fbpx

Membangun bisnis dengan brand local ternyata cukup menjanjikan. 93,3% orang Indonesia lebih mempercayai kualitas produk local dibandingkan dengan produk asing. Yang lebih menarik adalah konsumen ternyata senang membeli produk brand local yang dipromosikan dengan baik karena mereka bisa menjadi lebih dekat dengan produk tersebut.

Itu artinya promosi bagi suatu brand local sangat penting jika bisnis anda ingin lebih cuan. Namun bagaimana cara mempromosikan produk brand local yang baik? Berikut ini, beberapa tips marketing ampuh agar brand anda lebih dikenal masyarakat dan menghasilkan profit yang lebih besar.

Baca Juga: Strategi Marketing Yang Efektif Untuk Bisnis

Contents

Tips Marketing Ampuh untuk Mempromosikan Brand Lokal

Berikut ini beberapa tips pemasaran yang terbukti ampuh untuk brand local:

1. Go Online dengan Website

Di Indonesia, jumlah pengguna internet sudah mencapai 196 juta. Jadi bisa dibilang agar sebuah brand ingin terus berkembang, maka melakukan promosi online adalah hal yang wajib. Bayangkan kalau anda masih menjalankan bisnis secara offline, maka potensi mendapatkan jutaan pelanggan pun akan hilang.

Terlebih lagi saat ini, banyak pilihan untuk bisa go online. ingin memulai dari media sosial dulu? Juga bisa. Ingin marketplace? Juga boleh. Tetapi website tetap menjadi pilihan terbaik dengan berbagai kelebihan. Jadi, anda sebaiknya menjadikannya sebagai channel utama untuk promosi.

Mengapa demikian?

Pertama, 84% konsumen lebih mempercayai bisnis yang memiliki website. Artinya mengandalkan media sosial saja masih belum cukup untuk membangun brand local anda secara online. Kedua, ketika konsumen melakukan riset di Google maka hasil yang tampil adalah website atau lapak di marketplace.

2. Optimalkan Local SEO

Sebagai brand local, anda tentu harus bisa menguasai hasil pencarian local di Google agar upaya marketing anda menjadi lebih baik. Apalagi 46% pengguna Google melakukan pencarian local. Hal ini dapat disiasati dengan optimasi SEO local yaitu cara melakukan optimasi website supaya mampu tampil pada hasil pencarian pada lingkup wilayah tertentu.

Salah satu cara mengoptimalkan SEO local adalah dengan melakukan riset keyword dan menggunakannya pada website anda. Tujuannya yaitu agar anda mengetahui apa yang diinginkan oleh konsumen dan keyword apa yang diketikkan di Google.

Dengan menguasai SEO local, maka akan semakin sering orang melihat brand anda pada hasil pencarian sehingga kemungkinan mereka melakukan pembelian semakin besar.

Baca Juga: Media Sosial Terpopuler Untuk Promosi Bisnis

3. Daftar pada Google My Business

Anda pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Google My Business. Manfaat fitur ini adalah menampilkan berbagai informasi lengkap tentang bisnis anda agar konsumen lebih mudah dalam mencarinya.

Google My Business ini dapat memperkuat SEO local anda karena jika ada yang mencari brand secara khusus maka informasinya akan langsung tampil pada halaman pertama Google. Selain itu, Google My Business juga bisa meningkatkan kredibilitas bisnis sampai 70%! Alasannya cukup jelas bahwa semakin lengkap informasi suatu bisnis maka semakin kecil kemungkinan bisnis tersebut menipu.

Bayangkan kalau anda mengkombinasikan strategi website dengan Google My Business. Tidak ada lagi keraguan dalam hati konsumen ketika akan membeli produk anda. Itu artinya keuntungan anda akan mengalir dengan lebih deras.

4. Ciptakan Buyer Persona

Marketing juga bisa dimanfaatkan oleh brand local untuk menyasar target konsumen dengan lebih tepat. Salah satunya yaitu dengan membuat buyer persona. Buyer persona adalah representasi dari tipikal target konsumen anda. Buyer persona didapatkan dari hasil riset yang berisi data demoigrafis, kepribadian, tingkah laku, dan semacamnya.

90% bisnis berhasil meningkatkan pemahamannya pada konsumen dengan buyer persona. Apa saja dampaknya? Anda tahu persis bukan hanya siap target pasar tetapi juga apa yang mereka butuhkan. Anda tidak asal mempromosikan produk ke banyak orang yang belum tertarik dengan produk tersebut, jadi ini akan lebih menghemat waktu serta biaya.

5. Menentukan Nilai Jual Brand

Apa yang membuat brand anda berbeda dari competitor? Layanan customer service anda menjadi lebih baik? Produk anda lebih eksklusif karena dibuat dengan tangan atau anda memberikan packaging kayu gratis pada setiap pengiriman barang? Yang pasti tentukan nilai keunikan atau Unique Selling Point (USP) dari bisnis anda.

USP bukan hanya dapat menarik konsumen namun akan mempermudah upaya marketing serta branding yang anda lakukan. USP bisa diciptakan dengan cara melakukan inovasi produk.

6. Mengelola Blog akan Memberikan Value

Sekilas, mengelola blog terdengar cukup melelahkan. Tidak mengherankan banyak brand local yang masih malas melakukannya. Padahal, ini dapat menjadi tips marketing yang paling jitu untuk dicoba. Menurut riset, 6 dari 10 konsumen mengaku bahwa mereka mendapatkan value dari blog. Value tersebut dapat berupa informasi yang bermanfaat seperti panduan, tips, info promo terbaru yang berkaitan erat dengan produk anda.

Ini artinya, lewat blog, kosnumen bisa jadi lebih dekat dengan brand melalui pendekatan content marketing tersebut. Strategi ini sangat cocok untuk membangun kredibilitas brand local dalam jangka panjang.

Alasan Marketing Penting untuk Brand Lokal

NoMengapa Marketing Brand Lokal Penting
1Konsumen bisa menemukan brand anda dengan mudah
2Memenangkan persaingan dengan brand local lainnya
3Menyasar konsumen yang jauh lebih tepat
4Membangun keterikatan emosi yang positif ke konsumen
5Meningkatkan pemasukan

Baca Juga: Jasa Online Reputation

7. Mengelola Media Sosial Resmi

Bisnis yang baik biasanya sudah memiliki akun media sosial resmi. Media sosial yang dikelola dengan baik bisa memberikan pengalaman yang memuaskan untuk konsumen. Bahkan 71% konsumen tidak akan merasa ragu merekomendasikannya ke orang lain sehingga akun anda semakin dikenal serta followernya juga semakin bertambah. 

Berikut ini beberapa strategi social media marketing?

  • Membentuk tim – mengelola media sosial membutuhkan waktu yang cukup banyak jadi anda bisa membuat tim khusus untuk mengelolanya. Sedangkan anda bisa fokus saja ke bisnis. Dengan demikian, bisnis anda tetap aktif dan responsive setiap saat.
  • Membuat kalender konten – untuk mempermudah anda menyiapkan semuanya dengan tepat waktu, maka perlu dibuat kalender konten sheingga konten anda bisa terbit dengan rutin dan menciptakan followers yang loyal.
  • Mendengarkan konsumen – jangan hanya fokus ke promosi saja namun anda juga harus berinteraksi dengan followers anda. Jawab pertanyaan mereka, ajak mereka untuk mengikuti kuis serta semacamnya. Maka akan dijamin bahwa konsumen akan lebih loyal serta menghargai anda

8. Menggunakan Strategi Ads yang Efektif

Sampai saat ini, iklan memang menjadi salah satu promosi yang cukup efektif. Jadi, brand bisnis anda tetap harus melakukannya. Tetapi daripada memasang iklan lewat billboard atau baliho, menggunakan iklan digital secara online terbukti menjadi lebih efektif. Apalagi saat ini, semakin banyak pilihan platform yang anda gunakan:

  • Google Ads
  • YouTube Ads
  • TikTok Ads
  • Facebook Ads
  • Instagram Ads

9. Memanfaatkan WhatsApp Bisnis

WhatsApp bisnis adalah aplikasi yang diciptakan secara khusus untuk pemilik bisnis agar mudah berkomunikasi dengan konsumennya. Anda bisa menggunakannya untuk brand bisnis anda.

Apa saja manfaat menggunakan WhatsApp Bisnis?

  • Memiliki fitur komunikasi yang lengkap – ada fitur semacam greeting message untuk menyapa konsumen ketika menghubungi anda untuk pertama kali. Quick message untuk membalas pertanyaan yang sama dengan cepat sampai dengan away message yang mengirimkan pesan otomatis ketika anda sedang off.
  • Lebih mudah follow up konsumen – ada fitur Label dimana anda bisa memberikan label “unpaid” pada pelanggan yang belum membayar.
  • Bisnis lebih terpercaya – adanya fitur profil bisnis dapat menghapus semua keraguan pada hati konsumen anda karena semua informasi tentang bisnis anda akan ditampilkan.
  • Promosi produk – fitur Katalog untuk memajang berbagai produk anda, lengkap dengan harga serta deskripsinya.

Dengan semua manfaat yang disebutkan di atas, maka tidak mengherankan jika WhatsApp Bisnis telah digunakan oleh lebih dari lima juta bisnis yang ada di seluruh dunia. Yang lebih menarik yaitu WhatsApp Bisnis juga dapat disambungkan ke website anda. Jadi, ketika pengunjung browsing dan ingin menghubungi anda, cukup sekali klik dan langsung tersambung ke WhatsApp Bisnis anda.

FAQ

Mengapa banyak orang memilih brand local?

-Tidak hanya mengandalkan kualitas produk saja, brand local juga menawarkan desain yang itentik dan orisinil. Selain unik, desain prodk yang seperti ini juga dapat memperkenalkan budaya asli kepada masyarakat yang lebih luas bahkan sampai keluar negeri. Dengan demikian, nama Indonesia juga aan lebih dikenal dengan produknya yang berkualitas.

Apa saja keunggulan produk local?

-Keuntungan membeli produk local adalah kualitasnya yang lebih baik untuk kesehatan karena bahan bakunya mengalami perjalanan panjang, harganya murah namun berkualitas, menunjukkan local pride yang lebih besar.  

wpChatIcon
wpChatIcon
× Chat dengan kami di WhatsApp