fbpx

Berbisnis bukan hanya tentang menjual produk secara langsung ke konsumen tetapi juga menjual langsung kepada pelaku bisnis yang lainnya. Model bisnis seperti inilah yang disebut dengan B2B atau business to business. Karena target audiensnya berbeda dengan B2C (business to consumer) maka marketing B2B juga membutuhkan media yang berbeda. Salah satu solusi social media marketing untuk B2B adalah LinkedIn. Ada LinkedIn Ads yang bisa anda manfaatkan untuk promosi B2B.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan LinkedIn Ads? Apa saja keunggulannya? Bagaimana tips menjalankan iklan di LinkedIn?

Contents

Apa Itu LinkedIn Ads?

LinkedIn Ads merupakan fitur iklan, media sosial yang diisi oleh para profesional dari berbagai bidang. Fitur ini memang ditujukan untuk berbagai perusahaan yang mengiklankan lowongan kerja. Tetapi kegunaannya bukan hanya itu. Karena ada banyak profesional, LinkedIn bisa dimanfaatkan sebagai lahan marketing B2B anda.

Khususnya dengan memanfaatkan LinkedIn Ads yang sangat efektif untuk menjangkau leads potensial hingga 59% dibandingkan dengan media sosial lainnya.

Jenis-Jenis LinkedIn Ads

Sebelum menggunakan LinkedIn Ads, anda harus mengetahui bahwa platform iklan ini memiliki berbagai format iklan yang berbeda yaitu:

1.Sponsored Content

Sponsored content bisa dibilang sebagai cara LinkedIn Ads yang paling halus karena flownya sama seperti ketika anda sedang scrolling media sosial biasa.

Audiens akan melihat konten anda kemudian jika memang kontennya menarik, audiens akan membaca berbagai komentarnya hingga melihat company page anda atau bahkan mengklik CTA yang anda siapkan.

Alur tersebut diharapkan bisa menggiring engagement yang dibarengi dengan leads. Untuk bisa mencapai tujuan tersebut, ada tiga jenis sponsored content yang bisa anda pilih:

  • Single Image Ads
  • Video Ads

Corousel Ads dimana anda bisa mengupload lebih dari satu gambar pada satu post, bisa mengumpulkan leads hanya dengan satu fitur.

Dalam setiap jenis Sponsored Content, anda bisa menggunakan Call To Action (CTA) misalnya mengarahkan ke landing page, mengklik link download ebook premium dan sebagainya.

Keunggulan dari sponsored content yaitu:

  • Menjangkau leads profesional baik lewat desktop atau mobile
  • Membangun brand awareness
  • Meningkatkan engagement
  • Tepat sasaran

Tips profesional:

  • Tuliskan judul iklan kurang dari 150 karakter. Tuliskan dengan singkat, jelas dan padat agar mudah dipahami.
  • Tuliskan deskripsi sekitar 70 karakter. Jika lebih dari 100 karakter maka kemungkinan deskripsi akan terpotong pada tampilan feed.
  • Gunakan gambar dengan kualitas yang mumpuni minimal 1200 x 627 pixel. Karena konten dengan visual yang lebih baik akan mendapatkan CTR lebih tinggi.
  • Jangan lupa menggunakan CTA misalnya mengajak audiens mengunjungi website anda atau mengarahkan mereka pada link untuk download ebook anda.

2. Sponsored Messaging

Apakah anda pernah mendengar tentang direct marketing? Intinya, proses marketing atau komunikasi dua arah dengan calon konsumen. Anda bisa melakukannya di Sponsored Messaging. Cara iklan LinkedIns Ads yang satu ini sangat tepat untuk membangun komunikasi secara personal pada partner B2B anda. Karena B2B biasanya memiliki skala yang lebih besar, proses penawaran dan hal lainnya tentu akan lebih eksklusif dan rahasia.

Sponsored Messaging memiliki dua jenis iklan yaitu:

  • Message Ads
  • Conversation Ads

Berikut ini perbandingan antara kedua jenis iklan di atas sebagai pertimbangan untuk anda.

Perbandingan Messaging Ads & Conversation Ads

NoMessaging AdsConversation Ads
1Lebih fleksibel dan lebih terasa humanis dengan balasan langsung dari admin LinkedInAda fitur auto-reply sehingga anda tidak perlu membahas satu per satu karena audiens bisa memilih action sendiri
2Berkomunikasi tanpa batas karakterBisa mengatur sistem balasan percakapan secara otomatis
3Interaksi lebih cepat dibandingkan dengan email biasaAudiens bisa melakukan action dengan bebas kapan saja mereka mau
4Anda bisa mengetahui siapa saja dan berasal dari perusahaan mana yang melihat Message Ads anda.Ada laporan yang lebih detail tentang kinerja ads

Keunggulan dari sponsored messaging:

  • Bisa menjangkau audiens dengan lebih personal
  • Meningkatkan engagement dengan pesan interaktif
  • Bisa membagikan lebih dari satu link CTA dan Lead Gen Form
  • Mendapatkan laporan mengenai performa iklan

3. Text Ads

Text Ads adalah iklan dengan kalimat yang singkat dan mengarahkan mereka pada CTA yang anda inginkan seperti formulir, landing page dan sebagainya.  Dengan karakter iklan yang terbatas, anda bisa mendapatkan calon partner B2B dengan teknik copywriting.

Keunggulan:

  • Anda bisa menggunakan satu CTA yang spesifik untuk mengarahkan pada aksi yang diinginkan
  • Pilihan penargetan pada orang-orang yang potensial
  • And abisa memilih antara Pay Per Click (PPC) dan Cost Per Impression (CPM)
  • Memiliki fitur pelacakan konversi

4. Dynamic Ads

Ketika anda sedang membuka LinkedIn, apakah anda pernah melihat foto anda bersanding dengan logo dari brand lainnya?

Bagaimana perasaan anda ketika melihatnya? Anda tentu merasa istimewa kan? Iklan yang sungguh memanjakan dan mengistimewakan anda. Itulah yang ingin dilakukan oleh Dynamic Ads yang istimewa dan eksklusif untuk audiens. Tujuannya adalah bisa meningkatkan engagement dan konversi.

Ada tiga jenis LinkedIn Ads yaitu

  • Follower Ads – Ini cocok untuk meningkatkan brand awareness karena berisi CTA yang mengarah ke homepage perusahaan anda. Jadi, brand anda bisa dikenal dengan konten organik.
  • Spotlight Ads – Bisa meningkatkan trafik dan konversi, bisa menggunakan CTA ke landing page, website, registrasi event dan sebagainya.
  • Content Ads – Jenis ini sangat efektif untuk mengumpulkan leads misalnya dengan CTA download ebook gratis.

Keunggulannya antara lain:

  • Menarik perhatian dengan menggunakan foto profil audiens dalam iklan
  • Bisa diisi dan diluncurkan dengan otomatis
  • Menyebarkan brand awareness, meningkatkan trafik dan mendapatkan leads

Tips Marketing  B2B di LinkedIn Ads

Selain berbagai jenis iklan, masih ada berbagai cara bagaimana LinkedIn Ads agar marketing B2B anda semakin sukses. Berikut ini tips marekting B2B yang bisa anda gunakan.

1. Memanfaatkan Grup LinkedIn

Grup akan membuat sangat bermanfaat untuk meningkatkan brand awareness. Anda bisa masuk ke berbagai grup yang sesuai dengan niche bisnis anda. Anda bisa bertemu dengan banyak profesional dalam bidang tertentu.

2. Konsisten dalam Membuat Konten

Jika anda konsisten menuliskan dan memposting konten yang bermanfaat bagi audiens, maka basis followers anda bisa dibangun. Inilah yang disebut dengan content marketing. Misalnya dengan membagikan blog posting website bisnis anda atau membuat infografis yang relevan mengenai niche bisnis anda dan sebagainya.

Bukan hanya branding awareness yang bisa anda dapatkan, LinkedIn to Authority juga akan naik. Setelah itu, LinkedIn bisa saja mempublikasikan konten anda menjadi yang paling atas di LinkedIn Page.

3. Maksimalkan Lead Gen Form

Lead Gen Form merupakan formulir pop-up dari LinkedIn Ads. Sesuai dengan namanya, cara ini bisa mengumpulkan leads dari orang-orang dengan memberikan formulir. Bentuknya pop-up atau halaman LinkedIn biasa (untuk mobile). Ini akan membuat audiens merasa nyaman ketika mengisi karena tidak perlu dialihkan ke link yang ada di luar LinkedIn seperti Google Form dan sebagainya.

FAQ

Apakah LinkedIn Ads efektif?

-LinkedIn ads sangat efektif dalam mendatangkan leads khususnya dari B2B seperti Google AdWords.

Apakah LinkedIn sponsored content benar-benar bisa mendatangkan keuntungan?

-LinkedIn Sponsored Content merupakan cara terbaik untuk mengumpulkan calon pelanggan potensial dan benar-benar worth it untuk dicoba.

Professional Linkedin Marketing Packages: Posts, Linkedin Optimisation & Network 3Mrp per month. Contact our Linkedin Manager today.

Other services: jasa seo keyword & template wordpress premium

Leave a Reply

× Chat dengan kami di WhatsApp