fbpx

Digital marketer biasanya diharapkan memiliki kemampuan multitasking dalam melakukannya pekerjaannya. Kemampuan yang multitasking ini tidak hanya terjadi pada marketer saja. Banyak juga pemilik bisnis online atau pekerja agensi yang memiliki tuntutan untuk mengerjakan banyak hal pada waktu yang bersamaan. Selain bisa membuat konten berupa tulisan, kadang juga diwajibkan memiliki kemampuan skill desain yang sederhana.

Selain itu juga membuat program kerja, perencanaan kampanye serta dituntut untuk membuat riset, laporan dan menghasilkan ROI atas semua aktivitas marketing. Karena aktivitasnya yang cukup banyak, maka dibutuhkan bantuan marketing tools atau software untuk kegiatan marketing.

Baca Juga: Jenis Marketing Tools Dan Aplikasi Marketing Tools Untuk Meningkatkan Bisnis

Contents

Apa itu Marketing Tool?

Marketing tool adalah software yang digunakan untuk membantu kegiatan marketing (pemasaran) mulai dari perencanaan tugas kerja, analisis keyword, produksi konten, proses desain, lead generation software, social media management software hingga proses analisis dengan analytics software. Ada beberapa rekomendasi marketing tools yang sering digunakan oleh para digital marketers, agensi, start up, serta pemilik bisnis online yang mengerjakan banyak hal setiap harinya.

Project Management & Collaboration Tools

Marketing tools yang berguna untuk mengatur proyek serta kolaborasi online membuat kerjasama dalam tim menjadi lebih mudah dan lebih cepat. Dengan menggunakan bantuan software ini, anda bisa membuat penugasan kerja, deskripsi brief tugas, menetapkan deadline serta melihat proses pekerjaan secara umum.

1. Monday

Monday.com adalah software manajemen proyek berbasis cloud yang menyederhanakan cara tim mengelola beban kerja serta punya fitur untuk memungkinkan komunikasi antar tim. Monday memiliki pendekatan unik untuk membantu mengelola tim dengan segmentasi dan pemilihan warna papan tugas kerja dan proses. Hal ini memungkinkan pengguna segera memeriksa proyek mana yang sedang berlangsung, tugas mana yang sudah selesai dan dimana anggota tim merasa stuck serta membutuhkan bantuan untuk meninjau ulang tugas.

2. Trello

Trello adalah project management software yang cukup populer. Fungsinya tentu saja  untuk membantu tim berkolaborasi dalam melakukan pekerjaan. Trello bisa dideskripsikan sebagai aplikasi manajemen proyek dalam bentuk papan kanban. Dengan menggunakan Trello, anda bisa mengatur, mengkoordinasikan, dan melacak pekerjaan ketika bergerak lewat alur kerja di antara tim kerja. Yang menjadi  nilai jual Trello adalah kemudahan dalam penggunaannya dan kemampuannya untuk berkolaborasi dengan luar anggota tim.

Baca Juga: Daftar Tools Untuk Membuat Logo Bisnis Yang Menarik

3. Asana

Asana adalah software as a service (SaaS) yang didesain untuk meningkatkan kolaborasi kerja sama tim serta manajemen pekerjaan. Asana bisa membantu tim mengelola proyek dan tugas dalam satu platform. Asana juga mungkin merupakan salah satu alat kolaborasi terbaik yang membantu tim mengelola semua jenis tugas, apapun industry anda. Meskipun mungkin agak membingungkan awalnya namun fleksibilitas dan kemampuannya yang canggih sepadan dengan investasi anda  untuk menggunakan software ini. Asana juga berguna untuk tim dan perusahaan yang menangani banyak proyek sekaligus dan bisa melayani perusahaan dalam berbagai ukuran.

Email Marketing & Automation Tools

Email marketing tools adalah salah satu marketing tools wajib yang harus anda miliki sebagai seorang marketer! Email marketing masih menjadi software yang relevan dalam industry digital marketing baik pada tahun 1971 sampai dengan saat ini. Email bisa dengan mudah menjadi salah satu channel marketing yang paling efektif dan sering digunakan untuk membangun  kepercayaan konsumen untuk mengembangkan hubungan jangka panjang dengan customer mereka.

Saat ini, anda bisa menjalankan system email marketing dengan fitur yang lebih canggih seperti otomatisasi (email automation) dan lainnya. Berikut ini daftar email marketing dan automation terbaik.

1. SendInBlue

SendInBlue merupakan email marketing dan automation software yang canggih dengan fitur yang sangat lengkap untuk membuat drip campaigns anda. Software ini tidak hanya membantu kebutuhan email marketing anda namun juga membantu mengotomatiskan SMS marketing, landing page dan lainnya. SendInBlue akan bekerja dengan autopilot setelah anda mendesign workflow kerja anda di SendInBlue. Ini memungkinkan anda untuk meakukan segmentasi, retargeting dan menjangkau pelanggan dengan mudah.

2. MailChimp

MailChimp adalah salah satu platform email marketing yang direkomendasikan untuk semua pemula di dunia email marketing. Mengapa? Karena software ini adalah software email marketing paling mudah untuk digunakan untuk pemula. MailChimp memungkinkan anda membuat email marketing dengan professional  dan membantu anda untuk mengkobversi prospects dengan lebih baik. Jika anda tidak terlalu membutuhkan fitur email yang lebih kompleks, anda bisa menggunakan MailChimp. MailChimp juga hadir dengan banyak sekali template yang tampak professional dan analitik.

Baca Juga: Apa Itu KOL Marketing? Simak Penjelasannya Dan Manfaat Untuk Bisnis!

3. GetResponse

GetResponse adalah email marketing yang lebih mengusung konsep otomasi. Software marketing ini bisa menganalisis tren dan perilaku tertentu dari daftar database anda untuk memicu pesan serta mengirimkan email otomatis tertentu secara  instan. Hasilnya adalah aktivitas email marketing anda menjadi lebih efektif dan cerdas. Platform ini memiliki lebih dari 500 template email yang bisa anda pilih serta sesuaikan dengan mudah sesuai kebutuhan. Dengan bantuan fitur perferct timing maka pesan anda bisa dikirimkan serta menjangkau prospek ketika mereka online dan memeriksa email.

SEO Tools

Selain email marketing, ada juga aktivitas SEO yang harus dilakukan dengan konsisten. Masalah yang biasa terjadi adalah tidak semua marketers memahami strategi SEO dan bagaimana memulainya. Tidak semua marketers memahami cara SEO bekerja sehingga perusahaan seringkali memilih menghire konsultan SEO atau agensi. Berikut ini beberapa software untuk aktivitas SEO.

1. SEMRush

SEMRush adalah salah satu SEO tools yang paling komprehensif yang tersedia di pasaran dan memiiki kebutuhan yang paling lengkap untuk bisnis. Sebelum menjalankan kampanye SEO, SEMRush adalah tool yang pasti anda butuhkan untuk melakukan audit secara akurat dan melakukan berbagai aktivitas SEO yang lainnya anda bisa mengidentifikasi pesaing anda dengan mudah dan apa saja aktivitas SEO yang mereka lakukan, apa saja penelusuran organic mereka dan membantu untuk menemukan keyword atau konten dengan kinerja terbaik.

SEMRush menawarkan fitur untuk melakukan riset keyword yang komprehensif untuk membuat konten. Anda juga bisa melacak backlink pesaing  serta mengungkap strategi link building mereka dna membantu anda melakukan audit teknis SEO untuk meningkatkan SEO pada page website anda.

2. Majestic SEO

Majestic SEO adalah tool SEO yang melakukan survey di internet untuk mencari link ke situs website anda. Majestic mengklaim telah membangun database Link Intellignce terbesar di dunia. Basis data link pada dasarnya adalah peta internet yang melacak setiap sius website yang tertaut ke halaman anda. Majestic SEO mendapatkan insightnya dari pemetaan dan pembuatan indeks web intelijen link terbesar yang tersedia. Data ini digunakan untuk memahami DNA web, kategori setiap halaman dan setiap domain yang ada.

3. Screaming Frog

Screaming Frog adalah software SEO spider tool yang bisa dengan cepat merayapi situs website, daftar situs website atau halaman web tertentu untuk memberikan analisis lengkap tentang kinerja halaman tersebut. Anda bisa menggunakan tool ini untuk melihat apakah anda memiliki link yang error/broken, halaman yang error dan masih banyak  lagi. Tools ini memberikan informasi penting yang berhubungan dengan SEO tentang situs anda yang bisa anda download dan simpan dalam file untuk referensi. Ini mencakup elemen tingkat tinggi seperti CSS, HTML dan Javascript.

Visual Content Creator Tools

Saat ini, kita hidup pada era visual. Seseorang akan kehilangan audiens jika tidak memiliki strategi pembuatan konten visual. Menciptakan visual sangatlah sulit kalau anda tidak memiliki skill desain. Saran terbaik adalah jika anda membutuhkan bantuan untuk membuat  konten visual, anda mungkin harus memeriksa beberapa platform seperti  Canva dan Powtoon sebagai permulaan.

1. Canva

Canva adalah platform untuk membuat grafis anda tampak lebih professional. Jika anda tidak punya bakat desain, anda bisa menggunakan Canva dengan mudah untuk membuat postingan di media sosial, presentasi, infografis, cover website dan lain secara gratis. Canva menawarkan banyak pilihan template, clip art dan font untuk membantu anda menyesuaikannya dengan proyek yang sedang anda kerjakan.

2. Powtoon

Powtoon adalah platform komunikasi visual populer yang memungkinkan siapapun membuat video dan presentasi yang tampak professional dan menarik hanya dalam hitunan menit. Anda tidak harus memiliki skill dalam desain atau kemampuan teknis. Banyak marketer dan pembuat konten menggunakan Powtoon tool ini untuk membuat video training, marketing, sales dan masih banyak lagi lainnya. Powtoon juga menyediakan banyak template sampai dengan gambar stok dan musik.      

Social Media Management & Analytics

Dengan banyaknya orang menghabiskan begitu banyak waktu di media sosial, hal ini menjadi salah satu saluran marketing terpenting untuk pemilik brand agar dimanfaatkan secara maksimal. Itulah mengapa software untuk manajemen media sosial telah menjadi kebutuhan pokok perusahaan besar atau kecil yang memang aktif di media sosial.

1. Hootsuite

Hootsuite adalah tools management media sosial yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan dan menjadwalkan konten media sosial di berbagai platform. Tools ini bisa membantu anda melacak kinerja konten media sosial anda, menghitung konversi, ROI dan melacak percakapan banyak orang tentang produk, brand atau layanan anda.

2. Buffer

Buffer adalah software manajemen media sosial untuk brand yang bertujuan untuk mendorong keterlibatan (engagement) di media sosial sama seperti Hootsuite. Fitur Buffer membantu anda merencanakan dan menjadwalkan konten anda, menganalisis hasil keterlibatan brand dengan audiens. Buffer memungkinkan anda menjadwalkan postingan pada berbagai media sosial.

3. BuzzSumo

BuzzSumo adalah salah satu tool yang bisa digunakan untuk penelitian dan pemantauan yang bisa membantu mengidentifikasi tren topic tertentu. BuzzSumo bisa membantu anda mendapatkan ide blog atau konten untuk media sosial yang sedang trending. Sekalipun BuzzSumo adalah tools yan berbayar, namun anda bisa mendaftar uji coba gratis selama 7 hari sebelum berlangganan. BuzzSumo juga memungkinkan anda menemukan konten terbaik untuk niche apapun dan membantu anda menemukan KOL atau influencer yang mempromosikan konten anda.

FAQ

Apa yang dilakukan oleh digital marketing?

-Seseorang yang bekerja sebagai digital marketing atau biasa disebut dengan digital marketer adalah pekerjaan bidang pemasaran tetapi menggunakan platform digital. Seorang digital marketer memiliki tanggung jawab dalam brand awareness suatu produk dan sebagai perantara untuk komunikasi dengan pelanggan.

Mengapa harus menggunakan digital marketing?

-Digital marketing membantu suatu bisnis bisa menjangkau lebih banyak audiens dibandingkan dengan metode konvensional. Selain bisa menjangkau lebih banyak audiens, digital marketing juga lebih menghemat biaya dan lebih terukur.

× Chat dengan kami di WhatsApp