fbpx

Di era digital,  kunci sukses dari bisnis online adalah dengan digital branding. Saat ini, sebagian besar orang lebih suka menggunakan internet untuk mengakses banyak hal. Oleh karena itu, internet wajib dimanfaatkan sebagai bagian dari branding bisnis.

Berikut ini akan dijelaskan apa yang dimaksud dengan digital branding, apa saja manfaat digital branding serta strategi digital social media branding yang harus digunakan untuk bisnis anda.

Contents

Apa yang Dimaksud dengan Digital Branding?

Branding merupakan upaya untuk memberikan informasi kepada audiens tentang perusahaan  anda. Bisnis anda pun bisa meninggalkan kesan yang mendalam pada audiens sehingga bisnis anda akan teus diingat.

Branding atau membangun identitas terhadap brand bisnis mungkin menjadi hal pertama yang harus dilakukan ketika anda memulai sebuah bisnis atau memiliki produk.

Sedangkan yang dimaksud dengan digital branding adalah cara anda mendesain atau membangun brand anda secara online seperti dengan media social, aplikasi, website dan sebagainya.

Digital branding sangat dibutuhkan agar bisnis anda menjadi lebih mudah hadir dalam ruang digital. Digital branding juga bisa membantu anda dalam melakukan berbagai strategi marketing.

Mengapa Digital Branding Dibutuhkan?

Digital branding sangat penting pada era digital karena anda bisa membangun ikatan dengan pelanggan. Digital branding juga membuat bisnis anda terlihat unik dan menarik bagi pelanggan. Anda pun bisa memenangkan persaingan bisnis yang semakin ketat.

Bagaimanapun juga, sebagian besar orang mencari produk atau jasa secara online. Jika bisnis anda bisa muncul di internet, maka produk anda berpotensi untuk ditemukan.

Manfaat Digital Branding

Selain karena faktor urgensi, digital branding ternyata juga mendatangkan banyak manfaat untuk bisnis anda. Apa saja manfaat dari digital branding?

1. Membangun Interaksi dengan Pelanggan

Branding digital memberikan kesempatan pada anda untuk berinteraksi dengan pelanggan. Misalnya dengan membuat GIF, menggunakan metode story telling sehingga calon pelanggan akan lebih memilih produk yang secara emosional lebih dekat dengan mereka daripada yang tidak.

2. Brand Mudah Diingat

Gunakan berbagai platform promosi media sosial untuk melakukan branding agar brand anda menjadi semakin mudah untuk diingat. Sebaiknya gunakan tren internet agar audiens mengingat brand anda dengan lebih mudah.

3. Lebih menonjolkan brand

Setiap brand tentu memiliki keunikan masing-masing. Anda  bisa memanfaatkannya sebagai daya Tarik. Inilah nantinya yang akan membuat brand anda menjadi lebih menonjol dibandingkan brand serupa.

4. Memperluas Jaringan

Jika anda melakukan digital branding dengan baik maka memperluas jaringan menjadi lebih mudah. Anda bisa memanfaatkan berbagai jenis platform online untuk memperluas jaringan. Sebaiknya bukalah kesempatan untuk bekerja sama dengan bisnis lainnya yang memiliki visi misi seperti bisnis anda.

5. Membuat Bisnis Menjadi Viral

Sesuatu yang viral mungkin menjadi hal biasa di era yang serba online. Meskipun ‘viral’ tidak direncanakan namun bisnis anda bukan berarti tak bisa viral. Yang anda perlukan hanyalah konsistensi. Sebaiknya anda rutin memposting konten yang menarik sebanyak mungkin. Ini akan memperkuat marketing anda. Jika anda bisa mempopulerkan bisnis dengan gigih maka kesempatan bisnis anda untuk viral juga semakin besar.

Strategi Digital Branding Terampuh untuk Bisnis Online  

Jika anda masih pemula, anda mungkin merasa bingung dari mana harus membranding bisnis anda. Namun tenang saja karena strategi digital paling ampuh akan dijelaskan di sini.

Logo seharusnya menjadi satu-satunya gambar yang bisa dihubungkan oleh pelanggan dengan merk. Beberapa brand besar memiliki logo yang identic dengan produk mereka.

Logo sangat penting karena menjadi identitas visual dari sebuah brand. Logo akan membuat produk lebih mudah diingat dan dikenal. Logo juga akan menjadi identitas utama platform dan channel marketing yang bisa anda gunakan.

No Poin Penjelasan
1   Tulisan/Gambar Bisa memilih ingin menggunakan logo berupa gambar atau tulisan. Jika berupa gambar, jangan terlalu rumit. Semakin sederhana semakin mudah diingat oleh audiens.
2   Gaya Desain Setelah memutuskan ingin membuat logo berupa gambar atau tulisan, selanjutnya tentukan gayanya ingin retro, modern atau fun energik. Sesuaikan dengan tujuan brand anda.
Kompatibel   Logo harus tampak bagus pada berbagai media. Setiap platform digital membutuhkan ukuran dan pencitraan khusus.
4   Skema Warna Skema warna akan membuat logo anda menonjol dan memunculkan mood. Tentukan warna apa saja yang akan menjadi standar branding untuk produk atau layanan anda.

 2. Website

Website bisa diibaratkan sebagai etalase digital bisnis anda. Orang-orang yang ingin tahu lebih banyak tentang brand anda akan segera mencarinya di internet.

Mereka mungkin akan mengetikkan nama brand anda di Google dan berharap mereka bisa menemukan produk anda di mesin pencarian.

Jika anda memutuskan untuk menggunakan website maka buatlah website yang ramah pengguna yaitu mudah digunakan oleh pengguna, navigasi sederhana dan pilih nama domain yang unik.

3. Brand Messaging

Yang dimaksud dengan brand messaging adalah apa yang ingin disampaikan oleh bisnis anda pada calon pelanggan. Pesan/message yang anda sampaikan harus sesuai dengan misi bisnis anda. Jangan lupa anda harus senantiasa fokus pada keinginan dan kebutuhan para pelanggan.

Untuk membuat brand messaging yang unik, lakukan beberapa hal berikut ini:

  • Ciri khas

Pesan brand anda mungkin akan lebih mudah diingat jika punya ciri khas. Sebaiknya lakukan riset kecil-kecilan terhadap kompetitor.

  • Memancing audiens agar penasaran

Jika audiens masih muda sebaiknya jangan langsung tunjukkan manfaat dari produk anda. Anda sebaiknya memberi sedikit ruang pada audiens untuk mengeksplorasi produk milik anda.

  • Tentukan cara menyampaikan brand messaging

Mengetahui target pasar dari bisnis anda sangatlah penting. Ini akan menentukan cara menyampaikan pesan pada mereka, apakah menggunakan gaya formal atau gaya yang santai.

4. SEO

SEO atau Search Engine Optimization akan memastikan bahwa brand anda akan lebih mudah ditemukan oleh mesin pencarian.

Untuk menerapkan strategi SEO, anda bisa menggunakan tool gratis seperti Google Keyword Planner, Ubersuggest, atau Ahrefs. Setelah anda menemukan kata kunci dengan menggunakan berbagai tool tersebut. Maka gunakan dalam artikel serta meta tag.

Tujuannya adalah agar website anda lebih mudah ditemukan oleh mesin pencarian.

5. Social Media

Sebagian besar orang, mulai dari yang muda hingga yang tua, sepertinya memiliki media social. Ada berbagai macam media social seperti Twitter, Instagram hingga Facebook. Semuanya telah menjadi bagian dari keseharian manusia modern. Oleh karena itulah, media social sangat bisa dimanfaatkan untuk digital branding. Tujuannya tidak lain agar pelanggan merasa tertarik.

6. Email Marketing

Dengan banyaknya media social dan aplikasi perpesanan, email menjadi media yang sedikit banyak terlupakan. Padahal, pengguna internet tentunya memiliki email karena email sering dibutuhkan untuk mendaftar di media social tertentu atau mendaftar di took online/e-commerce. Pada bagian digital branding, email menjadi cara yang paling mudah untuk menjangkau pelanggan, khususnya pelanggan yang tidak menggunakan media social.

Jika ingin memanfaatkan email marketing sebaiknya buatlah daftar email yang sudah ditargetkan, kemudian tentukan tujuan yang dicapai serta pilihlah segmen pelanggan yang lebih spesifik.

FAQ

Apa perbedaan antara digital branding dengan digital marketing?

-Digital branding bertujuan menciptakan imej brand lewat media digital sedangkan digital marketing bertujuan memasarkan produk dengan media digital.

Apa saja indikator SEO yang harus diperhatikan?

-Topik konten, struktur konten, meta tags, backlink, kecepatan loading website.

Leave a Reply

× Chat dengan kami di WhatsApp