fbpx

Apa yang dimaksud dengan landing page? Istilah satu ini sering dijumpai ketika anda berurusan dengan digital marketing. Landing page bisa membantu dalam berbagai jenis hal. Sangat penting bagi pemilik bisnis memahami hal yang satu ini supaya bisa mengoptimalkan pengaruhnya untuk bisnis. Oleh karena itu, perhatikan informasi penting yang bisa membantu anda memahami apa itu landing page.

Baca juga: Tips Membuat Landing Page Untuk Bisnis

Contents

Apa itu Landing Page?

Landing page merupakan halaman website yang bisa dikunjungi oleh konsumen. Tetapi dalam bidang pemasaran, halaman tersebut akan berdiri sendiri, berbeda dengan halaman lain atau home. Halaman ii hanya memiliki satu tujuan. Intinya, landing page menjadi langkah selanjutnya dalam proses mengubah pengunjung menjadi pelanggan. Landing page akan berguna dalam hal perdagangan, informasi atau kesepakatan atau cara mendapatkan informasi kontak.

Landing page yang baik seharusnya bisa meyakinkan calon pelanggan untuk memberikan data pribadi sebagai imbalan atas apapun yang ditawarkan. Landing page bisa ditemukan lewat pencarian atau melalui situs website perusahaan anda. Ini akan meningkatkan kemungkinan bahwa calon pelanggan akan berakhir di sana.

Pebisnis sangat disarankan untuk memiliki beberapa landing page yang ditargetkan untuk berbagai pelanggan pada segmentasi yang berbeda.

Baca juga: Landing Page? Alat Ampuh Meningkatkan Penjualan Secara Dramatis

Manfaat Landing Page

1. Mendukung Tujuan Bisnis Anda

Salah satu manfaat utama landing page adalah mendukung tujuan bisnis anda seperti menjangkau niche pasar baru, mempromosikan produk baru, mendapatkan pelanggan baru atau mendapatkan lebih banyak penjualan. Landing page menguntungkan bisnis anda karena mereka bisa melayani audiens atau sasaran tertentu yang anda bidik dan memungkinkan anda mengukur keberhasilan dalam hubungannya dengan tujuan tersebut.

Dengan didesain berdasarkan tindakan spesifik yang bisa disesuaikan untuk memenuhi tujuan bisnis anda, landing page bisa mendorong anda untuk mengambil tindakan seperti mendaftar ke email anda, memberikan informasi kontak, berlangganan bulletin, melakukan pembelian atau melakukan konsultasi.

2. Meningkatkan Konversi

Sama seperti situs website anda berisi informasi yang mempengaruhi keputusan pengunjung untuk mengambil tindakan, landing page yang baik akan melakukan hal yang sama. Landing page menyiapkan tindakan yang jelas untuk diambil oleh pengguna dan membuatnya mudah untuk mengambil tindakan tersebut. Ini dikenal sebagai call to action. Akibatnya, anda akan melihat lebih banyak action yang diambil atau convertion.

Landing page menguntungkan bisnis anda karena lebih banyak konversi biasanya menghasilkan lebih banyak pelanggan dan lebih banyak uang untuk bisnis anda.

Kriteria Landing Page yang Bagus

NoKriteria Landing Page yang Bagus
1Focus dan bebas dari gangguan
2Bentuknya tidak mengintimidasi
3Harus bisa berbicara kepada audiens tertentu
4Bisa mengumpulkan informasi yang spesifik tentang calon pelanggan
5Harus memberikan penawaran khusus
6Harus memberikan ucapan terima kasih
7Memungkinkan pengguna mengakses channel marketing lainnya

3. Landing Pages Meningkatkan Brand Awarness

Ketika mendesain landing page, penting bahwa gaya, tampilan, nuansa dan copy landing page konsisten dengan konten yang terhubung ke sana. Landing page dengan branding yang konsisten adalah cara ekstra untuk meningkatkan brand awareness dalam marketing. Ini akan menguntungkan bisnis anda dengan meningkatkan konsistensi brand anda pada berbagai bentuk media dan memberikan lebih banyak peluang pada pengguna untuk mengenali dan terlibat dengan brand anda.

Ketika seseorang membuka landing page anda, maka mereka akan lebih mengenal branding bisnis anda dan lebih mungkin mengenali bisnis anda lagi. Karena pelanggan cenderung melakukan pembelian atau menggunakan layanan dari bisnis yang mereka kenal maka penting untuk memastikan mereka mengingat anda.

Baca juga: Cara Mempercepat Loading Website

4. Landing Pages Meningkatkan Kredibilitas

Karena landing pages focus pada satu tujuan untuk pengguna maka anda bisa mengoptimalkan konten dan elemen landing pages untuk memfasilitasi tugas sebanyak mungkin. Ketika pengguna merasa bahwa tindakan mereka jelas dan anda membantu mereka untuk mencapai tindakan tersebut maka mereka menyadari bahwa anda memahami masalah mereka dan telah memikirkan untuk menciptakan proses terbaik untuk menyelesaikannya.

Cara lain untuk mendapatkan manfaat kredibilitas landing page adalah dengan memasukkan testimonial pada landing page untuk produk atau layanan. Dengan menunjukkan keberhasilan orang lain dengan produk atau layanan yang menjadi focus landing page anda, anda membantu pelanggan merasa lebih aman dalam membuat keputusan bertindak.

5. Menambah Daftar Email Anda

Landing page biasanya digunakan untuk menghasilkan prospek, artinya bisnis mendapatkan panggilan telepon atau pengiriman formulir dari orang-orang yang tertarik kemudian berubah menjadi prospek potensial. Dengan demikian, landing page bisa berisi atau tertaut ke formulir yang meminta informasi pengguna seperti nama, alamat, email, nomor telepon atau  perusahaan.

Jika anda menggunakan formulir pada landing page yang meminta email maka landing page bisa menguntungkan bisnis anda dengan mengembangkan daftar email anda. Ketika seseorang mengisi formulir, anda bisa menggunakan tombol keikutsertaan dimana seseorang juga bisa meminta untuk menerima email dan penawaran dari bisnis anda.

6. Sebagai Sarana Promosi

Manfaat yang utama dari landing page adalah sebagai sarana promosi. Pada landing page, anda bisa memasukkan informasi singkat dengan tulisan yang besar sehubungan dengan promosi yang sedang anda jalankan. Anda mungkin sedang memiliki berbagai jenis promosi. Tetapi anda hanya perlu menonjolkan salah satunya dalam landing page.

FAQ

Apa saja yang ada di landing page?

-Ada beberapa hal yang harus dipenuhi dan jangan sampai terlewat dalam pembuatan landing page seperti penggunaan judul halaman, gambar atau video yang berhubungan dengan produk, deskripsi produk, Call To Action (CTA) dan sebagainya.

Siapa yang membutuhkan landing page?

-Pemilik UMKM yang ingin go online dan internet marketer

× Chat dengan kami di WhatsApp