fbpx

Jika anda sudah cukup lama berkecimpung di dunia digital marketing, anda tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah influencer. Sebenarnya, siapakah yang dimaksud dengan influencer Indonesia tersebut? Mengapa anda menggunakannya untuk kepentingan bisnis?

Contents

Pengertian Influencer

Sesuai dengan namanya, influencer bisa diartikan sebagai seseorang yang memberikan pengaruh luas pada masyarakat. Influencer bisa berupa blogger, youtuber, selebritis atau bahkan public figure yang dianggap penting dalam sebuah komunitas.

Influencer biasanya punya banyak follower di akun media sosialnya. Namun ada juga influencer Indonesia yang jumlah followernya tidak terlalu banyak namun tetap memberikan pengaruh pada banyak orang. Kekuatan seorang influencer memang terletak pada pengaruhnya. Inilah yang membuat seorang pemilik bisnis menggandeng influencer untuk mempromosikan produknya.

Influencer yang membantu promosi disebut dengan influencer marketing. Influencer marketing adalah salah satu strategi digital marketing dimana sebuah perusahaan mengajak influencer untuk bekerja sama meningkatkan brand awareness dan penjualan.

Manfaat Menggunakan Influencer Indonesia Bagi Bisnis

No Manfaat Menggunakan Influencer
1 Meningkatkan penjualan
2 Membangun hubungan dekat dengan konsumen
3 Konsumen lebih percaya
4 Menjangkau lebih banyak konsumen
5 Lebih mudah dan lebih cepat balik modal

Jenis-Jenis Influencer Indonesia

Influencer Indonesia ternyata punya banyak jenis. Mereka dibedakan berdasarkan jumlah follower dan media yang digunakan untuk melakukan promosi.

Influencer Indonesia berdasarkan jumlah follower antara lain:

1. Mikro

Influencer mikro biasanya punya jumlah follower kurang dari 10.000 orang. Dengan jumlah follower yang sedikit, anda mungkin berpikir bahwa menggunakan influencer mikro tidak terlalu efektif untuk memperkenalkan produk/layanan anda. Namun sebenarnya tidak.

Influencer mikro memang tidak punya pengaruh yang luas namun memiliki engagement yang kuat dengan para follower media sosial miliknya > Panel social media. Sebuah studi menunjukkan bahwa 82% konsumen mungkin akan membeli produk yang direkomendasikan oleh influencer mikro. Angka yang cukup besar ya?

Influencer mikro biasanya memiliki audiens yang lebih spesifik untuk niche (topik) bahasan tertentu. Inilah yang membuat seorang influencer mikro bisa membuat konten yang relevan dengan followernya.

2. Makro

Influencer makro lebih besar dari influencer mikro karena jumlah followernya bisa lebih dari 100.000 orang. Influencer makro merupakan sosok yang sangat dikenal meskipun belum terlalu terkenal seperti selebritis.

Influencer makro punya potensi yang sangat besar untuk mempromosikan produk ke lebih banyak orang. Menggunakan influencer makro bisa membuat brand bisnis anda tampak ekslusif.

3. Premium

Influencer top premium adalah influencer top dengan jumlah follower yang paling banyak yaitu berjumlah jutaan.

Dengan jumlah follower yang sangat banyak, jangkauan pesan influencer premium sangatlah luas. Persentase pembelian produk yang direkomendasikan oleh influencer premium memang tidak terlalu besar namun sangat menjanjikan.

Namun, jika anda memutuskan untuk menggunakan influencer premium, anda harus tetap memikirkan kesesuaian budget dengan produk yang anda tawarkan.

Itulah jenis-jenis influencer Indonesia berdasarkan jumlah follower. Sekarang, kita akan membahas jenis-jenis influencer berdasarkan media yang digunakan.

Jenis-Jenis Influencer Indonesia Berdasarkan Media

1. Blogger

Blogger adalah seseorang yang mengelola dan memiliki sebuah blog. Banyak sekali blog yang digunakan untuk mereview sebuah produk.

Ketika blogger merekomendasikan sebuah produk tertentu, maka para pembacanya akan tertarik untuk mencoba produk tersebut. Jika pembaca setiap dari blogger tersebut terbilang banyak maka marketing akan menjadi lebih efektif dan lebih mudah.

2. Selebgram

Selebgram adalah singkatan dari selebritis Instagram. Selebgram merupakan public figure yang menggunakan Instagram untuk mempromosikan produknya.

Instagram merupakan media yang cukup potensial untukd dijadikan sebagai media promosi karena Indonesia merupakan negara keempat pengguna Instragram terbesar di dunia yaitu 59 juta pengguna! Data tersebut menunjukkan bahwa populratias selebgram bisa dimanfaatkan untuk sarana promosi.

3. YouTuber

YouTuber merupakan seseorang yang mengunggah sebuah video ke YouTube. Jika anda ingin bekerja sama dengan YouTuber dengan jumlah follower yang banyak maka anda berpotensi menarik perhatian follower untuk menggunakan produk anda.

Case Study: Fatrio Youtube

Manfaat Menggunakan Influencer Marketing bagi Bisnis

1. Meningkatkan Penjualan

Jika produk anda diketahui oleh banyak orang, maka penjualannya juga akan semakin meningkat. Apalagi jika produk tersebut digunakan oleh seorang selebriti di acara yang mengundang banyak media. Penjualan produk bisa meningkat drastis hanya dalam waktu satu hari.

2. Membangun hubungan dekat dengan konsumen

Influencer Indonesia

Dengan menggunakan jasa influencer, maka anda punya hubungan yang lebih dekat dengan konsumen anda.  Satu hal yang harus anda ingat yaitu anda harus memilih influencer yang tepat dan sesuai dengan target pasar produk anda.

Salah satu cara untuk membangun kedekatan dengan konsumen adalah dengan menggunakan influencer yang memang menyukai produk yang anda jual.

Menggunakan influencer premium bukan jaminan bahwa pemasaran anda akan sukses karena influencer tersebut mungkin saja menggunakan follower palsu. Sebaliknya, menggunakan influencer mikro mungkin agak menguntungkan karena mereka biasanya menggunakan produk sebelum merekomendasikannya pada follower.

Jika ada hubungan dekat, maka follower bisa berinteraksi dengan influencer dan membahas tentang produk yang ditawarkan.

3. Konsumen Lebih Percaya

Jika anda mempromosikan produk anda dengan pemasaran konvensional,  maka anda membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa meyakinkan calon konsumen. Tetapi ketika anda menggunakan public figure, maka kepercayaan konsumen akan langsung terbentuk.

Karena mereka punya keahlian dan pengalaman dalam bidang tertentu. Jika mereka menggunakan produk anda maka followernya akan lebih mempercayai produk anda.

4. Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Influencer marketing hub

Beberapa pemilik bisnis biasanya mempromosikan bisnisnya lewat iklan baik lewat media elektronik maupun media cetak. Namun sebagian besar masyarakat biasanya mengabaikan iklan tersebut.

Inilah kekurangan yang bisa ditutup oleh peran seorang influencer. Jumlah pengguna media sosial yang aktif di Indonesia telah mencapai 150 juta jiwa. Mereka mengakses media sosial rata-rata selama 3,5 jam setiap hari.

Pemasaran produk yang dilakukan dengan menggunakan influencer melalui blog, media sosial atau YouTube bisa menjangkau lebih banyak konsumen.

Jika anda bisa menunjuk public figure yang bisa menyajikan konten dengan menarik, maka informasi tentang produk anda tidak akan terlewat oleh mereka. Artinya, peluang untuk menjakau konsumen bisa dicapai dengan lebih mudah.

5. Balik Modal Menjadi Lebih Mudah & Cepat

Promosi bisa menjadi salah satu investasi bisnis, termasuk menggunakan jasa influencer. Anda mungkin bisa mendapatkan return of investment (ROI) yang cukup besar. Artinya, peluang anda untuk balik modal lebih cepat dan lebih mudah.

Salah satu studi menyebut bahwa influencer bisa mencapai ROI 11 kali lebih besar dibandingkan dengan iklan banner.

FAQ

– Apa Keunggulan Menggunakan Influencer Mikro?

Bisnis anda akan memiliki tingkat engagement lebih besar dengan konsumen karena influencer mikro cukup interaktif dengan followernya serta mau mencoba produk lebih dulu sebelum mempromosikannya.

-Mengapa Influencer Indonesia Bisa Meningkatkan Kepercayaan Terhadap Produk?

Karena influencer punya pengalaman dan keahlian dalam bidang tertentu sehingga produk yang digunakan oleh influencer terkesan “terpercaya”.

Leave a Reply

× Chat dengan kami di WhatsApp