fbpx

Hashtag yang biasa digunakan dalam berbagai postingan media sosial tidak hanya sekadar hiasan. Hashtag ternyata bisa digunakan untuk memaksimalkan promosi bisnis. Pada dasarnya, hashtag adalah symbol tagar # yang digunakan pertama kali oleh Chris Messina, marketinga specialist Twitter. Penggunaan hashtag ini muncul pada tahun 2007 untuk pertama kalinya.

Messina saat itu menyarankan penggunaan hashtag sebagai bentuk penanda untuk tweets yang saling berhubungan dengan suatu topic. Sejak saat itu, penggunaan hashtag mulai meluas. Hashtag saat ini bahkan tidak hanya digunakan pada media sosial Twitter saja namun juga digunakan pada beberapa platform besar media sosial.

Baca Juga: Strategi Twitter Marketing Untuk Meningkatkan Bisnis

Contents

Apa itu Hashtag?

Hashtag merupakan suatu frasa keyword yang dieja tanpa menggunakan spasi, ada tanda tagar pada bagian depannya seperti #CoreFreelancers atau #jasaseo.  Hashtag umumnya digunakan untuk mengelompokkan konten media sosial. Hampir semua media sosial memiliki hashtag saat ini seperti Instagram, Twitter dan TikTok.

Jenis-jenis hashtag yang digunakan di media sosial tersebut antara lain:

  • Hashtags Trending: hashtag yang memiliki volume pencarian dari audiens. Ini biasanya berhubungan dengan momentum.
  • Hashtag Industri: hashtag spesifik yang mewakili industry anda misalnya #website #digital marketing
  • Hashtag Brand: hashtag yang mewakili nama brand, jargon bisnis atau tempat bisnis.

Manfaat Hashtag untuk Bisnis

Menggunakan hashtag di media sosial bisa mendatangkan banyak sekali manfaat untuk bisnis anda yaitu:

1.Mempermudah Konten Marketing Ditemukan Audiens

Hashtag mengelompokkan konten-konten media sosial berdasarkan topic tertentu. Ini akan memudahkan konten anda ditemukan oleh target audiens. Hashtag dapat digunakan untuk ditambahkan pada postingan berupa foto, teks, video, event dan sebagainya. Dengan menyertakan hashtag pada postingan tersebut, maka semua update-an tentang postingan yang anda buat akan dikelompokkan dengan baik.

Untuk orang-orang yang juga ingin mengikuti update tentang postingan tersebut, mereka bisa mengetikkan hashtag yang dimaksudkan. Melakukan pencarian terhadap konten yang diinginkan semakin mudah. Misalnya anda ingin mencari konten yang berhubungan dengan Jakarta di Instagram, maka anda tinggal mengetikkan hashtag tersebut pada kolom search di setiap media sosial. Semua konten yang berhubungan dengan Jakarta akan muncul.

Baca Juga: Strategi Content Marketing Untuk Bisnis

2. Untuk Kebutuhan Promosi dan Branding

Salah satu fungsi media sosial adalah untuk kebutuhan bisnis. Jadi, selain untuk mengelompokkan konten dan mempermudah pencarian, hashtag juga berfungsi untuk kebutuhan branding serta promosi di media sosial. Dengan cara membuat hashtag yang istimewa pada setiapo postingan maka ini akan menjadi ciri khas untuk sebuah brand.

Hashtag juga bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan suatu event. Anda bisa menyertakan  beberapa hashtag untuk mempromosikan sebuah event lomba atau memberikan pengumuman pada postingan event diskon akhir tahun.

3. Untuk Kampanye Lintas Platform

Selanjutnya, hashtag juga bisa digunakan untuk melakukan kampanye lintas platform media sosial. Jika kita biasanya menyertakan hashtag Instagram, maka dengan mengyertakan hashtag di media sosial seperti Twitter atau Facebook tentang postingan yang sama maka postingan yang anda share di Instagram juga bisa muncul pada Facebook atau Twitter dengan mudah karena ada hashtag yang sama. Dengan kata lain, hashtag yang ditulis di Instagram bisa dengan mudah ditemukan di Twitter atau di Facebook.

Keberadaan hashtag di media sosial memang dinilai bisa memberikan manfaat khususnya untuk pemasaran atau promosi secara online. walaupun hashtag kadang juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan personal branding. Jika menggunakan hashtag terpopuler dengan tepat maka anda juga bisa menambah followers Instagram atau Twitter.

Tips Memilih Hashtag Terbaik

NoTips Memilih Hashtag yang Tepat
1Melakukan monitoring media sosial milik competitor
2Tracking tingkat popularitas hashtag
3Tracking hashtag yang relevan dengan brand anda
4Jangan menggunakan hashtag terlalu banyak
5Mengganti hashtag Instagram secara rutin
6Menggunakan hashtag generator gratis
7Melakukan hashtag analytics untuk hasil maksimal

4. Meningkatkan Engagement Konten Marketing

Ketika anda menggunakan hashtag dengan berbagai topic, audiens yang bukan followers anda mungkin akan tertarik untuk berinteraksi di dalamnya misalnya memberikan like, comment atau share. Itu akan meningkatkan engagement posting konten marketing anda. Faktanya adalah postingan Instagram dengan hahstag mendapatkan engagement 12% lebih tinggi dibandingkan dengan postingan tanpa hashtag.

Baca Juga: Jasa Instagram Management

5. Mempermudah Promosi Melalui Review Pelanggan

Anda bisa membuat hashtag dengan nama brand, produk atau slogan bisnis anda. Hashtag tersebut dapat digunakan oleh pelanggan setia anda ketika memposting rekomendasi layanan, event atau produk anda. Ini akan meningkatkan kepercayaan calon pelanggan terhadap produk/jasa anda. Faktanya 92% pelanggan lebih mempercayai rekomendasi produk dari pelanggan setia.

6. Mendorong Interaksi Penonton

Setiap postingan feed post story yang diberikan tag kemudian disimpak maka otomatis akan muncul pada hasil pencarian dalam beberapa hari kemudian. Coba bayangkan ketika anda membuat sebuah hashtag yang unik dan berapa banyak user Instagram yang tidak sengaja mencari hashtag kita kemudian mereka klik maka akan terjadi interaksi yang tinggi antara setiap pengguna. Itu bahkan bisa mendorong user untuk melihat profile Instagram kita dengan lebih detail. Kemudian, akan terjadi konversi dan penjualan.

7.Analisis Kompetitor

Berapa banyak ruang digital yang diambil alih oleh competitor di pasar? Hashtag membantu kita menganalisis pasar di media sosial. Kita dan competitor kemungkinan akan memiliki hashtag yang sama khususnya jika mereka adalah hashtag industry dan local. Dalam berbagai suara yang ideal, minimal postingan kita yang memiliki hashtag telah merajai halaman Instagram dan kemungkinan diklik oleh customer semakin tinggi.

FAQ

Apa hashtag berpengaruh di Instagram?

-Hashtag sangat berpengaruh untuk kepopuleran akun Instagram. Hashtag juga bisa digunakan untuk menambah followers anda di Instagram. Jika anda menggunakan hashtag yang terbaik di foto-foto anda.

Berapa persentase pengaruh keberhasilan hashtag pada postingan di Instagram?

-Pengguna Instagram tentu tidak asing dengan istilah yang disimbolkan dengan tanda tersebut. Tahukah anda bahwa menggunakan hashtag pada suatu post bisa meningkatkan jumlah jangkauan dan engagement sebanyak 12,6 persen. Engagement adalah interaksi yang dilakukan antara akun anda dengan pengguna yang lain.

× Chat dengan kami di WhatsApp