fbpx

Tahukah anda bahwa harga iklan yang tayang di televisi biayanya sangat mahal? Setiap iklan yang tayang selama 30 detik harganya bisa mencapai puluhan, belasan hingga ratusan juta. Ini menunjukkan bahwa pengeluaran bisnis untuk iklan sangat besar. Dengan datangnya era digital, pebisnis bisa beriklan dengan lebih cepat dan lebih murah. Salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan media promosi yang paling jitu yaitu IGTV.

Dengan menggunakan IGTV, anda bisa membuat bisnis anda menjangkau jutaan orang, anda bisa membuat konten promosi dengan durasi yang lebih lama, tayangan tanpa adanya batas waktu, dan budget yang pastinya rendah. Selain itu, apa saja manfaat yang akan anda dapatkan jika beriklan di IGTV? Apa saja tips yang harus dilakukan untuk memaksimalkan iklan di IGTV?

Contents

Apa Itu IGTV?

IGTV merupakan fitur Instagram yang memungkinkan penggunanya mengupload video dengan durasi yang lebih panjang. Pada fitur video yang biasa ada di postingan, video hanya bisa diupload sampai satu menit saja. Sedangkan video pada fitur Instastory hanya berdurasi 15 detik. Jika anda menggunakan IGTV, akun biasa mampu mengupload video dengan durasi 1-15 menit. Sedangkan untuk akun yang sudah diverifikasi oleh pihak Instagram, mereka bisa mengupload video dengan durasi sampai satu jam.

Manfaat Menggunakan IGTV untuk Bisnis

IGTV menjadi media yang sangat ampuh untuk beriklan demi kemajuan bisnis. Beberapa manfaat IGTV untuk kepentingan bisnis antara lain:

1.Membangun Customer Community

Anda berkesempatan menjaring audiens loyal yang bisa anda kembangkan menjadi sebuah komunitas. Brand bisnis anda bisa aktif terhubung dengan konsumen. Tujuannya tentu saja bukan hanya untuk membangun hubungan baik dengan konsumen dalam waktu jangka panjang. Namun tujuannya juga meningkatkan kepercayaan dan kesetiaan konsumen, meningkatkan brand awareness sampai dengan mendapatkan saran/masukan untuk perkembangan bisnis anda.

2. Meningkatkan Penjualan

Tujuan utama bisnis tentu adalah memenuhi target penjualan. Yang harus anda lakukan di IGTV yaitu meyakinkan konsumen agar masuk ke dalam tahapan pembelian. Caranya yaitu dengan membuat  konten promosi yang jauh lebih spesifik. Semua konten promosi harus bersifat persuasif sehingga konsumen bisa merasa yakin untuk membeli produk/jasa anda.

3. Meningkatkan Engagement

Engagement sangat penting agar hubungan baik dengan calon konsumen bisa tetap terjaga. Ini bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti membuat konten edukasi, behind the scene pembuatan produk, berdiskusi dengan pakar atau menerapkan berbagai jenis video marketing. Intinya, dengan konten-konten yang halus seperti ini, anda bisa lebih dekat dengan audiens. Kemudian, mereka akan menjadi konsumen anda.

Kombinasi antara konten IGTV dan engagement juga berguna membuat konten anda bisa dishare oleh para followers yang loyal. Oleh karena itu, engagement juga bisa menjangkau konsumen yang lebih luas.

4. Mengembangkan Branding dengan Lebih Mudah

IGTV memungkinkan anda bisa berkreasi dengan membuat video promosi, baik dari topik video ataupun aspek pendukung yang lainnya. Itu bisa digunakan untuk menyampaikan berbagai pesan branding seperti memperkenalkan karakter bisnis, product branding, keunggulan product dan sebagainya.

Branding bisa anda kemas dalam channel atau IGTV Instagram bisnis anda. Anda bisa mengatur sendiri program siaran anda seperti channel televisi. Semua video yang tampil di IGTV bisa anda sesuaikan dengan ciri khas bisnis, warna dominan, gaya bahasa, pengunaan logo dan sebagainya sehingga bisa menanamkan branding bisnis anda dalam hati konsumen.

5. Bisa Digunakan untuk Promosi Silang (Cross Promotion)

IGTV bukan hanya untuk promosi produk serta layanan saja. Anda juga bisa melakukan promosi silang/cross promotion ke media sosial yang lainnya. Caranya yaitu dengan mengarahkan audiens IGTV anda ke platform bisnis yang lainnya. Misalnya ke website bisnis, channel YouTube, sampai dengan mengikuti event yang anda selenggarakan.

Ini dilakukan agar promosi bisa lebih maksimal sehingga anda bisa memperkenalkan produk dengan lebih luas kepada konsumen anda.

Tips Membuat IGTV yang Profesional dan Terpercaya

NoTips untuk Membuat IGTV Profesional
1Gunakan cover/thumbnail yang menarik perhatian
2Gunakan judul yang singkat, padat dan jelas
3Pakailah hashtag untuk meningkatkan peluang muncul di pencarian
4Sediakan subtitle untuk mempermudah audiens
5Tanggapi setiap komentar agar audiens merasa istimewa

Cara Membuat IGTV untuk Bisnis

Berikut ini beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk membuat IGTV:

1.Gunakan Instagram Bisnis

Tahukan anda bahwa 60% orang menemukan produk baru melalui Instagram? Sebelum anda membuat video IGTV, pastikan bahwa anda sudah membuat akun Instagram bisnis. Ini karena selain menunjukkan kredibilitas, Instagram bisnis juga memiliki banyak fitur unggulan seperti Instagram Ads, Instagram Insight, tombol konten dan email serta kategori bisnis lainnya.

2. Buatlah Video IGTV Sesuai dengan Kriteria

Meskipun budget minimal namun pembuatan IGTV harus tetap maksimal. Agar mendapatkan hasil yang lebih baik, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan.

  • Usahakan agar durasi video tidak terlalu cepat ataupun terlalu lama. Konten harus benar-benar menarik karena kalau sampai membosankan, audiens akan beralih kepada konten yang lainnya.
  • Pemilihan rasio video bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Video versi vertikal sangat disarankan untuk live IGTV, interview dengan pembicara, review produk dan sebagainya. Sedangkan video horizontal digunakan pada dedicated video.
  • Sebaiknya gunakan resolusi video minimal 72- pixel dengan frame rate minimal 30 FPS.
  • Pastikan tidak mengupload video dengan ukuran terlalu besar karena akan memperlama waktu loading video

3. Upload

Tahapan ini terdiri dari berbagai langkah yang sederhana.

Anda hanya perlu melakukan klik dan selesai.

  • Pertama, anda bisa login ke Instagram Bisnis dan klik tanda + pada bagian bawah.
  • Selanjutnya, anda bisa memilih video yang ingin anda jadikan IGTV dan klik tanda panah biru pada bagian kanan atas.
  • Kemudian, pilihlah Long Video lalu klik Continue
  • Setelah itu, anda bisa memilih foto yang akan anda gunakan menjadi sampul atau thumbnail video IGTV anda.
  • Klik Add from Gallery untuk memilih foto atau klik Next jika anda ingin menjadikan awal video sebagai cover anda.
  • Setelah selesai memilih cover, maka preview cover IGTV akan tampil. Jika posisinya sudah tepat maka silahkan klik Next.
  • Terakhir, isilah judul deskripsi dan IGTV. Anda bisa menuliskan hashtag pada bagian deskripsi kemudian klik Post.

FAQ

Apakah saya harus membayar untuk menggunakan IGTV?

-Aplikasi IGTV gratis downloand serta tersedia di iOS dan Android. Setelah anda selesai mendownload aplikasi, anda perlu sign in dengan menggunakan akun Instagram anda.

Apakah saya sebaiknya memposting di IGTV?

-Memposting preview di Instagram dan mengirimkan followers ke IGTV anda akan membantu meningkatkan engagement. Menggunakan IGTV juga bisa membuka fitur “swipe up” untuk Instagram Story anda.

Leave a Reply

× Chat dengan kami di WhatsApp