fbpx

Facebook merupakan media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia. Di Indonesia sendiri, pengguna Facebook telah  mencapai setengah dari jumlah penduduk Indonesia.  Ini menjadi kesempatan besar bagi para pebisnis untuk memanfaatkan Facebook.

Pebisnis bisa menggunakan cara mempromosikan produk di Facebook untuk kebutuhan kanal marketing. Anda bisa menjangkau lebih dari setengah penduduk Indonesia yang tersebar dari Sabang hingga ke Merauke banya dengan memanfaatkan satu media sosial.

Facebook Ads merupakan media beriklan untuk pengguna Facebook. Ada berbagai jenis iklan yang ditawarkan oleh Facebook mulai dari iklan video hingga iklan gambar. Ada juga beberapa kategori iklan berdasarkan tujuannya.

Jika anda ingin memasang iklan di Facebook, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat halaman Facebook.

Contents

Cara Membuat Halaman di Facebook

1.Buka Halaman Facebook

2.Buka Facebook Pages

Anda bisa membuka Facebook Pages lalu pilihlah jenis halaman yang sesuai dengan bisnis anda.

3. Memilih Kategori

Selanjutnya, anda bisa memilih kategori dan memasukkan nama brand/perusahaan anda dan klik tombol “Lanjutkan”

4. Mengisi Informasi

Agar pelanggan bisa menemukan anda dengan mudah, anda bisa mengisi kolom alamat dan nomor telepon. Kedua jenis informasi ini bisa anda pilih untuk ditampilkan atau tidak.

5.Mengunggah Foto Profil

Anda bisa menambahkan foto profil pada halaman Facebook anda.

6.Mengunggah Foto Sampul

Selain mengunggah foto profil, anda juga bisa menambahkan foto sampul pada halaman Facebook anda.

Dan semuanya sudah selesai. Anda sudah memiliki halaman Facebook sekarang. Langkah beriktutnya adalah membuat Facebook Ads.

Cara Membuat Iklan di Facebook Ads

1.Buka Facebook Ads

Bukalah halaman Facebook Ads Manager. Anda sudah harus login ke akun Facebook yang anda gunakan untuk membuat Facebook pages.

2.Memilih Pembuatan Iklan Terpandu

Anda bisa membuka menu “Kampanye” dan klik “Buat Iklan”. Facebook akan memberikan dua pilihan yaitu Pembuatan Iklan Terpandu dan Pembuatan Iklan Cepat. Sebaiknya memilih Pembuatan Iklan Terpandu agar iklan menjadi lebih spesifik.

3.Menentukan Tujuan Iklan

Pengiklan harus menentukan tujuan iklan yang ingin dicapai. Facebook menyediakan tujuan iklan menjadi tiga kategori yaitu Konversi, Pertimbangan dan Kesadaran.

Kesadaran

  • Kesadaran Merk: Meningkatkan brand awareness dan menjangkau orang-orang yang mungkin akan merasa tertarik.
  • Jangkauan: Menampilkan iklan pada jumlah yang maksimal sesuai dengan anggaran.

Pertimbangan Memilih Tujuan “Kesadaran”

  • Interaksi: Ini akan menjadi pilihan yang tepat jika anda ingin mendapatkan interaksi pada kiriman atau pada acara yang ingin anda selenggarakan atau untuk tujuan promosi produk anda.
  • Pesan: Mengajak audiens untuk mengirimkan pesan ke bisnis anda.
  • Lalu lintas/Trafik: Meningkatkan jumlah traffic website anda atau meningkatkan jumlah pengguna aplikasi.   
  • Penayangan video: Jika anda membuat konten yang berupa video maka ini akan menjadi piihan yang tepat agar video yang anda buat mendapatkan lebih banyak penonton.
  • Pemasangan aplikasi: Tujuan dari iklan ini sangat efektif bagi anda yang ingin agar orang lain menginstal aplikasi yang anda buat.
  • Pembuatan prospek: Tujuan “kesadaran” bisa anda pilih untuk mengumpulkan data-data dari orang yang tertarik pada produk anda yang berupa alamat email.

Konversi

  • Konversi: Tujuan konversi untuk meningkatkan jumlah orang yang berbelanja dan membeli produk yang ada pada website anda.
  • Penjualan katalog produk: Untuk menampilkan iklan tentang produk katalog anda sesuai dengan target yang telah ditentukan.
  • Kunjungan toko: Jika anda membuka toko fisik/offline maka anda bisa mengklik bagian ini untuk meningkatkan jumlah pelanggan yang mengunjungi toko anda.

4. Klik Tujuan Iklan

Anda bisa melakukan klik pada tujuan iklan yang paling cocok untuk anda. Jika anda ingin membangun brand awareness, pilihlah “kesadaran” . Sebaliknya, jika anda ingin meningkatkan jumlah orang yang berbelanja pada toko online anda maka pilihlah “konversi”.

5. Memilih Jenis Iklan Facebook

Ada dua jenis pilihan iklan yang ada di Facebook yaitu Pengoptimalan Anggaran dan Uji Split. Pengiklan harus memilih salah satu di antara keduanya karena tidak bisa dipilih secara bersamaan.

Iklan Uji Split meminta pengiklan untuk membuat dua iklan dengan konten yang hampir mirip. Target audiens akan dibagi menjadi dua dan mereka melihat iklan yang berbeda. Anda pun bisa melihat konten iklan mana yang lebih menarik dan mendapatkan lebih banyak traffic.

Namun, iklan uji split membutuhkan dana dua kali lipat lebih banyak dibandingkan dengan jenis Pengoptimalan Anggaran. Tentukan juga berapa jumlah anggaran iklan. Dana iklan akan digunakan sesuai dengan jenis iklan yang dipilih.

Beberapa jenis iklan Facebook & Penjelasannya

No Jenis Iklan Facebook Deskripsi
1 CPC (Cost Per Click) Ini merupakan jenis pembayaran iklan berdasarkan jumlah klik pada iklan anda. Jika anda ingin mendapatkan traffic maka ini menjadi jenis iklan yang paling sesuai karena iklan yang diklik akan secara otomatis mengarahkan pengunjung menuju ke ke website anda.  
2 CPM (Cost Per Mille) Sesuai dengan namanya, biaya CPM dihitung setiap per 1000 penayangan iklan. Metode ini sangat mirip dengan penayangan di media elektronik lainnya. CPM cocok untuk anda yang ingin meningkatkan brand awareness. Iklan jenis ini tidak otomatis mengajak pengunjung menuju ke website anda.
3 CPV (Cost Per View) Jika iklan anda berupa video, maka CPV menjadi jenis iklan satu per satu kali lihat. Iklan ini sangat cocok untuk produk yang lebih menarik dan ditampilkan lewat video. Informasi iklan harus jelas dan singkat karena biaya akan terhitung per satu kali terlihat dalam durasi 10 detik.
4 CPA (Cost Per Action)   Perhitungan CPA berdasarkan transaksi yang ada pada website anda. Tidak harus selalu berupa transaksi pembelian. Namun bisa juga berupa registrasi member, langganan newsletter atau download ebook.
5 CPL (Cost Per Like)   CPL adalah jenis iklan berdasarkan jumlah like untuk halaman Facebook. Iklan jenis ini sangat cocok untuk meningkatkan brand awareness.

6. Tuliskan Judul Iklan dan Pilihlah Tujuan Traffic

Anda bisa menuliskan judul iklan sehingga anda bisa mengecek bagaimana performa iklan anda di FB ads. Kemudian, pilihlah tujuan traffic kemana. Anda bisa mengarahkan traffic ke website, Messenger, WhatsApp, Telegram, dan aplikasi.

7. Tampilkan Promo

Jika anda sedang ingin menjalankan promo untuk bisnis anda, maka pilihlah promo untuk menampilkannya.

8. Menentukan Target Audiens

Anda bisa menentukan target audiens sesuai dengan yang ingin anda dapatkan.

  • Pemirsa Khusus: Anda bisa menjangkau orang-orang yang memang pernah berhubungan dengan anda secara online maupun offline.
  • Lokasi: Menentukan lokasi dari target bisa dilakukan dengan memasukkan satu atau lebih negara, wilayah, kota, kode pos, alamat hingga Designated Market Areas untuk menampilkan/mengecualikan iklan anda pada orang yang ada dalam lokasi ini.
  • Usia: Pilihlah rentang usia tertentu sesuai dengan produk yang ingin anda iklankan
  • Jenis Kelamin: Tentukan jenis kelamin audiens yang ingin dibidik. Jika menjual hijab maka pilihlah “wanita” namun jika produk yang dijual adalah “alat cukur” maka bisa dipilih jenis kelamin “pria”. Bisa juga memilih keduanya.
  • Bahasa: Jika sudah ada satu lokasi dengan bahasa yang sama, maka kosongkan saja kolom ini.
  • Penargetan Terperinci: Bagian ini untuk target iklan yang jauh lebih rinci seperti perilaku, minat, lokasi dan kategori yang lainnya. Anda bisa memilih produk yang ingin anda iklankan.
  • Koneksi: Pilihan ini sangat berguna jika anda ingin menampilkan iklan pada orang-orang yang sudah terhubung ke aplikasi, halaman atau acara anda sehingga iklan anda hanya bisa dilihat oleh orang yang pasti merasa tertarik dengan produk anda.
  • Penempatan: Anda bisa menentukan penempatan iklan yang ingin ditampilkan. Jika anda memilih penempatan otomatis maka Facebook secara otomatis akan menampilkan iklan pada tempat dengan kinerja terbaik.

9. Memilih Jadwal

Anda bisa menentukan berapa lama iklan anda akan tampil.

10. Memilih Format Iklan

Setidaknya, ada 5 jenis format iklan yang bisa dipilih yaitu

  • Karosel: Ini adalah tampilan iklan dengan 2 gambar atau lebih atau video yang bisa digeser
  • Gambar Tunggal: Tampilan iklan hanya dengan 1 gambar
  • Video Tunggal: Iklan dengan sebuah video
  • Tayangan Slide: Iklan dengan gambar atau video slide hingga berjumlah 10 gambar
  • Koleksi: Iklan bisa berupa gabungan antara gambar dengan video

11. Membuat Teks

Anda bisa menuliskan deskripsi iklan pada bagian ini. Sebaiknya anda membuat deskripsi yang menarik dan singkat agar audiens bisa langsung memahami tujuan anda dalam memasang iklan.

12. Memilih Gambar, Menuliskan Judul dan Memasukkan Tautan

Anda bisa memilih gambar yang sesuai dengan deskripsi iklan Anda. Setiap format FB Ads membutuhkan ukuran gambar yang berbeda.

Cara Membayar Iklan Facebook

Anda bisa membayar lewat kartu kredit atau kartu debit. Setelah anda membayar, maka Facebook akan melakukan review terhadap iklan dan akan segera menampilkan kalau sudah memenuhi syarat adan ketentuan yang berlaku.

Jika anda merasa tak punya waktu untuk menjalankan iklan Facebook, anda bisa menggunakan jasa. Pelajari selengkapnya di sini.

FAQ

Apa Keunggulan Menggunakan Facebook Ads?

-Menjangkau lebih banyak pembeli dan lebih tertarget dalam menjalankan iklan

Apa Tujuan Iklan Uji Split?

-Untuk mengetahui konten seperti apa yang disukai oleh pembaca.

Leave a Reply

× Chat dengan kami di WhatsApp