fbpx

Mulai banyak bisnis yang beralih ke bisnis online sejak pandemi corona merebak. Toko-toko offline membuat website toko online, mempromosikannya lewat media sosial dan menggunakan iklan berbayar. Cara-cara tersebut banyak digunakan karena sangat ampuh untuk membuat sebuah bisnis bertahan.

Sebaiknya jangan ragu untuk segera beralih ke bisnis online dan gunakan aplikasi serta tool yang telah tersedia. Anda bisa memulainya dengan menggunakan media sosial. Kira-kira apa saja media sosial yang sangat potensial yang bisa membuat bisnis anda berhasil? Berikut ini penjelasannya.

Media Sosial Populer untuk Mengembangkan Bisnis

Media sosial  memang layak untuk dijadikan sebagai salah satu tools marketing. Di Indonesia sendiri, pengguna media sosial cukup banyak sehingga bisa dimanfaatkan untuk membidik pelanggan yang tepat. Tentang pilihan, anda tentu saja tidak perlu menggunakan semuanya untuk bisnis anda.

Anda hanya perlu menggunakan platform yang sesuai dengan target bisnis anda. Sosmed apa saja yang sesuai dengan bisnis anda? Berikut ini ulasannya.

1. YouTube

Youtube adalah media sosial dengan pengguna terbanyak. 88% dari 150 juta pengguna internet di Indonesia menggunakan YouTube untuk menonton video, khususnya video musik.

Jumlah pengguna YouTube di Indonesia yang sangat banyak tidak hanya menguntungkan YouTube namun juga menguntungkan para pemilik bisnis yang ingin memperkenalkan dan mempromosikan bisnisnya.

Apa saja manfaat menggunakan YouTube untuk bisnis anda?

  • Meningkatkan brand awareness
  • Membranding bisnis anda
  • Menyelesaikan permasalahan customer
  • Mendemonstrasikan produk   

Dengan menggunakan platform YouTube, maka anda pun bisa membuat konten video yang sesuai dengan target audiens atau target pasar anda.
> SEO Youtube Marketing
> Case Study Fatrio Vape Youtube

2. WhatsApp

Rasanya hampir semua pengguna internet di Indonesia menggunakan WhatsApp. Pengguna dari aplikasi WhatsApp ini sangat beragam mulai usia 16 tahun hingga 64 tahun.

WhatsApp biasanya digunakan untuk berkomunikasi bersama dengan teman-teman dan keluarga. Banyak sekali fitur yang mudah digunakan seperti panggilan suara, video dan chat.

Kini, pemilik bisnis sekalipun juga bisa menggunakannya untuk bisnis mereka. Whats App telah meluncurkan platform khusus bisnis yaitu WhatsApp Bisnis. WhatsApp bisnis memiliki fitur yang bisa menunjang kebutuhan komunikasi dan pemasaran dari si pemilik bisnis. Apa saja fitur yang bisa digunakan untuk bisnis?

Profil bisnis lebih terpercaya

Profil bisnis yang terverifikasi dengan centang biru cenderung lebih dipercayai oleh pelanggan. Banyak sekali modus penipuan dari penjual abal-abal sehingga WhatsApp bisnis menyediakan fitur pengaturan profil bisnis dan diverifikasi oleh WhatsApp.

Balas Pesan Otomatis

Ada 3 jenis pesan balasan otomatis yang tersedia di WhatsApp Bisnis yaitu Getting Message, Away Message dan Quick Replies.

  • Away Message: untuk membalas pesan pelanggan secara otomatis. Isi pesannya bisa anda buat sesuai dengan keinginan dan bisa anda atur sesuai dengan kebutuhan bisnis anda.
  • Greeting Message: fitur ini memungkinkan anda membalas pesan dari pelanggan dengan sapaan ketika mereka meng-chat anda untuk pertama kali.
  • Quick Replies: anda bisa membalas pesan dengan cepat tanpa perlu mengetik pesan lebih dulu dengan menggunakan fitur ini. Anda hanya perlu menekan tanda “/” ketika membalas pesan maka list jawaban yang telah anda buat pun akan segera muncul.

Katalog Produk Bisnis Anda

Selain itu, anda juga bisa menambahkan informasi dan gambar produk anda pada fitur katalog. Dengan demikian, pelanggan bisa melihat secara langsung daftar produk yang ditawarkan.

Statistik Pesan

Anda bisa meninjau statistik pesan setelah anda mengirimkan broadcast penawaran di berbagai kontak pelanggan. Jika anda mengetahui statistik pesan yang anda kirimkan, maka anda pun bisa menilai mana saja pesan yang efektif dan melakukan evaluasi.

Manfaat Media Sosial untuk Bisnis

NoManfaat Media Sosial untuk Bisnis
1Lebih mengetahui tentang pelanggan
2Pencarian target konsumen lebih efektif
3Menemukan pasar konsumen baru
4Memudahkan dalam memberikan feedback
5Mengembangkan target pasar
6Meningkatkan traffic website
7Membagikan informasi jauh lebih cepat
8Membantu konsumen menjangkau bisnis
9Lebih dekat dengan konsumen

3. Facebook

Jumlah pengguna Facebook selalu meningkat setiap tahunnya. Popularitas Facebook sebagai media sosial sangat cocok menjadi ladang untuk memperkenalkan bisnis anda. Apalagi target audiens anda yang banyak menggunakan Facebook. Tidak hanya memperkenalkan, anda juga bisa menggunakan Facebook untuk meningkatkan traffic website, engagement dan mendapatkan leads.

Caranya yaitu dengan membuat halaman Facebook bisnis dan mengisinya dengan berbagai konten menarik yang sesuai dengan target bisnis. Anda pun bisa membuat tutorial singkat mengenai penggunaan produk, update produk hingga testimoni pelanggan.

Jika anda membuat konten yang menarik, anda bisa menggunakan fitur Facebook ads dimana fitur ini bisa mempromosikan halaman bisnis atau iklan produk supaya lebih mudah dijangkau oleh banyak orang. Anda pun bisa menentukan audiens mana saja yang akan mendapatkan iklan tersebut.

> Cara Tambah Like Facebook

4. Tik Tok

Ini adalah media sosial yang sedang hits selama musim pandemi Covid-19. Media sosial ini lebih mengedepankan fitur video dan sangat hits di kalangan anak-anak muda khususnya usia 16-24 tahun. Popularitas Tik Tok bahkan diprediksi bisa menyaingi popularitas Instagram. Di Indonesia sendiri, TikTok memiliki 10 juta pengguna aktif.

Meskipun punya “image” yang terbilang alay di Indonesia, namun Tik Tok ternyata sangat bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan bisnis. Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempromosikan bisnis di Tik Tok:

Membuat Video Kreatif

Ada banyak ide konten kreatif lainnya yang bisa dibuat untuk mempromosikan bisnis anda. Jika anda memiliki brand untuk dipromosikan maka anda bisa membuat video yang menjadi menu andalan dari bisnis anda.

Fitur Hashtag Challenges

Pengguna Tik Tok biasanya menyukai challenge. Ini bisa menjadi kesempatan untuk mempromosikan bisnis anda. Yang harus anda lakukan adalah membuat konsep challenge dan ajaklah orang lain untuk melakukannya.

Hashtag challenge ini sebenarnya bertujuan menciptakan brand awareness serta membangun engagement pengguna terhadap produk bisnis. Anda pun bisa menggunakan fitur promosi berbayar hashtag challenge sehingga hashtag anda bisa menjangkau lebih banyak pengguna.

Menggunakan Tik Tok Ads

Tik Tok juga menyediakan fitur iklan untuk pebisnis yang ingin memanfaatkan popularitas dari aplikasi ini. Fiturnya sangat mirip dengan ads milik Facebook.

Fitur ini juga bisa membantu anda untuk menjangkau lebih banyak pengguna agar melihat iklan anda. Anda juga bisa menentukan siapa saja yang menjadi target audience yang ingin anda sasar.

FAQ

Bagaimana cara WhatsApp menunjang kebutuhan promosi bisnis?

-Dengan fitur chat yang membalas pesan otomatis dengan cepat, verifikasi profil hingga mempromosikan katalog  bisnis.

Apa keunggulan Facebook sebagai media promosi?

-Facebook memiliki jumlah pengguna media sosial terbanyak khususnya di Indonesia. Mempromosikan bisnis di Facebook dipandang sangat mengutungkan. 

Services: jasa seo wordpress murah, template wordpress premium, jasa iklan google

Leave a Reply

× Chat dengan kami di WhatsApp