fbpx

Media sosial menjadi tempat terbaik untuk mempromosikan suatu bisnis. Jika anda sedang mencari cara untuk meningkatkan followers brand anda dan meningkatkan konversi, maka terapkan strategi media sosial. Pada artikel ini, Core Freelancers akan menunjukkan cara meningkatkan penjualan dalam bisnis online melalui media sosial.

Contents

6 Cara Ampuh Promosi di Media Sosial

1. Pasang Ads/Iklan

Melakukan promosi di media sosial juga dapat dilakukan dengan cara iklan. Beberapa jenis iklan yang tersedia di Facebook antara lain sponsored stories, cost per click, page like ads.  Sedangkan jenis iklan yang ada di Instagram antara lain photo ads, carousel ads, collection ads, stories ads, dan reels ads.

Selain menggunakan fasilitas beriklan yang sudah tersedia di media sosial, kita juga dapat beriklan dengan melakukan sponsorship pada akun media sosial yang memiliki banyak followers.

Baca juga: Pentingnya Social Media Branding Bagi Sebuah Bisnis

2. Menjangkau Komunitas

Media sosial menjadi tempat berkumpulnya orang-orang, bahkan tidak jarang di media sosial orang yang punya hobi dan minat yang sama membentuk suatu komunitas. Kehadiran group komunitas tersebut tentunya dapat menjadi sasaran para pelaku bisnis untuk mempromosikan produk mereka. Namun kuncinya adalah promosi lewat komunitas harus dengan teknik soft selling.

3. Mengadakan Kontes atau Kuis

Kontes atau Kuis menjadi cara paling ampuh dalam mempromosikan sebuah brand di media sosial. Cara ini layak dicoba karena brand anda akan mendapatkan impresi yang tinggi dari target market. Engagement target konsumen juga akan menjadi sangat tinggi karena target market dan konsumen anda pasti merasa tertarik dengan hadiah yang diberikan oleh brand anda. Ini berlaku jika anda mengadakan kuis atau kontes yang berhubungan dengan produk yang dijual.

Baca juga: Kalender Konten Media Sosial Terbaik Untuk Planning Konten

4. Share Pengetahuan

Selain mengadakan kontes/kuis, cara kreatif lainnya dalam mempromosikan brand lewat media sosial adalah dengan membagikan pengetahuan atau informasi tentang produk yang dijual. Beberapa hal yang bisa dilakukan antara lain membagikan tips menggunakan produk lewat ebook atau membagikan video tutorial mengenai cara menggunakan produk dan masih banyak lagi lainnya.

5. Membuat Status/Tweet/Postingan

Ini menjadi cara promosi di media sosial yang paling simple dan gratis yaitu dengan promosi lewat status/tweet yang dibuat di media sosial. Buatlah postingan atau tweet yang menarik perhatian audiens.

Baca juga: Digital Marketing Tools Yang Wajib Dimiliki

6. Memposting Produk di Social Media Story dengan Rutin

Saat ini, promosi di media sosial bisa lebih efektif dengan keberadaan story yang hanya bertahan selama 24 jam. Anda bisa membuat konten yang simple dan mudah dipahami kemudian posting di Instagram, Facebook ataupun WhatsApp story. Jangan lupa mencantumkan link produk anda pada story tersebut agar calon pembeli bisa langsung mengunjungi akun/website bisnis anda.

FAQ

Mengapa harus promosi di media sosial?

-Karena media sosial memungkinkan untuk lebih banyak berinteraksi dan memasarkan brand dari sisi yang berbeda. Media sosial adalah saluran yang menawarkan cara yang menyenangkan dan mudah untuk berinteraksi dengan para konsumen.

Apa saja hal yang harus diketahui tentang promosi di media sosial?

-Perhatikan visual, perhatikan jam posting, berikan hal yang berguna, interaksi dengan para followers, kuantitas tidak harus terlalu banyak/terlalu sedikit, tulisan yang menarik.

× Chat dengan kami di WhatsApp