fbpx

Ketika membangun bisnis, anda pasti membutuhkan banyak strategi agar bisnis bisa maju dan berkembang. Salah satunya yaitu dengan melakukan pemasaran atau marketing. Marketing yang dilakukan juga tidak boleh sembarangan. Ada rencana serta tools yang sangat efektif untuk membantu memasarkan produk barang atau jasa yang anda tawarkan. Marketing tools adalah berbagai tools yang digunakan untuk membantu anda memasarkan produk dengan digital marketing.

Marketing plan adalah suatu rencana yang sudah disusun mulai awal sampai akhir supaya marketing bisa berjalan dengan baik. Apa saja marketing tools yang bisa digunakan dalam bisnis anda? Apa saja jenis-jenis marketing tools?

Baca juga: Tool Desain Grafis Untuk Digital Marketing

Contents

Apa itu Marketing Tools?

Salah satu cara yang bisa anda gunakan dalam mempromosikan bisnis anda adalah dengan menggunakan tools marketing yang ada semaksimal mungkin. Pada dasarnya, marketing tools adalah tool yang bisa digunakan untuk membantu anda memasarkan produk. Alat-alat pemasaran yang akan digunakan tentu saja harus selaras dengan tujuan yang sudah anda buat sebelumnya.

Ini karena setiap marketing tool memiliki kegunaan masing-masing misalnya tujuan anda adalah untuk meningkatkan jumlah traffic atau jumlah pengunjung ke website anda maka cara yang anda gunakan adalah SEO agar website anda berada pada bagian atas di halaman hasil mesin pencarian.

Jika tujuan anda adalah mengumpulkan data-data mengenai konsumen atau target audience, maka anda bisa menggunakan berbagai platform survei.

Jenis-Jenis Marketing Tools

Setiap marketing tool memiliki kegunaan masing-masing untuk mencapai setiap tujuan bisnis anda. Berikut ini beberapa jenis markting tools di antara banyak tools yang ada:

1. Social Media

Penggunaan social media semakin massif belakangan ini. Apalagi sejak pandemi, hampir semua orang beraktivitas dari rumah. Sosial media menjadi platform dimana hampir semua orang membahas sesuatu. Dengan demikian, penggunaan media sosial biasa juga disebut dengan online marketing yang paling efektif. Karena media sosial memang merupakan platform online yang bisa menjangkau pasar yang sangat luas dan sangat banyak, bahkan bisa menjangkau semua negara.

Tidak hanya bersosialisasi, social media saat ini justru adalah platform untuk memperkenalkan dan menawarkan produk anda pada pelanggan. Penggunaan media sosial dalam pemasaran anda sangat efektif untuk mendapatkan pelanggan atau market yang baru. Dengan banyaknya fitur yang tersedia, anda bisa memaksimalkan penggunaannya supaya bisnis anda bisa semakin berkembang. Penggunaan media sosial juga sangat penting bagi anda untuk membangun kredibilitas konsumen terhadap produk dan brand bisnis anda.

Media sosial menjadi suatu platform bagi anda untuk bisa berinteraksi dua arah sehingga mereka nyaman dengan produk anda melalui berbagai konten serta informasi yang bermanfaat bagi konsumen. Media sosial yang dimaksud sangatlah beragam seperti Facebook, Instagram, LinkedIn, Path, TikTok dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Website

Penggunaan website mungkin bukan sesutau yang baru. Penggunaan website untuk bisnis anda akan membantu meningkatkan kredibilitas produk anda di mata konsumen. Penggunaan website dalam bisnis juga menunjukkan bahwa bisnis anda berjalan secara professional serta tidak sembarangan. Selain itu, website yang digunakan bisa memberikan berbagai informasi penting yang harus diketahui oleh konsumen anda.

Website yang ada juga bisa diletakkan pada akun social media yang sudah anda buat. Dengan demikian, ada banyak sekali konsumen yang mengunjungi situs website anda dan akhirnya memutuskan untuk membeli produk atau menggunakan jasa anda. Harus diingat bahwa ketika anda menggunakan website, anda harus memasang desain yang menarik dan user-friendly. Untuk melakukan ini, anda dapat menggunakan jasa pembuatan website yang sudah tersedia.

Saat ini, banyak agensi atau perusahaan yang menawarkan jasa pembuatan website dengan desain yang             menaik dan layout yang user friendly sehingga anda tidak perlu khawatir lagi.

Baca juga: Tools Terbaik Untuk Mengecek Traffic Website

3. Survei

Jenis marketing yang lainnya adalah survei. Melakukan survei sangatlah penting untuk anda yang ingin mengetahui beberapa informasi serta pendapat konsumen anda terhadap produk atau brand anda. Anda bisa mengetahui tingkat kepuasan mereka, bagaimana pelayanan anda atau anda ingin mengetahui lebih banyak tentang apa yang sebenarnya dicari oleh pelanggan anda.

Anda bisa menyediakan lebih banyak kebutuhan untuk konsumen anda. Selain itu, anda juga bisa melakukan beberapa perbaikan terhadap kualitas produk serta jasa yang sudah anda lakukan sebelumnya. Dengan melakukan upgrade terhadap bagian-bagian tertentu maka ini pasti akan membat bisnis anda semakin baik dan semakin banyak dilirik oleh konsumen baru.

4. Email Marketing

Email marketing atau pemasaran dengan email juga merupakan jenis marketing tool yang sangat cocok digunakan untuk membangun serta menjaga hubungan dengan pelanggan anda. Penggunaan email marketing sangatlah penting agar setiap pelanggan sudah memilih setiap pada produk anda tetap merasa dihargai dan dihormati sebagai pelanggan.

Email juga bisa digunakan untuk menawarkan produk serupa seperti yang sebelumnya dibeli oleh pelanggan. Selain itu, informasi dan program-program terkait dengan produk serta brand dari bisnis anda.

Baca juga: Aplikasi CRM Yang Populer Dan Fitur-Fitur Yang Dimiliki

5. Loyalty Program

Loyalty program adalah salah satu jenis marketing yang sangat efektif untuk menjaga pelanggan. Mendapatkan pelanggan serta pasar yang baru dari produk anda memang sesuatu yang sangat penting. Namun jika anda tidak menjaga pelanggan yang sudah ada, maka ini sama saja dengan memasukkan buah-buahan ke dalam keranjang yang berlubang.

Menjaga pelanggan anda tetap setia tentu jauh lebih penting dibandingkan dengan mendapatkan pelanggan yang benar-benar baru mengenal produk anda. ini karena pelanggan setia akan menjadi senjata yang anda miliki dalam bisnis. Pelanggan setia yang puas terhadap produk serta jasa anda sejatinya akan mempromosikannya pada orang-orang terdekat merekabahwa produk anda bagus.

Manfaat Marketing

NoManfaat Marketing
1Memperluas pasar
2Memfasilitasi pertukaran kepemilikan barang dan jasa
3Membantu pemanfaatan sumber daya dengan optimal
4Mempercepat aktivitas yang lainnya
5Meningkatkan penghasilan nasional
6Meningkatkan standar kehidupan
7Memberikan peluang kerja yang menguntungkan

Aplikasi Marketing Tools yang Digunakan

Jika anda sudah mengerti jenis marketing tools yang bisa anda gunakan, berikut ini beberapa aplikasi yang bisa anda gunakan untuk mempromosikan bisnis anda.

1.Trello

Trello adalah website yang bisa membantu anda menyusun serta mengorganisasi berbagai strategi yang sudah anda tentukan sebelumnya. Dengan Trello, anda bisa mengelompokkan setiap tugas berdasarkan kelompok yang anda tentukan misalnya ada beberapa kelompok seperti jadwal posting feed instagram, jadwal menggunakan ads, jadwal live, ide-ide serta kelompok yang lainnya.

Anda juga bisa mengundang rekan tim anda supaya semua orang dapat mengetahui apa yang harus dilakukan. Fitur-fitur seperti deadline dan pengingat lainnya juga dapat anda gunakan untuk membantu melancarkan setiap strategi yang sudah dibuat. Penggunaan Trello menjadi penting agar setiap goal yang sudah ditentukan dapat dicapai dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh anda dan tim.

2. Canva

Canva adalah website serta aplikasi yang dapat anda gunakan untuk membuat berbagai desain yang menarik bagi konten yang akan anda posting pada akun social media yang sudah dibuat. Penggunaannya sangat mudah sehingga cocok digunakan oleh pemula dalam dunia desain. Canva juga menyediakan berbagai template menarik yang dapat anda gunakan secara gratis untuk mendesain content.

Tetapi kalau anda berlangganan, maka anda akan lebih menikmati berbagai kemudahan yang tidak bisa anda gunakan sebelumnya. Canva bisa membantu anda menuangkan setiap imajinasi serta kreativitas yang sebelumnya tidak bisa anda tuangkan.

3. Unsplash atau Pexel

Website online ini bisa dibilang sebagai gudang gambar yang bisa anda gunakan scara gratis untuk konten anda. Anda hanya perlu memasukkan keyword yang dicari lalu gambar dari hasil pencarian keyword akan muncul. Gambar-gambar yang ada pada website ini bisa digunakan dengan bebas karena tidak memiliki lisensi hak cipta yang harus dibayar.

Gambar yang ada juga sangat banyak serta beragam. Jadi, ini akan sangat memudahkan anda untuk mencari gambar yang dibutuhkan. Website yang menyediakan berbagai gambar tanpa lisensi tentu saja tidak hanya ini namun ada banyak website yang dapat digunakan.

4. Instagram, Facebook, Twitter

Anda tentu bisa dan perlu menggunakan media sosial yang sudah ada. Penggunaan media sosial ini sangat efektif untuk mempromosikan produk anda. Selain itu, penggunaan Instagram, Facebook dan Twitter ini bisa membantu anda untuk meningkatkan brand awareness. Hal ini karena media sosial memiliki keunggulan untuk menjangkau audience yang paling jauh sekalipun.

Keberadaan media sosial membuat produk anda menjadi sangat dekat untuk audiens dan pasar dimana mereka berada. Ketiga media sosial ini memiliki beberapa kesamaan dan fitur yang dapat anda gunakan. Kesamaan ketiganya adalah anda bisa menggunakan iklan dengan tujuan yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan.

5. Survey Monkey

Surveymonkey adalah suatu website yang bisa anda gunakan untuk membuat survei bagi audience anda. Entah itu untuk mengumpulkan data tentang konsumen atau mengumpulkan data untuk produk dan brand anda. tampilannya juga lebih menarik dari platform survey yang biasanya pasti akan membuat konsumen mengisi survey tersebut.

Keunggulan platform satu ini adalah hasil akhir yang anda dapatkan dari konsumen yang sudah mengisinya. Aplkasi ini bisa membantu anda menampilkan grafik hasil dari jawaban-jawaban yang sudah diberikan sebelumnya. Dengan demikian, ini akan mempermudah anda untuk menginterpretasikan hasil survei yang sudah dibuat.

6. Google Analytics

Anda bisa mengumpulkan data konsumen dengan Google Analytics. Anda bisa mengetahui berbagai data seperti demografi dari konsumen-konsumen anda. Selain itu, anda bisa mengetahui bagaimana konsumen anda mengenali produk, entah jadi jalur iklan, website atau media sosial. Anda juga bisa melakukan evaluasi terhadap strategi dan konten yang sudah diposting.

7. Online Ads

Iklan adalah elemen yang tidak boleh dilewatkan. Online ads sudah tersedia pada berbagai platform yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan anda. Anda dapat menggunakan Google Ads untuk iklan pada website, mesin pencarian serta aplikasi yang bekerja sama dengan Google. Anda juga bisa menggunakan iklan dan Youtube pada media sosial yang lainnya.

FAQ

Apa yang dimaksud marketing tools?

-Marketing tools adalah aplikasi yang membantu Anda menjalankan bisnis, terutama di bagian promosi. Meski begitu, marketing tools tak melulu soal iklan dan sosial media saja.

Apa itu sales tools?

-Sales tools adalah sekumpulan alat digital yang digunakan oleh para profesional bidang sales untuk mempermudah pekerjaan mereka. Kategori sales tools mencakup customer relation management (CRM), sales intelligence, sales acceleration, sales gamification, hingga sales analytics

× Chat dengan kami di WhatsApp