Hampir semua orang saat ini menggunakan media sosial. Banyak orang mengira bahwa media sosial seperti Twitter, Facebook dan Instagram hanya sebagai saluran komunikasi dengan keluarga dan teman. Namun sebenarnya manfaat media sosial untuk bisnis juga banyak dirasakan pada berbagai jenis industry. Kemudian, apa manfaat media sosial untuk bisnis yang dapat dicapai? Berikut ini ulasan serta tips menggunakan media sosial untuk bisnis.
Contents
Manfaat Media Sosial untuk Bisnis
Sebelum membahas tentang cara menggunakan media sosial untuk bisnis. Anda sebaiknya mengetahui bagaimana media sosial memberikan manfaat pada bisnis. Berikut ini beberapa poinnya:
1. Mendapatkan Data Pelanggan
Manfaat media sosial untuk bisnis dapat digunakan dalam mengumpulkan data pelanggan. Setiap hari ada lebih dari 500 juta Tweet, 4,5 milyar like di Facebook dan 95 juta foto serta video yang diupload di Instagram. Di balik angka yang besar ini adalah kekayaan informasi tentang pelanggan; siapa mereka, apa yang mereka suka dan bagaimana pendapat mereka tentang brand.
Dengan pendekatan yang aktif dan mendengarkan apa yang terjadi di media sosial, anda bisa mengumpulkan data pelanggan yang relevan dan menggunakan informasi tersebut untuk membuat keputusan bisnis yang cerdas. Misalnya dengan mengumpulkan informasi dari semua jaringan sosial ketika real time, anda bisa menemukan percakapan yang terjadi tentang brand dan membuat laporan real time.
2. Meningkatkan Loyalitas dan Brand Awareness
Ketika kehadiran brand tampak di media sosial, maka akan lebih mudah bagi pelanggan menemukan dan terhubung dengan brand. Terhubung dengan pelanggan di media sosial membuat anda lebih mungkin meningkatkan retensi pelanggan dan loyalitas brand. Ini adalah salah satu manfaat penting media sosial untuk bisnis. Penelitian menunjukkan bahwa 53% orang Amerika yang memfollow sebuah brand di media sosial terbukti lebih loyal kepada brand tersebut.
3. Menjalankan Iklan dengan Hasil Real Time
Iklan di media sosial tidak membutuhkan biaya yang mahal dan menjadi cara untuk mempromosikan bisnis serta serta mendistribusikan konten. Iklan ini juga menawarkan pilihan penargetan yang kuat sehingga anda bisa mencapai audiens yang tepat. Misalnya jika anda menjalankan kampanye iklan di LinkedIn anda bisa menciptakan segmen seperti gender, lokasi dan usia. Jika menjalankan iklan Facebook maka anda bisa menargetkannya berdasarkan lokasi, demografi, minat, koneksi dan perilaku. Anda juga bisa melacak dan mengukur performa iklan media sosial dalam real time.
4. Mendapatkan Leads dengan Konversi Lebih Tinggi
Media sosial meningkatkan penjualan dan retensi pelanggan lewat interaksi regular dan layanan pelanggan berdasarkan waktu. Penelitian pada tahun 2015 menyebutkan bahwa perusahaan kelas dunia menilai media sosial sebagai cara yang paling efektif untuk identifikasi pembuat keputusan kunci serta kesempatan bisnis baru.
Mendapatkan leads adalah salah satu manfaat media sosial untuk bisnis. Hampir 75% perusahaan yang terkait dengan penjualan di media sosial melaporkan peningkatan penjualan dalam waktu 12 bulan menurut data tahun 2015.
5. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan
Lebih dari 67% konsumen saat ini memiilh media sosial untuk mendapatkan layanan pelanggan. Mereka mengharapkan bisa mendapatkan respon yang cepat, dukungan layanan 24 jam, dan perusahaan yang dapat memberikan solusi. Suatu penelitian menunjukkan bahwa perusahaan yang berhubungan dengan layanan pelanggan di media sosial mendapatkan keuangan tahunan lebih besar 7,5 persen dibandingkan dengan yang tidak menggunakannya.
Fungsi Media Sosial untuk Bisnis
No | Fungsi Media Sosial untuk Bisnis |
1 | Memperluas jaringan |
2 | Meningkatkan popularitas produk |
3 | Dapatkan pelanggan baru |
4 | Meningkatkan visitor website dan peringkat search engine |
5 | Menjaga hubungan baik dan kepuasan pelanggan |
6. Meningkatkan Traffic Website
Satu manfaat terbesar dari media sosial untuk bisnis adalah menggunakannya untuk meningkatkan traffic website. Media sosial tidak hanya membantu anda untuk mengarahkan orang ke website namun semakin banyak share di media sosial yang diterima maka semakin tinggi tingkat pencariannya. Misalnya jika setiap orang yang follow kemudian melakukan retweet postingan maka ada kemungkinan lebih besar untuk masuk peringkat yang lebih tinggi pada hasil pencarian Google.
7. Mengetahui Apa yang Dilakukan Kompetitor
Dengan melakukan monitoring terhadap media sosial, anda bisa mendapatkan informasi penting tentang competitor bisnis. Cara ini membuat anda bisa membuat keputusan bisnis strategis untuk tetap jadi yang terdepan. Misalnya anda bisa menciptakan aliran pencarian untuk memonitor keyword industry dan mention nama serta produk competitor. Berdasarkan hasil pencarian, anda bisa melakukan penguatan produk, konten, dan service yang tidak dilakukan oleh competitor.
8. Membagikan Konten Lebih Cepat dan Lebih Mudah
Ini adalah manfaat media sosial untuk bisnis yang dapat langsung dirasakan. Karena membagikan konten saat ini dapat dilakukan dengan mudah dan cepat kepada audiens hanya dengan memposting di media sosial. Dulu tim marketing menghadapi tantangan untuk memastikan konten mereka mencapai pelanggan secepat mungkin. Dengan bantuan media sosial, khususnya ketika berbagi konten tentang bisnis atau untuk kurasi konten yang harus dilakukan hanya membagikannya ke akun jaringan sosial brand.
9. Konten Geo Traget
Geo target menjadi cara efektif untuk mengirimkan pesan ke audiens tertentu berdasarkan lokasi mereka. Jaringan media sosal seperti Facebook dan Twitter memiliki tool yang memungkinkan Anda untuk mengkomunikasikan jenis konten yang tepat ke audiens. Misalnya, anda bisa targetkan pesan ke follower di negara tertentu atau mengirimkan pesan dari halaman Facebook dan LinkedIn ke kelompok tertentu berdasarkan parameter geografis dan demografis. Anda juga bisa menggunakan geo target untuk menemukan percakapan yang relevan dengan brand anda.
10. Membina Relasi
Media sosial bukan semata-mata tentang meningkatkan penjualan perusahaan di media sosial namun menjadi saluran dua arah dimana anda memiliki kesempatan untuk memperkaya hubungan dengan pelanggan. Misalnya media sosial memungkinkan brand pariwisata menciptakan dialog dengan traveller sehingga tercipta relasi dengan pelanggan sebelum, selama dan setelah mereka memesan akomodasi perjalanan dengan perusahaan tersebut. Dialog media sosial semacam ini antara brand dan pelanggan jadi sesuatu yang tidak bisa didapatkan dari iklan tradisional.
11. Menumbuhkan Bisnis secara Lebih Cepat
Media sosial punya banyak manfaat untuk membangun bisnis. Berbagai poin manfaat yang telah disebutkan di atas akan mengarahkan bisnis ke pertumbuhan yang lebih cepat. Dengan menggunakannya untuk mempelajari lebih banyak tentang pelanggan, mendekati audiens dan melebarkan jangkauan brand, anda akan mencapai konversi bisnis yang besar.
FAQ
Apa alat media sosial yang tepat untuk digunakan untuk bisnis?
-Sebagai contoh: Instagram dan Pinterest akan menjadi media sosial yang sangat bagus untuk perusahaan visual dengan akses yang menampilkan banyak fotografi cantik dan produk bermerek. Sedangkan, Facebook dan Twitter adalah media sosial yang terbaik untuk bisnis yang menghasilkan banyak konten editorial.
Langkah langkah manajemen sosial media?
-Tahapan Persiapan untuk Mengelola Media Sosial, Menetapkan sasaran, Merancang konten, Memilih saluran, Menentukan pengukuran performa.