fbpx

Promosi adalah salah satu cara memperkenalkan produk yang berupa barang/jasa untuk dijual pada publik. Dengan melakukan promosi, pebisnis berharap banyak calon pembeli yang berminat untuk membeli atau menggunakan produk mereka. Perkembangan teknologi telah mengubah cara pebisnis dalam melakukan promosi. Dulu, promosi menghabiskan banyak biaya dan pelanggan juga tidak tertarget. Namun saat ini, promosi online lebih banyak diminati dan dilirik karena dianggap lebih efektif.

Kelebihan promosi online yaitu lebih murah, lebih mudah dan jauh lebih praktis. Anda tidak usah merogoh kocek terlalu dalam untuk menggunakan jasa pemasangan iklan facebook pada media sosial atau website. Tingkat keberhasilan promosi online juga lebih tinggi karena internet sudah sangat mudah diakses. Banyak orang dari berbagai kalangan yang menggunakan teknologi untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari. Berdasarkan survei, Indonesia adalah negara terbesar sebagai pelaku pasar online dan negara yang paling berminat dengan toko online.

Pebisnis harus mengetahui bagaimana cara mempromosikan produk secara online agar produknya menjadi lebih dikenal.

Contents

Cara Mempromosikan Produk yang Efektif Bagi Pebisnis

  1. Melalui Marketplace

Marketplace bisa diibaratkan sebagai pasar online dan menjadi tempat yang tepat untuk mempromosikan produk yang anda jual. Perkembangan marketplace di Indonesia sangat pesat. Sebut saja seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan JD ID. Keberadaan beberapa marketplace ini mempermudah penjual mempromosikan barang anda. Penjual bebas mempromosikan produknya tanpa harus memikirkan biaya pemasangan iklan. Ini tentu akan sangat menguntungkan pebisnis dari segi biaya. Biaya operasional sebuah bisnis pun bisa ditekan. Pangsa pasar yang anda dapatkan pun juga sangat luas mulai dari Sabang hingga ke Merauke.

  1. Website

Perusahaan besar tentu wajib memiliki website atau blog sebagai senjata untuk promosi online. Ketika bisnis sudah stabil maka perusahaan harus tampil profesional. Salah satunya yaitu dengan membangun website atau blog tentang bidang bisnis yang anda geluti. Banyak perusahaan besar yang sukses melebarkan bisnis dengan promosi online pada blog atau website. Promosi, diskon dan tampilan website yang menarik bisa menarik minat calon pembeli untuk mengunjungi website anda. Anda sudah bisa mendapatkan banyak penghasilan terlebih lagi jika anda berhasil menjual produk anda melalui website. Anda sudah pasti bisa mendapatkan banyak keuntungan yang berkali-kali lipat dari penjualan tersebut.

  1. Pemasaran Melalui Email

Saat ini, menggunakan email marketing bisa dianggap cara mempromosikan online yang paling lama digunakan. Tetapi dampak promosi online seperti email marketing ternyata tak bisa diremehkan. Menggunakan email marketing membuat anda bisa mengirimkan kabar promosi terbaru kepada penerima. Selain itu, anda juga bisa menawarkan produk terbaru pada konsumen sebelumnya atau pada langganan anda dengan diskon yang menarik. Hampir setiap pengguna media sosial memiliki email aktif. Ini tentu memungkinkan anda mengirimkan promosi yang hendak anda tawarkan.

Keuntungan Marketing Online

No Keuntungan Marketing Online
1 Tidak ada batas waktu
2 Tidak terbatas pada tempat
3 Biaya operasional lebih efisien
4 Strategi pemasaran produk lebih mudah
5 Manajemen dan organisasi lebih mudah
6 Mengontrol persediaan lebih mudah
7 Mempermudah pengelolaan SDM
8 Peningkatan produktivitas
9 Mudah dalam melakukan riset marketing
10 Memberikan keuntungan yang tak terbatas
11 Mempermudah pengawasan

 

  1. Media Sosial
  • Youtube

Siapa yang tidak kenal dengan Youtube? Forum broadcaster video terbesar ini memiliki pengguna terbanyak di dunia. Ini menjadikan Youtube sebagai media promosi online yang paling efektif. Anda bisa membuat konten video promosi yang menarik sehingga mendatangkan banyak viewers dan produk anda pun akan semakin laris manis di pasaran. Selain membuat konten yang berkualitas, anda juga harus memperhatikan SEO Youtube. Jangan lupa cantumkan keyowrd yang familiar pada judul video dan paling banyak dicari oleh orang-orang. Ketika anda memilih kategori yang tepat, maka minat viewers juga akan meningkat.

  • Facebook

Facebook adalah media sosial dengan jumlah pengguna terbanyak. Sampai saat ini, Facebook masih sering digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga, rekan serta teman lama. Facebook juga menjadi sarana promosi online yang sangat efektif untuk mempromosikan sebuah produk. Melakukan promosi lewat Facebook bisa dianggap sebagai cara yang paling mudah sehingga banyak pebisnis yang memiliki akun Facebook dengan menggunakan toko offline untuk memperkenalkan toko yang telah mereka buka lebih dulu.

  • Instagram

Instagram adalah media sosial yang sedang hits khususnya di kalangan anak-anak muda. Instagram adalah media sosial yang lebih banyak menyajikan foto dan video sebagai konten utama. Pengguna Instagram tentu sudah tidak asing dengan istilah endorse dimana ini adalah bentuk promosi lewat seseorang yang punya banyak pengikut. Biasanya, orang yang melakukan endorse adalah pengguna Instagram dengan jumlah follower yang banyak seperti atlet, selebgram atau selebriti. Jika pebisnis ingin menggunakan jasa mereka, maka mereka harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal sesuai dengan jumlah followers. Tetapi jika hal tersebut bisa mempengaruhi penjualan secara langsung mengapa tidak. Selain mengupload ke akun Instagram, anda tentu bisa menggunakan endorse sebagai pilihan promosi yang sangat efektif.

  • Twitter

Media sosial ini mungkin tidak terlalu populer dibandingkan dengan Facebook dan Instagram. Selain bisa promosi gratis, Twitter juga banyak dipilih pebisnis untuk mempromosikan bisnis yang tengah digeluti. Kunci agar promosi lewat Twitter selalu efektif yaitu dengan meningkatkan jumlah followers, memposting tweet secara teratur, mempromosikan website, menyewa buzzer untuk promosi atau bisa saling mempromosikan dengan website bisnis lainnya. Meskipun karakter di Twitter dibatasi namun jika promosi di Twitter bisa berpengaruh maka kemungknannya untuk mendapatkan keuntungan tambahan menjadi lebih besar.

  • WhatsApps

WhatsApps sudah menjadi bagian dari Facebook dan Instagram. Saat ini, WhatsApp sudah memiliki fitur story dimana dua orang yang saling menyimpan kontan bisa melihat story masing-masing. Ini menjadi cara promosi yang paling efektif untuk setiap pebisnis. Karena konsumen akan lebih percaya jika mereka membeli dari orang yang mereka kenal. Penggunaan fitur story WhatsApp akan berdampak langsung pada usaha anda.

  1. Mesin Pencarian
  • Google Ads/Google Adword

Jika anda adalah pengguna setia internet, anda tentu sudah tidak asing lagi dengan mesin pencarian Google. Google senantiasa menjadi andalan ketika anda ingin mencari produk yang ingin dijual di pasaran. Anda juga akan bisa menemukan seluruh jenis produk di seluruh dunia sesuuai dengan keinginan anda. Dengan menggunakan jasa Google adwords ini, barang-barang anda bisa masuk dalam pencarian teratas produk. Berbeda dengan cara organik yang membutuhkan waktu lama untuk membuat halaman website anda berada di peringkat atas mesin pencarian. Dibutuhkan biaya untuk memasang iklan di Google Ads. Meskipun demikian, menggunakan Google adwords sebagai sarana promosi online sangat efektif dan bahkan bisa mendapatkan keuntungan yang sepadan.

  • SEO

SEO agak mirip dengan Google Adword namun SEO lebih banyak digunakan untuk mempromosikan website/blog. SEO memungkinkan seseorang untuk bersaing dengan web sejenis yang lainnya. Jika anda ingin website anda muncul pada urutan teratas mesin pencarian maka anda sebaiknya memilih teknik SEO yang paling friendly. Agar SEO friendly, maka dibutuhkan pakar SEO yang berpengalaman. Internet bisa membantu promosi anda namun tanpa adanya SEO friendly maka promosi anda tidak
akan menjadi efisien dan efektif.

FAQ

Berapa anggaran Google Adwords yang harus ditetapkan?

Google membebaskan pemasang iklan untuk memasang iklan dengan jumlah anggaran berapa saja. Anda bisa memasang iklan mulai dari 100 ribu hingga 100 juta bahkan lebih. Platform Google terbuka untuk berbagai bisnis dari mikro sampai dengan perusahaan besar. Namun agar lebih optimal, tetapkan anggaran awal Rp 5 juta saja.

Berapa anggaran Google Adwords yang harus ditetapkan?

Ketahui target market anda dan ketahui konten yang paling menarik untuk pemirsa anda.

Leave a Reply

× Chat dengan kami di WhatsApp