fbpx

Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna Facebook terbesar keempat di dunia. Lebih dari setengah penduduk Indonesia menggunakan Facebook. Hal ini tentu menjadi peluang yang baik untuk para pemilik bisnis. Ya, anda sebagai pebisnis bisa memanfaatkan Facebook sebagai kanal marketing anda. Dengan biaya yang jauh lebih terjangkau dan hasil yang lebih tertarget, anda bisa menjangkau lebih dari setengah penduduk Indonesia yang tersebar dari Sabang sampai ke Merauke dengan menggunakan satu platform saja.

Anda bisa menggunakan fitur Facebook Ads untuk mengiklankan atau menawarkan sebuah produk. Beriklan di Facebook sangat murah dibandingkan dengan beriklan di media nasional. Anda bisa membayar iklan di Facebook sesuai dengan budget yang anda tentukan. Promosi iklan anda pun bisa tayang dan berkesempatan dilihat oleh ribuan hingga jutaan orang. Agar bisa memasang iklan di Facebook, anda harus mengetahui cara dan langkah-langkah beriklan di Facebook.

Contents

Cara Beriklan di Facebook Agar Produk Laris Manis

  1. Membuat Page Facebook

Anda bisa login ke Facebook lalu memilih menu halaman dan buatlah halaman baru. Anda bisa memilih jenis halaman yang sesuai dengan jenis bisnis anda. Anda bisa melengkapi informasi yang memang dibutuhkan. Setelah membuat halaman di Facebook, anda sudah bisa mulai membuat Facebook Ads.

  1. Login Facebook Ads

Untuk bisa mengakses halaman Facebook Ads, anda bisa menuju ke menu yang ada di sebelah kanan pojok atas profil Facebook. Kemudian, anda bisa mengklik ikon panah yang menghadap ke bawah dan anda pun bisa memilih ‘Create Ads’. Setelah itu, anda pun bisa masuk ke halaman Facebook Ads Manager.

  1. Menentukan Objective Iklan

Objective iklan di Facebook saat ini terbagi menjadi 3 bagian utama yaitu awareness, consideration dan conversion. Setiap bagian memiliki fungsi dan tujuan tersendiri. Jika anda memiliki produk baru dan ingin memperkenalkan produk tersebut ke masyarakat maka objective iklan yang tepat yaitu awareness. Jika anda ingin mendatangkan banyak pengunjung ke website anda maka consideration adalah objective yang tepat. Sebaliknya jika ingin meningkatkan konversi penjualan dan mengubah pengunjung website menjadi pembeli maka pilih objective berupa Conversion.

Anda pun tidak perlu bingung dalam menentukan objective. Sesuaikan saja dengan apa yang ingin anda capai dengan Facebook Ads. Setelah menentukan objective iklan, jangan lupa mengisi nama kampanye (campaign name), create split test jika anda ingin melakukan split testing, dan budget optimization untuk mengoptimalkan anggaran anda pada setiap Ad Set.

Setelah anda mengisi semuanya, silahkan mengklik tombol Set Up Ad Account. Jika kita sudah mengklik tombol Continue maka anda tidak akan melihat halaman ini lagi. Jadi setelah level campaign, anda langsung menuju ke Ad Set. Anda hanya perlu menyesuaikan Account Cpuntry: Pilih Indonesia, Currency: Indonesia Rupiah dan Time Zone. Kemudian, anda bisa mengklik tombol continue.

Manfaat Memasang Iklan di Facebook

No Manfaat Beriklan di Facebook
1 Meningkatkan brand awareness
2 Iklan yang jauh lebih tertarget
3 Budget yang bisa disesuaikan
4 Menggunakan gambar atau video
5 Keuntungan yang tidak terbatas
  1. Tentukan Penempatan, Anggaran, Audience dan Penjadwalan Iklan
  • Audience

Anda akan diminta oleh Facebook untuk mendefinisikan siapa yang anda inginkan melihat iklan anda. Ada 7 parameter yang bisa anda gunakan pada bagian ini antara lain lokasi, usia, bahasa, gender, custom audience, target yang detail (demografi, perilaku, dan minat) serta koneksi (daftar orang yang pernah berinteraksi dengan fanspage atau acara yang diagendakan).

Agar bisa memilih dan mengisi 7 parameter tersebut, anda harus mengenal betul siapa target market anda. Facebook Ads merupakan alat bantu untuk menjangkau orang-orang yang akan menjadi target anda. Memang benar jika Facebook bisa menjangkau banyak orang namun jika anda tidak bisa menentukan siapa orang-orang tersebut maka biaya yang anda keluarkan untuk memasang iklan akan menjadi sia-sia. Uang anda akan terus keluar tetapi tidak ada uang masuk dari iklan yang telah anda jalankan.

Oleh karena itu, sangat penting mengenali target market anda. Selama anda belum mengetahui siapa yang akan menjadi target market anda, anda sebaiknya tidak beriklan lebih dulu. Tetapi jika anda sudah mengetahui siapa yang menjadi target market anda maka lanjutkan memasang iklan.

  • Placements

Setelah anda selesai menentukan siapa target anda pada bagian audience maka langkah selanjutnya yaitu menentukan dimana anda akan menampilkan iklan anda. Facebook menawarkan 2 pilihan yaitu automatic placements dan edit placements. Jika anda memilih yang automatic maka penempatan iklan akan diatur secara acak oleh Facebook dan akan memberikan tempat terbaik
untuk anda. Sedangkan jika anda memilih Edit Placement maka anda bisa menentukan sendiri dimana anda ingin menayangkan iklan tersebut.

Lalu, mana yang lebih baik untuk dipilih? Jika anda bingung maka sebaiknya pilih saja yang automatic. Anda bisa menjalankan iklan beberapa saat kemudian lihat saja hasilnya. Hasil inilah yang bisa menjadi rujukan untuk menentukan dimana penempatan iklan selanjutnya. Tetapii jika anda ingin menargetkan orang-orang yang aktif pada channel atau media sosial tertentu maka anda bisa
memilih opsi Edit Placements.

  • Budget & Schedule

Setelah anda menentukan siapa audience dan dimana anda akan menayangkan iklannya maka yang selanjutnya yaitu anda bisa menentukan anggaran dan waktu penanyangan iklan. Untuk budget, Facebook menawarkan 2 pilihan yaitu daily budget (budget harian) dan lifetime budget (budget untuk selamanya). Sedangkan pada bagian shedule, Facebook menawarkan 2 pilihan yaitu anda bisa memulai saat ini dan bisa menghentikan kapan saja. Pilihan lainnya yaitu anda bisa menentukan kapan iklan mulai ditayangkan dan kapan iklan tersebut berakhr. Pilihannya juga tergantung pada kebutuhan anda.

  1. Membuat Iklan Facebook

Setelah anda mengklik tombol “Continue” maka anda bisa masuk ke tahap yang baru yaitu membuat iklan Facebook. Saat ini, anda berada pada Level Ad. Ada beberapa bagian yang harus diperhatikan pada Level Ad antara lain Identify, Format, Media dan Text.

  • Identify

Anda akan diminta oleh Facebook untuk mendefinisikan siapa yang anda inginkan melihat iklan anda. Ada 7 parameter yang bisa anda gunakan pada bagian ini antara lain lokasi, usia, bahasa, gender, custom audience, target yang detail (demografi, perilaku, dan minat) serta koneksi (daftar orang yang pernah berinteraksi dengan fanspage atau acara yang diagendakan).

  • Format

Anda akan diminta oleh Facebook untuk mendefinisikan siapa yang anda inginkan melihat iklan anda. Ada 7 parameter yang bisa anda gunakan pada bagian ini antara lain lokasi, usia, bahasa, gender, custom audience, target yang detail (demografi, perilaku, dan minat) serta koneksi (daftar orang yang pernah berinteraksi dengan fanspage atau acara yang diagendakan).

  • Text

Anda akan diminta oleh Facebook untuk mendefinisikan siapa yang anda inginkan melihat iklan anda. Ada 7 parameter yang bisa anda gunakan pada bagian ini antara lain lokasi, usia, bahasa, gender, custom audience, target yang detail (demografi, perilaku, dan minat) serta koneksi (daftar orang yang pernah berinteraksi dengan fanspage atau acara yang diagendakan).

Core Freelancers Melayani Jasa Pemasangan FB Ads

Core Freelancers merupakan agensi digital marketing yang berbasis di Jakarta, Surabaya dan Bali. Kami telah membantu ratusan perusahaan di seluruh dunia selama 1 dekade untuk mendatangkan customer baru. Salah satu layanan kami adalah pengaturan dan pemasangan FB ads. Core Freelancers akan membantu anda mendapatkan hasil yang maksimal dengan budget yang sesuai dengan kantong anda. Kami memiliki tim digital marketing yang profesional dan berpengalaman selama beberapa tahun.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi kami di nomor +6281139407070 atau email di admin@corefreelancers.id

FAQ

Apakah saya bisa mengajukan request untuk layanan FB Ads?

Silahkan hubungi nomor kontak kami untuk hal ini. Kita bisa mendiskusikannya.

Apakah saya akan mendapatkan laporan dari iklan yang sudah tayang?

Tim kami akan bekerja secara transparan dengan klien. Kami akan memberikan laporan secara berkala.

Leave a Reply

wpChatIcon
wpChatIcon
× Chat dengan kami di WhatsApp