fbpx

Apakah anda ingin meningkatkan jumlah audiens untuk konten? Jika iya, maka salah satu cara terbaik yaitu menggunakan clickbait. Tetapi clickbait yang berlebihan dapat merusak reputasi. Bagaimana caranya membuat judul clickbait yang baik sebagai strategi konten? Clickbait yang digunakan dengan tepat bisa mendatangkan banyak pengunjung.

Contents

Apa itu Clickbait?

Clickbait merupakan judul konten yang dibuat menarik dengan tujuan memancing orang melakukan klik terhadap konten tersebut. Semakin banyak jumlah klik maka semakin berhasil judul clickbait tersebut. Selain itu, clickbait banyak ditemukan pada berbagai konten mulai dari postingan blog, video dan berita. Ciri clickbait antara lain:

  • Memuat gambar yang lucu dan mudah diingat
  • Judul yang digunakan mengundang rasa penasaran
  • Judul cenderung melibatkan emosi pembaca

Anda sebaiknya lebih berhati-hati menggunakan clickbait sebagai judul konten untuk bisnis anda. Tetaplah membuat konten yang relevan dengan kebutuhan pembaca dan informasi yang sesuai karena reputasi bisnis anda sedang dipertaruhkan.

Baca Juga: Pengertian Viral Marketing Dan Manfaat Bagi Bisnis

Cara Membuat Judul Clickbait untuk Strategi Content Marketing

Berikut ini cara membuat clickbait untuk strategi content marketing anda:

1. Gunakan Part yang Paling Menarik Sebagai Judul

Baca ulang konten anda sebelum memberikan judul, bagian mana yang paling menarik atau apakah ada angka yang memancing rasa penasaran audiens? Jadikan kalimat tersebut sebagai judul konten anda. Dengan menggunakan tahun 2021, audiens tentu akan tertarik karena mendapatkan informasi terbaru. Selain itu gunakan kata yang lebih spesifik untuk segmen UKM yang membutuhkan informasi sesuai dengan target pasar yang tepat.

2. Memberikan Teka Teki pada Judul

Memberi teka-teki pada judul bisa menjadi cara yang efektif untuk membuat clickbait karena bisa meningkatkan keingintahuan dari audiens. Salah satu keengganan banyak orang membuat website adalah terkait dengan harga. Itulah yang kemudian digunakan menjadi pin point yaitu mahal atau murah.

Dengan judul teka teki soal harga mahal atau murah, audiens tentu harus klik untuk mendapatkan jawaban yang ada di dalam konten. Ini tentu menjadi strategi menarik karena bukan hanya bisa memberikan value kepada pengguna berupa informasi namun juga mendapatkan banyak klik untuk menjaring konsumen potensial.

3. Menggunakan Emosi untuk Mendekatkan Para Pembaca

Menggunakan kalimat yang membangkitkan emosi juga bisa digunakan untuk clickbait tetapi jangan berlebihan. Misalnya anda menyadari konsumen panic kalau produk tidak bisa digunakan maka anda bisa menggunakan judul yang berbentuk pertanyaan untuk menimbulkan kesan bahwa anda memang memahami audiens. Selain itu, buatlah kalimat yang menenangkan. Caranya yaitu dengan memberitahu bahwa ada solusi yang akan mereka dapatkan dengan membaca konten anda.

Baca Juga: Cara Membuat Caption Instagram Agar Engagement Meningkat

4. Membuat Pembaca Merasa Terlibat

Anda dapat menggunakan kalimat yang mengajak para pembaca untuk terlibat atau menggunakan kalimat pertanyaan yang relevan dengan kebutuhan target audiens. Misalnya membuat konten yang mengajak calon pebisnis membuat bisnis plan dengan tepat sebagai langkah penting memulai suatu bisnis. Dengan beberapa kalimat, anda bisa membuat audiens akan merasa bahwa content tersebut sesuai untuk pebisnis pemula. Selain itu, beberapa kalimat membuat audiens untuk bersama-sama mengikuti langkah panduan untuk memulai bisnis.

5. Gunakan Teknik Copywriting

Anda bisa membuat judul dengan kalimat yang mudah menarik perhatian dengan menerapkan prinsip copywriting yaitu relevant, unique, useful, dan concise. Penerapan prinsip itu diawali dengan mencoba menulis judul singkat. Tujuannya adalah menghindari kejenuhan audiens. Meskipun singkat, namun judul harus tetap mencerminkan manfaat isi conten yang relevan untuk audiens. Selain itu, pastikan membuat judul yang kreatif yang belum pernah digunakan sebelumnya.

Baca Juga: Berbagai Aplikasi Yang Digunakan Untuk Copywriting

Strategi Clickbait yang Harus Dihindari

NoStrategi Clickbait yang Harus Dihindari
1Iklan yang mengklaim bisa mengungkapkan rahasia atau informasi yang sensasional
2Iklan yang menggunakan kata-kata seperti “Klik di sini untuk mempelajari lebih lanjut..” atau “Lihat apa yang terjadi selanjutnya..”
3Iklan yang menggunakan gambar yang diubah atau foto bencana
4Iklan yang menggunakan foto “before and after” menampilkan perubahan pada tubuh manusia
5Iklan yang menggunakan peristiwa negative seperti kematian, bencana, atau penyakit untuk membangkitkan tindakan pada pemirsa

Kelebihan Clickbait

Berikut ini kelebihan clickbait:

1. Meningkatkan Click Through Rate (CTR)

Judul clickbait akan membuat audiens lebih tertarik melakukan klik. Selain penasaran, mereka berharap menemukan jawaban dari konten anda. Faktanya 8 dari 10 orang akan melakukan klik pada judul konten clickbait. Ketika semakin banyak orang klik pada konten yang dibuat, CTR anda juga akan meningkat. CTR yang tinggi membuktikan bahwa konten anda relevan dengan kebutuhan audiens. Akhirnya Google akan menempatkannya pada posisi yang baik pada hasil pencarian/related search.

2. Meningkatkan Pageviews

Judul clickbait akan membuat audiens tertarik membaca atau menonton konten. Pada akhirnya jumlah pageviews yaitu total halaman yang dilihat oleh audiens akan meningkat. Ketika jumlah pageviews anda tinggi, maka konten tersebut akan dianggap berguna bagi pembaca sehingga mesin pencarian akan merekomendasikannya pada hasil pencarian atau search engine result page. Bagi media online seperti BuzzFeed, clickbait juga efektif mendapatkan pemasang iklan dengan lebih mudah. Jadi, penghasilan akan bertambah dengan strategi clickbait yang tepat.

3. Potensi Social Share

Clickbait juga agak efektif untuk membuat orang membagikan konten ke orang lain. Karena dengan judul yang menimbulkan emosi seperti kaget, penasaran, dan lain membuat orang tertarik untuk melakukannya.

Potensi social share ini yang bisa anda manfaatkan untuk meningkatkan brand awareness produk anda. Jika langkah ini sukses, anda bisa tetap membuat judul clickbait yang relevan dengan isi yang dimuat di dalamnya. Sebaliknya, kalau clickbait yang dibuat tidak mendapatkan cukup banyak social share yang cukup maka itu bisa jadi karena audiens menganggap bahwa judul tersebut berlebihan dan tidak ingin menyebarkan konten yang tidak kredibel.

Kekurangan Clickbait

1.Mendatangkan Traffic yang Tidak Sesuai

Clickbait kemungkinan bisa mendatangkan traffic dari audiens yang penasaran dengan isi konten. Tetapi audiens tersebut bisa saja bukan target audiens yang sesuai sehingga tidak akan melanjutkan ke halaman pembelian produk. Kalau sudah demikian, usaha meningkatkan pendapatan lewat strategi konten marketing menjadi tidak maksimal, kan?

2.Bounce Rate Meningkat

Kekurangan lain menggunakan clickbait adalah bounce rate yang tinggi pada website/blog. Alasannya yaitu ketika audiens menyadari bahwa konten tidak sesuai dengan judul maka mereka akan langsung meninggalkan website anda. Website dengan angka bounce rate yang tinggi terindikasi memiliki konten yang tidak relevan dengan pencarian pengguna. Google biasanya tidak akan merekomendasikannya ke pengguna sehingga posisi pada hasil pencarian akan buruk.

3. Merusak Brand Image

Bayangkan anda membuat clickbait dengan isi konten marketing yang tidak sesuai. Contohnya anda menawarkan promo jam tangan untuk semua audiens pada bagian judul. Tetapi ketika benar-benar dibaca, promo tersebut ternyata hanya berlaku untuk 100 pembeli pertama. Audiens tentu akan merasa bahwa hal itu hanya tipu-tipu saja. Jika konten clickbait muncul hanya sekali, pembaca kemungkinan masih bisa memaklumi. Tetapi jika hal tersebut selalu dilakukan, maka kepercayaan pada bisnis tentu akan turun. Akibatnya, reputasi brand bisa jatuh.

FAQ

Apa itu clickbait?

-Clickbait adalah hal yang merujuk pada konten website untuk mendapatkan penghasilan secara online. Dalam Bahasa Indonesia, ini dikenal dengan istilah umpan balik atau yang bisa dikenal dengan judul yang menarik dan membuat penasaran sehingga audiens akan terpancing perhatiannya pada tulisan tersebut.

Apa masalahnya jika situs website menggunakan clickbait?

– Ketika situs web menggunakan clickbait, mereka biasanya lebih menghargai mendapatkan klik daripada menghasilkan informasi berkualitas. Artinya mereka tidak peduli jika mereka membuang waktu Anda dengan konten yang biasa-biasa saja.

× Chat dengan kami di WhatsApp