fbpx

Seiring dengan perkembangan teknologi, khususnya pada era digital marketing seperti saat ini membuat banyak orang ingin terjun ke dunia digital marketing. Setiap orang yang berkarir dalam dunia digital marketing wajib mengikuti setiap kemajuan serta perkembangan yang ada untuk menyesuaikan diri dengan keadaan pasar. Tetapi ada baiknya bekali diri dengan skill digital marketing yang mumpuni.

Sebelum membahas tentang skill yang dibutuhkan, tidak ada salahnya mengupas tuntas tentang apa yang disebut dengan digital marketing. Digital marketing adalah upaya pemasaran yang menggunakan perangkan internet dengan berbagai strategi marketing serta media digital dimana anda bisa berkomunikasi dengan calon konsumen yang menghabiskan waktu secara online.

Ada beberapa akses untuk calon consumen agar bisa melihat penawaran anda seperti blog, website, media sosial (Instagram, Whatsapp, Line, dan sebagainya). Dari berbagai akses tersebut, mereka akan berkomunikasi pada anda.

Contents

Skill Digital Marketing yang Harus Dimiliki

1. Analisis Pasar

Menganalisis pasar adalah dasar dari pekerjaan marketer.  Jika seorang marketer tidak mengetahui pasar, khususnya tidak memahami competitor dan pembeli maka hal itu bisa membuat pekerjaan mereka sia-sia. Oleh karena itu, kemampuan dalam analisis pasar menjadi skill marketing yang sangat dibutuhkan. Berbagai teknologi sudah mendukung kemampuan ini. Salah satunya yaitu Mixpanel. Platform yang satu ini membantu para marketer untuk mendapatkan berbagai informasi yang dibutuhkan berdasarkan analisis pembeli sampai dengan cara seseorang memutuskan membeli sebuah produk.

2. Riset

Kebiasaan public yang terukur membuat riset menjadi satu skill marketing yang dibutuhkan. Dengan kemampuan riset, marketer pasti akan selalu mempertimbangkan keputusannya dengan matang. Proses riset  bagi seorang marketer dapat dilakukan untuk kegiatan apapun dan kapanpun. Mulai cara berinteraksi dengan pembeli secara online sampai dengan menentukan waktu terbaik untuk melakukan analysis pasar.

3. Memahami Customer Experience

Pengalaman pengguna atau customer experience mengaju pada kondisi Ketika penjual serta pembeli melakukan interaksi. Pengalaman pengguna dibagi menjadi tiga sesi yaitu user interaction, customer journey, dan user experience. Kebutuhan ini sangat wajib untuk dipahami oleh marketer karena ketiganya berperan sangat besar terhadap perusahaan. Untuk mendukung kerja pada bagian ini, beberapa marketer memilih menggunakan tools.

4. Story Telling

Perubahan zaman memaksa banyak perusahaan untuk mengubah cara promosinya. Jika dulu kegiatan promosi dilakukan secara langsung, maka prosesnya sekarang beralih menjadi persuasive atau yang biasa disebut dengan story telling. Proses ini mengedepankan promosi, entah lewat foto, video atau tulisan yang secara tidak langsung menciptakan kedekatan dengan calon pengguna. Dengan kedekatan maka akan muncul kepercayaan yang akan berpengaruh pada pembelian.

5. Marketing Media Sosial

Platform media sosial menjadi alat utama bagi seorang marketer. Kemampuan mendatangkan dan diihat oleh banyak orang membuatnya menjadi pilihan jitu bagi seorang marketer dalam memasaarkan produk dan jasa. Meskipun demikian, kemampuan yang sangat luas membuat penggunaan media sosial harus diimbangi dengan pengetahuan. Ini karena media sosial memiliki jenis pengguna yang berbeda. Untuk memanfaatkannya maka dibutuhkan strategi yang juga berbeda.

6. Memahami Prinsip SEO

Salah satu skill utama berkarir dalam dunia digital marketing adalah dengan mengetahui prinsip dasar dari Search Engine Optimization atau SEO. Sesuai dengan namanya, SEO digunakan untuk mengoptimasi posisi website yang kita miliki pada mesin pencarian. Sebagai permulaan, anda harus mengetahui bagaimana fungsi keyword dalam meningkatkan traffic website. Oleh karena itu, anda harus mencari keyword dengan search volume yang tinggi. Ada banyak website yang dapat anda gunakan untuk melakukan tahapan keyword research seperti KWFinder, Google Keyword Planner, Ahrefs, dan masih banyak lagi lainnya.

Jika anda memiliki pengetahuan yang mendalam dan pengalaman dalam bidang SEO, anda bisa memulai karir dalam dunia digital marketing sebagai SEO specialist.

Keuntungan Digital Marketing dalam Bisnis

NoKeuntungan Digital Marketing dalam Bisnis
1Lebih menghemat biaya promosi
2Menjangkau target pasar yang lebih luas
3Membantu meningkatkan penjualan
4Membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan
5Data yang lebih cepat dan akurat

7. Skill Menulis

Hal lain yang tidak kalah penting dalam memulai karir di dunia digital marketing adalah kemampuan untuk menulis atau biasa dikenal dengan nama copywriting dan content writing. Semakin berkualitas sebuah konten dan semakin menarik cara penyampaiannya maka ini tentu akan menarik beberapa pembaca yang sedang mencari tema tersebut. Kemampuan menulis ini tidak akan muncul begitu saja.

Oleh karena itu, anda harus memulainya seawal mungkin. Selain membiasakan diri untuk membaca, beberapa caranya yaitu dengan membuat blog pribadi dan menuliskan ide atau cerita yang anda miliki. Mengirimkan tulisan ke media juga bisa membantu anda mempertajam skill yang penting ini. Jika anda merasa unggul dalam skill menulis, maka anda dapat memulai karir anda sebagai seorang content writer. 

8. Psikologi

Banyak perusahaan yang saat ini memutuskan untuk mempekerjakan psikolog dalam bagian marketing. Alasannya yaitu menerapkan bias kognitif dalam kegiatan marketing perusahaan tersebut. Saat ini, beberapa perusahaan mulai menggunakan alat EEG (Elektroensefalografi) untuk mengukur dampak dari beberapa iklan atau landing page pada aktivitas otak. EEG adalah alat untuk merekam aktivitas elektrik di sepanjang kulit kepala.

9. Content Marketing

Content adalah inti dari digital marketing dan content marketing akan terus menjadi bagian penting dari bidang ini. Namun content marketing sendiri adalah pekerjaan besar. Anda harus bisa memahami cara tidak hanya sekadar membuat konten yang berkualitas tinggi, SEO friendly, namun anda juga harus memahami bagaimana caranya membuat audiens terlibat dengan baik.

Untuk membuat hal-hal yang sedikit lebih menantang maka penting untuk dicatat bahwa konten ada banyak sekali bentuknya mulai dari video, email, konten website, blog, ebook, video, whitepapers dan sebagainya.

Anda juga harus memiliki pemahaman yang kuat mengenai pemasaran media sosial karena ini akan mengikat Sebagian besar jenis pekerjaan content marketing. Anda harus bisa membuat stategi berdasarkan tujuan bisnis menyeluruh, mengembangkan kampanye yang melibatkan strategi yang efektif serta memantau analitik.

10. Analisis Data dengan Google Analytics

Skill yang tidak terlepas dari dunia digital marketing adalah kemampuan untuk menganalisis data atau data analytics. Kemampuan ini sangat penting untuk dimiliki, mengingat data yang tersedia Ketika anda bekerja sebagai digital marketer akan sangat melimpah. Adapun tool yang biasa digunakan dalam digital marketing adalah Google Analytics.

Google Analytics menyediakan berbagai informasi terkait aktivitas dari sebuah website. Dengan Google Analytics, anda bisa mengetahui data terkait session duration, pages per session sampai dengan bounce rate dan lainnya. Berdasarkan data yang disediakan, anda juga dapat mengetahui behaviour atau kebiasaan visitor website anda bisa mengatur strategi untuk meningkatkan conversion pada website anda.

Jika anda merasa cocok dengan aktivitas menganalisis data, maka anda bisa bekerja sebagai data analyst!

11. Fast Learner

Perkembangan serta dinamika dalam digital marketing berlangsung dengan sangat cepat. Ini terjadi karena berbagai tool, platform dan media yang digunakan dalam aktivitas digital marketing mengalami peningkatan dan perubahan dalam waktu yang cepat. Berbagai tool serta platform tersebut juga bertambah terus setiap harinya.

Oleh karena itu, seorang digital marketer harus menjadi seorang fast learner. Kemampuan adaptasi sangat dibutuhkan agar anda dapat mengetahui bukan hanya perubahan tool dan platform namun juga perubahan perilaku konsumen. Anda juga harus terus menambah skill untuk meningkatkan kualitas sebagai digital marketer yang handal.

12. Pendengar yang Baik

Soft skill yang juga harus dimiliki oleh anda yang ingin berkarir di digital marketing adalah kemampuan menjadi pendengar yang baik. Kemampuan anda dalam menggali keinginan serta kebutuhan konsumen akan semakin terasah bukan hanya dengan mengetahui informasi mengenai behaviour para visitor website anda namun juga dengan mengetahui keluhan mereka lewat survey singkat yang dapat anda sediakan di website atau melalui email.

Dengan menjadi pendengar yang baik, anda bisa meningkatkan kualitas produk anda sesuai dengan saran konsumen atau melakukan diversifikasi produk sehingga kesempatan anda untuk mendapatkan profil konsumen yang luas menjadi semakin terbuka.  

FAQ

Apa itu digital marketing?

-Digital marketing adalah suatu aktivitas promosi, baik untuk mempromosikan sebuah brand, produk maupun jasa dengan menggunakan media digital.

Bagaimana cara melakukan digital marketing?

-Menentukan target pasar serta pilihan produk, memilih produk yang menjadi solusi terbaik, membangun website, membangun media sosial, menggunakan SEO, SEM dan social media ads.

× Chat dengan kami di WhatsApp