Apa media sosial yang sedang tenar di kalangan anak muda dan dewasa? Tentu saja TikTok. Selama masa pandemi, TikTok menjadi media sosial yang membagikan berbagai jenis konten kreatif. Dengan konten berbasis video yang diiringi musik yang asyik, TikTok segera menjelma menjadi media sosial yang sangat digemari. Anda bisa menemukan berbagai konten kreatif yang bersifat menghibur seperti menari, konten lucu, tutorial memasak, tutorial make up hingga konten edukasi.
Saat ini, TikTok telah digunakan oleh 800 juta pengguna di seluruh dunia. TikTok menjadi salah satu sumber konten terbesar di internet. Minat yang tinggi dan penyebaran konten TikTok yang cepat menjadi daya tarik dalam dunia marketing online.
Apakah anda tertarik untuk meningkatkan penjualan bisnis anda melalui TikTok? Apakah bisnis anda bisa berkembang dengan memanfaatkan TikTok? Simak penjelasannya berikut ini.
Contents
Strategi Meningkatkan Penjualan Bisnis di TikTok
1.Menggunakan Hashtag yang Tepat
Ini adalah tips pertama meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok. Konten video TikTok tergantung pada hashtag untuk pencarian judul. Video biasanya akan diurutkan sesuai dengan hashtag yang trending melalui menu discover. Penggunaan hashtag ini bisa membantu anda memperluas penyebaran konten marketing bisnis.
Jika video telah menyebar dengan luas, maka semakin tinggi juga jumlah followers. Dengan hashtag, anda bisa melihat siapa saja yang akan menjadi kompetitor anda. Tetapi jangan menggunakan hashtag yang terlalu populer. Karena ini akan membuat konten anda akan tenggelam.
Anda sebaiknya menggunakan hashtag yang lebih spesifik dan tidak terlalu populer agar konten bisnis anda bisa mendapatkan sorotan. Pilih saja hashtag yang relevan dan jangan terlalu banyak.
2.Ikuti Tren dan Buat Konten yang Seru
Cobalah memantau tren apa yang sedang hits. Hashtag TikTok bisa berubah dengan sangat cepat. Oleh karena itu, anda harus tetap mengikuti semua perubahan. Jadikan setiap konten sebagai inspirasi membuat sesuatu yang relatif dan relevan dengan tren. Sebaiknya jangan hanya meniru namun masukkan ciri khas bisnis online dalam setiap konten.
Anda sebaiknya membuat versi atau tren baru yang unik dan khas dari brand bisnis online anda. Konten yang menarik biasanya akan mendatangkan banyak pelanggan baru. Mereka cenderung akan mengklik tombol follow akun bisnis online anda.
3.Kolaborasi dengan Influencer
Influencer memiliki banyak audience. Di antara beberapa influencer, ada beberapa yang memiliki audience sesuai dengan target market anda. Ini akan menjadi cara untuk meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok. Jangan lupa terus membangun reputasi dengan konten yang berkualitas. Ajaklah influencer untuk membagikan dan membuat review produk atau jasa untuk usaha anda.
Sebelum anda memilih influencer, anda sebaiknya menganalisis audiens dari si influencer tersebut. Tujuannya yaitu untuk memastikan apakah audience ini cocok dengan target pasar dari produk anda. Akan jauh lebih baik jika influencers yang anda pilih sudah lama menggunakan produk anda.
Kemudian, berikan pointers konten pada influencer tersebut. Berikan juga kebebasan pada influencer tentang cara mengemas kreasi konten agar sesuai dengan selera para followers. Pengguna jauh lebih tertarik dengan sesuatu yang original. Meskipun kualitasnya kurang baik namun reviewnya lebih terpercaya.
Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan TikTok
No | Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan TikTok |
1 | Jumlah Pengguna TikTok mencapai 800 juta |
2 | Pengguna cukup aktif |
3 | Perhatian sangat mudah untuk didapatkan |
4 | Beberapa kompetitor anda sudah menggunakannya |
5 | Cara ini sangat menyenangkan |
4.Membuat Hashtag Challenge
Hashtag menjadi fitur primadona TikTok. Penggunaan hashtag sangat populer digunakan untuk menyebarkan konten yang sesuai dengan tema, topik, dan minat pengguna.
Membuat hashtag challenge menjadi cara yang efektif untuk menambah engagement dan brand awareness bisnis online. Anda bisa membuat hashtag yang mudah diingat dan relevan dengan brand bisnis anda. Anda bisa menuangkan kreativitas dan membuat challenge yang seru serta mudah diikuti oleh pengguna TikTok.
Pengguna TikTok tentu akan sangat antusias dalam mengikuti challenge yang seru dan mengupload konten buatannya. Selain melakukan review produk, anda juga bisa mengajak influencers untuk mengikuti challenge yang anda buat agar followersnya juga tertarik untuk mengikuti challenge tersebut.
5. Posting & Ajaklah Penonton Berkomentar di Postingan Anda
Akun TikTok yang aktif akan membuat anda lebih mudah dicari oleh target pasar anda. TikTok mendukung frequent user engagement rate. Semakin banyak interaksi maka semakin baik akun dan citra brand bisnis online anda. Salah satu caranya yaitu dengan memposting komentar.
Anda bisa membangun percakapan di kolom komentar dengan calon konsumen anda. TikTok mengurutkan komentar berdasarkan jumlah likes. Oleh karena itu, anda sebaiknya memikirkan dengan baik bagaimana komentar anda agar percakapan anda tetap bermakna dan menarik.
Anda juga bisa memposting komentar pada video konsumen yang membahas produk anda. Tuliskan komentar yang menarik, tulus dan sesuai dengan persona brand bisnis online anda.
6. Sering Memposting Video
Anda juga bisa meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok dengan sering membuat postingan. TikTok akna memberikan reward khusus bagi akun yang sering membuat konten pada akunnya. Semakin banyak postingan maka semakin luas penyebaran konten anda.
Anda sebaiknya menyiapkan minimal 2 konten per hari. Agar penulisan konten lebih muda maka buatlah editorial content plan yang rinci dan sesuai dengan intensitas postingan yang anda inginkan.
7. Gunakan Efek Video Terbaik
Pengguna TikTok membutuhkan kreativitas untuk menampilkan kontennya dengan baik. Akun bisnis online anda juga harus demikian. Agar bisa membatur dengan para pengguna TikTok yang lainnya, anda sebaiknya membuat konten yang memanfaatkan fasilitas efek dari TikTok. Anda bisa mengklik tab Effects dan memeriksa berbagai jenis kategori seperti trending, world, editing, animal dan sebagainya.
TikTok juga memiliki efek green screen yang cukup populer untuk digunakan pada berbagai postingan yang viral. Anda bisa berkreasi dengan efek yang ada di TikTok. Siapa tahu anda bisa menciptakan tren baru yang mudah diikuti oleh para pengguna.
FAQ
Mengapa TikTok populer pada tahun 2020?
-Karena TikTok muncul di Instagram dan Twitter. Selain itu, banyak bintang YouTube yang berpindah ke TikTok.
Mengapa TikTok ideal sebagai media marketing?
-Karena konten video TikTok sangat mudah untuk dishare. Ini akan sangat menguntungkan anda yang ingin viral.