fbpx

Apakah anda sering membaca blog atau membaca infografis? Apakah anda pernah melihat video singkat atau video YouTube? Atau pernahkah anda mendengarkan podcast atau berbagai postingan lain yang ada di media sosial?

Jika pernah, maka anda sedang mengkonsumsi sesuatu yang Namanya konten. Ini adalah informasi yang tersedia di media atau produk elektronik dalam berbagai jenis format yang akan digunakan oleh individu atau bisnis dan perusahaan dalam menyampaikan nilai kepada target audiens.

Contents

Apa itu Konten?

Strategi digital marketing yang kuat terdiri dari berbagai komponen yang berbeda mulai dari media sosial sampai dengan mesin pencarian. Cukup sulit untuk mengetahui dimana anda benar-benar harus memberikan perhatian lebih. Sekalipun hampir semua strategi pemasaran digital anda penting untuk mempromosikan bisnis online secara efektif tetapi ada beberapa elemen yang akan lebih penting dibandingkan dengan yang lainnya misalnya konten.

Ini bisa dibilang menjadi bagian terpenting dari kegiatan digital marketing. Konten tidak hanya membantu dalam usaha membangun kepercayaan dan terhubung dengan audiens, namun juga bertindak sebagai hal yang akan dapat mendorong strategi digital marketing. Ini akan menjadi dasar dimana anda dapat mempromosikan bisnis secara online sehingga penting untuk memberikan lebih banyak perhatian untuk menghasilkan sesuatu yang akan memberikan pengaruh bagi bisnis.

Baca juga: Daftar Website Penyedia Gambar Gratis Untuk Konten

Jenis-Jenis Konten

Kampanye dengan content marketing memaksa anda untuk berurusan dengan berbagai jenis konten. Ingatlah bahwa pemilihan jenis konten yang tepat akan meningkatkan peluang yang lebih besar dalam mencapai target pemasaran. Berikut ini jenis-jenis konten popular masa kini yang dapat anda gunakan sebagai materi pemasaran:

1. Blog/Website

Pilihan teratas untuk jenis konten saat ini adalah website melalui media yang berupa blog. Selain sederhana, blog yang dikelola dengan baik dan professional dapat menjadi investasi jangka panjang untuk perusahaan anda. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa konten blog memiliki tingkat ketahanan baca yang lebih tinggi dibandingkan dengan jenis yang lainnya. Efektivitas tulisan dalam blog dapat bertahan minimal selama 2 tahun.

Untuk menggunakan jenis konten yang satu ini, anda harus benar-benar menguasai proses penulisan artikel. Pastikan bahwa hasil tulisan tersebut bisa memenuhi lima jenis kriteria yaitu menarik buat dibaca, memuat keyword, sesuai dengan aturan SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing), memiliki relevansi dengan brand bisnis dan mencerminkan image perusahaan.

2. Video

Kalau anda lebih focus pada jenis konten yang sangat popular maka anda layak mencoba jenis konten yang ini yaitu video. Karena sangat popular, maka tidak ada platform digital yang ketinggalan untuk menawarkan tempat khusus mengupload video untuk penggunanya seperti YouTube, IGTV, Facebook Video dan sebagainya.

Sebagai langkah awal penggunaan konten jenis ini, anda sebaiknya memulai dengan konsep content marketing video anda. Mana yang akan anda gunakan? Video tutorial, film pendek, social experiment, animasi, dokumenter, interview atau yang lainnya.

Baca juga: Tips Membuat Konten Yang Mobile Friendly

3. Infografik

Pembaca biasanya lebih tertarik melihat  suatu informasi secara visual dibandingkan dengan deretan teks. Inilah yang mendorong perkembangan tren jenis infografik dalam dunia content marketing saat in. Berdasarkan riset yang dilakukan oleh tim Unbounce menyatakan bahwa website yang memanfaatkan konten infografik bisa meningkatkan traffic webnya dibandingkan dengan tidak.

Jika anda tertarik menggunakan konten jenis ini, anda dapat memilih salah satu dari jenis-jenis infografik seperti timeline infographic, statistical infographic, informational infographic, process infographic, geographic infographic, comparison infographic, hierarchical infographic, dan infographic resume.

4. Ebook

Apakah anda pernah menerima ebook yang berisi deskripsi perusahaan, ulasan produk atau yang lainnya? Itu merupakan contoh penggunaan ebook atau buku elektronik sebagai konten dalam proses pemasaran bisnis. Sekalipun tidak memberikan efek langsung seperti blog dan video namun eBook tetap bermanfaat untuk membangun engagement antara audiens dan bisnis dalam jangka panjang.

Jadi, bagikan ebook anda secara gratis ke target audiens kemudian rasakan pengaruhnya dalam waktu beberapa tahun ke depan.

5. Email

Jenis content marketing popular lain adalah email atau surat elektronik. Anda dapat terus mengupdate informasi-informasi tentang bisnis ke audiens yang ditargetkan dengan mengirimkan berita promosi, newsletter, pengingat shopping cart dan lainnya melalui surat elektronik. Penggunaan email sebagai konten dalam marketing juga memberikan kedekatan emosi antara perusahaan dan calon konsumen.

Manfaat Konten dalam Membangun Reputasi Bisnis

NoManfaat Konten dalam Membangun Reputasi Bisnis
1Muncul pada halaman pertama mesin pencarian
2Menjadikan website bisnis menjadi lebih professional
3Bisa meningkatkan kredibilitas bisnis
4Meningkatkan penjualan

Peranan Sebuah Konten

Konten yang menajdi elemen penting untuk digital marketing akan memiliki beberapa peran penting. Peran ini tentunya akan bisa membantu keberhasilan dari strategi yang digunakan. Beberapa peran dari konten adalah berikut ini:

1. Melakukan Edukasi pada Audiens

Edukasi adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh calon pelanggan ketika memutuskan apakah suatu produk atau layanan tepat untuk mereka. Sebelum dapat membuat pilihan, mereka harus memahami apa saja piihan yang tersedia untuk mereka. Artinya, sebagai bisnis, anda harus memiliki konten yang mengedukasi anggota audiens dengan benar tentang apa yang bisa ditawarkan. Konten adalah informasi yang tepat untuk mempelajari sesuatu.

Dalam menjalankan fungsi edukasi ini, konten biasanya akan berbentuk postingan blog, halaman produk, homepage dan halaman ‘about us’ dari sebuah perusahaan. Selain bentuk konten di atas, edukasi juga bisa didapatkan dari konten yang berjenis review, tutorial dan konten lainnya yang memberikan informasi yang dibutuhkan pada pelanggan. Konten Pendidikan harus focus pada pengajaran lebih banyak kepada audiens target mengenai bisnis dan penawaran.

Untuk melakukan edukasi audiens anda melalui konten yang dibuat, maka focus pada pertanyaan atau masalah yang mungkin dimiliki. Ketika sedang menangani audiens, maka pertimbangkan masalah apa yang mungkin mereka coba untuk selesaikan dan bagaimana produk atau layanan bisa mengatasi permasalahan tersebut. Konten edukasi harus focus pada penyelesaian masalah dan cara anda membuat hidup menjadi lebih mudah.

2. Konten Media Penting dalam SEO

Mesin pencarian adalah alat yang dapat digunakan kapan saja oleh orang yang memiliki masalah atau pertanyaan. Mengoptimalkan konten untuk muncul dalam mesin pencarian yang relevan bisa membantu dalam kegiatan untuk menarik prospek baru ke situs website anda. Tetapi agar hal ini bisa berjalan dengan efektif maka dibutuhkan strategi Search Engine Optimization (SEO).

Untuk menopangnya, konten yang dibuat dengan baik dan dioptimasi adalah hal yang wajib. Konten yang kuat akan memungkinkan anda membuat halaman website yang dapat mendorong keberhasilan SEO. Strategi ini akan berputar mengenai penempatan keyword, backlink dan traffic situs website. Konten akan memungkinkan anda membuat halaman website yang bisa mendorong berbagai komponen di atas.

Tanpa kehadiran konten, maka tidak akan ada tempat untuk keyword, tidak aka nada juga halaman untuk dibaca oleh visitor anda. Jika anda membuat konten yang baik serta bisa membuat audiens bersemangat untuk terlibat maka strategi SEO yang dijalankan akan berfungsi dengan efektif menghasilkan berbagai jenis hal yang akan menguntungkan anda.

Baca juga: Kalender Konten Media Sosial Terbaik Untuk Planning Konten

3. Membantu Strategi Media Sosial

Platform media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk terhubung dengan audiens anda. Sebagai alat yang ampuh untuk membangun komunikasi yang tulus dengan basis pelanggan, maka media sosial akan bisa memberikan jalur untuk bisa langsung melakukan percakapan, mendapatkan feedback dan mendorong prospek baru menuju ke website. Ini akan bisa berjalan dengan lebih lancar jika didorong dengan pembuatan konten yang baik.

Konten memungkinkan anda untuk membawa percakapan media sosial menjadi lebih dalam. Sekalipun tidak ada banyak yang bisa dikatakan tetapi konten yang bagus akan dapat mendorong audiens untuk menindaklanjuti serta mempelajari lebih lanjut tentang isi konten anda. Ini membantu dalam membangun hubungan yang lebih baik dengan audiens. Ada lebih banyak visitor yang pergi ke situs website, tempat dimana anda dapat mengumpulkan informasi dan membawanya ke saluran penjualan anda.

FAQ

Apa manfaat mendistribusikan konten secara digital?

-Menghasilkan traffic untuk situs pemiliknya, menciptakan brand awareness, meningkatkan penjualan leads dan biaya lebih murah.

Apa yang dimaksud dengan konten digital?

-Digital content adalah konten yang ada dalam berbagai format baik berupa teks atau tulisan, gambar, video, audio atau kombinasinya yang diubah dalam bentuk digital sehingga konten yang diciptakan bisa dengan mudah dibagikan melalui platform media digital seperti laptop, tablet atau bahkan smartphone.    

× Chat dengan kami di WhatsApp