fbpx

Strategi viral marketing sebenarnya sudah lama diterapkan para pakar marketing. Tetapi strategi ini semakin banyak digunakan setelah perkembangan teknologi menjadi semakin pesat. Khususnya setelah media sosial menjadi media utama dalam memviralkan suatu konten. Manfaatnya pun sangat banyak, mulai dari meningkatkan brand awareness sampai dengan penjualan. Strategi ini bahkan dinilai lebih efektif untuk mensukseskan promosi dibandingkan dengan strategi yang lainnya.

Apa yang dimaksud dengan viral marketing? Bagaimana penggunaannya dalam dunia bisnis? Apa saja kelebihan dan kekurangannya? Dengan memahami viral marketing, anda bisa lebih berhasil dalam marketing.

Contents

Pengertian Viral Marketing

Viral marketing adalah bentuk strategi marketing yang bertujuan membuat iklan menjadi viral dan tersebar dalam waktu yang singkat. Yang membedakan strategi marketing dengan yang lainnya yaitu viral marketing lebih mengandalkan audiens organik yang menyebarkannya secara sukarela pada orang lain. Strategi ini biasanya juga disebut dengan mulut ke mulut atau Word of Mouth (WOM). Dampaknya sangat efektif untuk meningkatkan brand awareness.

Viral marketing bisa membuat transaksi terjadi antara penjual dan pembeli. Selain itu, strategi viral marketing tidak hanya dilakukan oleh bisnis besar saja. Bagi pemilik bisnis kecil juga bisa menggunakan strategi ini dengan konten yang bisa menarik perhatian audiens.

Panel social media seringkali menjadi media utama dalam melakukan viral marketing karena memang lebih mudah dan lebih cepat dalam menyebarkannya. Namun, media offline juga bisa melakukan marketing jenis ini seperti televisi, spanduk, majalah, dan lainnya.

Kelebihan Viral Marketing

Berikut ini keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggunakan strategi viral marketing yaitu:

1.Lebih Menghemat Biaya Iklan

Viral marketing dianggap bisa menghemat biaya iklan karena biaya iklan sangat tergantung pada media yang digunakan dan jenis konten apa yang akan diiklankan. Tetapi jika iklan anda bisa berjalan dengan sukses dan viral maka keuntungan yang akan anda dapatkan jauh lebih besar.

Keuntungannya bahkan bisa sampai berlipat ganda sampai bisa menutup modal awal ketika anda membuat iklan tersebut. Karena iklan yang viral bisa terus menerus tersebar dengan sendirinya dan justru bisa menjangkau audiens lainnya yang sebenarnya bukan target pasar anda.

2.Meningkatkan Brand Awareness

Ini menjadi alasan utama mengapa para pebisnis sangat menyukai strategi iklan viral marketing. Dengan konten yang sudah viral, maka otomatis bisnis anda juga akan semakin dikenal. Apalagi jika anda bisa menyelesaikan berbagai pesan yang berguna dan bisa memberikan solusi untuk audiens.

3.Bisa Diliput Oleh Berbagai Media Massa

Ini juga menjadi salah satu keuntungan yang berhubungan dengan biaya yang hemat. Ketika iklan anda bisa berhasil viral, maka anda tidak usah repot mengeluarkan biaya press release atau memasang iklan di berbagai media seperti televisi, koran, radio dan sebagainya.

Justru media-media tersebut yang akan mewawancara atau mengundang anda secara sukarela untuk hadir dalam salah satu acaranya.

Kekurangan Viral Marketing

Tidak ada strategi marketing yang bisa berjalan dengan lancar dan tanpa resiko termasuk viral marketing. Oleh karena itu, sangat penting mengetahui kekurangan strategi viral marketing.

1. Berpotensi Mendapatkan Citra Negatif

Mengapa viral marketing bisa memicu munculnya citra negatif? Karena penggerak utama strategi iklan yaitu dari mulut ke mulut audiens atau pelanggan anda. Mereka bisa saja mendapatkan perspektif yang berbeda dengan apa yang ingin disampaikan oleh anda. Oleh karena itu, cobalah kembali untuk memperhatikan konten anda dan awasi agar konten tidak menimbulkan kesan negatif.

2. Rawan Dianggap Spam

Konten viral tidak selamanya bisa dianggap baik. Bahkan ketika sedang menjadi pusat perhatian, iklan anda kemungkinan besar iklan anda bisa terlihat di semua media dan menjadi bahan obrolan banyak orang. Namun beberapa orang bisa saja menganggapnya berbeda dengan tujuan anda. Salah satunya yaitu dianggap sebagai spam. Jadi, mereka akan bosan karena selalu tampil di iklan anda.

3. Sulit Prediksi

Strategi viral marketing pada dasarnya bisa berhasil dan bisa juga tidak. Meskipun ada berbagai strategi jitu dalam menulis konten yang viral tetapi strategi ini sulit diprediksi dibandingkan dengan trik marketing yang lainnya.

Beberapa iklan mungkin ada yang bisa viral dalam waktu singkat. Tetapi beberapa ada juga yang membutuhkan waktu lama sampai berbulan-bulan, bahkan ada sesuatu yang gagal. Oleh karena itu, anda harus melakukan pertimbangan yang matang agar kampanye iklan berhasil.

Cara Memaksimalkan Strategi untuk Viral Marketing

1. Gunakan Humor Terbaik

Beberapa iklan online yang paling banyak dibagikan audiens yaitu iklan yang benar-benar lucu. Pelajari tentang humor dan buatlah iklan yang lucu atau iklan video lucu. Ini bisa sangat efektif untuk mendapatkan perhatian audiens dan menghasilkan engagement yang tinggi.

Bentuk Viral Marketing yang Optimal

NoBentuk Viral MarketingPenjelasan
1Media sosialSalah satu media yang sangat bagus untuk menerapkan viral marketing karena langsung bergabung dengan komunitas besar. Banyak tulisan, gambar dan video yang bisa dilihat
2EbookBuatlah ebook yang menarik dan memberikan solusi untuk orang-orang terhadap masalahnya. Sebarkan dan bagikan ebook dengan gratis.
3VideoJika anda bisa membuat video yang menarik dan memberikan manfaat maka upload video ke jejaring sosial seperti YouTube
4GambarMenggunakan gambar untuk marketing viral sangat efektif karena gambar bisa menyebar dengan sangat mudah dan cepat.

2. Shareable

Apapun konten yang dihasilkan, baik untuk website atau iklan harus benar-benar dioptimalkan agar mudah dibagikan oleh audiens misalnya dengan meletakkan tombol share pada bagian bawah, ajakan Call To Action (CTA) yang khusus melakukan share dan sebagainya.

3. Buat Video Reaksi

Membuat konten video yang fokus pada reaksi orang lain akan membuat konten menjadi lebih shareable. Reaksi unik dari orang yang mencoba produk anda atau orang yang sedang merasakan pengalaman unik untuk pertama kali bisa membantu audiens merasakan berada di posisi orang yang ada di video. Reaction video bisa menjadi bagian penting dari viral marketing.

4. Berikan Give Away

Membuat kontes secara online dengan mendapatkan iming-iming hadiah menjadi cara yang bisa anda terapkan agar menjadi viral. Buatlah kontes yang mensyaratkan peserta untuk share kontes pada orang lain. Dengan hadiah spesial yang anda tawarkan, audiens anda memiliki harapan besar untuk memenangkan hadiah dari anda sehingga mereka akan melakukan persyaratan yang anda berikan.  

FAQ

Bagaimana cara kerja viral marketing?

-Viral marketing bekerja dengan cara menyebarkan informasi melalui database pengguna internet yang sudah terdaftar untuk digunakan secara massal.

Apa perbedaan antara buzz marketing dan viral marketing?

 -Viral marketing bisa dilakukan dari mulut ke mulut sedangkan buzz marketing lebih menggunakan jasa buzzer atau toko yang punya banyak pengikut di media sosial.

Leave a Reply

× Chat dengan kami di WhatsApp