fbpx

Feed adalah bagian penting dalam Instagram yang harus diperhatikan oleh setiap pemilik akun Instagram bisnis. Ketika pengguna Instagram mengunjungi suatu profil online shop untuk melihat produk yang ditawarkan maka mereka bisa melihat tampilan feed atau postingan dalam bentuk thumbnail yang banyak sehingga anda harus menata tampilan feed tersebut agar tampak rapi.

Tampilan feed yang menarik akan membuat pengunjung Instagram anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang setiap konten yang ada di dalam feed Instagram tersebut. Selain itu, tampilan feed yang diatur dengan rapi juga bisa membantu meningkatkan kualitas brand anda dan bahkan meningkatkan kepercayaan pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan lewat feed Instagram tersebut.

Untuk mencari ide tampilan feed Instagram yang menarik, anda bisa melakukan riset terhadap tampilan feed Instagram online shop lain dan mempelajari berbagai konsep feed yang bisa menarik perhatian audience dalam tatapan pertama ketika membuka profil Instagram untuk pertama kalinya. Anda bisa menemukan berbagai olshop dengan tampilan feed yang tidak hanya rapi tapi juga kreatif dan bahkan menyuguhkan konsep aesthetic.

Di artikel ini, Core Freelancers akan memberikan informasi tentang cara membuat tampilan feed Instagram yang menarik agar bisa meningkatkan penjualan online shop yang sedang berjalan.

Baca juga: Pentingnya Jadwalkan Postingan Instagram Untuk Hasil Yang Maksimal

Contents

Pengertian Feed Instagram

Feed Instagram adalah fitur utama yang sudah tersedia dalam IG sejak pertama kali Instagram dirilis. Fitur ini bisa digunakan oleh pengguna Instagram untuk mengupload foto atau video yang ingin dibagikan pada orang lain.

Dulu, fitur Instagram feed ini hanya digunakan untuk mengupload single photo atau video dengan durasi 15 detik saja. Namun perkembangan berbagai fitur yang ada sampai saat ini bisa membuat pengguna Instagram mengupload banyak foto dalam satu postingan, mengupload video dengan durasi maksimal hanya 1 menit atau dijadikan sebagai IG TV.  

Berbagai fitur terbaru yang ada di feed Instagram ini harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya agar audiens tidak bosan dengan  konten yang disajikan melalui Instagram olshop anda.

Cara Membuat Feed Instagram Online Shop

Bagaimana cara membuat feed Instagram online shop yang menarik dan kreatif untuk menarik pehatian pengguna Instagram supaya mau membeli produk yang disajikan lewat anda? Berikut ini beberapa cara untuk membuat feed Instagram online shop antara lain:

1. Menentukan Tema Feed Instagram

Cara yang harus dilakukan untuk  membuat tampilan feed Instagram online shop supaya tampak menarik yaitu dengan menentukan tema lebih dulu. Hampir setiap akun Instagram bisnis memiliki tema feed Instagram yang penting untuk menonjolkan identitas dari brand yang dimiliki. Anda bisa menentukan tema feed Instagram yang sesuai dengan identitas apa yang ingin ditonjolkan pada pengguna Instagram.

Dengan keberadaan identitas yang terbentuk lewat tampilan feed Instagram, audiens akan mengenali Instagram olshop milik anda dengan lebih mudah. Mereka bahkan bisa langsung mengenali Instagram anda tanpa harus membaca username yang muncul pada timeline.

2. Membuat Moodboard Lewat Aplikasi Edit Foto

Moodboard dapat dimanfaatkan untuk membuat tampilan feed Instagram dengan warna atau suasana yang sama. Sebenarnya, apa itu moodboard? Moodboard adalah komposisi gambar atau visual yang dibuat untuk mengetahui dengan jelas seperti apa konsep tampilan feed Instagram yang akan dijalankan nantinya.

Pembuatan moodboard ini dapat dikatakan sebagai bentuk mock up atau gambaran tampilan dari feed Instagram sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dengan membuat moodboard, anda bisa melihat dan memilih tampilan Instagram feed seperti apa yang diinginkan atau mana yang cocok untuk dijadikan sebagai tampilan feed Instagram online shop. Anda bisa menemukan berbagai contoh moodboard di Instagram online shop lain atau mencarinya di beberapa website lain seperti Pinterest.

Ada berbagai jenis tools untuk membuat moodboard seperti website atau aplikasi Canva. Di dalam Canva, mereka biasanya sudah menyajikan beberapa template yang bisa langsung digunakan  oleh para content creator untuk membuat moodboard.

Buat berbagai opsi moodboard agar anda bisa menentukan konsep feed Instagram terbaik sesuai dengan identitas brand yang dibangun. Inilah mengapa konsep feed Instagram anda lebih matang serta konsisten. Ini akan membuat audiens tertarik.

Baca juga: Instagram Reels Bantu Lejitkan Bisnis Anda

Manfaat Instagram untuk Bisnis

NoManfaat Instagram untuk Pemasaran Bisnis
1Platform yang sangat popular
2Platform yang menonjolkan visual
3Memiliki jangkauan yang luas
4Memungkinkan anda beriklan ke pelanggan potensial
5Memberikan dukungan pada bisnis local
6Memberikan komisi pada pengguna

3. Menonjolkan Eksistensi

Feed Instagram bisnis selalu menonjolkan konsistensi untuk membuat audience bisa mengenali dan mengingat identitas suatu Instagram bisnis. Oleh karena itu, jika anda ingin menjalankan online shop lewat Instagram, maka utamakan konsistensi untuk memberikan tampilan feed Instagram yang menarik dan rapi.

Konsistensi ini bisa didapatkan dengan berbagai cara. Misalnya jika anda menggunakan konsep feed Instagram yang clean dengan menampilkan foto produk dengan background warna monokrom yang ditambahkan dengan headline maka pastikan semua konten dibuat dengan konsep yang sama untuk menonjolkan konsistensi dalam tampilan feed Instagram.

Dilihat dari poin-poin pembahasan sebelumnya, kami menyarankan agar anda menentukan tema serta membuat moodboard lebih dulu agar bisa menciptakan tampilan feed Instagram yang rapi dan menarik. Selain itu, anda juga bisa bermain dengan warna ambience seperti menggunakan filter warna untuk membuat visual tampak lebih warma dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan tampilan feed Instagram yang konsisten, maka anda bisa menggunakan beberapa editing tools dan menyimpan preset yang bisa digunakan berulang kali ketika sedang melakukan edit pada gambar yang ingin diupload ke dalam Instagram seperti VSCO. Jika anda hanya memanfaatkan fitur edit foto yang disediakan Instagram maka kemungkinan foto yang dihasilkan akan tampak tidak konsisten karena tidak ada fitur penyimpanan preset untuk edit foto.

4. Mengupload Gambar dengan Resolusi Tinggi

Anda harus memperhatikan bahwa dalam mengupload gambar ke dalam Instagram, pastikan bahwa gambar tersebut sudah punya resolusi yang tinggi. Anda harus tahu bahwa konten dengan resolusi yang rendah akan membuat konten tidak terlihat dengan jelas ketika ada dalam posisi thumbnail pada feed Instagram.

Ada beberapa feed Instagram dengan tampilan konten yang pecah. Tampilan feed Instagram yang demikian akan membuat audiens merasa malas untuk mengetahui lebih lanjut tentang konten yang anda sajikan sehingga bukan tidak mungkin mereka akan pergi begitu saja dan mencari Instagram online shop yang lebih menarik.

Oleh karena itu, pastika anda mengupload gambar dengan resolusi tinggi supaya tampilan feed menjadi tampak lebih menarik dan rapi. Audience akan tertarik untuk menjelajahi Instagram online shop anda dan melihat produk apa saja yang disajikan dalam Instagram tersebut.

Baca juga: Strategi Marketing Instagram Untuk Bisnis Anda

5. Menggunakan Warna Background yang Senada

Perhatikan bahwa anda juga harus menggunakan warna background  yang senada untuk membuat feed Instagram yang konsisten dan rapi. Menggunakan warna background yang senada tidak berarti bahwa anda harus selalu menggunakan 1 warna saja dalam setiap postingan konten Instagram.

Tampilan feed Instagram dengan warna background yang sama atau itu-itu saja akan memberikan efek yang membosankan sehingga audiens tidak mau lama-lama ada di dalam Instagram anda. Untuk itu, anda bisa mengambil foto dengan memainkan palet warna seperti yang biasanya digunakan oleh para visual designer untuk menciptakan desain yang kreatif dan bisa menarik perhatian.

6. Atur Komposisi Visual Desain

Selain itu, hal lain yang harus dilakukan untuk membuat feed Instagram online shop agar tampak menarik adalah dengan mengatur komposisi dan desain konten. Anda harus memperhatikan peletakan headline dan juga gambar produk supaya bisa terlihat jelas meskipun dalam ukuran yang thumbnail pada tampilan feed Instagram.

Dalam mengatur komposisi desain visual khususnya untuk Instagram olshop maka anda bisa berfokus pada gambar produk dijual sekitar 85% dan sisanya untuk tulisan seperti headline atau  keterangan produk. Dengan demikian, audiens akan langsung tahu produk apa saja yang djual. Jika mereka tertarik dengan produk yang ditampilkan lewat feed Instagram maka pasti akan langsung membuka produk tersebut untuk mencari informasi tambahan seperti nama produk dan harga.  

FAQ

Apa itu postingan feed Instagram?

-Feed Instagram adalah kabar beranda Instagram yang berisi postingan baik berupa foto ataupun video yang sudah diupload pengguna yang sudah kita follow di Instagram.

Mengapa harus memilih Instagram?

-Instagram menawarkan banyak fitur yang bisa digunakan untuk sosialisasi sekaligus ajang untuk memamerkan produk. Media sosial berbasis gambar dan video singkat ini sangat efektif untuk menarik perhatian para pengguna dengan menggunakan gambar yang unik dan video yang unik.

× Chat dengan kami di WhatsApp