fbpx

Bagi anda yang berkecimpung dalam dunia bisnis online, anda tentu tidak asing dengan yang namanya landing page. Landing page terbukti mampu meningkatkan angka konversi. Landing page merupakan halaman arahan yang mengarahkan pengunjung website menuju konversi. Anda bisa membimbing calon pelanggan untuk melakukan tindakan yang anda inginkan.

Jika anda tidak memiliki landing page pada website anda, maka anda kehilangan peluang emas yang bisa mengubah pengunjung website menjadi pembeli. Begitu pentingnya landing page sehingga setiap bisnis online harus membuat halaman ini pada websitenya.

Pengertian Landing Page Web

Landing page atau halaman pendaratan adalah halaman pada website anda dimana anda menawarkan sesuatu dengan imbalan informasi kontak pengunjung. Anda juga bisa mendorong pengunjung untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan rencana anda.

Pebisnis bisa mendapatkan informasi pengunjung dengan memanfaatkan formulir yang ada pada landing page. Pengunjung biasanya diminta untuk memasukkan data diri seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon.

Apa Manfaat dari Landing Page?

Landing page bisa digunakan untuk mendapatkan informasi pengunjung website dengan timbal balik berupa konten, ebooks atau lainnya. Tujuan utama dari landing page yaitu menghasilkan konversi untuk bisnis anda. Anda bisa menentukan prospek itu dengan berbagai cara baik. Anda bisa
menawarkan konten atau ebook dengan landing page.

Berikut ini adalah beberapa manfaat dari landing page:

  1. Mendukung Tujuan Bisnis Anda
    Salah satu manfaat utama dari landing pages yaitu halaman ini mendukung tujuan bisnis anda. Landing page bisa mendukung tujuan bisnis anda dengan mempromosikan produk baru, mendapatkan pelanggan baru atau mendapatkan lebih banyak penjualan. Landing page sangat menguntungkan bisnis anda karena bisa melayani audiens yang anda targetkan. Selain itu, landing pages juga memungkinkan anda mengukur keberhasilan dari tujuan tersebut.
  1. Meningkatkan Konversi
    Landing page ditujukan untuk mendorong pengunjung website melakukan tindakan tertentu dan membuat pengunjung bisa melakukannya dengan semudah mungkin. Hal ini dikenal sebagai call to action. Hasilnya adalah angka konversi semakin meningkat. Landing page menguntungkan bisnis anda karena lebih banyak konversi biasanya mendatangkan lebih banyak pelanggan. Itu berarti akan ada lebih banyak keuntungan untuk bisnis anda.
  2. Menambah Daftar Email
    Landing page biasanya berisi atau terhubung dengan formulir yang berisi informasi pengguna seperti nama, alamat email, nomor telepon atau nama perusahaan. Jika anda memeasang formulir pada landing page dan anda meminta email pengunjung, landing page anda bisa sangat menguntungkan bisnis anda karena daftar email anda bertambah. Ketika seseorang mengisi formulir, mereka biasanya berlangganan email dari anda. Anda bisa menambahkan pengguna ini ke daftar email anda dan mengirimkan promosi, pengumuman, buletin dan penjualan. Ini untuk memastikan bahwa bisnis anda selalu diingat dan bersifat informatif.
  3. Meningkatkan Brand Awareness
    Ketika mendesain landing page, sangat penting untuk memperhatikan style, penampilan, feel agar konsisten dengan konten. Landing page dengan branding yang konsisten merupakan cara terbaik untuk meningkatkan brand awareness. Ini akan menguntungkan bisnis anda dengan meningkatkan konsistensi branding anda pada berbagai jenis media dan memberikan lebih banyak kesempatan pada pengguna untuk mengenali brand anda.

Bagaimana menggunakan landing page untuk terhubung dengan calon
pelanggan?

Berikut ini adalah cara menggunakan landing page untuk terhubung dengan calon pelanggan:

  • Ebooks dan Whitepapers
    Jika anda menuliskan postingan blog dengan topik yang diminati oleh banyak pembaca, anda bisa menarik minat pengunjung website. Anda bisa menguraikannya pada ebook atau whitepaper. Dengan landing page, anda memiliki data pengunjung website melalui formulir isian ketika orang mendownload ebooks dan whitepapers yang anda tawarkan.
  • Email Berlangganan Newsletter
    Jika anda menuliskan banyak konten blog dengan topik yang serupa, selain menawarkan ebook/whitepaper, anda juga bisa menawarkan bultein email dimana pengunjung website bisa berlangganan. Anda bisa menggunakan Call To Action (CTA) untuk mengundang mereka berlanggan ke blog anda. CTA ini bisa menghubungkan ke landing page dimana mereka memasukkan informasi diri mereka untuk ditambahkan pada daftar email anda.
  • Pendaftaran Kursus Online
    Anda bisa menggunakan kursus online untuk mengundang siswa baru untuk mendaftar ke kelas yang anda tawarkan. Dengan menggunakan beberapa landing page, anda bisa mengundang siswa baru untuk mendaftar ke kelas yang anda tawarkan sekaligus menangkap infomasi tentang mereka yang bisa mengarah pada hubungan pelanggan.
  • Pendaftaran Acara
    Sebuah acara mengharuskan anda mengumpulkan informasi tentang audiens sehingga mereka bisa mendapatkan pembaruan sebelum acara dilaksanakan. Pendaftaran acara bisa memiliki landing page untuk mengubah pengunjung acara menjadi peserta acara.
  • Keanggotaan Komunitas
    Jika bisnis anda berkembang dalam percakapan antara audiens, maka tidak ada salahnya menjadikannya sebagai undangan. Cara ini sebenarnya bagus untuk menghasilkan arahan melalui orang-orang yang ingin menjadi anggota komunitas anda. Anda bisa membuat landing page yang memungkinkan pengunjung website mendaftar menjadi pelanggan anda.
  • Unduh Aplikasi
    Mengembangkan aplikasi seluler tidak hanya meningkatkan pengalaman pelanggan tetapi juga memberikan cara lain untuk menangkap arahan dari audiens anda. Landing page yang dioptimalkan untuk mengundang pengguna mendownload aplikasi menjadi hal yang lumrah di komunitas pembuat aplikasi.

Mengapa Landing Pages Sangat Penting?

Home page tidak cukup fokus untuk membuat landing page yang baik. Jika anda menggunakan home page untuk mengarahkan traffic yang tertarget ke homepage maka anda bisa meningkatkan ROI dengan menggunakan landing page.

Masalahnya adalah landing page memberikan kendali pada anda yang memungkinkan anda mengarahkan pembaca pada tindakan tertentu. Bayangkan anda mendapatkan pengunjung dari kampanye iklan Google Adwords untuk salah satu keyword yang paling penting. Apa yang anda
inginkan dari mereka untuk selanjutnya?

Apakah anda akan mengarahkan pengunjung ini ke beranda dimana mereka tidak punya arahan yang jelas tentang apa harus mereka lakukan selanjutnya? Atau apakah anda akan membawa mereka ke landing page khusus yang bisa meyakinkan mereka untuk melakukan tindakan yang ingin mereka lakukan?

Setelah anda mengetahui apa yang ingin dilakukan oleh pengunjung, permudah mereka untuk melakukannya dengan mengirimkan mereka ke landing page.

Bagaimana Cara Kerja Landing Page?

  1. Seseorang melihat call to action (CTA) dan melihat landing page dengan formulir
  2. Orang tersebut mengisi formulir sehingga dia berubah dari pengunjung website menjadi prospek
  3. Informasi dari formulir kemudian disimpan di database prospek anda
  4. Anda melakukan pemasaran kepada kontak atau prospek berdasarkan apa yang anda ketahui
    tentang mereka.

Jika anda menggunakan tool marekting otomatis maka anda bisa melihat penawaran apa saja yang menghasilkan konversi, kapan mereka terkonversi dan interaksi lain apa yang mereka lakukan pada situs anda. Informasi ini memungkinkan anda mengembangkan prospek dengan cara yang lebih bertarget dengan membantu anda memutuskan jenis marketing apa yang paling tepat untuk diambil.

Proses Konversi Landing Page

Sekalipun landing page menjadi komponen utama dalam proses konversi namun ada beberapa hal yang membuat konversi anda menjadi lebih berhasil.

  • Call To Action (CTA)
    CTA merupakan gambar atau barisan teks yang meminta pengunjung anda menyelesaikan tindakan tertentu. Pada landing pages, CTA memberitahu pengunjung dimana mereka harus mengklik untuk bisa mengakses penawaran. CTA bisa ditemukan pada halaman situs website anda idmana konten berhubungan dengan penawaran anda serta pada postingan blog yang mendukung konten dalam penawaran. Ketika CTA berhubungan dengan landing page dan halaman lain yang dipromosikan, maka semakin besar angka konversi pengunjung.
  • Landing Page
    Landing page merupakan tempat formulir yang diisi oleh pengunjung untuk mengakses penawaran. Satu-satunya tujuan yaitu menjelaskan manfaat dari penawaran yang diberikan dan mendorong pengunjung untuk mengubahnya menjadi prospek. Setelah formulir dikirim, maka pengunjung website akan diarahkan pada halaman terima kasih.
  • Halaman Terima Kasih
    Meskipun pesan terima kasih bisa diberikan dalam bentuk sebaris teks namun sangat disarankan agar anda membuat halaman terima kasih khusus untuk prospek baru anda. Halaman terima kasih menyertakan tombol “Download Sekarang” yang bisa diklik oleh prospek untuk mendapatkan unduhan yang anda tawarkan pada landing page. Halaman terima kasih ini menjadi cara terbaik untuk melanjutkan konversi dan memindahkan prospek ke saluran marketing.

Kriteria Landing Page yang Efektif

Landing page yang efektif menjadi landasan marketing online yang sukses. Penawaran anda mungkin luar biasa. Iklan PPC anda mungkin menjadi bagian yang dioptimalkan tetapi tanpa landing page yang baik dan efektif maka bisnis anda akan terpuruk. Layout landing page anda harus sempurna.

Berikut ini kriteria landing page yang efektif:

  • Desain Rapi dan Bersih
    Tampilan dan keseluruhan struktur desain halaman anda akan berpengaruh pada efektivitas landing page dan seberapa baik hal tersebut bisa mendorong konversi. Target utama dari landing page yaitu anda harus membuatnya semudah mungkin bagi pengunjung untuk berkonversi sehingga semua elemen pada landing page anda bisa bekerja untuk tujuan konversi, entah itu mengisi formulir, melakukan pembelian, mendaftar buletin atau mendownload ebook.
  • Tetap Minimalis
    Anda harus memastikan agar page anda tetap bersih dan memiliki navigasi yang jelas. Pastikan tidak ada gangguan semacam pop up. Landing page yang baik menyediakan seluruh informasi yang dibutuhkan untuk mendorong pengunjung melakukan konversi dan tidak ada tambahan apapun. Terlalu banyak informasi membuat pengunjung fokus sehingga anda harus membuatnya tetap sederhana dan hanya berikan informasi penting yang bisa memandu visitor.
  • Jadikan Landing Page Lebih Mobile-Friendly
    Membuat landing page yang mobile-friendly sangat penting. Anda sebaiknya membuat landing page anda mudah dinavigasi. Ini karena 30% aktivitas browsing berasal dari seluler.Memiliki situs yang sesuai untuk seluler bahkan bisa menggandakan konversi. Landing page anda akan terlihat bagus pada perangkat seluler – mudah dinavigasi, loading cepat dan mudah diklik.
  • Buat Formulir Tetap Singkat
    Ketika pengguna mengunjungi website anda, anda tentu ingin mengumpulkan data sebanyak mungkin dari mereka. Tetapi dalam hal membuat landing page yang baik, maka anda sebaiknya membuatnya menjadi lebih singkat. Sangat penting membuat pengguna mengisi formulir secepat mungkin. Semakin banyak bagian formulir yang harus diisi maka semakin kecil tingkat konversi yang diinginkan. Jika konversi adna membutuhkan formulir maka tanyakan apa saja yang penting. Anda juga bisa meminta informasi lebih lanjut pada halaman terima kasih.

FAQ
Bagaimana membuat landing page yang berkualitas?
-Anda bisa membaca penjelasannya di atas. Anda bisa membuat sendiri jika anda mengetahui dasar-dasar dari pembuatan website. Namun jika tidak, anda tetap bisa menggunakan layanan website developer profesional. Core Freelancers membantu anda menciptakan landing page yang berkualitas.
Apakah landing page sangat berpengaruh pada penjualan?
-Berdasarkan riset, landing page membuat tingkat konversi menjadi lebih tinggi dan mempermudah
pengunjung yang ingin melakukan pembelian.

Navigation: Kekurangan SEO, jasa pembuatan website & jasa seo cepat

× Chat dengan kami di WhatsApp