fbpx

Tren digital marketing terus berubah seiring dengan semakin pesat perkembangan pemasaran lewat internet. Para digital marketer mestinya selalu mengembangkan strategi pemasarannya agar bisa menjaring konsumen. Keberhasilan menjaring konsumen itu nantinya yang juga akan memajukan bisnis. Untuk mengawalinya, akan lebih baik kalau anda yang bekerja di bidang marketing mengikuti tren digital marketing pada tahun 2022.

Contents

Tren Digital Marketing 2022

Berikut ini beberapa tren digital marketing pada tahun 2022:

1. Mulai Menggunakan Metaverse

Tidak bisa dimungkiri, Metaverse merupakan tempat bisnis masa depan dimana pengusaha dapat memasarkan produk mereka secara virtual. Pebisnis dan orang-orang yang bekerja pada bidang marketing wajib mulai menggunakan Metaverse. Mereka harus mulai memahami dunia virtual dan apa saja peran yang dapat dilakukan di dalamnya. Mereka juga harus mempertimbangkan bagaimana mengintegrasikan realitas virtual dengan pengalaman fisik.

Dengan demikian, pelanggan bisa mendapatkan lebih banyak pilihan dimana mereka dapat merasakan pengalaman menggunakan sebuah brand. Di dunia virtual, pebisnis bisa mengeluarkan produk baru dalam bentuk NFT yang bisa dinikmati oleh pelanggan.

Baca juga: Jenis Jenis Layanan Digital Marketing Agency

2. Menggunakan Jasa Influencer

Pemasaran dengan menggunakan jasa influencer ternyata juga masih akan menjadi tren digital marketing pada tahun 2022. Pebisnis harus memilih influencer yang tepat dan benar-benar bisa mempengaruhi keputusan pelanggan. Jumlah follower sang influencer di media sosial belum tentu bisa menjadi indicator untuk memilih. Oleh karena itu, anda sebaiknya melakukan studi kasus lebih dulu dengan meminta influencer mempresentasikan sesuatu sebelum akhirnya membuat keputusan.

3. Video Sangat Efektif

Tren digital marketing 2022 tak dapat dipisahkan dari konten video kalau ingin memasarkan produk dengan lebih efektif. Video dianggap sudah menjadi cara strategis untuk menjangkau pelanggan di media sosial mulai dari Instagram sampai dengan TikTok. Dibandingkan dengan keterangan yang ada dalam deskrupsi, pengguna media sosial lebih senang melihat konten foto dibandingkan dengan video. Video lebih bisa mendeskripsikan banyak hal dibandingkan dengan foto atau gambar. Oleh karena itu, anda sebaiknya membuat konten yang menarik serta mengupload pada berbagai platform media sosial untuk menjangkau pelanggan.

4. Konten adalah Yang Terpenting

Menghabiskan banyak anggaran serta memanfaatkan semua markting channel yang tepat tidak selalu menjamin kesuksesan. Semuanya tetap bergantung pada konten apa yang anda tawarkan untuk pelanggan. Entah di dalam konten yang berisi cerita dan misi produk serta dapat membantu pelanggan mencapai tujuan mereka atau tidak.

Untuk menciptakan konten yang menarik itulah dibutuhkan tujuan bisnis yang tepat. Usahakan supaya tujuan bisnis anda dalah mmebantu membuat hidup pelanggan lebih mudah.

Baca juga: Metrik-Metrik Digital Marketing Yang Wajib Diketahui

5. Artificial Intelligence (AI)

Artificial intelligence (AI) merupakan tren digital marketing pada tahun 2022 yang paling sering dibahas oleh para pakar. AI sebenarnya bukan teknologi baru. Hanya saja pada tahun-tahun mendatang, teknologi ini akan semakin mudah untuk diakses dan semakin banyak aplikasinya pada berbagai aspek. 61% marketer berpendapat bahwa AI adalah aspek yang paling penting dari strategi mereka.  80% pimpinan bisnis sepakat bahwa penggunaan AI telah meningkatkan produktivitas. Anda dapat mulai mencoba berbagai tool AI seperti Google Cloud AI, HubSpot, Acquisio Turing, dan lainnya untuk strategi digital marketing anda.

6. Voice Search

Voice based search akan mencapai market value sebesar 40 miliar dolar AS pada tahun 2022. Teknologi ini memang memberikan banyak kemudahan untuk para pengguna. Jika digunakan untuk digital marketing, pengalaman konsumen semakin nyaman dan mudah. Dengan demikian, interaksi konsumen dan konversi yang semakin tinggi.

Kelebihan Digital Marketing

NoKelebihan Digital Marketing
1Lebih menghemat biaya
2Tidak membutuhkan banyak SDM untuk penjualan
3Tim pemasaran tidak usah terjun langsung ke lapangan
4Proses branding produk lbih mudah
5Potensi pertumbuhan yang drastic

7. Mobile-First Marketing

Pengguna smartphone semakin banyak dari tahun ke tahun. Mayoritas traffic di internet saat ini datang dari smartphone. Mobile first marketing adalah tren digital marketing yang harus diperhatikan untuk tahun 2022. Ketika mendesain website untuk kebutuhan marketing, para marketer harus memastikan UXnya nyaman untuk pengguna smartphone. Jika website anda belum mobile friendly, ini saatnya untuk mulai melakukan perbaikan.

8. Content Marketing

Pada tahun 2022, content marketing tetap menjadi tren yang harus terus ditekuni para digital marketer. Google terus memprioritaskan konten yang berkualitas untuk tampil pada halaman pertama   SERPnya. Konten yang menarik, informative, bermanfaat dan sesuai dengan standar UX akan menjadi cara utama dalam mendatangkan traffic ke website.

Baca juga: Tips Digital Marketing Di Masa Pandemi Corona

9. Hybrid Event

Akibat pandemic COVID-19, banyak kegiatan yang dialihkan ke online. setelah dua tahun terbiasa dengan rutinitas online, aktivitas offline harus mulai kembali dibiasakan pada tahun 2022. Namun ada banyak orang yang punya preferensi untuk menghadiri event-event online dibandingkan dengan offline. Karena itu, digital marketer sekarang harus siap menyediakan metode hybrid atau gabungan ketika menggelar event. Jadi, partisipisan dapat bebas memilih datang langsung atau online.

10. Alternatif Third Party Cookies

Hubspot menyebutkan bahwa tahun 2022 sebagai tahun kematian bagi thirt party cookies pada browser Chrome. Jadi metode tidak lagi bergantung pada third party cookies. Ini mendatangkan kekhawatiran untuk banyak digital marketer. Tracking data akan menjadi lebih menantang. Oleh karena itu, adaptasi harus segera dilakukan. Marketer harus mulai mengandalkan first party cookies dan menggunakan berbagai tools tambahan untuk melakukan tracking atas data-data yang dibutuhkan.

11. Visual Search

Saat ini, mencari informasi lewat internet tidak harus hanya dengan teks saja. Teknologi yang berkembang pesat menimbulkan tren digital marketing baru yang semakin canggih pada tahun 2022 yaitu visual search. Pengguna sangat terbantu dengan fitur pencarian barang dengam mencari foto yang serupa tanpa harus memasukkan keyword tertentu. Saat ini, fitur ini bisa ditemukan pada Google Lens dan Pinterest. Sebagai digital marketer, anda harus memastikan produk-produk  anda bisa ditemukan  dengan cara ini lewat alt text dan lainnya.

12. Podcast

Pada berbagai platform, podcast semakin banyak ragamnya. Pendengarnya semakin banyak. Bahkan, Google juga sudah menambahkan featured episode podcast di SERP seperti di bawah ini. Ada banyak kesempatan yang dapat diambil dari meningkatnya peminat dari podcast ini. Podcast adalah salah satu metode yang dapat dipilih untuk meningkatkan brand awareness dan audience engagement. Jadi jangan lupa mempertimbangkannya untuk strategi anda pada tahun 2022.

13. Mobile Live Stream Shopping

Siapa yang tak pernah berbelanja dari smartphone? Hampir semua orang sudah mencobanya paling tidak satu kali. Jadi, strategi digital marketing pada tahun 2022 dapat berfokus pada tren yang satu ini. Pastikan anda memiliki social commerce yang mobile friendly dan memanfaatkan fitur-fiturnya seperti Instagram shopping, live stream dan lainnya.

FAQ

Apa saja yang masuk dalam kategori digital marketing?

-Search engine optimization (SEO), search engine marketing (SEM), content marketing, social media marketing, iklan di internet.

Apa itu digital marketing campaign?

-Digital marketing campaign merupakan sekumpulan aktivitas marketing yang dilakukan oleh bisnis untuk meningkatkan brand awareness di dunia online.

× Chat dengan kami di WhatsApp