fbpx

Di dunia marketing, segmentasi pasar adalah istilah yang sudah tidak asing lagi. Ini karena segmentasi pasar memiliki pengaruh yang besar dalam meningkatkan penjulan produk dan penerapan strategi pemasaran suatu perusahaan. Jadi tidak mengherankan jika saat ini banyak perusahaan yang mulai menerapkan segmentasi pasar ini.

Contents

Apa itu Segmentasi Pasar?

Segmentasi pasar merupakan strategi marketing yang mengacu pada pembagian target pasar ke kelompok atau segmen yang lebih kecil. Segmentasi dapat dibagi berdasarkan demografi, kebutuhan, prioritas, minat, perilaku dan lainnya. Melalui segmentasi pasar ini, anda dapat mencoba untuk lebih memahami kelompok konsumen yang ditargetkan.

Segmentasi pasar juga membantu perusahaan dalam menjawab kebutuhan pelanggan, mengelola produk, dan meminimalisir kesalahan produksi. Dengan demikian, pelanggan akan merasa lebih puas dengan produk dan jasa yang akan diberikan.

Segmentasi pasar juga berhubungan erat dengan pelaksanaan strategi marketing dan sales. Ini bisa membantu anda untuk menentukan strategi marketing yang tepat supaya bisa menjangkau pelanggan. Apalagi setiap segmen memiliki kebutuhan serta cara pemasaran yang berbeda.

Baca juga: Pentingnya Riset Pasar Dalam Digital Marketing

Tujuan Segmentasi Pasar

Sekalipun tujuan segmentasi pasar yang paling utama adalah untuk meningkatkan efisiensi pemasaran dengan focus pada segmen tertentu. Tetapi masih ada berbagai tujuan lain yang harus anda ketahui. Berikut ini beberapa penjelasan singkatnya:

1. Pelayanan yang Lebih Baik

Segmentasi pasar dilakukan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik ke pelanggan. Ini bisa membantu anda dalam memahami kebutuhan pelanggan. Dengan demikian, anda bisa memberikan solusi terbaik. Selain itu, pelayanan yang baik juga menjadi bukti bahwa anda bisa mengkomunikasikan produk dengan baik ke pelanggan.

2. Mendesain Produk dan Layanan yang Lebih Cocok

Segmentasi pasar akan membantu anda dalam memahami keinginan pasar. Inilah yang membuat anda bisa mendesain produk dan layanan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan tersebut. Dengan kata lain, segmentasi pasar memiliki tujuan untuk membantu anda dalam menciptakan solusi yang tepat.

3. Pemanfaatan Sumber Daya Secara Optimal

Melakukan segmentasi pasar artinya memberikan rincian target pasar dan kebutuhan mereka. Ini bisa membantu tim produksi dalam menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan sehingga tidak akan terjadi pemborosan sumber daya.

Baca juga: Mengenal Customer Journey: Tahapan Dan Cara Membuatnya

4. Perencanaan yang Efektif

Tujuan selanjutnya dari segmentasi pasar adalah bisa membuat perencanaan yang efektif. Ini bisa terjadi karena anda sudah melakukan spesialisasi pasar dan memiliki informasi rinci tentang kebutuhan target pasar. Oleh karena itu, proses perencanaan strategi pemasaran bisa berjalan dengan lebih efektif.

5. Lebih Mudah Melakukan Perubahan di Pasar

Kondisi pasar sifatnya dinamis karena keinginan manusia yang terus berubah. Tidak mengherankan jika proses pembaruan produk dan strategi marketing harus terus dilakukan. Hal ini bisa dilakukan dengan lebih mudah jika pasar tersegmentasi. Karena anda sudah mengidentifikasi dan menganalisis kebutuhan pelanggan maka langkah-langkah perubahan yang anda lakukan bisa menjadi lebih efisien dan tertata.

Syarat Segmentasi Pasar

Dalam melakukan upaya segmentasi pasar, ada beberapa syarat tertentu yang harus dipatuhi. Berikut ini beberapa syarat segmentasi pasar yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan.

1. Terukur

Syarat dari segmentasi yaitu terukur. Ini artinya anda harus memiliki data yang terukur tentang profil pelanggan. Syarat ini menjadi hal yang penting karena akan menentukan proses kampanye atau iklan untuk pasar. Anda juga harus memperkirakan berapa banyak pelanggan yang akan membeli produk. Dengan demikian, anda dapat menghitung stok produk agar bisa mencukupi kebutuhan pasar.

2. Mudah Diakses

Pelanggan harus bisa mengakses informasi tentang produk dengan mudah. Patokan ini akan membantu anda untuk menentukan strategi iklan yang menjangkau target pasar dengan tepat. Dengan demikian, iklan yang anda pasang bisa jadi lebih menguntungkan.

Misalnya anda menemukan bahwa segmen utama produk anda sangat bergantung pada iklan di surat kabar untuk mengetahui promosi produk sedangkan segmen lainnya menggunakan aplikasi seluler untuk mendapatkan informasi produk. Jadi anda perlu menyiapkan dua media iklan yang berbeda agar bisa menjangkau dua segmen tersebut.

3. Bisa Dibedakan

Ketika melakukan segmentasi pasar, anda bisa membedakan setiap segmen dengan jelas dan spesifik. Ini karena setiap segmen pastinya memiliki karakteristik yang berbeda. Misalnya segmen yang dibedakan berdasarkan usia, jenis kelamin atau gaya hidup.

Baca juga: Mendongkrak Penjualan Dengan Direct Marketing

4. Substansial

Anda harus memastikan bahwa segmen pasar anda tidak hanya tertarik pada produk anda namun juga memiliki kemampuan untuk membelinya karena segmen pasar harus bisa memberikan keuntungan pada bisnis anda.

Makanya anda tidak usah terpaku mencari segmentasi pasar yang besar. Yang paling penting adalah memastikan bahwa segmentasi tersebut memang mau mengeluarkan uang untuk produk anda.

Jika segmentasi pasar anda memang bisa menjangkau pelanggan dalam jumlah yang besar maka besar kemungkinan anda akan menjual produk dengan harga murah. Untuk itulah, pastikan anda bisa memilih segmentasi pasar yang tepat.

Cara Menentukan Segmentasi Pasar

NoCara Menentukan Market Segmentation
1Menentukan target pasar
2Segmentasikan pasar
3Memahami pasar
4Membangun segmen pelanggan
5Membuat strategi pemasaran yang sesuai

5. Bisa Dilaksanakan

Syarat segmentasi pasar yang terakhir yaitu bisa dilaksanakan atau ditindaklanjuti. Ini artinya anda harus memastikan jika setiap segmen tersebut bisa mendapatkan pelayanan terbaik. Segmen pasar juga harus disesuaikan dengan jangkauan bisnis anda.

Dasar Segmentasi Pasar

Setelah mengetahui tujuan, manfaat, dan syarat segmentasi pasar, anda juga harus mengetahui apa saja hal-hal yang menjadi dasar dari segmentasi pasar. Berikut ini penjelasannya:

1. Jenis Kelamin

Ini menjadi salah satu dasar segmentasi pasar yang paling sederhana karena jenis kelamin akan menentukan minat, kebutuhan, dan keinginan yang berbeda antara perempuan dengan laki-laki. Jadi, anda nantinya akan lebih focus pada strategi pemasaran dan komunikasi yang sesuai dengan data tersebut.

2. Kelompok Usia

Dasar segmentasi pasar selanjutnya adalah kelompok usia. Dengan membagi pelanggan berdasarkan kelompok usia tertentu, maka anda bisa membuat strategi marketing yang lebih personal. Apalagi jika produk yang ditawarkan tidak bisa digunakan oleh semua kelompok usia.

3. Penghasilan

Penghasilan menjadi hal yang penting karena bisa menentukan daya beli target pasar. Ini karena setiap individu akan dikelompokkan ke dalam segmen yang sesuai dengan penghasilan mereka. Perusahaan biasanya akan membagi segmen pasar berdasarkan penghasilan dengan tiga kategori yaitu:

  • Kelompok Penghasilan Tinggi
  • Kelompok Penghasilan Menengah
  • Kelompok Penghasilan Rendah

4. Tempat Tinggal

Tempat tinggal target pasar juga menjadi hal yang bisa mempengaruhi keputusan pembelian. Ini karena kebutuhan seseorang akan berbeda tergantung dari tempat tinggalnya. Misalnya permintaan baju hangat tentunya akan lebih sedikit di tempat tropis dibandingkan dengan daerah dingin.

5. Pekerjaan

Pekerjaan menjadi salah satu dasar segmentasi pasar yang dapat mempengaruhi keputusan pelanggan dalam membeli sesuatu karena kebutuhan setiap pekerja tentunya akan berbeda. Misalnya wirausahawan akan lebih memilih membeli pakaian formal dibandingkan pakaian yang semi formal.

6. Gaya Hidup

Selain berbagai factor tersebut, gaya hidup menjadi dasar segementasi pasar yang harus yang harus dipertimbangkan. Adapun gaya hidup sendiri mencakup hobi, minat sampai dengan status pernikahan. Semua hal tersebut bisa menjadi pertimbangan dalam mengambil keputusan.

FAQ

Apa itu segmentasi pasar?

-Segmentasi pasar adalah sebuah strategi yang dilakukan oleh perusahaan untuk membagi kelompok konsumen ke beberapa kategori seperti kebutuhan, karakteristik maupun perilaku yang berbeda di dalam suatu pasar tertentu.

Apa alasan perusahaan melakukan segmentasi pasar?

-Alasan suatu perusahaan melakukan segmentasi pasar, salah satunya, yaitu untuk meningkatkan efektivitas strategi pemasaran yang telah direncanakan dan juga agar lebih terarag serta sumber daya pada perusahaan juga bisa digunakan secara efektif dan efisien.

× Chat dengan kami di WhatsApp