fbpx

Mengelola bisnis apapun itu,  anda harus selalu mencari cara menarik konsumen supaya bisnis tetap hidup dan berkembang. Untuk dapat menarik konsumen yang tepat, anda membutuhkan strategi pemasaran (marketing) yang tepat pula.

Contents

Apa itu Strategi Pemasaran?

Apakah anda masih belum memahami tentang apa itu strategi marketing? Strategi marketing adalah rangkaian perencanaan untuk menjangkau target pasar dan mengubah mereka menjadi konsumen produk yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.

Jadi, anda tidak dapat memasarkan produk pada semua orang. Anda membutuhkan strategi marketing yang tepat untuk mengubah target pasar menjadi konsumen. Selain berfungsi mengantarkan anda pada konsumen yang tepat, strategi pemasaran juga penting untuk mempermudah koordinasi anda dengan tim. Strategi pemasaran memiliki banyak jenis. Jenis yang terbaru adalah pemasaran internet.

Baca Juga: Tool Desain Grafis Untuk Digital Marketing

Strategi Pemasaran Efektif untuk Bisnis UKM

Ada banyak strategi pemasaran yang bisa diterapkan untuk bisnis UKM.  Berikut ini strategi pemasaran ampuh untuk keberhasilan UKM:

1.Tentukan Tujuan dan Anggaran

Langkah pertama dalam menyusun strategi pemasaran adalah menentukan tujuan marketing dan menyusun anggaran untuk mencapai tujuan tersebut. Tujuan dan strategi pemasaran bisa sangat berbeda tergantung situasi setiap UKM. Selain tujuan, anda juga harus menyusun anggaran. Mengapa anggaran penting dalam strategi pemasaran?

Sebagian orang mungkin berpikir posting di media sosial saja sudah cukup tanpa harus mengeluarkan banyak dana. Sayangnya, untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari strategi marketing, anda harus bersedia mengeluarkan dana untuk membayar iklan di Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, atau platform iklan online lain.

2. Memanfaatkan Google My Business

Strategi marketing yang efektif lainnya adalah menggunakan Google My Business. Google My Business adalah fitur untuk pemilik bisnis yang sangat berguna untuk mempermudah calon konsumen mengetahui informasi lengkap tentang bisnis mulai dari nama bisnis, alamat perusahaan, nomor telepon perusahaan,  alamat email, jam operasional, website perusahaan, hingga review pelanggan.

Dengan mendaftarkan bisnis di Google My Business, perusahaan anda tentu akan muncul secara otomatis di Google Maps. Pelanggan yang ingin datang ke tempat bisnis anda akan dengan mudah menuju ke lokasi dengan bantuan Google Maps. Anda tidak usah susah-susah memikirkan system marketing yang kompleks.

Meskipun tampak sepele namun Google My Business punya banyak sekali manfaat mulai dari bisnis yang muncul di Google Maps, review pelanggan sampai dengan media komunikasi untuk para pelanggan. Pastikan bisnis anda terdaftar di Google My Business.

Baca Juga: Deretan Skill Penting Yang Dibutuhkan Dalam Digital Marketing

3.Temukan Satu Channel Media Sosial Utama

Media sosial menjadi salah satu teknik pemasaran yang efektif. Ada banyak pilihan media sosial yang bisa dimanfaatkan seperti Instagram, Twitter, Facebook, LinkedIn, sampai dengan YouTube. Apakah bisnis anda harus aktif pada semua media sosial? Tentu saja tidak.

Bisnis bisa jadi harus melakukan kampanye media sosial di Facebook, Instagram atau Twitter saja sedangkan bisnis lain kemungkinan bisa melakukan kampanye media sosial di LinkedIn, Line atau Instagram. Untuk menemukan media sosial yang cocok untuk bisnis, perlu dilakukan riset audiens.

4.Email Marketing

Email marketing merupakan teknik pemasaran berikutnya. Beberapa orang kemungkinan menganggap bahwa email marketing adalah spam yang bisa mengganggu konsumen. Tetapi fakta mengatakan bahwa penggunaan email marketing terus meningkat setiap tahun.

Studi yang dilakukan oleh McKinsey dan Company menunjukkan bahwa email marketing 40 kali lebih efektif untuk mendapatkan konsumen dibandingkan dengan Facebook dan Twitter. Sebanyak 59 persen konsumen bersedia berlangganan email marketing kalau ada penawaran yang diberikan. Penawaran dapat berupa kupon atau diskon special. Berdasarkan penelitian, 65 persen konsumen mendapatkan kupon diskon dari email marketing.

Ini menunjukkan bahwa email marketing bisa mendorong konsumen untuk berbelanja secara online atau offline.

Alasan Bisnis Harus Menerapkan Strategi Marketing Online

NoAlasan Bisnis Harus Menerapkan Strategi Marketing Online
1Menjangkau 196,7 juta jumlah pengguna internet di Indonesia
2Mudah dilakukan
3Target lebih spesifik
4Hasilnya lebih terukur
5Biaya yang minim

5.Content Marketing

Content marketing merupakan teknik marketing yang melibatkan produksi serta distribusi konten yang penting, relevan dan konsisten untuk menarik audiens dengan tujuan mengonversi mereka menjadi konsumen. Salah satu media untuk menampung content marketing adalah blog. Blog bisa berguna untuk mendapatkan trafik tinggi lewat pencarian organic.

Blog perusahaan menjadi tempat untuk menunjukkan kepada calon pelanggan yang potensial bahwa anda memang pakar pada bidang industry yang digeluti. Selain itu, anda juga dapat menggunakan microsite. Web mini ini sangat penting untuk membantu anda membuat kampanye pemasaran yang lebih unik dan lebih fokus.

Baca Juga: Metrik-Metrik Digital Marketing Yang Wajib Diketahui

6. Optimasi SEO

Website bisnis anda harus berada pada halaman pertama hasil pencarian sehingga mudah ditemukan oleh calon pelanggan di Google. Anda kemungkinan harus bersaing dengan ribuan atau puluhan ribu website lain untuk mendapatkan peringkat pertama Google. Agar website anda muncul pada halaman pertama mesin pencarian maka caranya yaitu dengan optimasi SEO.

Banyak hal yang harus dilakukan dalam optimasi SEO. Optimasi SEO sendiri terbagi menjadi dua yaitu SEO on page dan SEO off page. Optimasi SEO on page adalah optimasi terhadap konten yang diterbitkan sedangkan optimasi SEO off page adalah optimasi yang diterapkan pada balik layar website seperti backlink.

7. Paid Search

Sejak ditemukan oleh mesin pencarian online, siapa saja dapat menemukan apa yang dicari di dunia maya mulai dari jurnal ilmiah sampai dengan peralatan rumah tangga. Keberadaan mesin pencarian online seperti Google bisa mengubah perilaku konsumen dimana konsumen saat ini dapat mencari produk di Google lebih dulu sebelum membelinya. Google menyebutnya dengan Zero Moment of Truth (ZMOT).

Paid search sebenarnya bisa ditemukan pada semua mesin pencarian seperti Yahoo, Google dan Bing. Tetapi Google adalah platform yang paling besar untuk paid search. Google menyediakan layanan paid search lewat Google Ads yang sebelumnya dikenal dengan nama Google Adwords. Dengan Google Ads, anda bisa mengatur jangkauan dan spesifikasi audiens yang menjadi target.

8. Manfaatkan Social Media Ads

Jangkauan yang ada di media sosial tidak hanya didapatkan melalui jangkauan organic saja. Anda juga dapat memanfaatkan layanan ads setiap platform media sosial untuk meningkatkan jangkauan postingan media sosial anda.

Apalagi timeline media sosial seperti Facebook dan Instagram juga menerapkan system acak, tidak lagi berdasarkan waktu posting. Ini dapat menyebabkan konten media sosial anda terlewat. Anda bisa mengatasinya menggunakan layanan ads. Untuk itu, anda dapat menggunakan layanan ads media sosial. Membuat ads sangat mudah.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan internet marketing/pemasaran internet?

-Pemasaran internet adalah strategi memasarkan produk lewat internet dengan tujuan untuk branding,

Metode apa saja yang digunakan dalam komunikasi pemasaran online?

-Media sosial, SEO, email pemasaran, SEM, pemasaran afiliasi, influencer marketing, content marketing, lead generation  

× Chat dengan kami di WhatsApp