil memasang tarif yang lebih rendah.

Upah kerja sama tidak selalu berupa uang. Masih ada 54% penggemar produk yang mau mengiklankannya setelah mendapatkannya secara gratis. Jadi, jika anda mengenal seorang Instagram influencer yang bersedia melakukan barter, maka anda bisa memperkuat brand awareness dan meningkatkan penjualan tanpa mengeluarkan uang satu peser pun.

  1. Influencer Kecil Memiliki Tingkat Engagement yang Tinggi

HubSpot menyatakan bahwa influencer mikro dengan follower kurang dari 100 ribu mengambil sepertiga channel IG. Sebuah platform influencer marketing bernama Fohr mengklaim bahwa Instagram influencer dengan pengguna aktif hingga 25 ribu memiliki tingkat engagement yang lebih tinggi yaitu 3% hingga 7% apapun niche mereka. Jadi, postingan mereka bisa dilihat oleh lebih banyak pelanggan.

Influencer nano dan mikro tentu saja lebih murah dibandingkan dengan influencer jenis lainnya. Tarif influencer nano dan mikro terasa lebih masuk akal bagi banyak perusahaan kecil karena mereka tidak harus menghabiskan banyak uang untuk kampanye mereka bisa menerapkan kemitraan jangka panjang dengan mudah.

Setelah menemukan influencer yang ideal untuk mempromosikan produk anda, anda bisa menghitung tingkat engagement mereka untuk memastikan bahwa anda mendapatkan ROI yang bagus untuk memasarkan produk anda.menggunakan Instagram influencer

FAQ

Bagaimana menentukan jenis konten yang akan diposting oleh influencer?

Strategi konten yang populer yaitu meminta influencer memposting gambar atau video dengan produk anda, menandai perusahaan anda serta menyertakan kode diskon untuk follower. Idealnya, influencer harus punya pengetahuan mengenai produk dan brand anda.

Bagaimana cara mengukur keberhasilan Instagram influencer?

Karena influencer juga harus menandai perusahaan anda dalam kirimannya, anda bisa memantau traffic media sosial anda sendiri. Gunakan Google Analytics untuk melihat apakah ada peningkatan traffic atau engagement ketika kampanye iklan diluncurkan.

Leave a Reply

× Chat dengan kami di WhatsApp