fbpx

Jika anda adalah pebisnis dan biasa menggunakan iklan berbayar (ads) untuk mendapatkan pengunjung, anda tentu sudah cukup familiar dengan istilah retargeting. Retargeting memiliki peranan yang cukup vital untuk membuat pengunjung bisa menjadi pembeli yang sebenarnya. Mengapa? Karena tidak semua pengguna yang mengklik iklan akan melakukan pembelian. Kemungkinan, orang-orang tersebut memang belum berniat membeli produk anda.

Hal-hal seperti itulah yang berperan dari retargeting. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan retargeting ads? Mengapa retargeting sangat penting dalam dunia bisnis online? Simak penjelasannya.

Contents

Apa Itu Retargeting?

Retargeting merupakan cara melakukan pendekatan kembali dengan audiens yang sudah berinteraksi di situs anda tetapi mereka belum melakukan tindakan untuk membeli. Proses retargeting tidak berbeda dengan saat anda membuat ads untuk pertama kalinya. Hanya saja, anda lebih fokus menargetkan audiens tertentu ketika retargeting yang sekiranya punya potensi besar menjadi pembeli.

Manfaat Retargeting untuk Kampanye Digital Marketing

1.Meningkatkan Penjualan

Ini adalah salah satu manfaat terpenting dari retargeting. Retargeting bisa meningkatkan jumlah penjualan dan pendapatan bisnis. Perusahaan yang berbeda biasanya punya tujuan yang berbeda dan menjadi fokus masing-masing. Tetapi tingkat penjualan dan pendapatan adalah tujuan utama strategi digital marketing secara umum. Brand yang tetap dikenal oleh konsumen akan meningkatkan penghasilan anda.

Strategi ini sangat berguna bagi anda untuk mendapatkan pelanggan potensial yang menunjukkan minat terhadap penawaran anda dibandingkan audiens yang cenderung tidak menjadi pembeli. Retargeting sangat memungkinkan prospek anda mengingat bisnis anda dan mengambil langkah selanjutnya untuk pembelian.

2.Meningkatkan Pengakuan terhadap Brand

Ketika anda meningkatkan visibilitas brand anda di depan pelanggan potensial, brand anda menjadi lebih mengesankan. Menjalankan retargeting iklan pada beberapa channel yang berbeda membuat produk atau jasa anda tetap melekat dalam benak pelanggan. Oleh karena itu, strategi ini menjadi cara yang tepat untuk menjaga pengunjung situs website anda sebelumnya untuk mengingat brand anda yang artinya bahwa kesadaran merk anda meningkat.

Salah satu tujuan kampanye digital marketing yaitu membuat brand menjadi lebih mudah dikenali. Hasilnya hubungan antara brand dengan pelanggan akan lebih kuat. Akhirnya, kepercayaan pada brand juga semakin meningkat. Banyaknya jumlah konsumen yang memperhatikan brand anda meningkatkan peluang konversi.

3. Memberikan Wawasan tentang Persentase Konversi

Selain itu, retargeting akan membantu marketer untuk mendapatkan pengetahui yang lebih jelas tentang dimana mereka bisa mendapatkan persentase tingkat konversi lebih tinggi yang bisa membantu menangkap lebih banyak pelanggan potensial. Sangat penting untuk menganalisis statistik yang satu ini karena ini akan membantu anda mengetahui lebih banyak hal tentang asal muasal konversi tertinggi dan bagaimana memanfaatkannya.

Untuk itulah, anda membutuhkan perencanaan untuk social media marketing yang lebih baik dan meningkatkan peluang agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Ini akan membantu anda mendapatkan gambaran yang jauh lebih baik tentang bagian kampanye anda yang perlu ditingkatkan dan memungkinkan anda memiliki kampanye digital marketing yang lebih baik di masa depan.

4. Retargeting Lebih Hemat Biaya

Manfaat lainnya dari retargeting yaitu hemat dalam biaya. Marketer dan praktisi telah membuktikan bahwa pemasaran ini adalah instrumen yang hemat biaya karena hanya fokus pada konsumen yang sebelumnya menunjukkan ketertarik pada produk/jasa anda. Karena taktik periklanan ini fokus pada orang-orang yang cenderung mengambil tindakan pada situs website anda maka ini akan membantu anda untuk menghabiskan anggaran dengan lebih efisien.

Taktik ini memungkinkan anda menghindari kampanye digital yang tidak efisien dan tidak efektif dalam penjualan. Ketika anda memfokuskan kampanye pada pengguna yang akan mengambil tindakan, anda memaksimalkan kemungkinan dalam mendapatkan tingkat konversi yang lebih tinggi. Inilah mengapa retargeting termasuk taktik penting dalam digital marketing.

Tips Optimalisasi Retargeting Ads

NoTips Optimalisasi Retargeting Ads
1Buatlah segmentasi audiens semaksimal mungkin
2Lakukan eksperimen durasi iklan
3Tetapkan strategi A/B testing
4Menciptakan iklan sekreatif mungkin

Tips Melakukan Retargeting Agar Berhasil

1.Perbarui Iklan secara Berkala

Sangat penting untuk memperbaiki iklan setiap bulan agar pelanggan tidak merasa bosan dengan bentuk iklan yang monoton atau begitu-begitu saja. Buatlah kampanye iklan yang menarik dan persuasif agar pelanggan rela menghabiskan uang untuk membeli produk anda. Jangan lupa menambahkan CTA (call to action) yang unik serta menarik.

2. Bidik Pelanggan dengan Tepat

Targetkan iklan pada pelanggan yang berniat membeli tinggi. Hal tersebut bisa dilakukan dengan melihat cart, formulir kontak serta jumlah pengunjung/statistik.

3. Lakukan Eksperimen terhadap Iklan

Hasil dari retargeting anda akan semakin maksimal jika anda melakukan eksperimen iklan dengan rutin. Misalnya lakukan eskperimen pada kampanye iklan pertama dengan memasangnya pada jangka waktu 2-3 hari.

Jika hasilnya meningkat, maka anda bisa menambah durasi iklan ke depan sampai satu minggu atau sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Memilih Tools untuk Retargeting Ads

Ada metode dan tools yang digunakan untuk membantu pebisnis meningkatkan efektivitas kampanye retargeting sehingga bisa meraih konsumen yang potensial. Metode-metode tersebut antara lain:

1.Retargeting via YouTube

YouTube adalah media iklan sekaligus medium terkuat untuk membidik konsumen. Pebisnis yang menggunakan media ini harus fokus pada tujuan menghibur konsumen. Buatlah iklan video yang sangat menarik dan baik sehingga para audiens dan konsumen akan membicarakan brand anda. > jasa seo channel Youtube

2. Facebook Custom Audiens

Facebook adalah salah satu tempat terbaik jika anda ingin mendapatkan audiens dengan cepat dan frekuensi tinggi. Fitur ini akan membantu pebisnis untuk meraih leads yang menjanjikan. > jasa pemasangan facebook ads

3. Segmentasi Audiens

Salah satu kesahan terbanyak yang dilakukan pebisnis ketika melakukan retargeting yaitu gagal melakukan segmentasi audiens ketika membuat display kampanye. Ada berbagai cara targeting audiens yang efektif.

FAQ

Apakah audiens menemukan situs saya melalui mesin pencatian atau melalui cara lainnya?

-Jika anda menjalankan kampanye iklan dengan teaser dan mendapatkan ribuan klik dari pengguna yang tidak relevan, anda tentu tak ingin melakukannya.

Apakah retargeting anda spesifik pada minat pengguna?

-Jika toko anda menjual berbagai item yang berbeda dan seseorang ingin mencari sepatu namun anda menargetkan celana maka itu sia-sia saja.  

Leave a Reply

× Chat dengan kami di WhatsApp