fbpx

Setelah punya website, anda selanjutnya akan dituntut untuk selalu mengoptimalkan website tersebut. Google analytics merupakan fasilitas untuk melihat jumlah pengunjung blog perusahaan atau pribadi ataupun social networks lain dengan bentuk data statistic. Layanan berikut dibutuhkan agar peninjauan performa situs website bisa selalu terpantau.  

Google Analytics adalah layanan yang bisa membantu anda dalam menganalisis website dan memandu membuat keputusan bisnis yang lebih terukur. Memiliki situs website menjadi salah satu strategi pemasaran digital bisnis.

Tetapi tidak cukup sampai di situ, anda juga perlu menganalisis berbagai metrik, seperti traffic website, perilaku pengunjung dan statistic e-commerce.

Contents

Apa itu Google Analytics?

Google Analytics adalah layanan gratis dari Google yang menampilkan statistic visitor sebuah situs website. Bisa dipahami bahwa Google Analytics adalah salah satu tools yang digunakan untuk memantau dan menganalisa web atau platform apapun yang terhubung secara online yang diverikan secara gratis oleh Google.

Harus diketahui bahwa Google Analytics adalah layanan yang dapat menampilkan persentase pengunjung situs website. Untuk itu, Google Analytics merupakan salah satu layanan yang sangat membantu pemilik blog atau website untuk menganalisa situs berdasarkan data-data yang ditampilkan.

Sampai saat ini, Google Analytics adalah kebutuhan yang sangat dibutuhkan oleh website owner, digital marketer dan tentunya seorang SEO specialist untuk mendapatkan data statistic visitor sebuah website.

Maka tidak mengherankan, Google Analytics adalah tools yang biasa digunakan oleh marketer ataupun webmaster untuk mendapatkan insights tentang aktivitas visitor situs mereka. Insights tersebut nantinya bisa digunakan untuk membuat keputusan yang akan meningkatkan hasil bisnis lewat website.

Dasar-Dasar Google Analytics

Google Analytics dibuat ke dalam berbagai bagian yang harus dipahami oleh kerator untuk mengetahui berbagai data yang akan didapatkan selama proses analisa kinerja website:

Organization

Anda akan menemukan informasi tentang perusahan yang anda jalankan. Kolom organisasi tersebut akan mencakup beberapa akun Google lainnya yang akan mendapatkan informasi tentang kinerja website. Fitur ini direkomendasikan untuk website bagi perusahaan besar tetapi tidak wajib dimiliki.

Accounts

Fitur kedua yang akan didapatkan adalah kolom accounts dimana setiap pengguna wajib mendaftarkan dirii untuk mendapatkan informasi tentang perforam website. Sebuah organisasi dapat memiliki beberapa akun Google Analytics sehingga tidak hanya bergantung ke satu orang saja. Anda bisa mendaftarkan diri melalui akun email pribadi yang digunakan untuk terhubung ke website tertentu. Di sisi lainnya, anda juga dapat mengatur jumlah orang yang bisa mengakses informasi website sehingga mempermudah analisa masing-masing kolom website.

Property

Property merupakan website dan aplikasi yang dikembangkan oleh creator, biasanya setiap property dapat diakses oleh sekitar 25 orang sekaligus.

View

Bagian paling penting dari penggunaan Google analytics adalah anda bisa melihat jumlah visitor yang datang setiap hari. Selain itu, anda juga bisa memilih dan memilah jumlah visitor yang datang setiap saat. Misalnya pada kolom one with zero configuration, maka anda akan mendapatkan jumlah visitor secara mentah sehingga anda tidak mengetahui apakah pengunjung tersebut adalah orang asli atau robot.

Kedua adalah one with filter set up dimana anda bisa menandai jumlah visitor yang berasal dari perusahaan anda yang tampak dari IP Address yang dimiliki atau kunjungan dari robot yang melakukan spam traffic. Jumlah visitor asli akan terlihat setelah anda melakukan penyaringan ke jumlah pengunjung berdasarkan data yang diinginkan.

Data Stream

Data stream adalah fitur yang memberikan informasi mengenai kinerja situs anda pada berbagai sistem informasi sehingga anda dapat mengetahui apakah audience lebih banyak mengakses website melalui personal computer (PC) atau handphone.

Informasi ini juga akan membantu creator untuk mengubah tampilan website sesuai dengan gadget yang biasa digunakan oleh audience. Meskipun demikian, ada baiknya membuat format website dalam dua saluran sehingga anda bisa mencakup audience yang lebih banyak.

Google Analytics Dimension and Metrics

Fitur yang satu ini akan memberikan informasi tentang demografi audiens yang mengunjungi website dan blog yang dimiliki. Misalnya pada kolom dimensions maka anda akan mendapatkan informasi tentang lokasi audiens, jenis konsumen serta jenis gadget yang digunakan.

Sedangkan untuk bagian metrics, anda akan mengetahui jumlah halaman yang dibuka, konversi, durasi peralihan ke kolom lainnya serta waktu yang dibutuhkan untuk membaca konten. Durasi tersebut dibutuhkan untuk mengetahui apakah audiens menyukai konten artikel yang anda suguhkan pada website.

Untuk mempermudah memahami informasi yang dibutuhkan maka berbagai data tersebut disajikan dalam bentuk kolom yang mudah dibaca oleh creator. Creator juga dapat mengatur dimensi serta metrik pada halaman Google Analytics tetapi anda juga perlu mengetahui jenis membership yang dimiliki oleh konsumen yang membuat akun pada website tersebut.

Sehingga anda bisa mengkombinasikan informasi tersebut dengan jumlah page views untuk mengetahui jumlah visitor berdasarkan jenis member yang mengaksesnya. Pengaturan informas ini biasanya diterapkan pada website yang memberikan layanan khusus membership bagi konsumennya.

Namun jika anda menjalankan sebuah blog maka anda akan mendapatkan informasi tentang jumlah interaksi audiens yang memberikan pengaruh pada metrik lainnya misalnya jumlah konversi atau durasi yang dibutuhkan ketika membuka sebuah halaman.

Google Analytics Audience

Audience adalah sekelompok pengguna yang punya kesamaan tertentu misalnya usia, lokasi dan lain sebagainya. Google analytics juga membantu anda mendapatkan informasi tentang aduiens tertentu dimana anda dapat menggunakan kode tertentu untuk mendapatkan informasi visitor sesuai dngan kriteria yang dibutuhkan.

Selain itu, anda juga dapat membuat audiens yang sesuai kebutuhan misalnya anda hanya tertarik pada audience yang berada di Indonesia dengan rentang usia 20-25 tahun sehingga anda hanya akan mendapatkan informasi dari audience tersebut. Membuat audiens yang cocok juga cukup mudah tetapi bagian yang paling sulit adalah mengidentifikasi karakter audiens untuk mendapatkan informasi yang diinginkan.

Google Analytics Segments

Untuk fitur segment, anda akan mendapatkan informasi yang berbeda dalam satu kolom:

  • Users: Data tersebut adalah jumlah pengunjung yang sudah melakukan transaksi dengan website anda sebelumnya atau melakukan konsultasi dengan layanan customer service di website.
  • Sessions: Jumlah visitor pada satu halaman yang sudah dipromosikan untuk campaign tertentu.
  • Hits: Produk-Produk tertentu yang dimasukkan ke dalam keranjang belanja sehingga mempermudah untuk mengetahui barang-barang yang disukai oleh konsumen.

Alasan Google Analytics Penting untuk Bisnis

NoAlasan Google Analytics Penting
1Mengukur dan mengoptimalkan kerja situs web
2Ini menentukan efektivitas strategi marketing
3Ini mengarahkan keputusan konten dan produk
4Ini meningkatkan penempatan halaman hasil mesin pencarian (SERP)

Laporan/Report

Bagian laporan Google Analytics menampilkan lima kategori yang merinci bagaimana pengguna berinteraksi dengan situs website anda:

Realtime

Laporan ini akan memberikan data yang sama dengan “pengguna aktif” dalam ikhtisar: jumlah pengunjung saat anda melihat laporan. Ini juga menggabungkan lokasi, tampilan halaman per menit, sumber traffic, konten, konversi dan peristiwa untuk memvisualisasikan dampak dari sesuatu seperti penjualan atau peluncuran produk belakangan ini.

Audiens

Laporan ini memecah statistic pemirsa anda menjadi detail yang lebih baik dengan menggunakan metrik seperti demografi, lokasi geografis, perilaku engagement dan penggunaan perangkat. Ini juga mencakup opsi untuk data yang bisa disesuaikan.

Akuisisi

Laporan ini menunjukkan bagaimana visitor menemukan website anda termasuk rujukan, klik  iklan, kueri penelusuran, penautan media sosial dan kampanye. Ini termasuk pencarian organic, berbayar dan hasil sosial.

Perilaku

Laporan ini menunjukkan bagaimana pengguna berinteraksi dengan halaman pada situs website anda melalui tampilan halaman total, tampilan halaman unik serta kapan dan seberapa sering pengguna keluar dan data mengenai halaman yang paling sering dikunjungi. Bagan alur perilaku merinci bagaimana cara pengguna menavigasi di sekitar situs anda, termasuk cara mereka masuk, tempat mereka mengunjungi, dan cara mereka keluar. Tab “acara” juga menampilkan klik tombol, tampilan video dan unduhan.

Konversi

Laporan ini menunjukkan berapa kali pengguna menyelesaikan suatu tindakan seperti melakukan pembelian, mendaftar ke email newsletter atau mengunduh ebook atau video. Laporan konversi yang paling efektif mungkin membutuhkan plugin khusus atau kode pelacakan tambahan.  

FAQ

Bagaimana cara menginstal Google Analytics di situs web saya?

-Untuk menginstal Google Analytics di situs web Anda, Anda perlu mendaftar ke akun Google Analytics dan menambahkan kode pelacakan unik ke situs web Anda. Kode ini biasanya ditempatkan di tag <head> di setiap halaman situs web Anda.

Apa itu konversi dalam Google Analytics?

-Konversi dalam Google Analytics adalah tindakan yang ingin Anda pengunjung Anda lakukan di situs web Anda, seperti melakukan pembelian, mengisi formulir, atau mengunduh panduan. Dengan menetapkan tujuan konversi di Google Analytics, Anda dapat melihat seberapa efektif kampanye pemasaran Anda dalam menghasilkan konversi.

× Chat dengan kami di WhatsApp