fbpx

Bagi anda yang memiliki website, anda tentu ingin tahu berapa banyak jumlah traffic website anda. Traffic adalah jumlah pengunjung yang mengunjungi website anda. Ketika ada pengunjung yang datang ke website, maka jumlah traffic akan meningkat. Traffic menjadi hal yang sangat penting dalam website.

Salah satu fungsinya yaitu bisa melihat seberapa sukses optimasi website pada mesin pencari. Traffic website ini juga bisa menjadi konversi bisnis dan pemilik website hanya perlu mengelolanya dengan baik.

Memeriksa traffic website tidak bisa dilakukan secara langsung namun harus menggunakan tools yang bisa membantu pemilik website untuk memantau berapa jumlah visitor website. Berikut ini adalah beberapa tools yang bisa anda gunakan untuk memeriksa berapa banyak jumlah traffic website.

Tools Terbaik untuk Memeriksa Traffic Website

1.Google Analytics

Ini merupakan tools untuk memeriksa traffic website yang paling direkomendasikan. Google Analytics menyajikan data yang lengkap dan berfungsi secara maksimal dengan memberikan data-data yang lengkap. Beberapa fitur yang tersedia pada Google Analytics antara lain:

Realtime: fungsinya yaitu melihat apa saja yang sedang dikunjungi pada website secara realtime.

Audiens: fungsinya adalah melihat audiens dari segi demografi, lokasi, behaviour, OS, Device, lokasi dan sebagainya.

Acquisition: fungsinya adalah melihat seluruh traffic website, google ads, search console, social dan campaign.

Behavior: fungsinya yaitu melihat website kita dari segi kecepatan, konten, pencarian, publisher dan event.

Conversion: conversion ini berisi tentang goals website, ecommerce dan multi channels funnels.

Menggunakan Google Analytics ini sebenarnya cukup mudah, yang perlu anda lakukan yaitu memasukkan Google Site Tag pada template website.

2. Alexa Ranking

Cara lain untuk memeriksa jumlah pengunjung website yaitu menggunakan Alexa Ranking. Anda mungkin sudah tidak asing lagi ketika mendengar Alexa. Alexa biasnaya digunakan untuk melihat peringkat Alexa sebuah website. Namun yang perlu anda ketahui adalah Alexa ternyata bisa digunakan untuk melihat jumlah traffic website.

Anda pun bisa menggunakannya dengan gratis. Silahkan mengunjungi websitenya pada alexa.com/siteinfo. Anda hanya perlu memasukkan domain yang hendak diperiksa jumlah visitornya kemudian klik “Run Analysis”.

3. SimilarWeb

Ini merupakan website yang memudahkan anda untuk membuat keputusan bisnis karena kita mampu melihat siapa saja kompetitor dari website kita. Di samping itu, SimilarWeb juga bisa digunakan untuk memeriksa berapa jumlah pengunjung sebuah website. Untuk menganalisa domain website, anda tidak perlu mendaftar. Anda hanya perlu memasukkan nama domain pada “Analyze any Website or App” pada samping logo.

4. Ubersuggest

Ubersuggest selama ini dikenal sebagai tool untuk riset keyword. Namun tahukah anda bahwa ada pula fitur yang digunakan untuk memeriksa traffic blog pada tool yang satu ini? Ubersuggest cukup bisa memenuhi kebutuhan SEO.  

Kelebihan yang dimiliki oleh Ubersuggest ini yaitu harganya yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan tools SEO lain yang sejenis. Untuk bisa menggunakannya, anda perlu membuka website Ubersuggest lebih dahulu kemudian masukkan domain dan ubah negara sesuai dengan target website.

Anda bisa menunggu hingga proses analisanya selesai. Jika sudah selesai, maka anda bisa mendapatkan hasil dari domain overview website yang akan dianalisa.

Pentingnya Traffic Website Bagi Bisnis

NoPentingnya Traffic Website untuk Bisnis
1Traffic website adalah basis dari marketing online
2Traffic mempengaruhi konversi
3Traffic bisa digunakan untuk menghitung ROI
4Jumlah traffic sebanding dengan kesempatan mendapatkan klien jangka panjang
5Traffic memastikan bahwa bisnis anda bisa berjalan dengan lancar

5. Ahrefs

Ahrefs masih menjadi tools favorit untuk pemain SEO masa kini. Banyak sekali fitur yang dimiliki oleh Ahrefs yaitu keyword explorer, site audit, domain check, domain analysis, content explorer, rank tracker dan masih banyak lagi lainnya. Fitur untuk memeriksa trafik website tentunya tersedia di sini namun harga tools SEO ini agak mahal. Paling murah adalah $ 99 untuk setiap bulan.

Untuk menganalisa website, anda bisa login kemudian memilih menu “Site Explorer” dan masukkan nama domain lalu lakukan analisa. Ubahlah bagian organic search dan pilihlah grafik dalam waktu satu tahun.

6. SE Ranking

SE Ranking merupakan tools analysis SEO dan marketing yang simple dan ramah pengguna. Tool SEO yang satu ini juga menyediakan fitur untuk mengecek traffic website secara gratis. Anda bisa memasukkan nama domain pada bagian SEO/PPC Competition Research Tool lalu masukkan domain yang akan diperiksa dan ubahlah negara sesuai dengan lokasi anda saat ini.

7. SEMRush

SEMRush adalah tools SEO yang masih menjadi favorit pakar SEO di samping Ahrefs. SEMRush punya banyak data tentang informasi dari search engine tentang sebuah website seperti keyword analytics, project website, domain analytics, GAP analysis, topic research dan lain sebagainya.

Untuk memeriksa jumlah traffic website, anda harus mendaftar lebih dulu. Tapi kini, anda bisa menggunakan versi gratis untuk melihat trafik website anda.

8. Siteprice

Website lain yang bisa digunakan untuk memeriksa traffic website adalah Siteprice. Selain bisa mengecek trafik sebuah website, Siteprice juga bisa digunakan untuk memeriksa berapa jumlah penghasilan sebuah website.

Meskipun tidak memberikan informasi yang 100% akurat namun anda setidaknya mendapatkan gambaran tentang penghasilan dari website yang anda cek. Cara memeriksanya cukup mudah yaitu anda hanya perlu memasukkan nama domain pada kolom “Website Worth & Domain Value” kemudian klik “calculate”.

9. SEOReview Tools

Website ini menyediakan 41 tools SEO untuk berbagai kebutuhan. Banyak praktisi SEO kelas dunia yang merekomendasikan pengugnaan website ini. Anda juga bisa menggunakannya untuk memeriksa traffic website gratis. Silahkan membuka seoreviewtools.com/website-traffic-checker kemudian masukkan nama domain yang akan diperiksa dan tunggu saja hasilnya.

10. Histats

Histats merupakan tool yang digunakan untuk memeriksa traffic blog yang mirip dengan Google Analytics. Untuk memasangnya, anda perlu memasang kode script pada template website. Tampilan Histats ini sangat menarik dan lengkap seperti Google Analytics. Jika ingin menggunakan Histats sebaiknya pelajari cara memasang histats pada website.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan traffic website?

Traffic website adalah jumlah orang yang mengunjungi sebuah website, halaman apa saja yang mereka lihat dan durasi ketika pengunjung melihat atau membaca halaman pada website tersebut.

Bagaimana cara meningkatkan traffic website?

Membidik long tail keyword, menuliskan konten yang berkualitas dan memperbaiki strategi SEO on page serta off page.

Leave a Reply

× Chat dengan kami di WhatsApp