fbpx

Ada berbagai jenis pemasaran dalam dunia bisnis yang tujuan utamanya adalah menarik perhatian calon pelanggan dan meningkatkan penjualan. Salah satu jenis pemasaran yaitu direct marketing atau pemasaran langsung. Direct marketing yaitu sistem pemasaran tanpa menggunakan perantara atau pihak ketiga. Inilah yang membuat proses penawaran dan proses transaksi terjadi dengan dinamis.

Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan direct marketing? Direct marketing merupakan salah satu dari banyak strategi pemasaran yang bisa menarik banyak pelanggan. Metode marketing yang satu ini lebih mengedepankan media pemasaran langsung tanpa ada pihak perantara dalam proses tawar menawar dengan konsumen.

Direct marketing menggunakan banyak media untuk berinteraksi dengan pelanggan yang ditargetkan bisa melalui email, bertemu langsung atau bahkan menggunakan telepon. Pada era digital, direct marketing bisa menggunakan berbagai jenis platform modern seperti email marketing, telemarketing, website, media sosial, hingga SMS blast yang langsung dikirimkan pada pengguna ponsel.

Contents

Manfaat Direct Marketing

Direct marketing memiliki berbagai manfaat bagi pengusaha. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari direct marketing.

1. Membidik Pelanggan yang Ideal

direct marketing adalah

Menggunakan direct marketing memungkinkan anda untuk menargetkan kelompok pelanggan tertentu dengan pesan yang telah disesuaikan dengan target pelanggan. Dengan melakukan riset dan mengidentifikasi pelanggan yang mungkin membutuhkan atau menginginkan produk atau layanan anda, anda bisa fokus pada upaya marketing pada tempat yang punya peluang paling tinggi.

Kampanye direct marketing yang tertarget dengan baik juga akan memberikan pemahaman tentang cara pelanggan anda  dalam menanggapi penawaran produk dan jasa.

2. Meningkatkan Penjualan kepada Pelanggan Lama

Sebagian besar pelanggan dihubungi oleh perusahaan yang mereka kenal. Perusahaan tersebut berusaha memahami kebutuhan mereka dan membangun hubungan pribadi dengan mereka. Anda bisa meningkatkan penjualan kepada pelanggan yang sudah ada.  Agar berhasil meningkatkan penjualan, anda sebaiknya menyimpan catatan pelanggan dan memilih taktik promosi yang lebih sederhana dan terencana dengan baik.

Anda juga bisa menggunakan taktik direct marketing untuk membangun kembali hubungan dengan pelanggan yang sudah lama tidak berinteraksi. Ini menjadi kesempatan emas untuk meningkatkan penjualan dan mencari tahu mengapa pelanggan anda tidak menggunakan jasa/produk anda lagi.

3. Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Direct marketing membantu anda membangun hubungan langsung dengan pelanggan anda. Anda bisa melakukan personalisasi promosi, surat dan penawaran untuk membuat link langsung dengan pelanggan anda dan meningkatkan hubungan pribadi dengan mereka.

Banyak bisnis yang menggabungkan strategi direct marketing dan loyalitas pelanggan untuk mempertahankan dan membangun hubungan pelanggan misalnya dengan mengirimkan ucapan selamat ulang tahun, menawarkan diskon dan undangan untuk penjualan selanjutnya.

Kelebihan & Kekurangan Direct Marketing

NoKelebihan Direct MarketingKekurangan Direct Marketing
1Membangun hubungan kuat dengan pelangganKonsumen akan merasa terganggu jika pendekatan terlalu agresif
2Menciptakan loyalitas pelangganPrivasi konsumen kurang diperhatikan
3Biaya pemasaran relatif rendahPerusahaan harus mencurahkan lebih banyak waktu dan perhatian
4Pelanggan mendapatkan informasi sedetail mungkinMenimbulkan citra negatif di mata konsumen
5Pelanggan bisa meminimalisir resiko salah dalam memilih barangTidak bisa menjangkau banyak pelanggan
table on direct marketing adalah

4. Menciptakan Bisnis Baru

Ketika menggunakan teknik direct marketing, anda bisa berkomunikasi secara langsung dengan target pasar yang anda pilih. Ini akan memberikan tingkat keberhasilan penjualan yang lebih baik daripada berkomunikasi dengan banyak orang. Mereka mungkin tidak tertarik dengan produk dan layanan anda. Jika anda menggunakan teknik yang efektif dalam mencari dan menemukan pelanggan baru, anda bisa mendapatkan pelanggan baru dan meningkatkan penjualan anda kepada pelanggan baru.

Direct marketing memungkinkan anda bisa beradaptasi dan merespon kebutuhan pasar dan bisnis anda secara langsung. Anda bisa mendapatkan hasil penjualan yang cepat dan fleksibel dengan teknik pemasaran yang satu ini. Promosi dari mulut ke mulut menjadi bentuk pemasaran yang paling ampuh. Kampanye pemasaran yang efektif akan memberikan jaminan pada pelanggan tentang bisnis anda.

Mereka mungkin akan menceritakan bisnis anda kepada teman, kolega atau keluarga mereka. Ini bisa membuka prospek baru untuk bisnis anda ke depannya.

5. Menguji dan Mengukur Produk dan Penjualan Bisnis

Pendekatan langsung akan memberikan feedback secara langsung. Direct marketing menjadi cara yang tepat untuk mengukur selera pelanggan terhadap produk anda dan mencoba produk atau jasa yang baru.

Direct marketing juga memungkinkan anda untuk menguji pasar baru, meninjau hasil penjualan, mengukur efektifitas taktik penjualan dan periklanan anda. Anda juga bisa memperbaiki kampanye digital marketing anda. Ketika anda menjalankan kampanye direct marketing, anda harus memantau dan meninjau hasilnya serta menggunakan informasi ini untuk meningkatkan keberhasilan kampanye anda selanjutnya.

Dengan menghitung biaya pembuatan dan pengiriman katalog serta keuntungan yang anda dapatkan dari setiap pelanggan yang merespon, anda bisa menilai keberhasilan kampanye direct marketing anda.

Strategi Direct Marketing

Ada tiga strategi direct marketing yang biasa digunakan untuk mendekati calon pelanggan, di antaranya sebagai berikut:

1. One Step Approach

Strategi direct marketing ini dimanfaatkan secara langsung untuk mengoptimalkan tujuan. Tujuannya yaitu berupa order penjualan atau database pelanggan. One step approach biasanya digunakan ketika perusahaan sangat memahami karakteristik kebutuhan si pelanggan.

2. Two Step Approach

Two step approach merupakan strategi direct marketing yang memanfaatkan banyak media untuk menarik minat si pelanggan. Dibandingkan dengan One Step Approach, metode ini mungkin lebih kuno karena ada dua tahapan yang harus dilakukan yaitu menyaring calon pelanggan potensial yang mungkin punya ketertarikan kemudian melakukan follow up untuk menghasilkan output berupa penjualan.

3. Direct Marketing Media

kelemahan direct mail

Strategi direct marketing media dilakukan dengan memanfaatkan media massa yang ada contohnya media yang sering digunakan yaitu print media, direct mail, telemarketing serta direct selling.

FAQ

Apa saja contoh strategi direct marketing?

-Mengirimkan katalog, telemarketing, online marketing dengan Facebook Ads atau AdWords, direct mail marketing.

Apa perbedaan direct marketing dengan personal selling?

-Direct marketing yaitu sistem penjualan dari produsen secara langsung ke konsumen akhir sedangkan personal selling yaitu adanya sistem penjualan tatap muka antara penjual dan konsumen namun produk yang dijual bisa melalui distributor.

× Chat dengan kami di WhatsApp