fbpx

Sebagian besar orang di dunia ini pastinya memiliki email pada era digital saat ini. Untuk menggunakan smartphone saja, seseorang harus punya email dulu. Wajar jika saat ini email marketing campaign berkembang dengan pesat dan menjadi lahan yang basah dalam dunia pemasaran. Namun persaingan email marketing campaign ternyata cukup ketat. Ada 269 milyar email yang dikirimkan ke semua pengguna.

Sebuah strategi tentunya sangat dibutuhkan supaya campaign anda stand out dibandingkan dengan email-email lainnya kan? Ingin tahu apa saja hal yang harus diperhatikan ketika membuat email marketing campaign agar berhasil? Berikut akan membahas langkah selengkapnya.

Contents

Apa itu Email Marketing Campaign?

Menurut mailchimp.com, email marketing adalah suatu bentuk marketing secara langsung pada konsumen menggunakan media email untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan. Email marketing juga menjadi bagian dari pemasaran digital yang bisa membuat pelanggan di daftar email anda mengetahui produk baru, diskon serta layanan yang lain.

Strategi Email Marketing Campaign yang Efektif

Agar strategi email marketing perusahaan bisa berjalan dengan efektif, maka anda harus memperhatikan beberapa strategi seperti berikut:

1. Ketahui Tujuan Email Marketing Campaign yang Ingin Dicapai

Setiap strategi pemasaran yang baik dimulai dari pembuatan tujuan yang jelas. Untuk menghasilkan campaign yang sukses dan menghasilkan lebih banyak penjualan serta pendapatan. Anda harus tahu apa yang ingin dicapai dengan hal tersebut. Umumnya, tujuan dari campaign lewat email marketing meliputi beberapa hal berikut ini:

  • Menyambut Pelanggan Baru. Email untuk menyambut pelanggan baru biasanya digunakan untuk menginformasikan pada pelanggan mengenai bisnis anda. Cara ini adalah langkah awal untuk menciptakan hubungan yang baik dengan pelanggan serta memberikan citra baik untuk bisnis anda.
  • Meningkatkan Keterlibatan Pelanggan. Tingkatkan keterlibatan pelanggan dengan konten dan bisnismu adalah tujuan selanjutnya. Anda bisa mencapai tujuan yang satu ini dengan mengirimkan promosi seminar online yang berhubungan dengan bisnis anda.
  • Menjaga Hubungan dengan Pelanggan Lama. Ini juga bisa menjadi tujuan yang harus dicapai dalam menjalankan email marketing campaign. Jadi jangan lupakan pelanggan setia yang sudah mendukung anda sebelumnya supaya mereka tidak berpaling ke brand lainnya.
  • Melibatkan Kembali Pelanggan Non-Aktif. Dalam suatu bisnis, pasti ada pelanggan yang menghilang dan lama tidak terlihat lagi aktivitas di bisnis anda. Dengan menerapkan email marketing campaign, anda bisa mencoba lagi menjangkau mereka untuk kembali aktif.

2. Mengetahui Jenis Email yang Dikirimkan

Dalam melakukan marketing lewat email, ada banyak jenis yang bisa dibuat tergantung dari konteks dan waktu pengiriman. Ada dua kategori yang membagi jenis-jenis email tersebut.

Kategori pertama yaitu relational emails yang bertujuan menjaga hubungan baik antara bisnis anda dan pelanggan. Berikut ini beberapa contohnya:

Newsletter rutin yaitu cara anda dalam menjaga hubungan dengan pelanggan. Anda bisa memberikan informasi terbaru tentang acara, berita, atau promosi yang sedang dijalankan oleh bisnis anda. Cara ini baik untuk tetap menjaga keterlibatan pelanggan dengan bisnis yang dikembangkan.

Hadiah kejutan adalah salah satu pilihan ide email yang bisa anda kirimkan untuk menciptakan kesetiaan pelanggan. Hadiah ini bisa berupa voucher potongan harga atau voucher bonus barang dengan minimum pembelian.

Update produk baru. Ini juga bisa dijadikan sebagai konten email marketing yang kami kirimkan. Cara ini akan menginformasikan pelanggan bahwa ada produk baru yang sedang anda jual. Dalam mengirimkan email sejenis ini, jangan lupakan kalimat Call to Action agar mereka semakin impulsive dalam membeli.

Kategori yang kedua yaitu berupa email transaksional yaitu email yang dikirimkan berhubungan dengan hal administrative pelanggan. Email transaksional umumnya dikirimkan karena ada aktivitas yang dilakukan oleh pelanggan pada situs anda. Email yang termasuk dalam golongan ini antara lain email konfirmasi pendaftaran, email dengan pesan selamat datang, email konfirmasi order, email konfirmasi mengubah informasi.

Manfaat Email Marketing

NoManfaat Email Marketing
1Bersifat personal
2Informasi Cepat dan Praktis
3Lebih Hemat Biaya          
4Kampanye Lebih Terukur
5Kerjasama dengan Pelanggan
6Customizable
7Mudah untuk Dibagikan

3. Konten yang Dikirim Jelas, Obyektif dan Persuasif

Email marketing campaign tentu tidak lepas dari konten. Oleh karena itu, anda harus lebih memperhatikan konten yang dikirimkan pada pelanggan. Anda tentu harus memiliki trik agar konten yang diciptakan menjadi lebih menarik di mata mereka dibandingkan dengan konten-konten email yang lainnya.

Pertama, pastikan bahwa konten yang anda buat memiliki judul serta isi yang obyektif. Ini sangat penting khususnya untuk menjaga kepercayaan pelanggan terhadap bisnis. Saat ini, banyak sekali email yang berbentuk clickbait dan tidak sesuai isi dengan judulnya. Siapapun tentu akan merasa kesal dan dibohongi jika membaca email yang seperti ini. Jadi sebaiknya jangan lakukan itu jika tidak ingin kehilangna rasa percaya mereka.

Anda harus memastikan bahwa konten yang dikirimkan punya makna, maksud dan tujuan yang jelas. Buatlah judul yang jelas dan bisa mendeskripsikan isi email dengan sangat baik. Terakhir, anda harus membuat konten yang dikirimkan sepersuasif mungkin. Salah satu caranya adalah dengan menciptakan kalimat unik serta memanfaatkan tren yang ada dengan copywriting. Anda juga harus memasukkan kalimat call to action supaya lebih menarik minat pelanggan untuk melakukan pembelian.

4. Siapkan Desain yang Menarik

Setelah menentukan isi konten yang akan dikirimkan pada pelanggan, maka poin penting selanjutnya adalah menyiapkan desain serta mengatur tata letak supaya tampak menarik. Ketika merencanakan sebuah email campaign, fokus saja pada pesan yang ingin disampaikan dan jaga supaya desain tetap lugas sesuai identitas brand. Anda bisa meletakkan semua elemen untuk kampanye sesuai dengan tingkatan misalnya menempatkan informasi terpenting atau kesimpulan utama di atas sehingga pelanggan bisa membaca email anda dengan cepat kalau mereka tidak punya banyak waktu.

5. Lakukan A/B Testing

Sebelum mengirimkan kampanye email marketing secara besar-besaran maka tidak ada salahnya melakukan A/B testing lebih dulu. Ambil dua konsep yang menurut anda akan berhasil dan kirimkan ke dalam dua kelompok. Lihatlah metrik untuk membandingkan konsep mana yang punya kinerja lebih baik. Analisa hasil itu untuk anda jadikan sebagai panduan dalam kampanye email marketing selanjutnya.

6. Mengatur Tampilan yang Mobile Friendly

Hampir 47% email dibuka lewat ponsel berdasarkan hasil penelitian. Itu artinya anda harus menyiapkan tampilan email yang ramah untuk pengguna seluler. Caranya yaitu dengan:

  • Mengoptimalkan ukuran font untuk meningkatkan keterbacaan di smartphone
  • Mengikuti pedoman tombol iOS dengan ukuran 44×44 Pixel
  • Mempertimbangkan ergonomic karena banyak pengguna yang mengetuk serta scrolling handphone menggunakan ibu jari
  • Mengubah email menjadi template satu kolom
  • Buatlah CTA yang jelas serta mudah diketuk

7. Menggunakan Fitur Email Automation

Email automation atau otomatisasi email adalah cara mengirimkan email supaya bisa menjangkau orang yang tepat, dengan pesan yang tepat dan pada saat yang tepat tanpa perlu dipantau setiap saat. Anda bisa menggunakan software email marketing untuk mengirimkan pesan secara otomatis. Email automation juga membantu mempersingkat komunikasi dengan pelanggan sehingga anda punya lebih banyak waktu untuk fokus serta meningkatkan laba atas investasi.

8. Mengukur dan Mengamati Email Marketing Campaign

Perusahaan bisa mengetahui performa email marketing campaign lewat beberapa indicator seperti jumlah klik, jumlah kunjungan ke situs website dan pembelian di e-commerce. Catatlah data yang diperoleh dari indicator tersebut kemudian lakukan evaluasi apakah kampanye yang dilakukan sudah sesuai dengan tujuan yang mau dicapai. Semakin anda bisa menganalisis data maka semakin anda bisa memahami apa yang berhasil dan apa yang tidak untuk audien perusahaan sehingga anda bisa merencanakan kampanye yang lebih efektif di masa depan.   

FAQ

Apa itu email campaign?

-Email marketing campaign adalah proses mulai dari merencanakan, melaksanakan, mengukur dan meningkatkan hasil kampanye marketing lewat email. Email marketing campaign yang sukses akan membuat penerima email melakukan tindakan, terlibat dengan bisnis anda dan membantu mendapatkan lebih banyak penjualan.

Kapan email marketing digunakan?

-Email marketing sendiri digunakan untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan kemudian mengarahkan mereka agar menjadi pelanggan setia dengan cara yang mudah. Jenis email seperti ini juga digunakan untuk bereaksi langsung dengan tindakan pelanggan.

× Chat dengan kami di WhatsApp