fbpx

Pekerjaan sebagai Social Media Specialist sebenarnya hampir sama seperti public relations. Kalau  public relation bertugas mempromosikan produk perusahaan lewat offline event serta kerja sama media maka Social Media Specialist bertugas mempromosikan produk lewat platform media sosial seperti Twitter, LinkedIn, Instagram, dan Facebook. Social Media Specialist merupakan salah satu jenis profesi yang sedang tren pada era digital saat ini.

Perkembangan dunia digital sangat berpengaruh pada penggunaan media sosial di kehidupan banyak orang. Saat ini, social media specialist menjadi profesi yang dibutuhkan banyak perusahaan. Social media specialist bertanggung jawab mengelola semua media sosial perusahaan. Fungsi media sosial untuk perusahaan adalah sebagai branding dan membangun hubungan personal dengan pelanggan. Tidak mengherankan kalau perusahaan membutuhkan seseorang untuk mengelola akun media sosial perusahaan secara serius.

Baca juga: Pentingnya Social Media Branding Bagi Sebuah Bisnis

Contents

Apa itu Social Media Specialist?

Social media specialist bertanggung jawab dalam memegang kendali atas semua isi media sosial sebuah perusahaan. Tetapi pekerjaan mereka tidak hanya sekedar mengupload foto atau menulis tweet sepanjang satu atau dua baris saja. Setiap langkah yang dilakukan oleh social media specialist di dunia maya sudah dikalkulasi dengan strategis. Mulai dari penempatan konten yang berbeda untuk media yang berbeda.

Penggunaan keyword sudah tepat sampai dengan planning publikasi yang sangat dibutuhkan untuk menjamin isi posting mendapatkan audiens sebanyak mungkin serta memberikan hasil yang diinginkan. Tidak hanya sebatas untuk perushaaan, jasa social media specialist juga digunakan oleh individu khususnya public figure semacam politisi dan selebritis.

Citra dan popularitas bagi politisi dan selebriti sejak dulu dianggap sebagai parameter keberhasilan. Saat ini, eksistensi social media menjadi media baru untuk mendulang keberhasilan. Di sinilah, kemahiran social media specialist memperbaiki citra klien di internet semakin dibutuhkan.

Skill yang Dibutuhkan oleh Social Media Specialist

Menjadi social media specialist bisa dibilang memiliki sedikit perbedaan dengan pekerjaan yang lainnya. Beberapa pekerjaan lain mungkin bisa dipelajari di sekolah atau bangku perkuliahan tetapi saat ini belum ada universitas yang mengajarkan materi belajar secara penuh tentang media sosial. Oleh karena itu, peluang untuk mengisi posisi ini sangat terbuka untuk semua orang asal memiliki berbagai skill di bawah ini.

1. Social Media Fluency

Social media specialist harus punya minat yang sangat besar dalam menggunakan media sosial. Mereka juga harus mengetahui berbagai jenis media sosial yang digunakan oleh para user. Orang dengan posisi ini tidak boleh gagap teknologi serta harus mengikuti perkembangannya terus menerus. Mereka juga harus benar-benar terhadap tren seperti hashtag atau konten yang populer.

2. Kemampuan Komunikasi

Sekalipun bekerja di belakang layar, seorang social media specialist harus punya kemampuan berkomunikasi. Ini meliputi editing, menulis, story telling, SEO serta presentasi. Komunikasi dalam media sosial bisa dibilang unik. Anda harus dapat membangun hubungan yang baik segi tulisan serta menciptakan kedekatan secara virtual sekalipun tidak dengan tatap muka.

3. Pengetahuan terhadap Tools yang Dibutuhkan

Dalam menjadi social media specialist, anda tentu akan berhadapan dengan berbagai jenis tools untuk mempermudah pekerjaan anda. Tools yang harus dikuasai misalnya adalah Hootsuite untuk mengelola berbagai jenis akun. Selain itu, anda juga harus menguasai berbagai tools analisis yang penting untuk memonitor perkembangan media sosial.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Social Media Monitoring Dan Tools Yang Digunakan

4. Skill Desain dan Komputer

Social media specialist setidaknya harus punya pemahaman mendasar tentang desain dan computer. Skill mendasar ini meliputi kemampuan dalam Blogger atau WordPress. Tidak hanya itu, selera visual juga harus benar-benar dimiliki oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang ini karena mereka bekerja sama dengan tim desain.

5. Kemampuan dalam Berpikir Cepat

Fenomena serta tren yang ada di media sosial bergerak dengan sangat cepat. Cepat muncul serta cepat hilang. Oleh karena itu, selain peka, social media specialist juga harus bisa berpikir dengan cepat untuk mengaplikasikan tren dengan konten yang relevan. Jangan sampai konten yang dibuat ketinggalan arus sehingga menjadi monoton dan out of date.

6. Kemampuan Manajemen Waktu

Banyak sekali hal yang harus dikerjakan oleh orang yang ada di posisi mulai dari membalas email sampai dengan merevisi content plan setiap bulan. Seorang social media specialist bisa jadi mengurus lebih dari 1 akun brand dan belum lagi berbagai aset sosmed setiap brandnya. Mereka juga punya berbbagai pekerjaan seperti posting, membuat campaign, revisi konten, revisi desain sampai dengan editing.

Tanggung Jawab Social Media Specialist

NoTanggung Jawab Social Media Specialist
1Mengembangkan content plan dalam media sosial yang sesuai serta konsisten dengan identitas brand
2Menciptakan konten yang punya value serta konsisten di semua platform media sosial
3Mengelola post media sosial dengan volume yang tinggi
4Berkomunikasi dengan para followers yang ada di media sosial
5Mengembangkan serta mengatur program dengan para influencer dan datang pada berbagai event
6Menggunakan tools analitik seperti Hootsuite Pro, Google Analytics, dan Facebook Insights
7Mempersiapkan laporan perkembangan media sosial setiap perusahaan atau brand
8Memberikan rekomendasi serta saran untuk strategi social media marketing
9Selalu update dengan perkembangan tren media sosial
10Memberikan panduan pada tim desain atas visual konten yang memang sudah direncanakan

7. Manajemen Konsumen

Tujuan dari media sosial adalah terhubung dengan konsumen secara efektif. Oleh karena itu, social media specialist membutuhkan kemampuan dalam memahami pertanyaan, kmentar, kebutuhan atau keluhan dari konsumen.  Inilah yang akan membuat konsumen merasa bahwa perusahaan anda tidak hanya memberikan edukasi satu arah namun juga mampu memahami kebutuhan konsumen.

8. Update pada Tren Terbaru

Dalam industry yang sangat dinamis, maka sangat penting untuk selalu update mengenai teknologi informasi paling baru dari setiap bidang bisnis. Gunakan media sosial untuk mengetahui istilah atau obrolan yang paling relevan serta online saat itu. Itu akan membantu menghasilkan konten yang sangat segar serta relevan.

9. Memahami Beragam Platform Media Sosial

Social media specialist harus memiliki pengetahuan yang dalam untuk setiap platform sosial media. Mereka harus memahami mana jenis konten yang tepat untuk Facebook atau Instagram. Itu karena setiap media sosial menawarkan target audiens yang berbeda. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali target audiens dari sebuah bisnis.

Baca juga: Social Media Marketing 101 Untuk Lejitkan Bisnis

10. Menentukan Key Performance Indicator (KPI)

Menentukan KPI adalah tugas social media specialist untuk menunjukkan pada perusahaan bagaimana cara mereka bisa menggunakan sosial media dalam mencapai tujuan bisnis. Mereka harus meninjau tujuan serta strategi dengan teratur serta membuat penyesuaian yang dibutuhkan.

11. Menguraikan Analisis

Alat analitik pada media sosial akan menyediakan data yang mengukur kinerja dari sosial media perusahaan. Seorang social media specialist harus dapat memahami grafik dari data analitik pada perusahaan. Dengan demikian, perusahaan bisa membuat keputusan yang tepat untuk mencari atau mengembangkan strategi lain yang mungkin lebih membuahkan hasil.

12. Memahami Search Engine Optimization (SEO) dan Ads

Social media specialist harus benar-benar memahami kerja SEO dengan cara mengintegrasikannya dengan media sosial untuk mendapatkan traffic organic misalnya dengan memberikan link pada social media perusahaan bisa meningkatkan peringkat pada mesin pencarian. Setiap bagian dari konten harus tersegmentasi, bisa dicari serta dapat dibagikan berdasarkan target audiens. Social media specialist juga harus memahami tentang cara ads atau iklan berbayar bisa meningkatkan kinerja social media dengan lebih maksimal.  

FAQ

Berapa kisaran gaji social media specialist?

-Gajinya social media specialist terbilang besar. Social media specialist pada tingkatan entry level akan digaji sesuai dengan UMK setiap wilayah sampai dengan kisaran Rp 3 juta. Kalau keahlian anda sebagai social media specialist sudah diakui maka gaji bisa meningkat sampai Rp 7 juta atau bahkan bisa sampai lebih.

Apa pekerjaan social media analyst?

-Social media analyst adalah seseorang yang bertugas meningkatkan engagement perusahaan dengan memanfaatkan media sosial dan mengoptimalkan SEO. Profesi ini memang bertujuan meningkatkan traffic online serta brand exposure dari berbagai platform media sosial.

× Chat dengan kami di WhatsApp