fbpx

Content marketing menjadi salah satu strategi digital marketing  yang efektif untuk berbagai jenis bisnis. Meskipun demikian, cukup sulit untuk menentukan jenis  content marketing apa yang benar-benar ingin anda gunakan untuk mengembangkan bisnis.

Berikut ini jenis content marketing dengan performa terbaik. Pelajari bagaimana cara bisnis anda menggunakan setiap jenis konten untuk meningkatkan penjualan dan jumlah prospek.

Jenis Content Marketing dengan Performa Terbaik

1.Blog

Blog adalah salah satu jenis content yang paling populer untuk bisnis skala kecil. Blog menjadi salah satu jalan terbaik untuk meningkatkan SEO dan mendatangkan lebih banyak traffic organik menuju ke situs anda dari mesin pencarian. ini bisa membantu anda yang budget marketingnya terbatas.

Faktanya, menurut Forbes, website yang mengandung blog maka halamannya lebih mudah diindeks daripada yang tidak. Ini berarti bahwa situs yang memiliki blog punya kesempatan lebih besar untuk muncul pada halaman pertama mesin pencarian ketika konsumen mencari keyword yang relevan.

Blogging tidak hanya meningkatkan skor SEO namun juga membantu anda menjalin hubungan dengan pelanggan terbaru dan leads anda. Semakin lengkap konten yang anda sajikan maka audiens akan mempertimbangkan brand anda ketika mereka ingin membeli suatu produk. Blog menjadi cara yang efektif untuk memberikan nilai melalui konten jangka pendek.

2. Video

Jika anda ingin tetap bersaing dalam marketplace digital, sangat penting untuk menarik perhatian audiens anda dan segera berhubungan dengan mereka. Saat ini, pelanggan lebih senang menonton video. Faktanya, sepertiga aktivitas online di dunia adalah menonton konten video. Hal ini menjadikan video sebagai salah satu jenis content marketing terbaik untuk tetap berhubungan dengan pelanggan target anda, pada berbagai industri.

Video adalah taktik content marketing yang hebat untuk bisnis kecil karena memberikan pengembalian pada investasi. Brand yang menggunakan video rata-rata mengalami peningkatan sebesar 157% untuk traffic organik dari mesin pencarian. video juga membantu meningkatkan waktu yang dihabiskan oleh pelanggan pada website anda. Kesempatan  perusahaan pun jauh lebih besar untuk melakukan penjualan.

Jika anda ingin menggunakan video, anda harus mempertimbangkan jenis konten dan topik yang paling menarik untuk audiens anda. Ini akan sangat tergantung dimana posisis audiens anda berada. Video dengan durasi pendek dan menarik bisa membantu anda melibatkan konsumen dalam brand awareness.

3.Infografis

Infografis membantu sebuah bisnis mengedukasi audiens mereka dan memberikan informasi yang berguna yang bisa menambahkan nilai bagi pelanggan dan calon pelanggan. Format content marketing ini bisa membantu pembaca memvisualisasikan data seperti statistisk sehingga mereka punya gambaran yang lebih baik mengapa sesuatu itu penting atau bagaimana cara kerja sesuatu.

Jika bisnis anda memilih menggunakan infografis untuk menarik perhatian dan berhubungan dengan audiens, pertimbangkan topik mana yang paling cocok untuk format ini. Anda bisa menggunakan infografis untuk menjelaskan sesuatu yang rumit, menyajikan statistik yang bisa membantu orang lain untuk memahami nilai dari bisnis anda.

4. Case Study

Jenis content marketing yang tak kalah bernilai adalah case study. Case study biasanya berdasarkan kisah pelanggan yang menggambarkan bagaimana bisnis anda telah membantu klien menjadi lebih sukses. Bisnis bisa menggunakan case study untuk fokus menjelaskan aplikasi atau penggunaan khusus untuk layanan atau produk mereka.

Konsumen menyukai case study karena jenis content yang satu ini membantu mereka memahami bagaimana brand anda bisa menambah nilai pada kehidupan atau bisnis mereka.  Meskipun anda bisa memberikan contoh umum untuk penggunaan produk atau layanan anda namun contoh kehidupan nyata akan lebih membantu bisnis anda membangun kepercayaan dengan prospek yang baru.

Studi kasus bisa diletakkan pada situs website perusahaan anda namun anda juga bisa menggunakan cara lain. Anda bisa menggunakan contoh studi kasus di blog, ebook, dan jenis konten yang lainnya.

Keuntungan Content Marketing dalam Bisnis

No Keuntungan Content Marketing
1 Meningkatkan visibilitas terhadap brand anda
2 Mengembangkan hubungan dengan audiens anda
3 Meningkatkan brand awareness
4 Menciptakan loyalitas dan kepercayaan, baik pada pelanggan anda saat ini maupun calon pelanggan
5 Membangun otoritas dan kredibilitas dalam bidang industri anda

5. Ebook

Ebook (buku elektronik) adalah jenis konten jangka panjang dimana bisnis bisa memberikan nilai untuk leads dan pelanggan mereka. Keyword di sini sangatlah penting. Usahkan bahwa ebook lebih dari 5-10 halaman. Usahakan bahwa ebook memberikan berbagai jenis informasi dan pengetahuan yang bermanfaat untuk audiens target.

Seperti jenis konten yang lainnya, ini bukan tentang penjualan saja namun juga tentang cara membangun hubungan dengan konsumen yang tertarget sehingga mereka percaya pada brand anda dan datang kepada anda ketika ingin membeli produk/layanan anda.

Ebook adalah salah satu jenis konten pemasaran terbaik untuk mengumpulkan informasi yang prospek. Karena keamanan ebook biasanya terjaga, itu berarti bahwa pengunjung harus menyerahkan informasi mereka dengan imbalan diijinkan untuk download ebook.

6. White Papers

White papers hampir mirip dengan ebook dalam beberapa hal. White paper adalah jenis konten pemasaran yang bersifat jangka panjang. White paper bisa efektif sebagai magnet penjualan. Tetapi, ada perbedaan utama antara ebook dan white paper yaitu white paper mengandung lebih banyak informasi, data dan lebih detail. Ini menjadikan whitepaper sebagai salah satu jenis content marketing terbaik untuk B2B dan bisnis kecil yang ingin membangun kepemimpinan dan mendapatkan lebih banyak penghargaan dalam industri mereka.

Salah satu keuntungan terbesar dari white paper adalah membantu bisnis kecil anda mengumpulkan banyak informasi tentang lead yang baru. Berdasarkan penelitian, 76% pembeli mau memberikan informasi pribadi mereka dengan imbalan yang berupa white paper. Informasi tentang pelanggan ini tidak hanya memberikan wawasan yang lebih baik mengenai audiens anda tetapi juga membuat anda bisa memilih cara yang tepat untuk berinteraksi dengan pelanggan anda.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan content marketing?

Content marketing merupakan teknik marketing yang melibatkan pembuatan dan distribusi konten yang relevan dan penting untuk menarik perhatian audiens. Tujuannya adalah untuk mengkonversi mereka menjadi konsumen.

Mengapa content marketing penting dalam bisnis?

Salah satu urgensi content marketing dalam bisnis adalah bisa mengkonversi pengunjung menjadi pelanggan serta bisa mendatangkan banyak sekali traffic.

Leave a Reply

× Chat dengan kami di WhatsApp