Dalam menjalankan website/blog, cara riset keyword sangatlah penting. Keyword yang tepat bisa membantu website anda menduduki peringkat atas dalam mesin pencarian. Keyword riset merupakan bagian dari proses optimasi sebuah blog/website.
SEO keyword riset adalah proses pencarian istilah yang digunakan oleh sebagian besar orang untuk niche bisnis. Keyword riset berguna untuk memahami apa yang dicari oleh audiens anda ketika mereka sedang online.
Contents
Mengapa Cara Riset Keyword Penting?
Keyword riset sangat penting untuk online marketing: Pay Per Click (PPC) dan Search Engine Optimization (SEO).
Dalam SEO, tujuan anda adalah agar website anda mendapatkan peringkat teratas untuk keyword yang dicari oleh audiens. Sebagian besar strategi SEO yang digunakan oleh jasa SEO adalah menggunakan kata kunci untuk membantu mesin pencarian memahami apa yang ada dalam website anda sehingga mesin pencarian memunculkan website anda ketika ada orang yang mengetikkan keyword tertentu.
Selain itu, keyword riset juga menjadi alat yang berguna untuk memahami audiens yang menjadi target anda. Anda bisa mengetahui lebih banyak hal tentang apa yang mereka cari dan apa informasi yang mereka butuhkan. Hal ini akan membantu anda untuk mendapatkan strategi marketing yang sukses. Anda bisa menggunakannya untuk merencanakan content marketing serta mencari tahu produk mana saja yang akan anda jual.
Bagaimana Cara Riset Keyword?
Sekarang, anda tahu garis besar cara riset keyword. Beberapa hal yang harus anda lakukan antara lain:
1. Daftarlah Istilah yang Berhubungan dengan Bisnis anda
Mulailah dengan duduk dan menuliskan daftar semua istilah yang menurut anda berhubungan dengan bisnis anda, bidang industri, produk dan masalah yang mereka atasi. Pikirkan istilah yang biasa anda gunakan dalam bisnis serta istilah yang digunakan oleh orang-orang yang bukan pebisnis.
Ini menjadi daftar awal yang harus anda kantongi.
2. Pilihlah Tool Riset Keyword
Untuk menemukan nilai dari keyword yang ada dalam daftar anda dan mengidentifikasi keyowrd lainnya dalam strategi anda, anda membutuhkan tool untuk riset keyword. Anda punya banyak pilihan.
Beberapa tool riset keyword yang harus dipertimbangkan antara lain:
Google’s Keyword Planner – Ini adalah tool yang paling bagus dan gratis yang tersedia untuk keyword riset. Google menyediakan data hasil pencarian bulanan untuk keywords, tingkat persaingan, perkiraan CPC untuk iklan PPC dan saran keyword yang berhubungan.
Keywords Everywhere – Ini adalah plugin gratis yang tersedia di Chrome dan Firefox, Keywords Everywhere meletakkan data keyword di SERP setiap anda melakukan pencarian. Anda akan melihat rata-rata jumlah pencarian dan tingkat persaingan untuk istilah pencarian anda serta untuk daftar kata kunci yang berhubungan.
Answer the Public – Dengan tool yang gratis ini, anda bisa mendapatkan kata kunci yang relevan. Tool ini akan menghasilkan daftar kunci yang terkait berdasarkan kategori seperti pertanyaan, preposisi, dan perbandingan.
Moz – Ini adalah tool SEO berbayar yang menyediakan banyak fitur termasuk tool riset keyword yang bagus. Anda bisa mendapatkan 10 keyword per bulan dengan akun gratis atau melakukan upgrade versi berbayar untuk mendapatkan lebih banyak keyword lagi.
Ahrefs – Ini adalah tool SEO berbayar yang cukup populer serta menyediakan banyak sekali data untuk keyword yang berbeda dan saran untuk istilah yang berhubungan.
SEMrush – Tool ini menyediakan data keyword yang terbatas ketika anda melakukan pencarian gratis, anda bisa mendapatkan lebih banyak keyword dengan mengupgradenya menjadi versi berbayar.
Anda bisa mendapatkan banyak informasi bagus dari tool riset keyword yang satu ini, tetapi jika anda ingin serius menjalankan kampanye SEO dan PPC, membeli produk berbayar sangatlah berguna untuk mendapatkan informasi tambahan. Anda juga bisa menghemat waktu.
3. Buat daftar dengan tools dan riset
Setelah anda memilih tool, anda bisa kembali ke daftar keyword yang anda buat awal tadi. Masukkan istilah dalam daftar tersebut ke tool riset keyword untuk mendapatkan data dari setiap kata kunci. Anda mungkin akan menemukan bahwa banyak kata kunci dalam daftar awal yang sebaiknya tidak perlu anda simpan. Tool anda akan memberikan kata kunci tambahan yang tidak ingin anda tambahkan.
Ingatlah bahwa tool untuk riset keyword tidak seperti manusia yang bisa mengenali relevansi. Jadi, anda sebaiknya tidak menganggap bahwa setiap saran keyword yang diberikan oleh tool bisa masuk ke dalam daftar anda. Anda bisa mempertimbangkannya jika memang kata kunci tersebut masuk akal untuk merk dan audiens anda.
Anda bisa melengkapi proses cara riset keyowrd anda dengan tiga hal berikut ini:
Google SERPs – Google akan memberikan lebih banyak saran kata kunci untuk anda : daftar autofill yang muncul ketika anda mulai mengetik, bagian People Ask juga muncul untuk beberapa pencarian dan bagian “Search Realated To” pada bagian bawah halaman.
Selain itu, perhatikan apa yang muncul pada SERP dalam hal iklan dan fitur yang kaya seperti feautured snippets. Beberapa istilah yang sepertinya tampak penting bagi SEO berdasarkan volume pencarian bisa menjadi kurang begitu penting jika SERP didominasi oleh fitur dan iklan yang mendorong pencarian hasil organik hingga ke bagian bawah halaman.
Website Pesaing – Pesaing anda juga telah melakukan riset keyword. Anda bisa mendapatkan keuntungan dari pengalaman mereka dengan menganalisa keyword yang mereka targetkan untuk halaman utama dan dalam konten mereka.
Riset Pelanggan – Tool riset keyword memberikan banyak informasi tentang apa yang dipikirkan oleh pelanggan anda tetapi anda bisa belajar lebih banyak dengan langsung menuju ke sumbernya. Kirimkan survey pelanggan dan lakukan analisa terhadap review pengguna untuk melihat bagaimana audiens anda membicarakan tentang produk anda dan produk yang dijual oleh kompetitor anda. anda akan mengetahui apa saja pertanyaan yang mereka ajukan, bagaimana mereka menggunakan produk anda dan fitur atau keuntungan yang mereka nilai – ini akan menghasilkan ide kata kunci yang lebih relevan.
Keuntungan Riset Keyword
No. | Keuntungan Riset Keyword |
1 | Membuat konten yang berkualitas |
2 | Memudahkan website ditemukan di mesin pencarian |
3 | Sebagai strategi SEO on page |
4 | Memudahkan mesin pencarian untuk mencari produk |
5 | Memperkenalkan produk dalam mesin pencarian |
4. Atur keyword anda
Pada tahapan ini, anda telah memiliki daftar keyword yang solid dan data dari setiap keyword. Sekarang, anda ingin membuat sistem untuk mengatur informasi yang anda miliki sehingga anda bisa menggunakannya untuk membangun strategi pemasaran.
Anda bisa melakukannya dengan menggunakan spreadsheet atau dengan bantuan salah satu tool kata kunci yang anda pilih. Kelompokkan kata kunci anda berdasarkan faktor-faktor seperti daya saing, popularitas, SERP, kategori topik dan tujuan. Ketika anda bisa mengurutkan kata kunci berdasarkan masing-masing kategori, anda akan lebih mampu menganalisis mana yang seharusnya menjadi fokus dalam berbagai taktik dan kampanye.
5. Masukkan kata kunci dalam strategi pemasaran
Untuk SEO, gunakan riset kata kunci untuk memilih kata kunci utama untuk setiap situs website. Lakukan optimasi dengan mencari peluang untuk menambahkan kata kunci ke semua bagian halaman yang relevan, seperti URL, meta tag, heading dan salinan halaman. Jangan terlalu berlebihan dalam menggunakannya – cukup gunakan kata kunci yang menurut anda tepat.
Setelah anda selesai melakukannya pada semua halaman di situs website anda, gunakan kata kunci pada daftar anda untuk menyusun strategi untuk membuat halaman baru dengan konten berkualitas yang dioptimasi. Mulailah bekerja untuk membangun link yang menargetkan situs website otoritas tinggi yang menerbitkan konten yang berhubungan dengan kata kunci anda.
Untuk PPC, sebaiknya buatlah kampanye iklan berdasarkan kata kunci yang anda pilih. Sebaiknya prioritaskan kata kunci yang memiliki nilai komersial.
6. Analisa hasil anda
Dengan PPC dan SEO, anda akan mendapatkan data berdasarkan hasil kampanye yang anda lakukan. Perhatikan analitik yang disediakan oleh Iklan Google, Google Analytics, dan tool SEO apa saja yang anda investasikan. Jangan hanya perhatikan klik namun perhatikan juga pengunjung yang akan berubah menjadi pelanggan.
Anda mungkin menyadari bahwa beberapa kata kunci yang anda anggap penting ternyata tidak mendatangkan pengunjung yang tepat. Atau anda mungkin menyadari bahwa long tail keyword ternyata menghasilkan lebih banyak pengunjung daripada head terms yang menurut anda lebih penting.
Perbaiki strategi PPC dan SEO anda berdasarkan data tersebut.
Jika anda tidak bisa melakukan keyword riset sendiri, anda bisa menggunakan jasa SEO yang ada di kota-kota besar seperti jasa SEO Surabaya dan jasa SEO Jakarta.
FAQ
+ Apa Tool Gratis yang Direkomendasikan untuk Riset Keyword?
– Google Keyword Planner (GKP)
+ Bagaimana Cara Menganalisa Hasil Riset Keyword?
– Anda bisa melihat analitik yang disediakan oleh Iklan Google, Google Analytics serta tool SEO.