fbpx

Saat ini, hampir semua orang memiliki media sosial. Menurut anda, berapa banyak waktu yang dihabiskan oleh seseorang di media sosial? Tahukah anda bahwa rata-rata orang menggunakan media sosial sebanyak satu jam dan empat puluh menit setiap hari?

Penggunaan waktu media sosial mencapai 28% dari waktu yang telah kita habiskan di internet. Sebagian besar aktivitas kita sehari-hari dilakukan secara online mulai belanja, belajar sampai dengan melakukan transfer uang antar rekening. Salah satu hal yang bisa dikerjakan melalui media sosial adalah social media marketing.

Social media marketing merupakan salah satu hal yang bisa anda lakukan di internet untuk mengembangkan bisnis anda. Social media marketing bisa terus menerus menguntungkan anda. Hampir seluruh bisnis memahami betapa penting investasi dalam jenis digital marketing yang satu ini.

Contents

Definisi Social Media

Media sosial merupakan salah satu cara bagi orang untuk berinteraksi secara online. Dalam waktu 10 tahun terakhir, kita melihat media sosial terus bertambah pesat dan bahkan menjadi semakin populer. Dalam waktu beberapa tahun terakhir, proses pembuatan konten juga sudah semakin sederhana.

Selain itu, pembuatan konten juga menjadi semakin sederhana. Pengguna web saat ini bisa membuat konten dengan mudah pada beberapa platform yang berkembang dengan pesat seperti forum dan blog lalu mempromosikan konten pada berbagai platform media sosial sambil berinteraksi secara langsung dengan para pembaca dan konsumennya.

Pergeseran konsumersime website dan meningkatnya jumlah penggunaan media sosial membawa peluang dan tanggung jawab yang cukup besar. Jumlah data yang sangat banyak dan disediakan oleh pelanggan melalui media sosial bisa membuat web marketer ingin mengeksekusi strategi marketing yang telah mereka rancang.

Social Media yang Cocok untuk Marketing

Ada banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk social media marketing. Semuanya kembali pada kebutuhan anda. Berikut ini adalah beberapa media sosial yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini.

1.Facebook

Facebook merupakan salah satu media sosial yang paling banyak digunakan pada saat ini. Pages untuk brands di Facebook telah dioptimasi untuk bisnis. Pelanggan bisa melihat waktu operasi bisnis anda dan lokasi toko anda melalui Googe maps. Selain itu, pelanggan juga bisa meninggalkan review dan melihat konten terbaru anda. Facebook juga menyediakan CTA untuk page for brands yang bisa membantu bisnis anda mencapai goal social media marketing.

Ada banyak bisnis yang menggunakan Facebook sebagai platform utama dalam merancang strategi social media marketing mereka. Bisnis-bisnis ini bisa fokus dalam mengelola page Facebook mereka. Ini merupakan strategi yang baik.

Namun anda harus memperhatikan bahwa algoritma terbaru Facebook bisa mempengaruhi jangkauan audiens anda. Agar jangkauan tetap luas dan bisa lebih cepat, anda bisa menggunakan layanan Facebook ads.

2.Twitter

Sebagai tool social media marketing, Twitter mengalami peningkatan dan penurunan popularitas. Meskipun demikian, Twitter tetap bisa bertahan. Banyak bisnis yang masih menggunakan Twitter sebagai strategi marketingnya.

Twitter sendiri hanya akan efektif sebagai marketing tool jika anda bisa memulai percakapan di Twitter. Ada banyak bisnis yang menggunakan twitter hanya sebagai tempat untuk meletakkan link ke blog tanpa melakukan engagement yang penting. Jika anda tidak memulai percakapan dengan user lain maka strategi marketing Twitter anda tidak akan efektif.

Anda bisa membuat polling dan konten-konten yang mengandung pertanyaan untuk memulai percakapan. Tujuannya yaitu agar anda mendapatkan lebih banyak retweet dan respons. Twitter chat juga menjadi cara yang bagus untuk tetap terhubung dengan komunitas dan memulai percakapan tentang bisnis.

3.Instagram

Instagram memang sudah dimiliki oleh Facebook namun Instagram tetap merupakan platform yang berbeda dengan Facebook. Instagram lebih mengutamakan visual dengan estetik dan video yang menarik pada seluruh platformnya.

Jumlah pengguna Instagram juga terus meningkat. Instagram memiliki engagement rate yang paling tinggi dibandingkan dengan platform media sosial lainnya. Meskipun mereka juga mengubah algoritma Instagram dan tidak lagi berbentuk kronologis namun profil bisnis Instagram tidak mengalami penurunan yang besar seperti Facebook.

Untuk memanfaatkan Instagram, anda sebaiknya menggunakan semua fitur Instagram. Anda bisa membuat story, memposting foto setiap hari dan menggunakan hashtag yang relevan untuk memulai percakapan dan akhirnya mendapatkan follower baru. Anda juga bisa menggunakan konten user-generated di Instagram.

Tips untuk Social Media Marketing

NoTips untuk Social Media Marketing
1Tentukan goal yang ingin dicapai
2Pilih platform media sosial yang akan membantu bisnis anda
3Buatlah profil untuk anda
4Tentukan konten seperti apa yang ingin anda share
5Buat jadwal untuk konten

4. LinkedIn

Akun LinkedIn sangat cocok jika anda memiliki bisnis yang bergerak dalam industri B2B. Anda harus membuat profil untuk diri sendiri dan perusahaan anda. Dengan LinkedIn, anda bisa mencari karyawan atau mempromosikan bisnis/usaha anda. LinkedIn banyak digunakan oleh para profesional untuk berbagai berita industri. Sebagian besar konten yang ada juga lebih dalam dan lebih banyak membahas tentang karir dan kehidupan profesional.

Dalam membuat konten untuk LinkedIn Ads, anda harus memposting konten yang bernilai, actionable dan thought-provoking. Ini merupakan konten yang sering dibagikan di LinkedIn dan mendapatkan banyak engagement. Anda juga bisa membuat LinkedIn Ads untuk memperbanyak jangkauan share.

5. Pinterest

Pinterest bisa dibilang agak berbeda dengan media sosial yang lainnya. Fokus utama Pinterest yaitu agar penggunanya bisa menyimpan konten. Pinterest bisa dibilang gabungan dari wishlist dan vision board. Anda bisa menemukan banyak hal di media sosial ini mulai dari resep makanan sampai dengan instruksi interior design.

Pinterest mungkin tidak akan cocok untuk semua jenis bisnis tetapi Pinterest bisa menjadi platform yang tepat untuk berbagai industri. Dengan keyword yang tepat di deskripsi profil serta judul dan deskripsi yang tepat untuk boards dan pins anda, anda bisa mendapatkan traffic dan berbagi konten, produk dan ide anda dengan audience agar lebih engaged.

87% pengguna Pinterest sudah pernah membeli barang karena Pinterest. 93% pengguna mengatakan bahwa mereka menggunkan Pinterest untuk merencanakan pembelian. Sedangkan 83% pengguna Pinterest mengatakan bahwa mereka lebih senang memfollow brand dibandingkan dengan selebritis.

6. YouTube

YouTube merupakan platform video yang paling besar di dunia. Dengan berbagai jenis video yang ada di YouTube, anda bisa memanfaatkan YouTube untuk marketing jika anda memang mengetahui bagaimana caranya.

Keyword juga menjadi bagian penting dari Youtube marketing. Sebaiknya letakkan keyword pada judul video, deskripsi video serta tags. Anda bisa membuat berbagai video seperti Q&A, tutorial serta konten informatif yang dicari oleh audiens.

FAQ

Mengapa menggunakan marketing media sosial untuk bisnis?

-Karena jangkauannya jauh lebih luas, biaya jauh lebih murah dan  lebih terukur.

Apa yang menjadi kelemahan social media marketing?

-Para konsumen bisa melarikan diri atau tidak bertanggng jawab karena pemilik bisnis dan konsumen tidak bertemu langsung.

Leave a Reply

× Chat dengan kami di WhatsApp